Taman Dolan Batu Dengan Nuansa Pedesaan Yang Menarik Para Wisatawan

taman dolan batu
wisata taman dolan batu

Tempat wisata di Malang khususnya di pusat Kota Batu selalu menarik untuk dikunjungi karena banyak pilihan destinasinya. Anda bisa menemukan tempat wisata dengan konsep yang menarik, salah satunya adalah wisata taman dolan batu

Wisata ini menawarkan suasana pedesaan tradisional yang bisa dinikmati dengan beberapa cara. Mulai dari permainan tradisional, kuliner khas Jawa Timur hingga akomodasi atau homestay  unik terdapat di taman ini.

Sekilas Tentang Taman Batu Dolan

Destinasi Wisata ini  sudah ada sejak tahun 2013 dan menjadi salah satu tujuan wisata yang paling diminati oleh para wisatawan. Konsep Traditional Vintage Old dari Dolan Park membuatnya tak terlupakan. Sekarang Anda bisa mencoba permainan tradisional yang jarang dimainkan anak-anak. Bagi orang tua, permainan ini seperti nostalgia ke masa kecil. bagi anak-anak bisa menjadi media belajar dan mencoba hal baru selama liburan.

Suasana lingkungan tercipta dengan alami dan nuansa tradisional. Sebagian besar bangunan di sini terbuat dari kayu tua khas rumah pedesaan dengan persawahan dan sungai. Keindahan alam ini juga dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas seru seperti outbound, berkebun dan berpetualang. Anda juga bisa menikmati masakan tradisional Jawa Timur yang enak dan lezat sambil bersantai di homestay Taman Dolan Batu ini.

Read More : Berwisata Menyenangkan di Candi Singosari

 

Aktivitas Seru di Taman Batu Dolan

1. Berenang di Kolam Renang

Nah Salah satu fasilitas umum yang diminati sebagian besar wisatawan saat berkunjung ke Taman Batu Dolan ini yaitu Berenang di kolam renang dengan air yang masih alami. Kolam ini juga menjadi salah satu daya tarik pengunjung dikarenakan suasananya yang tidak biasa.

Ada 3 jenis kolam dengan kedalaman yang berbeda-beda yaitu ada yang 30 cm, 100 cm dan bahkan 120 cm. Di berbagai kedalaman tersebut, pengunjung dari anak-anak hingga orang dewasa bebas berenang di kolam yang sesuai.

Kolam renang  untuk anak-anak  juga memiliki wahana seperti seluncuran dan monkey bar  yang terhubung langsung dengan kolam renang. Dengan begitu, anak-anak bisa lebih betah dan asyik bermain disini.

Dan kolam dewasa memiliki ciri utama kapal penangkap ikan yang terdampar dengan tulisan Taman Dolan  di lambungnya. Spot ini sering menjadi spot para pengunjung untuk berfoto sembari berenang dengan alam sekitar yang  masih indah dan asri.

 

2.Memainkan Permainan Tradisional

wisata taman dolan batu
wisata taman dolan batu

Yang paling menarik dari Taman Dolan ini  adalah Anda bisa memainkan permainan tradisional yang jarang dimainkan. Salah satu contohnya adalah permainan egrang yang belum banyak diketahui oleh anak-anak  untuk generasi saat ini.

Selain rumah panggung, Anda juga bisa memainkan Dakon dan Engklek yang pastinya seru untuk dimainkan. Anda dapat mengingat permainan masa kecil dan anak-anak juga dapat belajar menyimpan atau melestarikan permainan tradisional ini agar tidak punah di era sekarang.

 

3.Outbound yang Seru

Bukan hanya permainan tradisional saja  yang Anda dapatkan disini, Taman Dolan Batu juga menawarkan paket outbound untuk anak-anak dan rombongan. Permainan outbond yang tersedia di lokasi ini bisa menjadi kegiatan  yang seru  dan menarik dengan team building yang bagus. Disini Anda akan mendapatkan wahana yang seru banget seperti flying fox dan x mission dalam paket outbond ini. Permainan ini juga akan menjadi pengalaman seru yang tak terlupakan bersama rombongan ataupun keluarga Anda.

 

4.Bersantai Menikmati Kuliner

Kuliner
Kuliner

Taman ini juga terkenal dengan tempat peristirahatannya yang tenang dan nyaman, dengan konsep akomodasi yang unik dan masakan tradisionalnya. Anda bisa mencicipi masakan atau makanan khas Malang seperti ayam ungkep dengan tumpeng dan menu lainnya.

Saung yang berada di pinggir Taman Dolan Batu  ini  merupakan tempat wisata di Malang yang sangat cocok untuk bersantai dan menikmati hidangan yang enak  disini. Dengan nuansa yang masih terbilang asri dan makanan yang lezat, Anda bisa menghilangkan  sejenak rasa lelah setelah beraktivitas atau kesibukan sehari-hari Anda.

 

5.Menginap di Penginapan Tradisional

Nah untuk Anda yang ingin merencanakan menginap di Homestay Taman Dolan Batu  ini, rencana Anda tepat sekali.karena menginap di homestay  ini memiliki keunikan tersendiri, tetapi  untuk fasilitasnya masih lengkap kok. Terdapat beberapa tipe penginapan di lokasi ini, semuanya berbentuk rumah, antara lain model barak, tempat tidur dan dua kasur.

Model barak sendiri sangat cocok untuk rombongan keluarga karena bisa ditempati banyak orang sekaligus. Pemandangan indah dari masing-masing homestay di sini akan membuat Anda merasa nyaman dalam liburan dan suasana santai di Malang.

Nah  untuk yang  Anda  dari luar malang dan ingin berlibur ke Taman Dolan Batu ini,tetapi bingung pesan sewa mobil dimana?, tenang kami mempunyai sewa mobil paling terpercaya yaitu travel malang surabaya terbaik.

 

Harga Tiket Masuk Taman Dolan Batu

Nah untuk tiket masuk dari Taman Dolan Batu ini tidak membuat dompet Anda meronta-ronta kok hehehe.Dengan hanya beberapa ribu rupiah saja,Anda bisa menikmati fasilitas kolam renang dan suasana disini ini. Berikut Rinciannya :

Tiket Masuk Weekday

Tiket Masuk Weekend

Penginapan atau Homestay

Rp. 10.000,00

Rp. 15.000,00

mulai dari Rp. 300.000,00

Note : Harga yang tercantum di atas bisa berubah sewaktu-waktu,tergantung dari kebijakan dari pihak pengelola wisata itu sendiri.Tetapi list harga diatas juga bisa dijadikan patokan untuk pergi ke destinasi wisata yang satu ini.    

 

Lokasi dan Rute

Nah untuk lokasi dan rute dari  Taman Dolan Batu ini terletak di Jl. Raya Pandanrejo No.308, Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Jarak dari Alun-Alun Kota Batu sekitar 4 km dan waktu tempuh dengan kendaraan sepeda motor kurang dari 10 menit.

Dari alun-alun ini, Anda akan melewati beberapa objek wisata lain di Batu seperti Batu Love Garden. Rute terbaik yang bisa Anda dapatkan melalui petunjuk arah dari Google Maps.

Anda juga bisa memanfaatkan jasa supir travel malang surabaya murah dan biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir ataupun bingung bagaimana cara Anda  mengunjungi wisata ini.

 

Jam Operasional Taman Dolan Batu

Anda dapat mengunjungi Taman Dolan Batu setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Tapi tentu saja, jika Anda menginap, Anda bisa menikmati tempat ini 24 jam sehari.

Waktu terbaik untuk berkunjung biasanya di pagi hari sebelum pukul 11.00 WIB dikarenakan udara yang masih sejuk dan matahari yang tidak terlalu terik membuat liburan Anda menyenangkan.

Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.