4 Stasiun Terdekat dari Bandara Juanda: Alamat, Jarak, Waktu & Rute

Sebagai salah satu pintu gerbang menuju Jawa Timur, bandara Juanda memiliki lokasi yang strategis. Meski secara administratif terletak di kabupaten Sidoarjo, namun orang lebih akrab menyebutnya di Surabaya. Oleh karena itu, untuk menuju ke sana bisa via stasiun terdekat dari Bandara Juanda, baik arah Sidoarjo atau Surabaya.

Adapun daftar stasiun apa saja yang dekat dengan bandara Juanda, termasuk alamat, waktu tempuh, dan juga detail lain terkait stasiunnya bisa kamu simak lewat ulasan di artikel ini.

Yuk simak hingga akhir agar mudah menentukan itinerary perjalanan kamu saat hendak ke Juanda dengan memakai kereta.

1. Stasiun Waru – WR

stasiun Waru ke bandara Juanda berapa jam

Alamat Jl. Raya Waru, Kedungrejo, Kec. Waru, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur – Kode Pos : 61256
Waktu Operasional Setiap hari, 24 Jam
Waktu Tempuh dari Bandara Juanda 11 Menit
Jarak Tempuh dari Bandara Juanda 7,3 Km
Stasiun Kereta Api Kelas II
Maps Silakan klik di Google Maps
Fasilitas di Stasiun – Area parkir

– Ruang tunggu

– Musholla

– Toilet

– Smoking area

Stasiun ini memiliki empat jalur dan melayani lima kereta, baik kelas ekonomi hingga eksekutif.

Jika dari sini menuju ke bandara Juanda sangatlah mudah, sebab dekat dengan terminal dan di depan stasiun pun lalu-lalang kendaraan umum yang bisa kamu pakai ke bandara.

Jadi, stasiun Waru ke bandara Juanda berapa jam? Relatif cepat, karena ini stasiun terdekatnya.

“Meski ini stasiun kecil, tapi ruang tunggu dan toilet bersih serta rapi. Selain itu, letaknya sangat strategis, dekat dengan terminal Bungurasih, dan layanan di sini pun luar biasa baiknya. Penumpang nggak perlu menunjukkan tiket fisik, cukup scan barcode saja.”

2. Stasiun Gedangan – GDG

stasiun Gedangan ke bandara Juanda

Alamat JL. Stasiun, No. 1, Gedangan, Krian, Sidoarjo, Jawa Timur – Kode Pos : 61254
Waktu Operasional Setiap hari, 09.00 – 16.00 WIB
Waktu Tempuh dari Bandara Juanda 12 menit
Jarak Tempuh dari Bandara Juanda 7,3 Km
Stasiun Kereta Api Kelas III
Maps Silakan klik di Google Maps
Fasilitas di Stasiun – Toilet

– Musholla

– Ruang tunggu

– Area parkir

 Smoking area

Ancer-ancer paling mudah menemukan stasiun ini adalah keberadaan kantor Polsek Gedangan.

Jika ke sini dan hendak parkir, sebaiknya amankan kendaraan dengan ekstra, sebab penjaga parkir kadang nggak stand by.

Meski dari stasiun Gedangan ke bandara Juanda ini cepat, di sini titik transportasi online agak jauh. Jadi, butuh effort lebih untuk memakai mode transportasi ini.

“Stasiun kecil, tapi rapi dan bersih. toilet maupun ruang tunggu nyaman dan lokasinya yang strategis sangat cocok untuk titik mobilitas area Sidoarjo maupun Surabaya.”

3. Stasiun Wonokromo – WO

stasiun di Surabaya

Alamat Jagir, Kec. Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur – Kode Pos : 60244
Waktu Operasional Setiap hari, 24 Jam
Waktu Tempuh dari Bandara Juanda 21 Menit
Jarak Tempuh dari Bandara Juanda 13,6 Km
Stasiun Kereta Api Kelas Besar tipe C
Maps Silakan klik di Google Maps
Fasilitas di Stasiun – Area parkir

– Mesin cetak tiket mandiri

– Ruang tunggu

– Musholla

– Toilet

– Restoran dan pertokoan

– Smoking area

Stasiun stasiun di Surabaya dengan corak khas arsitektur Belanda kuno ini, masih kokoh dan aktif beroperasi loh. Apalagi melayani banyak rute dan kereta, mulai dari ekonomi hingga eksekutif.

Mengingat di sini ada lima lajur keberangkatan, pastikan untuk mengecek kereta kamu dengan benar, ada di lajur berapa dan peron yang mana. Sehingga, nggak salah tunggu dan bisa berangkat tepat waktu.

“Stasiun bersih meski ramai, dan ada jalur khusus untuk difabel. Sistem keamanan ketat, sehingga pengunjung tetap nyaman dan aman ketika menunggu jadwal keberangkatan.”

4. Stasiun Gubeng – SGU

stasiun Gubeng ke bandara Juanda

Alamat Jl. Stasiun Gubeng, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Surabaya, Jawa Timur – Kode Pos : 60272
Waktu Operasional Setiap hari, 24 Jam
Waktu Tempuh dari Bandara Juanda 27 Menit
Jarak Tempuh dari Bandara Juanda 18,2 Km
Stasiun Kereta Api Kelas Kelas besar tipe A
Maps Silakan klik di Google Maps
Fasilitas di Stasiun – Area parkir

– Mesin cetak tiket mandiri

– Ruang tunggu

– Musholla

– Toilet

– Restoran dan pertokoan

 Smoking area

– Ruang tunggu ojek online

– Lounge

– Minimarket

Jarak stasiun Gubeng ke bandara Juanda ini tidak terlalu jauh, dan lagi ini dengan pusat kota, serta banyak pusat perbelanjaan di sekitarnya. Jadi, semisal mau ke Juanda dan waktu penerbangan masih lama, bisa belanja oleh-oleh dulu.

Selain itu, tips penting saat dari sini ke bandara Juanda adalah waktu penerbangan. Mengingat, jalanan dari sini ke Juanda lumayan panjang dan sangat rawan terjebak macet.

“Terdapat spot air minum gratis yang bisa pengunjung manfaatkan, dan juga minimarket yang menyediakan berbagai kebutuhan secara lengkap. Menariknya, di sini ada ruang laktasi, sehingga sangat membantu ibu menyusui.”

Pilih Stasiun Terdekatmu!

Di atas merupakan empat stasiun yang paling dekat menuju bandara Juanda atau sebaliknya. Tetapi, mengingat jalanan ke arah bandara sangatlah padat, estimasi waktu di atas bisa jadi nggak sama dengan aktualnya. Pastikan untuk menyediakan waktu ekstra untuk berjaga-jaga macet selama di jalan.

  • Adapun stasiun yang paling dekat adalah stasiun Waru, hanya saja karena ini stasiun kecil, bisa jadi jadwal kereta kamu nggak ada di sini.
  • Oleh karena itu, paling aman dari stasiun Gubeng ke bandara Juanda atau via Wonokromo. Selain lokasinya dekat dengan pusat kota, juga tersedia akses ke terminal dan juga banyak kendaraan umum yang melintas di sana.
  • Jika di Gedangan mengcover, maka tercepat lewat sana saja. Sebab, jalanan dari Gedangan ke Juanda nggak sepadat dari Waru ke Juanda. Dengan begitu, waktu tempuh bisa lebih singkat dan efisien.

Mengingat kondisi lalu-lintas Sidoarjo maupun Surabaya yang padat, dan juga kendaraan online pun di beberapa stasiun titiknya agak jauh. Maka, solusi paling efisien dan fleksibel adalah sewa mobil ke Nahwa Travel.

Dengan sewa di sana, kamu bisa menentukan itinerary dengan lebih leluasa dan membawa barang dalam jumlah yang banyak pun nggak masalah. Bahkan, jika ingin lebih hemat, bisa pilih yang sistem drop point.

Dengan sistem drop point, kamu tinggal tentukan titik penjemputan dari stasiun terdekat dari Bandara Juanda atau ke lokasi lainnya di Surabaya dan sekitarnya.