Air Terjun Talun Malang Di Indonesia Sangat Indah Dan Eksotis

Air Terjun Talun Malang Di Indonesia
Air Terjun Talun Malang Di Indonesia

Air Terjun Talun Malang Di Indonesia memiliki pesona wisata yang tidak kalah indah dengan wisata alam lainnya di Kota Malang. Anda bisa menikmati sejuknya air terjun yang mengalir deras dan pemandangan indah yang bisa menjadi spot foto terbaik anda.Coban Talun terletak di kaki Gunung Arjuno di kota Batu dengan memiliki ketinggian 950 meter di atas permukaan laut. Coban Talun merupakan hulu Sungai Brantas, sungai terpanjang di Jawa Timur. Awalnya tempat ini hanyalah air terjun biasa dengan pemandangan alam. Namun, setelah pihak swasta mengelola tempat ini, Coban Talun ramai dikunjungi wisatawan. Ada banyak wahana dan tempat wisata ini yang dihias untuk menarik wisatawan.

Baca juga : Air Terjun Madakaripura Yang Eksotis

Aktivitas Seru Coban Talun

Air terjun

Air terjun dengan ketinggian 75 meter menjadi daya tarik utama wisata Coban Talun. Percikan dari air yang deras menawarkan kesejukan bagi para wisatawan yang datang untuk melihat dan berfoto. Tetapi, karena derasnya aliran air membuat kedalaman sungai yang mencapai 4 meter, sehingga wisatawan dilarang bermain air di kawasan ini. Meski begitu pemandangan indah air terjun ini pasti tidak akan mengecewakan anda.

Air Terjun Talun Malang Di Indonesia

Taman Bunga

Dalam perjalanan menuju air terjun, wisatawan akan melihat taman bunga berwarna-warni yang bermekaran. Anda dapat menemukan bunga seperti Hortensia yang indah tumbuh dengan tersusun rapi di taman ini. Taman Bunga Coban Talun menjadi salah satu tempat favorit wisatawan untuk berfoto. Anda bisa membeli bibit bunga disini karena para pengelola telah menyediakan bibit atau rangkaian bunga.

Tempat Fotografi

Mengambil foto adalah salah satu aktivitas ketika mengunjungi setiap tempat wisata, ditambah tempat ini memiliki latarbelakang pemandangan yang indah. Disini anda bisa memilih bebas spot foto mana yang ingin dijadikan background, di wisata ini juga ada bangunan unik yang tersedia.

OYOT

OYOT adalah singkatan dari Obyek Wisata Coban Talun yang masih merupakan bagian dari Sungai Coban Talun. Bentuknya seperti bendungan yang membentuk air terjun mini dan aman untuk dikunjungi. Wisatawan bisa bermain air, berfoto dan menaiki wahana yang tersedia yaitu sepeda gantung di area OYOT. Suasana asri dan sejuknya aliran air sungai menjadikan tempat ini cocok untuk beristirahat selama perjalanan menuju Coban Talun.

Alas Pinus

Kawasan hutan pinus yang indah ini milik Perhutani yang mengelilingi setiap sisi jalan menuju air terjun. Meski berupa hutan, namun kesan unik di tempat wisata malang ini akan terasa menarik. Banyak sekali wahana yang bisa digunakan seperti hammock, camping dan tempat lainnya yang bisa anda nikmati di hutan pinus ini. Jajaran pohon pinus yang tersusun rapi juga menjadi tempat yang bagus untuk berfoto bersama teman atau keluarga.

Mitos

Salah satu daya tarik unik Coban Talun lainnya adalah mitos pada saat mengunjungi wisata ini. Mitos ini terkait dengan jembatan kayu yang harus anda lewati untuk sampai ke area air terjun. Dikatakan bahwa apabila jika sepasang kekasih melintasi jembatan kayu yang selebar 1 meter bersama-sama, hubungan mereka akan bertahan lama. Meski sulit dipercaya, namun banyak wisatawan yang mencoba membuktikan mitos tersebut.

Penginapan Coban Talun

Perjalanan menuju Coban Talun cukup berat, tetapi bisa disembuhkan dengan beristirahat di kawasan wisata ini. Karena ada banyak akomodasi yang bisa anda pilih untuk mengisi waktu liburan anda selama di Coban Talun dan berikut ini beberapa di antaranya:

Pagupon Camp

Pagupon Camp tidak hanya menjadi spot foto unik di kawasan Coban Talun, namun bisa juga digunakan sebagai penginapan. Sesuai dengan namanya, bangunan ini berbentuk seperti sangkar merpati dan terbuat dari kayu. Fasilitas di sini cukup lengkap, wisatawan bisa mendapatkan kamar tidur, kamar mandi dari bangunan yang unik ini. Di sekitar Pagupon Camp juga terdapat warung makan dan minuman, tempat ibadah dan taman asri yang tentunya dapat membuat wisatawan betah.

Baca juga : Pendakian Gunung Semeru Yang Paling Menyenangkan

Apache Camp

Penginapan yang tidak kalah menarik adalah Apache Camp, bentuk bangunannya mirip dengan tenda ala India. Berada di kawasan hutan pinus, sehingga pemandangan hutan yang asri dan segar menjadi tempat yang cocok untuk beristirahat. Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap, ada api unggun, meja kursi untuk bersantai dan kantor OYO serta kamar-kamar eksklusif untuk menginap. Anda bisa juga berfoto sambil menikmati malam di wisata ini.

 Rumah Segitiga

Sesuai dengan namanya, bentuk penginapan ini seperti segitiga dengan atap panjang yang mencapai hingga ke tanah. Di bagian depan juga terdapat taman bunga dan instalasi seni unik yang sering menjadi spot untuk berfoto. Di wisata ini anda bisa juga bermain flying fox, memasuki rumah pohon dan lainnya. Penginapan ini sangat cocok untuk keluarga.

Tiket Masuk

Untuk masuk ke Coban Talun anda perlu membayar biaya yang cukup terjangkau murah. Berikut daftar harga tarif wisata tersebut:

Kawasan Wisata Coban Talun Rp.10.000

Area Air Terjun Rp.15.000

Pineta Rp.5.000

Spot Foto Rp.10.000

Harga yang tertera bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola. Namun, tidak semua biaya perjalanan dan fasilitas termasuk dalam daftar tersebut. Tetapi, Anda dapat menggunakan daftar harga ini sebagai perkiraan biaya pada saat liburan ke Coban Talun.

Lokasi dan Rute Coban Talun

Untuk menuju kawasan Coban Talun cukup mudah karena hanya berjarak 20 menit dari alun-alun kota Batu. Lokasi terletak di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu. Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil yang tersedia di sana apabila jika ingin mengunjungi tempat wisata ini. Wisatawan yang datang dengan kendaraan umum dapat berangkat dari terminal Batu dan naik angkot orange menuju arah Coban Talun. Angkot ini juga menuju ke Taman Rekreasi Selecta yang masih searah dengan Coban Talun.

Apabila Jika anda menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, anda bisa menggunakan google maps yang langsung menunjukkan arah Coban Talun. Dengan cara ini anda tidak perlu lagi menunggu angkutan umum untuk datang lebih cepat. Sesampainya di tempat parkir mobil, Anda harus berjalan kaki sampai ke area air terjun yang berjarak sekitar 2 kilometer jalan ini cukup licin. Tetapi, wahana dan pemandangan sepanjang perjalanan akan cukup untuk menghilangkan rasa lelah anda sampai tiba di Coban Talun.

Baca juga : Dino Action Jatim Park 3 Malang Wahana Hiburan Zaman Purba

Jam Operasional Coban Talun

Coban Talun buka setiap hari mulai pukul 08:00 sampai 16:00. Waktu terbaik untuk mengunjungi Coban Talun adalah pada saat musim kemarau di pagi hari. Karena pada saat itu jalan menuju Coban Talun tidak terlalu licin dan ramai. Dengan begini anda bisa menikmati keindahan Coban Talun dengan bebas. Apabila jika anda penasaran dan ingin mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa memesan paket wisata Travel Surabaya Malang Murah yang sudah disiapkan oleh biro perjalanan wisata.

Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.