Keindahan Air Terjun Madakaripura Yang Sangat Eksotis

Keindahan Air Terjun Madakaripura
Keindahan Air Terjun Madakaripura

Keindahan Air Terjun Madakaripura merupakan sebuah air terjun yang berada di kabupaten Probolinggo. Air terjun ini terletak di kaki Gunung Bromo pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut dan air terjun ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Coban Madakaripura ini diberi julukan Air Terjun Abadi karena airnya tidak pernah berkurang meski pada saat di musim kemarau. Banyak wisatawan mancanegara yang penasaran ingin melihat keindahan air terjun yang unik ini.

Baca juga : Pendakian Gunung Semeru Yang Cukup Seru Di Malang

Sejarah Coban Madakaripura

Nama Madakaripura merupakan gabungan dari tiga kata yang berbeda, yaitu Mada, Kari dan Pura. Kata Mada berasal dari nama Mahapatih Gajah Mada, seorang jenderal militer kerajaan Majapahit. Sedangkan Kari memiliki arti pusaka, kata Pura memiliki arti tempat pemujaan, sembahyang atau meditasi. Apabila jika digabungan arti kata Madakaripura berarti tempat pertapaan yang ditinggalkan oleh Gajah Mada. Arti kata Madakaripura ini menurut sejarah daerah Madakaripura merupakan pemberian raja Majapahit kepada Gajah Mada. Pemberian tersebut merupakan bentuk rasa terima kasih dari raja, karena berhasil mempersatukan nusantara. Meskipun Madakaripura adalah tempat terpencil, namun tempat ini sangat damai dan tenteram berkat pegunungan yang mengelilinginya. Tempat ini menjadi pilihan Patih Gajah Mada sebagai tempat peristirahatan terakhir dan untuk menenangkan diri.

Keindahan Air Terjun Madakaripura
Keindahan Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura

Keindahan air terjun ini terletak pada tebing tinggi yang dikelilingi air mengalir. Tebing batu hijau berlumut ini memberikan kesan unik bagi pengunjung yang datang. Dengan ketinggian 200 m, air terjun Madakaripura merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia. Daya tarik utama tempat wisata ini adalah aliran air yang menutupi tebing-tebing di sekitarnya. Tidak hanya itu, selama perjalanan menuju ke air terjun anda dapat menikmati pemandangan lembah dan sungai pegunungan Tengger yang sangat eksotis. Sebelum sampai di air terjun anda harus melewati koridor dua tebing yang menjadi pintu gerbang keindahan air terjun abadi ini.

Aktivitas Coban Madakaripura

Bermain Air

Pada saat mengunjungi wisata ini anda akan terkena cipratan air terjun ke seluruh tubuh anda. Anda bisa juga langsung berendam diri di kolam yang dalamnya 25 m terletak di bawah air terjun. Air di kolam ini dipercaya mampu membuat siapa saja yang mandi menjadi awet muda. Selain itu, di balik air terjun anda dapat menemukan Goa yang dipercaya sebagai tempat pertapaan Gajah Mada.

Menikmati Pemandangan

Kondisi lingkungan yang unik bisa diabadikan dalam foto anda. Sinar matahari yang menerpa tebing dan airnya akan terlihat sangat eksotis dan menakjubkan. Belum lagi tanaman yang merambat di permukaan batu sehingga menambah kesan keindahan alam kawasan Madakaripura ini. Setiap foto yang anda ambil di area ini akan memberikan kesan yang terlihat sangat keren.

Baca juga : Pesona Keindahan Coban Talun Malang

Trekking

Lokasinya yang cukup tersembunyi menjadi alasan beberapa wisatawan melakukan trekking. Mulai dari pintu masuk kawasan Madakaripura, Anda harus melewati jalan sepanjang 1,5 km selama 30 menit berjalan kaki. Rutenya ada bebatuan, lembah, sungai, dan jembatan yang akan membuat seluruh tubuh anda bergerak. Selain perjalanan, Anda akan langsung sehat pada saat melihat air terjun Madakaripura.

Bersantai

Suasana yang nyaman dan damai di sekitar air terjun menjadikan Madakaripura tempat yang cocok untuk menenangkan diri. Segala stres, lelah dan beban akan hilang ketika duduk sambil menikmati pemandangan air terjun Madakaripura. Selain itu, air jernih dapat menyegarkan seluruh tubuh sehingga membantu menghilangkan segala pengaruh negatif. Jadi jangan heran apabila Gajah Mada memilih tempat ini untuk bermeditasi dan menenangkan diri.

Tiket Masuk

Kawasan Coban Madakaripura memiliki biaya masuk yang cukup terjangkau murah. Berbagai fasilitas yang tersedia bisa juga anda manfaatkan, berikut daftar harga tarif tersebut:

Wisatawan Nasional

Weekdays Rp.11.000

Weekends Rp.13.000

Wisatawan Mancanegara

Weedays Rp.22.000

Weekends Rp.45.000

Harga yang tercantum bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola. Tetapi, daftar ini bisa anda jadikan persiapan pada saat berlibur ke air terjun Madakaripura. Apabila jika ingin liburan ke destinasi wisata lainnya, Anda bisa mencoba memilih paket wisata Travel Surabaya Malang Murah.

Lokasi dan Rute Coban Madakaripura

Coban Madakaripura terletak di Jl.Raya Lumbang, Desa Tersono, Kecamatan Lumbang, Probolinggo, lokasinya berada di kawasan Bromo Tengger Semeru. Air terjun ini lebih mudah diakses apabila jika anda berangkat dari kota Probolinggo yang hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam dalam perjalanan. Untuk angkutan umum, Anda bisa menggunakan bus dari terminal Bayuangga Probolinggo menuju Tongas atau Lumbang. Kemudian turun di perempatan Tongas setelah itu melanjutkan naik angkot menuju Pasar Lumbang.

Dari Pasar Lumbang, Anda hanya perlu naik ojek untuk mencapai gerbang pintu masuk Coban Madakaripura. Lebih mudah lagi apabila jika anda menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil dengan sopir yang sudah ahli. Anda bisa juga menggunakan petunjuk arah terbaik yaitu Google Maps untuk mencapai kawasan Madakaripura lebih mudah. Bisa juga dengan bantuan sopir lokal atau memanfaatkan paket wisata dari biro perjalanan wisata.

Baca juga : Sejarah Museum Angkut Malang

Jam Operasional Coban Madakaripura

Coban Madakaripura buka setiap hari mulai pukul 08:00 sampai 16:00. Tempat ini biasanya ramai di pagi hari atau menjelang tutup. Udara segar dan air di pagi hari adalah suasana yang tepat untuk menikmati alam. Untuk alasan keamanan, tempat ini akan ditutup untuk umum selama musim hujan. Pada saat musim hujan kawasan sekitar Madakaripura sangat rawan longsor dan arusnya bisa menjadi sangat berbahaya. Anda bisa mengunjungi tempat ini di waktu luang agar menikmati keindahan alam air terjun Madakaripura lebih lama dan bebas.

Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.