Tips Tidak Mabuk Perjalanan Naik Bus

Tips Tidak Mabuk Perjalanan Naik Bus – Sering mengalami mabuk saat dalam perjalanan memang bukan hal yang menyenangkan. Terlebih lagi jika bepergian naik bus. Pasalnya, kalau sampai muntah kamu bisa mengganggu kenyamanan penumpang lain. Oleh sebab itulah, kamu perlu mengetahui tips tidak mabuk perjalanan naik bus paling efektif.

Setelah memahami tips agar tidak mabuk naik bis, maka kamu dapat melakukan langkah-langkah pencegahan sebelum keberangkatan. Di samping itu, kamu juga tahu hal apa yang harus dilakukan ketika mulai mengalami mual dan pusing yang menjadi indikasi mabuk darat, sehingga tidak sampai muntah.

Tips Tidak Mabuk Perjalanan Naik Bus

11 Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan Saat Naik Bus

Sering mengalami mabuk perjalanan saat naik kendaraan umum, seperti bus? Tidak perlu khawatir, karena beberapa tips ampuh di bawah ini bisa membantu kamu untuk mencegah dan meredakan mabuk darat.

  • Selalu Membawa Minyak Angin

Bagi yang sering mengalami mabuk saat bepergian dengan bus, minyak angin merupakan salah satu benda keramat yang wajib dibawa. Selain memiliki aroma harum yang menenangkan, minyak angin juga dapat memberikan rasa hangat, sehingga tubuh merasa lebih rileks selama dalam perjalanan.

Saat ini, ada banyak sekali produk minyak angin dengan aneka aroma yang bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi. Jadi, lebih mudah bagi kamu untuk memilih produk sesuai kesukaan.

  • Memakai Jaket Tebal

Selain berfungsi melindungi tubuh dari udara dingin dan mencegah terserang masuk angin, mengenakan jaket tebal juga cukup efektif dalam memberikan rasa nyaman serta menghindari mabuk. Tips tidak mabuk perjalanan naik bus ini dapat diterapkan pada anak-anak hingga orang dewasa.

Supaya lebih mudah mengatur penggunaan jaket, disarankan memilih jaket dengan resleting dan bukan kancing. Dengan begitu, kamu dapat menyesuaikan level udara yang dibutuhkan tubuh secara praktis, yaitu dengan menaikkan atau menurunkan resleting saja.

  • Minum Wedang Jahe

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa rimpang jahe merupakan rempah herbal yang mampu memberikan kehangatan pada tubuh dan menyegarkan mulut. Selain itu, kandungan zat aktif pada jahe juga ampuh meredakan rasa mual dan pusing, sehingga cocok dijadikan alternatif solusi mengatasi mabuk di bus.

Jika kamu memiliki riwayat mabuk saat perjalanan darat, disarankan supaya minum wedang jahe hangat terlebih dahulu sebelum menaiki kendaraan. Jadi, tubuh terasa nyaman dan perjalanan juga lancar.

  • Mengubah Mindset

Seperti kata pepatah, “Apa yang kamu tanam itu yang akan kamu tuai”. Begitu pula dengan mabuk perjalanan. Jika kamu sudah menanamkan bahwa pasti mengalami mabuk sejak jauh hari sebelum naik bus, maka besar kemungkinan kamu akan terserang mabuk darat.

Pasalnya, hal tersebut sudah kamu percayai sejak awal. Sehingga saat berada dalam bus yang mulai bergerak,  kamu akan melihat bahwa semua hal di sekeliling bus bergerak cepat dan hal ini pastinya akan memicu rasa pusing, mual, dan akhirnya muntah.

Oleh sebab itulah, sebaiknya ubah pola pikir kamu dan selalu tanamkan hal-hal positif. Ini akan membantu kamu untuk bisa meredakan perasaan tidak nyaman yang datang dari dalam diri sendiri.

  • Mengatur Napas

Apabila kamu lupa membawa minyak angin atau aromaterapi saat berada di dalam kendaraan, maka tidak perlu terlalu panik. Tips tidak mabuk perjalanan naik bus yang bisa kamu terapkan adalah dengan mengatur napas. Teknik ini merujuk pada studi yang diterbitkan oleh Journal of Perianesthesia Nursing.

Jadi, saat kamu mulai merasa mual, jangan menunda untuk menarik napas dalam-dalam melalui hidung kemudian tahan selama 3-5 detik.Setelah itu, hembuskan dari mulut. Ulangi kegiatan ini selama beberapa kali hingga rasa mual berkurang. Ingat, usahakan supaya pikiran kamu tetap optimis.

  • Pilih Tempat Duduk Paling Nyaman

Perlu diingat, bahwa salah satu penyebab mabuk saat perjalanan dengan bus dikarenakan mencium aroma bahan bakar atau toilet secara terus-menerus. Hal ini bisa memicu pusing dan perut mual.

Apabila pemicu mabuk darat kamu adalah hal tersebut, maka sebaiknya selalu usahakan untuk memesan tempat duduk di barisan paling depan bus. Selain bisa terbebas dari aroma yang kurang nyaman di hidung, kamu juga dapat lebih leluasa menyaksikan pemandangan yang berpotensi menyegarkan pikiran.

  • Membuka Jendela Bus

Apabila bus yang kamu tumpangi tidak memiliki AC, cobalah untuk membuka kaca jendela sedikit agar bisa mendapatkan asupan udara segar dan bau sumpek menghilang. Menghirup udara segar bisa memberikan sensasi rileks, sehingga kamu merasa nyaman selama perjalanan dengan bus.

  • Tidak Bepergian dengan Perut Kosong

Usahakan untuk makan makanan berat dalam porsi secukupnya saja sebelum melakukan perjalanan jauh menggunakan bus. Apalagi, kalau kamu memiliki riwayat penyakit asam lambung, maag, atau sering mengalami masuk angin. Asupan makanan yang cukup dapat membantu perut tetap tenang dan nyaman.

Selain itu, makanan juga bisa membantu meningkatkan energi sehingga tubuh dapat berfungsi dengan baik, termasuk dalam menghalau serangan mabuk darat. Beberapa jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah, bakso, sup ayam, dan soto tanpa santan. Ingat, hindari makanan pedas dan berlemak.

  • Tidur Cukup Sebelum Melakukan Perjalanan dengan Bus

Tips tidak mabuk perjalanan naik bus selanjutnya adalah memastikan bahwa kamu mendapatkan cukup tidur sebelum bepergian. Tanpa kamu sadari, kurang tidur merupakan salah satu faktor penyebab mual dan pusing. Selain itu, istirahat juga dapat membantu kamu tidak tidur berlebihan selama perjalanan.

Meskipun tidur saat dalam perjalanan dapat membantu untuk menghindari mabuk, tapi tidur berlebihan di bus bisa membuat kamu merasa lemas dan pusing. Karenanya, sangat penting mempersiapkan kondisi tubuh sebelum bepergian, khususnya ketika akan melakukan perjalanan jauh.

  • Hindari Membaca Buku

Jika kamu sering mengalami mabuk darat, tidak disarankan untuk membaca buku saat sedang berada di dalam bus. Hal tersebut bisa menimbulkan pusing dan mual. Kenapa? Karena aktivitas tersebut bisa menimbulkan ketidakselarasan antara mata dan telinga.

Saat mata kamu fokus pada titik bacaan, maka tubuh akan berusaha menyeimbangkan posisi sebab terjadi guncangan ketika di perjalanan. Tanpa kamu sadari, rasa pusing maupun mual akan mulai mendera.

  • Mengkonsumsi Obat Mabuk Perjalanan

Meskipun mabuk darat bukanlah suatu kondisi yang serius, namun tetap harus ditanggulangi dengan baik demi kenyamanan selama perjalanan. Cara supaya tidak mabuk perjalanan naik bus yang paling efektif adalah dengan mengkonsumsi obat anti mabuk sesuai dosis pada kemasan.

Supaya obat bekerja secara lebih optimal, disarankan untuk meminumnya sekitar 1 jam sebelum melakukan perjalanan. Dengan begitu, gejala mabuk bisa dicegah sejak awal.

Setelah mengetahui tips tidak mabuk perjalanan naik bus, sekarang kamu bisa bepergian jarak jauh dengan kendaraan umum secara lebih tenang. Termasuk jika ingin mengunjungi berbagai kawasan wisata di Jawa Timur, seperti Malang yang terkenal memiliki udara dingin.

Supaya perjalanan di Malang lebih nyaman dan aman, direkomendasikan untuk menggunakan layanan dari agen travel terbaik Nahwa Tour. Selain menyediakan travel regular, ada juga pilihan paket wisata dengan harga terjangkau ke berbagai destinasi terfavorit. Untuk informasi dan pemesanan, bisa klik DISINI.

5/5 - (1 vote)
Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.