8 Tips Memilih Paket Wisata Murah dan Berkualitas

Tips Memilih Paket Wisata Murah – Berlibur ke berbagai destinasi wisata memang merupakan kegiatan yang menyenangkan dan cocok untuk kamu yang ingin refreshing. Apalagi kalau bisa mendapatkan paket wisata yang harganya ramah di kantong. Nah, kamu sudah tahu belum bagaimana tips memilih paket wisata murah tapi nggak zonk?

Mungkin kamu sudah menemukan puluhan agen travel yang menawarkan paket wisata murah, namun kamu ragu memilih satu dari sekian banyak agen travel tersebut. Memang, memilih jasa tour and travel yang terpercaya itu adalah poin yang sangat penting untuk menunjang kesuksesan liburanmu.

Tips Memilih Paket Wisata Murah

Tips Memilih Paket Wisata Murah dan Berkualitas

Menggunakan travel agent adalah salah satu solusi bagi traveler yang tidak mau ribet memikirkan jadwal dan akomodasi perjalanan. Nilai plusnya lagi, kamu pasti akan dibawa untuk menjelajahi tempat-tempat wisata yang paling favorit di destinasi tujuan wisata tersebut.

Memilih paket wisata murah memang bisa menghemat pengeluaran selama liburan. Akan tetapi, salah memilih agen travel bisa menjadi bencana bagi rencana liburanmu yang harusnya menjadi momen menyenangkan dalam hidup. Yuk, simak tips memilih paket wisata yang murah namun tetap berkualitas:

  • Tentukan Destinasi Wisata

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memulai pencarian paket wisata adalah menentukan tujuan wisata yang ingin didatangi. Seperti contoh, kamu ingin melakukan perjalanan ke kota Malang. Di sana, destinasi wisata yang ingin dikunjungi adalah Gunung Bromo dan Kawah Ijen.

Selain dua tempat wisata tersebut, kamu dan teman-teman juga bisa mengeksplorasi Baluran, Menjangan hingga Banyuwangi yang letaknya masih sama-sama di provinsi Jawa Timur.

Dengan menentukan destinasi wisata terlebih dahulu, kamu akan lebih mudah dalam menyeleksi jasa tour and travel yang menyediakan paket wisata ke tujuan tersebut. Selanjutnya, baru kamu bisa mulai berselancar dan mencari paket wisata murah yang diinginkan.

  • Lakukan Perbandingan Harga dan Fasilitas

Tips memilih paket wisata murah berikutnya adalah mulai mencari dan membuat daftar penyedia jasa tour and travel yang menurutmu potensial untuk dipilih. Tentunya, kamu bisa melakukan pencarian berdasarkan destinasi wisata yang ingin dikunjungi.

Biasanya di kota atau negara tujuan yang diinginkan, tersedia agen travel lokal yang menyediakan paket wisata dengan berbagai harga dan fasilitas. Hal yang perlu dilakukan adalah lakukan perbandingan antar paket wisata yang ditawarkan oleh masing-masing agen travel.

Selain membandingkan harga, perhatikan juga fasilitas apa saja yang didapatkan dengan harga yang ditawarkan tersebut. Sebagai contoh, penginapan, itinerary, akomodasi dan jenis-jenis makanan yang akan disajikan untuk peserta tour.

  • Mengatur Jadwal Keberangkatan

Dari jauh-jauh hari, kamu bisa mempertimbangkan kapan waktu terbaik untuk pergi berwisata dengan travel agent. Biasanya, tiap-tiap travel agent sudah memiliki jadwal open trip masing-masing. Kecuali ingin paket wisata private, kamu harus menyesuaikan jadwal liburanmu dengan jadwal dari travel agent.

Jika masih sekolah, sesuaikan dengan jadwal liburan sekolah. Jika sudah bekerja, maka atur waktu agar bisa mengajukan cuti pada atasan di tanggal tersebut. Adapun jadwal keberangkatan biasanya mempengaruhi harga paket wisatanya juga, lho.

Misalnya saja, harga paket wisata yang ditawarkan saat weekdays dan di hari-hari biasa akan berbeda dengan harga paket wisata di peak season. Liburan sekolah, lebaran, Natal dan tahun baru adalah waktu peak season di mana harga paket wisata akan melambung tinggi.

  • Lakukan Riset

Melakukan riset sebelum memilih paket wisata dari sebuah travel agent juga perlu dilakukan. pertama-tama, tentu saja kamu harus melakukan riset mengenai travel agent yang masuk ke dalam daftar incaranmu.

Cari tahu bagaimana latar belakang travel agent tersebut, sejak kapan berdiri dan segala rekam jejak yang bisa ditelusuri. Dari hasil riset yang dilakukan, sedikit banyak kamu akan mendapatkan gambaran seperti apa perjalanan menggunakan travel agent tersebut.

Kamu juga bisa mencari informasi melalui media sosial yang dimiliki travel agent tersebut, atau membaca review dari orang-orang yang pernah menggunakan jasanya. Selain mencari informasi seputar agen travelnya, cari tahu juga mengenai akomodasi yang akan digunakan.

Biasanya, agen travel akan memberikan itinerary lengkap dengan akomodasi yang digunakan selama berwisata dengan paket tersebut. Kamu bisa mencari tahu seperti apa penginapan yang akan dijadikan sebagai tempat menginap.

Pastikan hotelnya memiliki fasilitas yang nyaman, lengkap dan tidak berada di daerah yang rawan kriminal. Cari juga review orang-orang yang sudah pernah menginap di sana sebelumnya. Gali juga informasi mengenai menu makanan yang akan disajikan selama perjalanan.

  • Perhatikan Kualitas Servicenya

Sebelum memilih paket wisata murah mana yang terbaik, kamu sudah bisa loh mengukur seberapa baik kualitas pelayanan yang diberikan. Perhatikan bagaimana customer service dari agen tersebut melayani kamu sebagai calon pelanggan.

Mulai dari seberapa responsif customer service dalam menjawab pesan dari pelanggan, keramahan, hingga sedetail apa informasi yang bisa dibagikan untuk calon pelanggannya. Ini juga bisa menjadi kesempatan bagi calon pelanggan untuk bertanya lengkap mengenai fasilitas yang akan didapatkan.

  • Memastikan Detail Harga Paket Wisata

Memastikan bahwa harga paket wisata sudah all in juga menjadi salah satu tips memilih paket wisata murah yang bisa dilakukan. Jangan sampai harga yang dipajang ternyata masih banyak tambahan biaya yang harus dikeluarkan selama perjalanan.

Contohnya saja, saat sedang melakukan perjalanan, ternyata driver atau pemandu wisata meminta tambahan uang dari para peserta tour untuk biaya-biaya yang tidak disebutkan sebelumnya. Atau ketika sampai ke tempat wisata, ternyata peserta tour harus membayarkan uang masuknya sendiri.

Sebagai calon pelanggan, kamu berhak meminta transparansi biaya dari pihak agen travel. Adapun agen travel yang menjelaskan secara detail dan rinci mengenai paket wisatanya, biasanya memang terpercaya dan sudah berpengalaman.

  • Lihat Caranya Menangani Komplain

Terkadang, anggota tour bisa saja merasa kurang puas dengan pelayanan yang diberikan oleh agen travel tersebut. Mereka pun melayangkan komplain terhadap agen travel. Kamu bisa menanyakan bagaimana tanggung jawab dari pihak agen travel jika paket wisata yang mereka jalankan tidak sesuai harapan.

Apa yang bisa mereka lakukan jika ternyata perjalananmu tidak sesuai dengan janji yang sudah disebutkan di awal. Untuk melihat agen travel incaranmu tersebut bertanggung jawab atau tidak, pastikan juga hal-hal ini agar jelas dan kamu pun tidak ragu lagi untuk memilih agen travel tersebut.

Jika kamu tertarik untuk ikut open trip ke daerah Malang dan sekitarnya, kamu bisa memilih nahwatour.com sebagai agen travel yang menawarkan paket wisata murah namun berkualitas. Seperti yang diketahui bersama bahwa ada banyak sekali tempat wisata yang bisa dijelajah di daerah Malang.

Sebagai agen travel yang sudah berdiri bertahun-tahun, dan melayani pelanggan, agen travel ini bisa memenuhi ekspektasi anggota tournya, tanpa membebankan biaya yang terlalu besar pada mereka. Gimana, udah nggak bingung lagi kan bagaimana tips memilih paket wisata murah dan berkualitas?

5/5 - (1 vote)
Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.