Wisata Unik Pagoda Tian Ti Ala-Ala Beijing Di Surabaya

Arek surabaya? Sudah pernah ke Pagoda Tian Ti surabaya? Kalau belum pernah jangan ngaku jadi arek surabaya!

Berburu foto ala-ala di Beijing Cina, tapi belum kesampaian karna budget ke cina mahal? Tenang, kamu nggak perlu jauh-jauh ke cina karena Surabaya akan memenuhi mimpi kamu dengan cukup berkunjung ke Pagoda Tian Ti yang ada di Kota Surabaya!

Baca Juga : Wisata Coban Rondo Malang

Wisata yang terletak di Surabaya ini memiliki 3 lantai dan berbentuk bundar dengan diameter bangunan 60m tingginya 58m. Tian Ti yang satu ini bahan dasar bangunannya bukan dari kayu melaikan menggunakan baja untuk kontruksi utamanya. Tapi aksesoris, ukiran, ornamen, warna, dan tampilan dari keseluruhan bangunan ini sangat mirip dengan pagoda yang ada di Beijing. Yang kono katanya bahwa bagian yang berbentuk persegi adalah gambaran unsur duniawi.

Fungsi dari pagoda ini sangat berbeda dengan pagoda pada umumnya. pagoda lain, di peruntukan sebagai tempat ibadah. Dari awal dibangun pada tahun 2010 lalu, emang pagoda ini dibangun untuk dijadikan tempat berwisata. Yang dikelola langsung oleh pengelola Kenjeran Park.

Seperti yang sudah tertera diatas, Pagoda Tian Ti ini siap untuk menyuguhkan keunikannya bagi para wisatwan yang datang berkunjung. Dari setiap sisi dan sudutnya pagoda surabaya ini sangat persis dengan pagoda yang ada dicina.

Terlihat dari sejak awal beroprasi banyaknya warga Surabaya yang datang berkunjung untuk berburu spot foto unik dan tentunya instagramable banget. Dengan menjadikan pagoda tian ti sebagai background foto kamu.

Karna letak pagoda ini berada di kawasan Kanjeran Park, kamu bisa melanjutkan liburan atau hanya sekedar menghabiskan waktu ke Kanjeran Park. Disana disediakan berbagai wahana seru, selain bisa menikmati wahana serunya kamu juga bisa menikmati sunset yang ada di Pantai Kanjeran Baru.

Pagoda Tian Ti Surabaya ini ternyata dijadikan ikon Kenjeran Park (kenpark). Makna dari nama pagoda Tian Ti adalah langit-bumi atau istilahnya Sky World. Pagoda yang dicina biasanya dikenal dengan Temple of Heaven dan memiliki nilai sejarah yang tinggi dan merupakan salah satu bangunan cagar budaya di cina (tiongkok).

Pagoda ini dibangun oleh Soetiadji Yudho yang letaknya berdekatan dengan Kya-Kya Sea Side dan dihiasi lampion cantik disetiap sudutnya. Pagoda Tian Ti Surabaya ini diresmikan bersamaan dengan Tiong Chiu Pia (pesta kue bulan), atau perayaan Malam Bulan Purnama dalam adat cina yang dimana perayaannya jatuh pada tanggal 21 September 2010.

Baca Juga : Gunung Semeru Malang

Sjarah Pagoda Tian Ti Surabaya

Sejarahnya cukup unik, para pekerja rela lembur demi cepat menyelesaikan pembangunan dan pelataran pagoda 3 bulan sebelum acara peresmian pagoda, dan diniatkan supaya wisatawan bisa secepatnya explore mahakarya yang sangat epic ini. Di area depan pagoda ini juga terdapat  sebuah panggung raksasa untuk festival memperingati tahun baru Imlek.

Kata Soetiadji Soal Pagoda Tian Ti

Soetiadji Yudho adalah seorang pengelola wisata pantai terbesar dan menjadi owner sejumlah hotel di Kota Surabaya. Tidak hanya itu Soetiadji Yudho ini juga yang membangun ikon dan fasilitas-fasilitas menarik di Kenjeran Park (kenpark), seperti Budha Empat Muka, Sanggar Agung, Kya-Kya Sea Side, Kya-Kya 12 Shio dan patung Dewi Kwan Im yang ada dipantai dikenpark.

Soetiadji Yudho tiada hentinya menciptakan ikon-ikon yang unik sebagai pelengkap liburan wisatwan, menurut pendapat soetiadji baginya tempat wisata alam seperti laut, pantai, hutan bakau, dll saja mana cukup. Kita harus menciptakan sesuatu yang menarik buat pengunjung agar tidak bosan dengan wisata yang itu-itu saja.

Dengan membangun pagoda Tian Ti di surabaya ini, baginya merupakan sebuah kebutuhan, karena sesuai dengan cita-citanya ia ingin melestarikan budaya Tionghoa agar dapat diapresiasi oleh banyak orang.

Baca Juga : Sejarah Kota Malang Dan Asal Usul Nama Malang

Uniknya Pagoda Tian Ti Surabaya

Di bagian dalam bangunan ini nampak seperti gedung pertemuan. Dan semua orang bebas keluar atau masuk. Beda halnya dengan pagoda yang ada di Tiongkok yang hanya diperuntukkan sebagai tempat peribadatan. Namun demikian tampilan luar pagoda Surabaya ini tak kalah menariknya dengan pagoda yang ada di tiongkok.

Area sekitar pagoda terlihat indah, menjadi alasan para pengunjung tidak bosan berkunjung dan spot-spot foto yang tersedia pun banyak nan instagenik.

Pintu gerbang Pagoda dihiasi dengan motif bulatan-bulatan yan timbul berwarna keemasan dan berjumlah 81 buah, 9 horizontal dan 9 vertikal. Relief bangunan berupa Burung Phoenix dan Naga menjadi simbol nilai-nilai budaya Tionghoa serta kerajaan di Tionghoa.

Dalam pagoda dibiarkan kosong tanpa adanya aksesoris ataupun ornamen agama tertentu. Karna pagoda ini tidak untuk dijadikan tempat upacara perayaan keagamaan atau ritwal tertentu.

Tujuannya agar semua orang dengan agama, suku, budaya, atau etnis yang berbeda-beda dapat menikmati keindahan dari Pagoda Tian Ti Kota Surabaya ini.

Baca Juga : Candi Tertua Di Malang

Fasilitas Menarik di Pagoda Tian Ti

Untuk para wisatwan yang berkunjung dari luar kota, jangan khawatir atau bingung mau menginap dihotel mana. Karna wisata ini menyediakan fasilitas hotel yang dibilang cukup mewah. Teman disain dari hotel ini mirip dengan kastil-kastil kuno dengan perpaduan warna yang mempesona, sehingga membuat pengunjung yang beristirahat disana betah dan nyaman.

Ada lapangan luas di area sekeliling pagoda. Lapangan inilah yang kerap digunakan untuk perayaan imlek, festival seni, pacuan kuda, olahraga, tempat berkumpulnya komunitas, racing motor, dan masih banyak acara-acara lainnya.

dengan adanya ikon-ikon seperti Pagoda Tian Ti ini, wisatwan yang datang dari wisatwan mancanegara maupun wisatawan lokal untuk lebih mengenal nilai budaya Tionghoa secara luas.

Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.