9 Toko Oleh-oleh di Surabaya yang Terkenal dan Tidak Boleh Dilewatkan

Toko Oleh-oleh di Surabaya yang Terkenal – Surabaya adalah ibukota provinsi Jawa Timur. Bagi penduduk Jawa Timur, Anda pasti memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Surabaya. Baik untuk liburan atau keperluan pekerjaan tertentu. Jangan lupa untuk berkunjung toko oleh-oleh di Surabaya yang terkenal.

Toko Oleh-oleh di Surabaya yang Terkenal

Meskipun menyandang status kota metropolitan, Surabaya memiliki oleh-oleh khasnya tersendiri. Mulai dari makanan hingga kain batik khas Surabaya.

Daftar Toko Oleh-Oleh di Surabaya yang Terkenal

1. Pasar Atom

Pasar Atom atau Pasar Atum adalah salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Surabaya. Pasar ini juga telah berdiri sejak tahun 1972. Lokasinya berada di Jalan Bunguran nomor 54, Bongkaran, Kecamatan Pabean Cantian, Surabaya. Bangunan Pasar Atom bergabung dengan Atom Mall.

Berbagai aneka produk bisa Anda temukan disini. Mulai dari perhiasan, sepatu, pakaian, bahkan smartphone. Disini juga tersedia makanan khas Surabaya seperti pecel Semanggi dan bubur Madura.

Selain lengkap, barang-barang yang ditawarkan di Pasar Atom umumnya tidak mahal. Sehingga wisatawan bisa memborong oleh-oleh yang diinginkan. Pasar Atom beroperasi pada pukul 10.00 sampai 17.00 WIB.

2. Cak Cuk Outlet

Bagi sebagian orang pasti sudah mengenali Cak Cuk sebagai toko oleh-oleh di Surabaya yang terkenal. Toko ini telah dibuka sejak tahun 2005. Disini menjual baju-baju dengan desain unik dan kata-kata khas Surabaya.

Ukuran yang disediakan juga lengkap, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Wisatawan bisa memilih gambar desain yang menarik dan unik. Mulai dari gambar sejarah Kota Surabaya, pasar malam Dolly, Bonek Mania, dan keunikan-keunikan dari Surabaya.

Selain kaos, disini juga tersedia souvenir seperti dompet dan gantungan kunci. Setiap suvenir memiliki harga yang berbeda-beda. Tergantung dengan jenis souvenir yang dipilih.

Banyak orang yang merekomendasikan Cak Cuk Outlet sebagai pusat oleh-oleh karena pelayanannya yang ramah. Toko oleh-oleh ini terletak di Jalan Dharmawangsa nomor 53-A, Kecamatan Gubeng, Surabaya.

3. Sudi Mampir

Berdiri sejak tahun 1970, Toko Sudi Mampir masih menawarkan oleh-oleh terbaik khas Surabaya. Pusat perbelanjaan ini menjadi salah satu spot toko oleh-oleh khas Surabaya yang terkenal.

Terletak di kawasan Pasar Genteng, Toko Sudi Mampir menawarkan berbagai macam oleh-oleh kuliner khas Surabaya. Akan tetapi, Bandeng Asap selalu menjadi ikon wajib di toko ini. Cita rasa dan aroma yang nikmat bisa membuatnya ketagihan.

Selain itu, ada berbagai produk cemilan menarik seperti keripik buah, kue kacang, bidang, dan bakpia yang dikemas dengan kemasan praktis. Jangan lupa untuk membeli sebagai pelengkap Bandeng Asap.

Sudi Mampir berlokasi di Jalan Genteng Besar nomor 72-73, Genteng, Kecamatan Genteng, Surabaya.

4. Surabaya Patata

Surabaya Patata merupakan toko oleh-oleh milik selebgram terkenal, Ria Ricis. Nama Patata sendiri diambil dari bahasa Spanyol yang artinya kentang.  Dari namanya ini, Anda pasti sudah bisa menebak kuliner apa yang dijual disini.

Surabaya Patata menjual olahan kentang seperti roti dan cake. Roti yang dijual merupakan produk-produk favorit yang rasanya lezat dan cocok di lidah. Topping kue-kue disini sangat beragam, mulai dari green tea, cheese, nutella, tiramisu, banana chocolate, sampai krim oreo.

Kue dan roti disini dibanderol mulai dari Rp65.000. Bahkan wisatawan bisa bertanya-tanya mengenai rekomendasi produk ke petugasnya. Petugas akan siap melayani Anda dengan senyum ramah, sopan, dan tidak judes.

Wisatawan bisa menemukan outlet Surabaya Patata di Jalan Dharmahusada nomor 187, Mojo, Kecamatan Gubeng, Surabaya.

5. Toko Oleh-Oleh Panen Raya

Tempat belanja oleh-oleh yang satu ini menyediakan aneka camilan, mulai dari kue kering sampai kue basah yang khas. Ada berbagai olahan ikan, pie kota Malang, bahkan kerupuk. Wisatawan bisa memilih buah tangan secara bebas untuk orang-orang di rumah.

Selain makanan, disini juga menyediakan aneka sambal yang bisa dipadukan dengan bandeng asap. Bandeng asap disini dibuat oleh berbagai macam produsen. Sehingga setiap bandeng asap memiliki cita rasa khas yang berbeda-beda.

Toko ini berdekatan dengan Stasiun Wonokromo, lebih tepatnya pada Jalan Raya Nginden nomor 88 B, Baratajaya, Kecamatan Gubeng, Surabaya.

6. Pasar Turi

Pasar Turi juga menjadi destinasi toko oleh-oleh yang terkenal di Surabaya. Di dalam sini, Anda bisa menemukan berbagai macam barang. Mulai dari makanan, pakaian, barang elektronik, dan souvenir.

Ada tiga lantai utama di pasar ini. Namun, jika berniat untuk mencari oleh-oleh maka sebaiknya wisatawan hanya datang pada lantai satu dan dua saja. Menariknya, Pasar Turi identik dengan cara pembelian secara grosir. Jadi, pembeli bisa membeli dengan harga yang lebih murah.

Lokasi Pasar Turi juga sangat strategis, sebab berdekatan dengan salah satu wisata favorit Surabaya, Tugu Pahlawan. Pasar Turi terletak di Jl. Pasar Turi blok A-21, Surabaya.

7. Toko Bhek Putra

Wisatawan tidak perlu risau ketika mencari tempat belanja oleh-oleh di Surabaya. Toko Bhek Putra di Jalan Genteng Besar nomor 75, Surabaya menyediakan segala kebutuhan buah tangan untuk orang-orang tercinta.

Di dalam toko ini tersedia berbagai macam produk kuliner seperti bandeng presto, bandeng asap, dodol, keripik, bahkan ikan asin. Lebih enaknya lagi, pengunjung bisa mencoba dulu makanannya sebelum membeli.

Jika makanan tersebut dirasa tidak cocok dengan lidah, maka pengunjung bisa mengembalikan atau batal membelinya. Harganya juga tidak menguras kantong, setiap produk yang dijual dipastikan tidak memiliki harga yang mahal.

8. Atap Rasa

Tempat oleh-oleh selanjutnya adalah Atap Rasa. Toko ini menjual produk-produk seperti camilan, kerupuk, olahan bandeng, kacang-kacangan, bahkan aneka sambal. Produk yang ditawarkan sangat lengkap sehingga tempat ini harus Anda kunjungi.

Wisatawan juga tidak perlu khawatir soal harga. Karena seluruh produk disini dijual dengan harga yang aman bagi dompet. Selain menyediakan olahan makanan, Toko Atap Rasa juga menjual kaos dan produk souvenir lainnya.

Pelayanan yang memuaskan menambah nilai plus tersendiri. Toko ini terletak di jalan Ahmad Yani nomor 243, Siwalankerto, Kecamatan Wonocolo, Surabaya.

9. Depot Bu Rudy

Bagi wisatawan yang menyukai makanan-makanan pedas. Toko ini sangat terkenal akan sensasi pedasnya yang menggugah selera. Depot Bu Rudy atau Sambal Bu Rudy menjadi salah satu toko oleh-oleh sambal yang paling diminati di Surabaya.

Sambal Bu Rudy dikemas secara praktis dan tidak menggunakan bahan pengawet. Sehingga sudah pasti aman untuk dikonsumsi. Varian sambal disini juga beragam, mulai dari sambal bawang, sambal udang, dan sambal bajak. Depot Bu Rudy bisa ditemukan di Jalan Dharmahusada 140 Surabaya.

Baca juga : Travel Surabaya Malang Murah

Penutup

Bepergian ke Surabaya membutuhkan waktu dan tenaga ekstra. Karena jalanan di Surabaya cenderung macet. Terutama pada musim liburan, rasanya sangat sulit sekali untuk belok ke toko oleh-oleh.

Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan jasa travel seperti Nahwa Travel. Nahwa Travel memiliki armada dan supir terbaik untuk perjalanan ke Surabaya. Nahwa Travel memberikan layanan terbaik pada kliennya, jadi tak ada salahnya untuk meminta mampir ke toko oleh-oleh di Surabaya yang terkenal.

5/5 - (1 vote)