Pesona Wisata Bromo yang Menarik Minat Turis Lokal Maupun Turis Asing

Pesona Wisata Bromo
Pesona Wisata Bromo

Bromo adalah salah satu gunung wisata yang paling terkenal di pegunungan kawasan Kaldera Tengger. Dengan tinggi gunung  sekitar 2.392 mdpl ini, Keindahan  bromo sudah menyebar ke mancanegara dan menjadi  salah satu pilihan utama pengunjung saat berwisata di Jawa Timur.

Pesona utama Bromo datang dari panorama indah pegunungan saat matahari terbit atau sunrise. Cahaya keemasan matahari saat menerpa Gunung Bromo terlihat sangat megah dan eksotis.

Asap vulkanik dari kawah dan hamparan pasir di sekitar pegunungan juga menghiasi pemandangan tersebut. Setiap orang yang datang  ke destinasi yang satu  ini akan merasa kagum karena rela menunggu berjam-jam di momen-momen terbaik di Bromo.

 

Rute Menuju Bromo

Nah jika Anda ingin berwisata ke Bromo, Perlu diketahui bahwa bromo ini masuk  kedalam Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Maka dari itu ada 4 kawasan wilayah kabupaten di jawa timur yang mencakup sekaligus, diantaranya probolinggo, Malang, Pasuruan, dan Lumajang. Anda bisa mengunjungi Bromo dengan  memilih salah satu dari keempat kabupaten tersebut dengan rute yang ada di bawah ini :

 

1. Rute dari Probolinggo ke Bromo

Jika Anda dari Probolinggo, Anda bisa mencapai desa Cemoro Lawang hingga melewati Tongas. Jalan yang tidak terlalu curam dapat dengan mudah dicapai dengan sepeda motor atau mobil pribadi. Biasanya para wisatawan yang datang ke bromo ini memilih untuk bermalam terlebih dahulu di hotel atau homestay yang tersedia. Kemudian, dilanjutkan  lagi dengan berangkat di pagi hari atau dini hari untuk menyaksikan sunrise dari beberapa spot terbaik seperti Penanjakan dan Bukit Kingkong

2. Rute dari Malang ke Bromo

Jika Anda dari Malang menuju Bromo, Anda bisa mengarah ke kawasan Tumpang. Ada banyak persewaan jeep di desa ini yang siap mengantar atau menjemput Anda untuk melihat Bromo.

Dari Tumpang, Anda akan melewati berbagai pesona alam dan objek wisata di sekitar Bromo. Jalan ini langsung menuju Basecamp Pendakian Gunung Ranu Pani dan sering digunakan oleh para pendaki Gunung Semeru.

3. Rute dari Pasuruan ke Bromo

Jika Anda dari Pasuruan menuju Bromo, ikuti saja  jalan menuju desa Tosari. Dibutuhkan sekitar 1 jam dengan mobil pribadi dari Pasuruan ke Tosari.

Setibanya di Tosari, Anda perlu menyewa jeep untuk sampai ke Bromo. Ini karena akses jalurnya sangat sulit jika dilalui mobil biasa. Dengan melewati Tosari, Anda dapat memilih lebih banyak spot-spot foto untuk dapat melihat keindahan sunrise bromo, contohnya Bukit Sinta dan Penanjakan.

4. Rute dari Lumajang ke Bromo

Jika Anda dari Lumajang menuju bromo, Anda juga bisa memulai dari Lumajang. Jalan yang ditempuh adalah melalui Senduro menuju Ranu Pane.

Sesampainya di Ranu Pane, Anda bisa berjalan menyusuri laut berpasir Bromo menuju tempat parkir mobil Watu Kuto dan dilanjutkan ke Pertigaan Jemplang. Nah jika Anda ingin Berhenti sejenak di Puncak B29 di desa Senduro untuk melihat keindahan panorama sunrise  di Gunung Bromo.

Nah jika Anda masih bingung mencari sewa mobil di malang dan sekitarnya dan ingin ke destinasi wisata bromo ini, Jangan khawatir. mimin mau rekomendasiin salah satu agen travel terbaik di malang yaitu travel malang surabaya.

 

Spot Terbaik Untuk Dikunjungi Di bromo

1. Penanjakan  1

Penanjakan 1 Gunung Bromo
Penanjakan 1 Gunung Bromo

Kawasan Penanjakan 1 ini  juga dikenal sebagai view of point dan akses jalannya mudah dari Pasuruan. Jika Anda datang dari Malang atau Probolinggo, Anda juga bisa menggunakan jeep sewaan untuk menuju Penanjakan 1.

Pemandangan dari Penanjakan 1 sangat bagus. Lautan awan di atas puncak Gunung Bromo dan gunung-gunung lainnya serta desa-desa sekitarnya terlihat jelas dan indah.

Baca juga : Puncak Gunung Mahameru

2. Penanjakan 2

Penanjakan 2
Penanjakan 2

Terkenal dengan Penanjakan 2 atau Seruni Point berada di kecamatan Cemoro Lawang Probolinggo. Spot yang satu ini bisa menjadi alternatif Sunrise Bromo jika tidak bisa pindah ke spot pemandangan  lainnya.

Di Seruni Point, spot viewnya tidak terlalu tinggi, sehingga Anda bisa melihat sunrise di Bromo lebih dekat. Selain itu, Penanjakan 2 memiliki empat gerbang bergaya Hindu yang dibangun untuk menambah keindahan pemandangan di pagi hari di  Gunung Bromo.

 

3. Puncak B29

Tidak hanya  spot view Penanjakan, wisatawan juga kerap mengunjungi puncak B29 Senduro Lumajang. Pemandangan dari Puncak B29 sangat cocok untuk dinikmati tidak hanya saat matahari terbit atau sunrise tetapi juga saat matahari terbenam atau sunset.

Deretan Gunung Semeru, Gunung Arjuno dan Gunung Argopuro jelas menghiasi pemandangan Gunung Bromo. Tidak jarang wisatawan memilih untuk mendirikan tenda di Puncak B29 untuk menikmati pesona keindahan Gunung Bromo di pagi hari  dan sore hari.

 

4. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies Bromo
Bukit Teletubbies Bromo

Pesona Wisata Bromo tidak hanya memiliki pemandangan matahari terbit yang indah saja, tetapi juga memiliki tempat-tempat menarik seperti Bukit Teletabis. Sabana hijau ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama setelah melihat matahari terbit di Penanjakan 1,  Bukit Kingkong, atau Seruni Point.

Wisatawan bisa berfoto dengan background Gunung Bromo dan keunikan perbukitan hijau yang terlihat. Biasanya juga  jeep yang mereka gunakan, bisa juga dijadikan sebagai properti saat berfoto – foto ria.

Jika Anda ke Bromo, Masih banyak lagi tempat wisata menarik lainnya yang bisa Anda kunjungi di Kawasan Gunung Bromo. Seperti Pasir Berbisik, Lautan Pasir, Pura Luhur Poten, dan kawah Gunung Bromo.

Nah  untuk yang  Anda  dari luar malang dan sekitarnya dan ingin berlibur ke Wisata Bromo  ini, Tetapi bingung pesan sewa mobil dimana?, Tenang kami mempunyai sewa mobil paling terpercaya yaitu travel malang surabaya murah.

 

Harga Tiket Masuk Bromo

Karena destinasi wisata Bromo ini masuk bagian dari Taman Nasional, wisatawan yang akan  datang ke kawasan Bromo harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Berikut adalah rincian biaya d harga tiket masuk bromo dibawah ini :

 

Kategori Wisatawan

Wisatawan Domestik

Wisatawan Asing

Hari Libur

Rp. 34.000,00

Rp. 320.000,00

Hari Biasa

Rp. 29.000,00

Rp. 220.000,00

Tidak hanya tiket masuk saja yang dipersiapkan oleh wisatawan, ada juga tarif kendaraan saat Anda berkunjung ke bromo ini. berikut Rincian biayanya :

 

Mobil Jeep

Naik Kuda

Rp. 500.000,00 – Rp. 600.000,00

Rp. 150.000,00

Biaya jeep ini berlaku untuk rombongan mobil jeep selama perjalanan pulang pergi. Artinya biaya dihitung berdasarkan satu kali perjalanan jeep, bukan jumlah penumpang.

 

Jam Buka Wisata Bromo

Gunung Bromo dibuka 24 jam setiap harinya, sehingga Anda bisa menikmati Gunung Bromo setiap kali ada berwisata di destinasi yang satu ini. Pemandangan Gunung Bromo biasanya terlihat indah di musim panas dan dalam cuaca cerah. mimin juga merekomendasikan datang pada sore atau pagi hari  karena disana Anda disuguhkan pemandangan yang indah berupa sunrise atau sunset. Anda juga  bisa menginap di hotel yang tersedia di sekitar Bromo.

Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.