Tips Wisata ke Bromo

Tips Wisata ke Bromo – Keindahan Gunung Bromo bukan hanya sekedar isapan jempol belaka. Eksotisme yang dimiliki memang bisa membuat penasaran dan ingin segera mengunjungi objek wisata Malang paling populer ini. Akan tetapi, sebelum memutuskan datang ke kawasan ini, sebaiknya ketahui dulu tips wisata ke Bromo.

Setiap orang pasti ingin agar momen kunjungannya ke Bromo terasa sempurna seperti apa yang dibayangkan. Namun, tanpa mempersiapkan berbagai hal dengan matang, akan mustahil bagi kamu mewujudkan hal tersebut. Karenanya, kamu membutuhkan tips ampuh agar perjalanan semakin lancar.

Tips Wisata ke Bromo

13 Tips Wisata di Bromo

Kamu tertarik untuk melakukan solo traveling atau liburan bersama keluarga ke Bromo? Berikut adalah beberapa tips wisata ke Bromo yang akan membuat perjalanan terasa lebih aman, nyaman, dan seru.

  • Menyusun Rencana Perjalanan

Sejak jauh hari sebelum keberangkatan, kamu sudah harus menyusun rencana perjalanan dengan sebaik mungkin. Termasuk menetapkan budget liburan hingga membuat daftar objek wisata yang akan dikunjungi.

Pasalnya, di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terdapat beberapa objek wisata menarik yang tentunya tidak boleh untuk dilewatkan, seperti Bukit Teletubbies, Savana, Pasir Berbisik, Sunrise di Puncak Penanjakan, hingga mendaki Bromo untuk melihat keindahan kawahnya yang fenomenal.

  • Menghindari Akhir Pekan dan Liburan Panjang

Kamu pasti sudah tahu, bahwa Bromo adalah salah satu kawasan wisata di Jawa Timur yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara, khususnya pada musim liburan.

Oleh karena itulah, jika kamu ingin lebih leluasa menikmati keindahan Bromo disarankan untuk datang pada weekday.  Sebab pada musim tersebut Bromo akan relatif sepi. Sehingga kamu bisa lebih bebas untuk melakukan berbagai aktivitas wisata seru, termasuk hunting foto tanpa harus antre.

  • Membawa Perlengkapan yang Dibutuhkan

Perlu diingat, bahwa kawasan wisata Gunung Bromo memiliki cuaca yang dingin, terutama di pagi hari. Jika kamu berencana untuk hunting fenomena sunrise Bromo yang eksotis dari Puncak Penanjakan, maka jangan lupa untuk membawa jaket, sweater, maupun syal untuk menghangatkan tubuh.

  • Periksa Status Gunung Bromo

Tips wisata ke Bromo selanjutnya yang tidak kalah penting adalah selalu memeriksa status Gunung Bromo sebelum memutuskan liburan ke destinasi wisata primadona tersebut.

Pasalnya, Bromo adalah gunung api aktif yang berpotensi mengalami erupsi sewaktu-waktu. Ketika status gunung meningkat, maka disarankan untuk tidak berkunjung ke Bromo karena risiko bahayanya sangat tinggi. Umumnya, informasi status Bromo dapat kamu cek dari informasi TNBTS.

  • Membawa Kamera Terbaik

Wisata ke Bromo tidak akan lengkap tanpa mengabadikan momen kunjungan dalam bentuk foto maupun video. Sebenarnya, kamu bisa memanfaatkan ponsel pintar untuk menjepret gambar dan berselfie ria. Akan tetapi, hasilnya tentu tidak akan sebagus dengan bidikan yang dihasilkan kamera SLR/DSLR.

  • Berkunjung di Musim Kemarau

Bisa dikatakan bahwa awal musim kemarau merupakan waktu paling tepat untuk mengunjungi Bromo. Pada musim tersebut, kamu akan mendapatkan panorama terbaik karena bebukitan masih tampak hijau. Selain itu, kamu juga bisa melihat pemandangan matahari terbit yang sempurna tanpa hambatan.

  • Booking Jeep Secara Online

Menelusuri area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memang akan terasa lebih nyaman, seru, dan menyenangkan jika dilakukan dengan naik jeep. Apalagi, kalau salah satu tujuan utama kunjungan kamu adalah berburu sunrise di Bromo yang terkenal sangat mengagumkan.

Untuk memudahkan perjalanan, maka kamu bisa melakukan reservasi jeep di travel agent terbaik Malang. Lantas, bagaimana untuk solo traveler? Tidak perlu khawatir karena kamu bisa ikut open trip. Saat ini, ada beberapa travel agent yang menyediakan layanan open trip khusus untuk para solo traveler.

Jadi, tidak ada lagi cerita mengenai betapa mahalnya tarif penyewaan jeep ke Bromo. Sebab kamu bisa menerapkan tips wisata ke Bromo ini untuk mendapatkan harga sewa jeep yang terjangkau.

  • Menggunakan Sepatu

Memang benar bahwasanya tidak ada aturan mengenai alas kaki yang harus dikenakan oleh wisatawan ketika berkunjung ke kawasan Bromo. Akan tetapi, mengingat kamu akan melakukan petualangan di alam, maka disarankan supaya menggunakan sepatu dan bukannya sandal jepit.

Apalagi, kalau kamu berencana untuk trekking naik ke Gunung Bromo. Tentu aktivitas pendakian akan terasa kurang nyaman kalau kamu hanya mengenakan sepasang sandal jepit yang tipis.

Selain berfungsi melindungi kaki dari cedera akibat melakukan berbagai aktivitas luar ruangan. Sepatu juga sangat penting untuk menjaga kehangatan kaki dari dinginnya suhu di Bromo, khususnya pada pagi hari.

  • Membawa Bekal Air Mineral

Sebenarnya ada banyak penjual makanan dan minuman di sepanjang jalan menuju obyek wisata Bromo, namun untuk jaga-jaga sebaiknya kamu tetap membawa bekal air mineral selama perjalanan.

Ketika melakukan aktivitas outdoor yang lumayan padat, maka tubuh membutuhkan asupan cairan dalam jumlah cukup untuk terhindar dari dehidrasi. Dengan begitu, kamu bisa tetap fit meskipun melakukan berbagai kegiatan yang cukup menguras tenaga seharian.

  • Memesan Akomodasi Sesuai Budget

Tips wisata ke Bromo bagi yang berencana untuk menginap adalah dengan memesan akomodasi sejak jauh hari untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.

Di era modern sekarang, kamu bisa dengan mudah menemukan pilihan penginapan yang sesuai dengan budget melalui berbagai situs maupun aplikasi perjalanan.

  • Jangan Lupa Masker

Kawah aktif Gunung Bromo mengeluarkan bau belerang yang cukup menyengat, sehingga bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman dan menyesakkan dada. Apalagi, kalau kamu memiliki riwayat sakit asma. Untuk mencegah menghirup bau tersebut, maka kamu bisa membawa masker maupun buff.

Selain berfungsi menghalau bau belerang, masker juga efektif dalam menyaring debu maupun pasir yang beterbangan di kawasan wisata Bromo. Terlebih ketika kamu datang pada musim kemarau.

  • Membawa Uang Tunai Secukupnya

Jangan lupa bahwa di Bromo tidak terdapat ATM. Segala transaksi sudah pasti dilakukan menggunakan uang tunai. Oleh sebab itulah, pastikan kamu membawa uang tunai dalam jumlah cukup.

  • Membawa Topi, Kacamata, dan Sunscreen

Selain bisa membuat penampilan kamu terlihat semakin keren, mengenakan topi dan kacamata juga bisa membantu kamu terhindar dari terik sinar matahari yang menyengat. Apalagi, mengingat kawasan ini sangat terbuka alias tidak ada pepohonan rindang untuk tempat berteduh.

Semetara itu, sunscreen bisa memproteksi kulitmu dari paparan sinar matahari langsung yang berpotensi merusak pigmen. Dengan mengaplikasikan sunscreen, maka kelembaban dan kesehatan kulit akan selalu terjaga.

Semua persiapan sesuai anjuran tips wisata ke Bromo sudah selesai, namun terkendala karena belum menemukan pilihan transportasi yang tepat untuk digunakan berangkat ke Bromo? Kamu bisa menggunakan layanan dari travel agent berpengalaman Nahwa Tour sebagai solusi transportasi terbaik.

Nahwa Tour and Travel merupakan agen perjalanan profesional di Jawa Timur yang menyediakan berbagai pilihan paket wisata dengan harga bersahabat. Kamu bisa memilih layanan tour sesuai budget dan kebutuhan. Untuk detail paket wisata ke Bromo, maka dapat dilihat melalui website official Nahwa Tour.

5/5 - (1 vote)
Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.