Asal Usul Gunung Bromo Dengan Pesonannya

asal usul gunung bromo
asal usul gunung bromo

Destinasi wisata Gunung Bromo sangat terkenal di Indonesia. Popularitasnya yang sangat terkenal dari dulu hingga sekarang. Bahkan objek wisata Kawah Bromo ini menaungi di kancah internasional.

Kawah ini tentunya menjadi salah satu daya tarik yang mendorong ribuan wisatawan untuk datang ke objek wisata ini. Mereka sangat tertarik dengan penampilan kawah yang sangat indah dan unik.

Saat berkunjung ke Bromo, Anda bisa langsung melihat betapa indahnya kawah tersebut jika dilihat dari atas. Uniknya Lubang kawah yang lebar dan area cekungan kawah yang terlihat beruap menjadi daya tarik wisatawan itu sendiri.

Diameter kawah ini kurang lebih sekitar 800 meter (utara ke selatan) dan 600 meter (timur ke barat). Seperti kawah Gunung Kerinci, kawah ini memiliki zona bahaya. Zona ini berbentuk lingkaran dengan radius 4 KM dari pusat kawah. Karena zona bahayanya, daerah ini tidak terbuka untuk wisatawan.

Sejarah Kawah Bromo

asal usul gunung bromo

Kawah ini terbentuk akibat letusan Gunung Tengger di masa lalu. Dahulu kala, Gunung Tengger berdiri di ketinggian 4.000 meter di atas permukaan laut. Pada ketinggian ini, Gunung Tengger otomatis dicap sebagai gunung tertinggi dan terbesar di Indonesia.

Setelah letusan besar, sebagian besar wilayah pegunungan ini berubah menjadi kaldera yang sangat besar dengan diameter hingga 9 km. Dasar kaldera adalah hamparan pasir atau lautan pasir. Luas laut berpasir ini mencapai sebanyak 5.250 hektar. Puncak tertinggi setelah letusan adalah 2.100 mdpl.

Read More : Masjid Tiban Malang

Harga Tiket masuk di Kawah Bromo

Karna Kawah Bromo ini berada di bagian kawasan  tempat wisata malang, khususnya di dalam kawasan TNBTS. Untuk tiket masuk dari kawah bromo ini sama halnya dengan tiket masuk wisata Gunung Bromo. Berikut adalah list rincian harga ke Bromo diantaranya :

– Tiket Masuk Turis Lokal                     :  Rp.29.000,00 / orang ( weekday) Atau Rp.34.000,00 / orang ( weekend)

– Tiket Masuk Turis Mancanegara      : Rp.220.000,00/ orang (weekday) Atau Rp.320.000,00/ orang (weekend)

– Parkir Sepeda Motor                          : Rp.5.000,00 per unit

– Parkir Mobil                                          : Rp.10.000,00 per unit

Note : Harga-harga yang tertera diatas bisa diubah  sewaktu-waktu dari pihak pengelola wisata tersebut. Biasanya tarif tiket akan naik pada situasi tertentu misalnya pada musim Peak Season.

 

Daya Tarik Kawah Bromo

Daya tarik dari Kawah Bromo hanya mempunyai tiga, karena lokasi wisata ini hanya berupa Kawah Vulkanik. Tetapi, tidak mengurangi rasa penasaran dan keindahan dari kawah tersebut.

1.Keindahan Panorama Kawah

Daya tarik utama dari tempat ini tentu saja kawah itu sendiri. Anda bisa menyaksikan sendiri kengerian dan keindahan kawah Gunung Bromo. Dengan luas kawah yang sangat besar dan suhu yang tinggi di tengah kawah, tentu menimbulkan ketakutan tersendiri di benak Anda.

2.Golden Sunrise

Di balik cekungan kawah yang tampak menakutkan, berbahaya dan extreme. Namun Anda memiliki kesempatan untuk menyaksikan salah satu pemandangan matahari terbit emas terbaik di Indonesia. Di sini, di tepi kawah ini, garis-garis cahaya oranye mulai muncul dari langit timur. Langit yang semula gelap perlahan berubah dari jingga menjadi kuning cerah saat matahari terbit. Tentunya Anda harus mengabadikan momen ini dengan hasil jepretan terbaik Anda baik itu berupa video maupun foto selfie.

3.Pemandangan laut pasir dan sabana

Jika Anda berada di tepi kawah, Anda bisa melihat pemandangan di bawah kawah dari kejauhan. Sejauh yang saya lihat, yang saya lihat adalah lautan pasir hitam. Dari kejauhan, Anda bisa melihat sabana berwarna kuning kehijauan yang berujung di perbukitan. Daerah perbukitan ini disebut Gunung Teletubbies Bromo. Turis tahun 90-an pasti sudah tidak asing lagi dengan serial Teletubbies. Nah untuk secara visual, Gunung Teletubbies Bromo sangat mirip dengan Bukit Teletubbies di TV.

Nah jika Anda  dari luar malang dan tertarik mengunjungi Gunung Bromo ini, tetapi bingung pesan sewa mobil dimana? Tenang kami mempunyai sewa mobil paling terpercaya yaitu travel malang surabaya 24 jam.

Read More : Pantai Sipelot

Fasilitas kawah Bromo

Untuk fasilitas yang didapatkan di Kawah Bromo ini cukup lengkap. Mulai dari fasilitas umum sampai fasilitas pendukung lainnya yang Anda akan dapatkan disini. Soalnya fasilitas yang Anda dapatkan mulai dari Mushola, Area Parkir, kamar mandi atau toilet, jeep, dan bahkan sewa kuda. Bukan hanya itu fasilitas selanjutnya yaitu pusat jual souvenir yang banyak diminati kalangan wisatawan. Contohnya souvenir yang berlabelkan kata “Bromo” dan penjualan bunga-bunga cantik yang dijajakan oleh masyarakat di sana.

 

Lokasi & Rute kawah Bromo

Lokasi Kawah Gunung Bromo berada di kawasan Podokoyo Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Anda bisa mengunjungi tempat ini dengan rute mulai dari Probolinggo. Dibawah ini adalah rute terbaik melalui Kabupaten Probolinggo. Daerah Probolinggo-Kecamatan Tongas-Kecamatan Lumbang-Kecamatan sukapura-Desa Cemoro Malang.

Jika Anda datang dari luar Malang, kami sarankan Anda menggunakan jasa sewa mobil travel malang surabaya murah untuk menghemat uang dan waktu perjalanan Anda. Salah satu penyedia jasa sewa mobil yang direkomendasikan di dalam dan sekitar Bromo adalah Nahwa Tour. Kami memiliki banyak sekali pilihan paket sewa mobil dan paket wisata lainnya.

 

Jam Operasional Kawah Bromo

Untuk jam operasional dari Objek Wisata Kawah Bromo ini dibuka selama 24 jam setiap harinya. Waktu terbaik untuk mengunjungi Kawah Bromo ini adalah dengan datang di pagi hari atau sebelum sunrise dan siang hari. Apalagi saat cuaca mendukung dan langit sangat cerah. View yang kalian akan dapatkan di sekitar kawah tersebut akan lebih menarik dan indah.

Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.