10 Oleh-oleh Khas Malang di Surabaya Kekinian dan Enak!

Oleh-oleh Khas Malang di Surabaya – Anda penasaran soal oleh-oleh khas Malang di Surabaya yang terkenal akan kelezatannya? Tidak heran jika makanan khas Malang ini juga dikenal hingga kota tetangga. Meskipun berada di kota yang berbeda, ada beberapa toko pusat oleh-oleh di Surabaya yang menyediakan jajanan khas Malang.

Tidak hanya itu, harganya pun relatif terjangkau dan tidak mahal. Kesempatan ini cukup langka mengingat Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Malang untuk mencicipi makanan khasnya.

Anda mungkin tidak punya banyak waktu untuk berkunjung ke Malang dan hanya bisa singgah di Surabaya, namun hal itu bukan persoalan serius karena berikut ini adalah 10 oleh-oleh khas Malang yang bisa Anda dapatkan di Surabaya.

Oleh-oleh Khas Malang di Surabaya

10 Oleh-oleh Khas Malang di Surabaya

Makanan adalah sebuah produk yang paling banyak diincar oleh para penikmat kuliner, terutama bagi para wisatawan maupun masyarakat lokal yang menginginkan suasana baru. Mencoba berbagai makanan kekinian juga menjadi misi tersendiri saat sedang weekend alias libur kerja maupun sekolah.

Alhasil, toko makanan atau pusat oleh-oleh kerap kali menjadi sasaran masyarakat yang ingin refreshing sejenak dari ragam aktivitas super sibuk di hari kerja.

Menurut beberapa ulasan dan rekomendasi yang ada, setidaknya ada beberapa makanan alias oleh-oleh khas Malang di Surabaya dengan rating tinggi yang bisa Anda coba.

1. Bakpia Kurnia Sari

Bakpia adalah salah satu oleh-oleh khas Malang terkenal hingga memiliki cabang sendiri di beberapa kota lain di Jawa Timur.

Salah satu kota yang menjadi cabang dari Bakpia Kurnia Sari ini adalah Surabaya. Bakpia ini menawarkan berbagai varian rasa, yaitu isian kacang hijau, kacang merah, cokelat, atau keju.

Jika Anda penggemar bakpia, maka jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi yang satu ini karena rasanya sangatlah khas ala Jawa Timur.

2. Rujak Cingur

Rujak cingur merupakan salah satu hidangan tradisional khas Jawa Timur yang terkenal di Malang. Sebab lokasinya sama-sama berada di Jawa Timur, rujak cingur pun bisa Anda temukan di Surabaya.

Rujak ini terbuat dari campuran buah-buahan segar, seperti mangga, nanas, kedondong, dan timun, yang disajikan dengan irisan hidung sapi dan bumbu kacang. Agar bisa menikmati cita rasa rujak yang khas ini, Anda dapat mencari beberapa toko di Surabaya yang menyajikan rujak cingur.

3. Nona Manis

Nona Manis bukanlah nama dari makanan melainkan toko khusus yang menjual oleh-oleh. Salah satunya adalah jajanan tradisional Malang.

Jajanan yang dimaksud adalah tape ketan, onde-onde, kue lapis, dan masih banyak lagi lainnya. Anda dapat membeli oleh-oleh dari Nona Manis untuk dibawa pulang atau diberikan sebagai hadiah.

Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir tidak bisa merasakan kulineran makanan khas Malang karena oleh-oleh khas Malang di Surabaya sudah bertebaran di mana-mana.

4. Keripik Tempe Sanan

Sentra Sanan Industri adalah perkampungan yang lokasinya terletak di Kota Malang dan terkenal dengan berbagai olahan tempe. Salah satunya adalah keripik tempe yang mengambil banyak hati masyarakat berkat rasanya yang gurih dan kriuk.

Keripik tempe sendiri merupakan salah satu jajanan ringan khas Jawa Timur yang populer karena harganya sangat murah meriah. Keripik tempe ini bisa Anda jadikan oleh-oleh untuk saudara, teman, dan kerabat lainnya.

Sebagai produsen tempe terkenal di Malang, Keripik Tempe Sanan ini memiliki toko cabang di Surabaya. Mereka menawarkan keripik tempe dengan berbagai varian rasa, mulai dari original, pedas, hingga balado.

 

5. Lapis Legit Raden Saleh

Malang dikenal dengan ragam kue-kuean, salah satunya adalah kue atau roti lapis. Namun, Anda juga dapat menikmati kue lapis ini di Surabaya. Lapis Legit Raden Saleh memiliki beberapa cabang selain daripada Malang, yaitu turut melebarkan sayapnya di Kota Surabaya.

Lapis legit dengan tekstur yang lembut dan memiliki lapisan yang kaya akan rempah-rempah ini dijamin akan membuat Anda ketagihan dan ingin memakannya lagi.

6. Pisang Molen

Daripada disebut makanan khas Malang, pisang molen ini lebih merujuk pada makanan khas Indonesia dan paling banyak populer di Jawa Timur. Walau begitu, pisang polen termasuk dalam oleh-oleh khas Malang di Surabaya yang bisa Anda coba!

Berangkat dari latar belakang tersebut, baik itu Malang, Surabaya, maupun kawasan lainnya yang ada di Jawa Timur pasti sangat familiar dengan pisang molen.

Pisang molen ini dibalut dengan kulit lumpia yang rasanya cenderung manis, kemudian digoreng garing dan memiliki tekstur renyah. Anda bisa menemukan makanan ini dengan mudah karena tergolong sebagai jajanan jalanan atau street food.

7. Tape Singkong

Jajanan berikutnya adalah tape singkong. Tape merupakan makanan khas Malang yang juga bisa Anda temukan di Surabaya.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Malang dan Surabaya berada di kawasan yang sama, yaitu Jawa Timur sehingga tidak heran jika kedua kota ini memiliki jenis makanan yang relatif serupa.

Tape singkong sendiri merupakan jenis makanan fermentasi yang terbuat dari singkong. Rasanya manis, sedikit asam, dan memiliki aroma khas dari proses fermentasi.

Makanan khas tradisional Jawa ini memang punya segmentasi pasarnya sendiri sebab tidak semua orang menyukai rasa kecut, namun tape dikenal memiliki beberapa khasiat, yaitu mencegah anemia, sumber karbohidrat, dan baik bagi pencernaan Anda.

8. Kue Soes Merdeka

Kue Soes Merdeka adalah kue khas Malang berbentuk bulat dengan tekstur lembut di dalam dan renyah di luar. Kue ini biasanya diisi dengan krim vanila atau krim cokelat. Kue ini juga bisa Anda temukan di toko cabang Surabaya dengan alamat Jalan Ketintang Madya Nomor 65, Gayungan, Surabaya.

Anda juga bisa mencari alamat toko tersebut lewat Google Maps karena posisinya pun sangat strategis alias mudah untuk ditemukan.

9. Dodol

Dodol atau jenang adalah oleh-oleh khas Malang di Surabaya yang umumnya dibuat dengan memanfaatkan buah apel sebagai bahan utamanya.

Namun, Anda bisa merasakan dodol ini juga ketika berkunjung di Surabaya. Grand City Food Market adalah salah satu tempat yang menyediakan jajanan tradisional ala Jawa Timur. Anda bisa datang ke lokasi tersebut dan menikmati jajanan lainnya!

10. Rawon

Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas satu ini, meskipun agak sedikit rumit jika dijadikan sebagai oleh-oleh. Namun Anda tetap bisa membungkusnya dengan wadah kedap udara sehingga bisa Anda bawa pulang. Anda juga bisa menjadikan rawon sebagai makanan untuk menemani perjalanan pulang!

10 oleh-oleh khas Malang di Surabaya yang sudah dijabarkan di atas adalah jajanan ringan, kue-kuean, hingga makanan pengisi perut yang bisa Anda nikmati saat sedang liburan. Jika Anda bingung bagaimana cara menemukan semua oleh-oleh itu, Anda bisa bertanya kepada Nahwa Travel selaku ahlinya Travel Juanda Malang!

Nahwa Travel bersedia memberikan layanan berupa antar-jemput dari Malang, Surabaya, Sidoarjo, dan sekitarnya dan siap membawa Anda ke berbagai tempat pusat oleh-oleh yang Anda inginkan. Selain itu, Anda juga bisa sewa kendaraan seperti mobil dan bus khusus wisata bagi rombongan.

5/5 - (1 vote)