8 Oleh-Oleh Khas Magetan Enak dan Lezat!

Oleh-Oleh Khas MagetanMagetan adalah daerah di Jawa Timur yang menyimpan banyak sekali jenis jajanan nikmat. Umumnya, jajanan ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh khas Magetan untuk dibawa pulang. Bagi pecinta rasa manis, sangat wajib mencicipi dan membawa pulang jajanan yang ada di sini.

Sebagian besar jajanan ini terbuat dari ketan. Cita rasa khas Nusantara sudah pasti akan Anda dapatkan di Magetan. Harganya yang cukup terjangkau sudah pasti akan membuat Anda kalap dan ingin memboyongnya sebagai oleh-oleh dalam jumlah yang banyak.

Oleh-Oleh Khas Magetan

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Magetan yang Wajib Dibawa Pulang!

Anda punya rencana pergi ke Magetan? Ya, daerah ini memang menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik. Tak hanya itu, makanan khas yang ada di sini juga sangat wajib untuk dicicipi. Cita rasa yang khas akan membuat Anda ketagihan dengan kelezatannya.

Adapun beberapa jajanan khas yang cocok Anda jadikan oleh-oleh dari Magetan untuk dibawa pulang pada ulasan berikut ini. Perhatikan dan tentukan mana yang memikat hati Anda. Agar nanti Anda tidak lupa untuk membelinya sebagai oleh-oleh untuk orang di rumah.

1. Jenang Candi

Di Magetan, terdapat sebuah desa bernama Candi. Desa ini merupakan tempat asal diproduksinya jajanan jenang dodol yang lezat dari Magetan. Pertama kali jenang dodol ini dipasarkan adalah pada tahun 1993. Dari waktu itu hingga saat ini, jenang dodol khas Candi ini tak pernah habis masanya.

Pengunjung yang datang ke Magetan sudah pasti akan mencari dan menjadikannya teman perjalanan hingga oleh-oleh untuk dibawa pulang. Meski banyak dijajakan di setiap jalan di Magetan, alangkah baiknya jika Anda membelinya langsung di Desa Candi.

Agar Anda bisa mendapat jenang dodol asli bukan abal-abal. Oh ya, Anda juga bisa langsung melihat proses pembuatannya di sini. Tapi ingat, prosesnya tidaklah cepat. Memerlukan waktu minimal selama 8 jam untuk menghasilkan jenang dodol terbaik dengan cita rasa yang lezat.

Untuk bahan-bahan yang digunakan saat membuat jenang dodol ini tentunya sama dengan jenang dodol pada umumnya. Yaitu tepung ketan, santan, dan gula. Meski begitu, untuk cita rasanya jelas berbeda. Hanya bisa Anda temukan di Magetan, khususnya Desa Candi ini.

Membeli jenang dodol khas Candi tidaklah mahal, Anda hanya perlu menyiapkan uang sejumlah Rp35.000 hingga Rp50.000. Dengan harga yang terjangkau itu, Anda sudah bisa menikmati kelezatan jenang khas dari Magetan.

2. Oleh-Oleh khas Magetan Wajik Ketan

Jajanan selanjutnya yang masuk rekomendasi untuk Anda bawa pulang dari Magetan adalah wajik ketan. Sesuai dengan namanya, wajik ketan terbuat dari ketan sebagai bahan dasarnya. Biasanya akan ditambahkan dengan aroma pandan atau vanili.

Meski tampilannya tampak begitu manis, Anda tak perlu khawatir. Komposisi manis dari wajik ketan ini sudah dibuat dengan sempurna. Sehingga Anda bisa menikmatinya dengan nyaman bahkan bisa menghabiskannya dalam jumlah yang banyak.

Biasanya harga yang dibanderol untuk satu wajik ketan sebesar Rp2.000 hingga Rp5.000 saja. Harga yang sangat terjangkau dan bisa Anda beli dalam jumlah banyak tanpa perlu mengeluarkan banyak uang. Jangan heran jika banyak orang mencari jajanan ini ketika pergi ke Magetan.

3. Bolu Magetan

Bolu panggang khas Magetan yang berbentuk bulat panjang sudah pasti tak asing bukan? Jajanan dengan tekstur lembut dan berasa manis ini menjadi salah satu oleh-oleh yang banyak dicari oleh pengunjung.

Jajanan yang seringkali menjadi suguhan utama dalam acara-acara penting di Magetan ini bisa Anda jadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang. Menemukannya tidaklah sulit, karena kios-kios pinggir jalan sudah banyak yang menjualnya.

Proses pembuatannya yang dipanggang membuat bolu ini cukup tahan lama untuk disimpan. Anda bisa membelinya dengan harga yang sangat murah, yaitu Rp5.000 untuk 10 kue bolu panggang ini. Sangat terjangkau bukan?

Dengan uang yang tak seberapa, Anda bisa membawakan oleh-oleh khas Magetan yang cukup banyak untuk dibagikan pada keluarga, teman-teman, serta tetangga di kampung halaman.

4. Madu Mongso

Madu mongso adalah jajanan yang wujudnya mirip dengan tapai ketan. Hanya saja madu mongso ditambahkan dengan gula putih, gula merah, dan santan sebagai pelengkapnya. Setelahnya barulah madu mongso ini difermentasikan dalam beberapa waktu untuk memberikan cita rasa khas.

Rasanya manis dan cenderung sedikit kecut di akhir kunyahan. Biasanya jajanan ini dibungkus dengan plastik kecil dan dibalut lagi dengan kertas warna warni untuk mempercantiknya. Anda perlu mengocek uang sejumlah Rp145.000 untuk satu kilo madu mongso.

5. Jadah

Masih dengan jajanan yang terbuat dari bahan dasar ketan. Kali ini namanya jadah. Jajanan manis yang berwarna putih percampuran antara ketan dan kelapa. Teksturnya yang lembut, empuk, dan berasa manis gurih adalah ciri khas dari jadah.

Anda bisa menemukan jadah dalam dua macam. Yaitu jadah goreng atau jadah panggang. Keduanya memiliki rasa yang lezat dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Anda hanya perlu menyiapkan uang minimal Rp1.500 untuk membeli satu jadah.

6. Oleh-Oleh Khas Magetan Jawa Timur Jerangking

Jerangking adalah jajanan yang menyerupai kerupuk lempeng. Hanya saja dibuatnya dari beras ketan. Jajanan ini dimasak dengan cara dipanggang hingga sedikit merah dan gosong. Rasanya gurih alami dari ketan tanpa adanya penyedap tambahan.

Harganya sangatlah murah. Sehingga banyak sekali orang yang mencari jerangking untuk dijadikan oleh-oleh. Anda hanya perlu mengocek uang sejumlah Rp15.000 hingga Rp20.000 untuk 40 biji jerangking. Terjangkau sekali bukan?

7. Rengginang

Rengginang, jajanan lokal yang berbahan utama ketan. Jajanan dengan cita rasa gurih dan renyah ini sangat cocok dijadikan buah tangan untuk orang-orang di kampung halaman. Memang rengginang bisa ditemukan di banyak daerah di Jawa, tidak hanya di Magetan.

Tapi, apa salahnya jika Anda mencoba untuk membeli dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh dari Magetan? Jajanan ini sudah pasti digemari oleh semua kalangan. Cita rasanya yang gurih bukan main berasal dari cita rasa alami. Dan pastinya aman dari bahan pengawet dan bahan berbahaya.

8. Kerupuk Lempeng

Sebelumnya, oleh-oleh khas Magetan yang satu ini sudah kami sebut. Ya, kerupuk lempeng, jajanan asin gurih yang terbuat dari beras. Pada proses pembuatannya, akan ditambahkan bleng atau semacam magnesium sulfat yang aman dan berfungsi mengenyalkan kerupuk.

Jauh lebih murah daripada jerangking, kerupuk lempeng bisa Anda beli dengan harga Rp1.000 saja per kilonya. Tak heran jika banyak sekali orang yang datang ke Magetan dan membawanya pulang untuk oleh-oleh.

Baca juga : Travel Malang Magetan Murah

Untuk mendapatkan berbagai macam oleh-oleh khas Magetan di atas, Anda bisa menggunakan jasa Nahwa Travel. Perjalanan Anda ke Magetan akan jauh lebih aman dan pastinya nyaman. Kami menyediakan orang yang sudah berpengalaman.

Sehingga Anda pasti akan menemukan pusat-pusat perbelanjaan dan oleh-oleh yang terbaik. Anda pun akan menikmati perjalanan dan waktu Anda di Magetan dengan lebih menyenangkan. Dan pastinya tak lupa membawa pulang berbagai macam oleh-oleh khas ke kampung halaman.

5/5 - (1 vote)