Tips Wisata Bersama Anak

Tips Wisata Bersama Anak – Liburan bersama anak merupakan momen yang diimpikan setiap orang tua. Selain bisa meningkatkan kedekatan dengan si buah hati, kamu juga dapat memperkenalkannya dengan berbagai hal baru. Namun, supaya aktivitas liburan terasa nyaman, kamu perlu mengetahui apa saja tips wisata bersama anak.

Meskipun terdengar seru dan menyenangkan, akan tetapi liburan dengan mengajak buah hati tersayang bisa menjadi tantangan tersendiri bagi sebuah pasangan. Selain harus mempersiapkan budget ekstra, kamu juga perlu memiliki lebih banyak kesabaran jika ingin mengajak si kecil jalan-jalan.

Tips Wisata Bersama Anak

11 Tips Travel Bersama Anak Kecil

Punya rencana mengajak si kecil bepergian ke tempat wisata bagus, tapi masih ragu karena belum memiliki pengalaman? Beberapa tips bepergian bersama anak di bawah ini bisa kamu jadikan referensi:

  • Menerapkan Jadwal Fleksibel

Saat liburan bersama keluarga, sebaiknya buatlah jadwal perjalanan sefleksibel mungkin. Hal ini dikarenakan jadwal aktivitas wisata yang padat akan membuat buah hati merasa kelelahan. Kalau sudah begitu, maka bisa memicu si kecil menjadi bad mood dan tidak menikmati liburan.

Jadwal selama liburan juga dapat disesuaikan dengan kebiasaan anak. Misalnya, ketika tiba jam tidur siang, usahakan supaya kamu sudah membawa si kecil kembali ke penginapan.

  • Memilih Destinasi Wisata Ramah Anak

Tips wisata bersama anak selanjutnya adalah memilih destinasi yang tepat. Dengan kata lain, pilihlah beberapa opsi objek wisata ramah anak untuk dikunjungi selama masa liburan.

Pastikan jika tempat wisata tujuan memiliki berbagai wahana menarik yang bisa mengalihkan perhatian anak. Selain itu, kamu juga perlu memastikan kalau lokasi tujuan mempunyai fasilitas umum lengkap. Termasuk area istirahat, restoran dengan menu kids meal, toilet, dan sebagainya.

 

  • Hindari Membawa Barang Secara Berlebihan

Liburan bersama anak bukan berarti kamu harus rempong membawa semua barang yang dimiliki si kecil yang justru dapat menimbulkan kerepotan. Bahkan, bukan tidak mungkin berpotensi menghambat trip kamu. Sebaliknya, bawalah barang secukupnya supaya perjalanan terasa lebih menyenangkan.

Untuk menghemat space, kamu bisa mulai menghitung berapa jumlah pakaian yang dibutuhkan, membawa peralatan mandi secukupnya, dan keperluan pribadi lainnya. Sementara itu, untuk barang yang dirasa kurang penting sebaiknya tidak perlu dibawa.

  • Memilih Jadwal Bepergian di Pagi Hari

Salah satu tips travel bersama anak kecil yang paling efektif diterapkan jika ingin menempuh jarak jauh adalah memilih jadwal perjalanan. Disarankan supaya bepergian pada pagi hari karena selain cuacanya masih sejuk, anak juga akan merasa lebih segar dan siap untuk melakukan perjalanan.

Coba bayangkan kalau kamu mengajak anak bepergian dengan moda transportasi umum, seperti kereta api pada siang hari yang terik. Risiko si kecil rewel selama perjalanan akan semakin tinggi.

  • Jangan Terlalu Banyak Belanja

Kegiatan belanja memang sangat disukai oleh kaum wanita karena dirasa dapat memanjakan mata. Akan tetapi, jika kamu liburan dengan mengajak anak kecil, sebaiknya hindari aktivitas belanja barang tidak penting. Selain bisa membuat pengeluaran membengkak, belanja juga akan menghabiskan banyak waktu.

Ketika diajak keliling untuk berbelanja, pastinya si kecil akan mudah merasa bosan dan lelah. Bahkan, bukan tidak mungkin berakhir merajuk. Kalau sudah begini, nantinya kamu dan pasangan sendiri yang akan kerepotan mengembalikan suasana hati anak tercinta.

  • Pilih Penginapan yang Kids Friendly

Jika kamu berencana untuk menginap di kota lain, maka tips wisata bersama anak yang wajib dipertimbangkan adalah memilih penginapan dengan konsep kids friendly. Hal ini sangat penting demi memastikan bahwa kamu dan keluarga merasa aman serta nyaman bermalam di tempat tersebut.

Saat ini, menemukan opsi penginapan yang tepat memang relatif mudah karena kamu bisa mencarinya melalui smartphone. Selain itu, kamu juga bisa memfilter hal-hal sesuai yang dibutuhkan.

Beberapa kriteria penginapan yang cocok untuk anak-anak antara lain adalah, menyediakan ekstra bed dan memiliki fasilitas lengkap untuk memanjakan si kecil. Minimal, pilihlah room yang memiliki AC dan Televisi. Jika memiliki budget lebih, kamu bisa menginap di hotel dengan fasilitas taman dan kolam renang.

  • Mempersiapkan Camilan Anak

Tidak seperti orang dewasa yang gampang memilih cemilan untuk dikonsumsi selama perjalanan. Anak-anak biasanya cenderung lebih pemilih. Oleh sebab itu, jangan lupa membawa camilan favorit buah hati.

Pasalnya, kamu tidak bisa memaksa si kecil untuk menyukai camilan yang kamu sukai. Selain itu, perlu diketahui bahwa camilan khusus anak bisa sangat membantu kamu dalam mengasuh si kecil selama dalam perjalanan. Karena saat makan camilan favoritnya, anak biasanya akan tetap tenang dan tidak rewel.

Infografis Carter Drop Juanda Malang

  • Melakukan Riset Tempat Wisata

Saat merencanakan untuk traveling bareng keluarga, pastikan kamu juga membuat daftar mengenai destinasi wisata anak yang akan dikunjungi. Untuk memperoleh informasi detail mengenai tempat tersebut, maka kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu.

Hal ini sangat penting untuk memastikan jika kamu sudah paham mengenai destinasi wisata pilihan, termasuk lokasi, jam buka, harga tiket, dan tips aman serta nyaman berkunjung kesana. Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan secara tepat.

  • Wajib Memiliki Medical KIT

Tips wisata bersama anak satu ini berkaitan dengan perlengkapan kesehatan, termasuk obat-obatan yang bisa digunakan ketika menghadapi kondisi darurat. Meskipun tampak sepele, namun akan sangat membantu dalam mengambil langkah penanganan pertama saat terjadi hal tidak diinginkan.

Selain membawa obat-obatan berdasarkan resep dokter (jika memiliki riwayat penyakit tertentu). Pastikan kamu juga selalu memiliki persediaan obat penurun demam, obat diare, obat alergi, hingga plester atau perban ketika bepergian bersama keluarga.

  • Membawa Mainan Favorit Anak

Salah satu cara paling efektif untuk membuat si kecil merasa tenang dan tidak rewel adalah membawa mainan favoritnya. Mainan tersebut merupakan hiburan bagi buah hati yang bisa memberikan perasaan nyaman dan gembira. Sehingga si kecil tidak merasa jenuh saat diajak untuk bepergian.

  • Pertimbangkan Membawa Stroller Travel

Tips liburan bersama bayi ini memang tampak merepotkan, namun akan sangat berguna demi kelancaran selama traveling. Selain bisa memberikan keamanan dan kenyamanan pada si kecil, stroller juga akan memudahkan kamu dalam membawa si kecil jalan-jalan kesana dan kemari.

Agar kamu tidak terlalu direpotkan dengan kereta dorong bayi, maka bisa mencari stroller travel yang relatif lebih ringkas dan mudah dikondisikan. Dengan begitu, liburan tetap terasa seru dan nyaman.

Jika kamu berencana liburan ke Jawa Timur, maka Tips wisata bersama anak supaya nuansa liburan terasa nyaman yang tidak boleh dilupakan adalah memilih transportasi terbaik. Demi kenyamanan si kecil, sebaiknya kamu menyewa atau carter mobil di agen perjalanan terbaik, seperti Nahwa Travel.

Travel agent terpercaya di Malang dan sekitarnya ini hadir dengan berbagai layanan wisata terlengkap yang bisa dipilih sesuai budget dan kebutuhan customer. Jika kamu tertarik untuk menjelajahi Jawa Timur bersama keluarga, tapi anggaran terbatas, maka Nahwa Tour bisa menjadi alternatif solusinya.

5/5 - (1 vote)
Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.