Tips Perjalanan Jauh Bawa Bayi

Tips Perjalanan Jauh Bawa Bayi – Melakukan perjalanan jauh dengan membawa bayi memang membutuhkan tenaga, kesabaran, dan persiapan ekstra. Oleh karena itulah, ada baiknya kamu mengetahui tips perjalanan jauh bawa bayi agar kegiatan bepergian bersama si kecil menjadi lebih aman, nyaman, dan pastinya menyenangkan.

Pada dasarnya, bepergian membawa bayi cenderung lebih mudah sebab aktivitas si kecil masih sangat terbatas. Akan tetapi, setelah buah hati memasuki usia di atas 6 bulan, tentu tantangannya akan lebih berat, Pasalnya, pada usia tersebut si kecil akan lebih aktif dalam bergerak maupun berceloteh.

 Tips Perjalanan Jauh Bawa Bayi

12 Tips Perjalanan Jauh dengan Bayi

Berencana untuk bepergian menempuh jarak jauh dengan si kecil? Di bawah ini adalah beberapa tips mudah dan praktis supaya perjalanan membawa si kecil tetap nyaman:

  • Memilih Transportasi Paling Nyaman

Tips bawa bayi perjalanan jauh pertama yang bisa kamu jadikan acuan adalah dengan memilih jenis kendaraan paling aman dan nyaman. Jika memutuskan menggunakan pesawat, maka sebaiknya cek terlebih dahulu fasilitas yang disediakan oleh maskapai penerbangan untuk bayi.

Saat melakukan pemesanan tiket, disarankan memilih tempat duduk di bagian belakang yang dekat dengan toilet. Dengan begitu, jika ingin mengganti popok bayi bisa lebih mudah.

Supaya si kecil tetap tenang ketika pesawat lepas landas maupun landing, maka bisa memberikan susu atau camilan pada bayi. Selain itu, sebaiknya tutup telinga bayi agar tidak merasakan perubahan tekanan udara di pesawat yang berpotensi membuat si kecil kaget, sehingga menangis.

  • Menyusun Jadwal Perjalanan Secara Lebih Fleksibel

Ketika memutuskan membawa si kecil, sebaiknya kamu melakukan perjalanan secara pribadi atau bersama keluarga, buka bergabung dengan sebuah rombongan.

Hal ini sangat penting bagi kamu supaya bisa lebih leluasa dalam mengatur jadwal perjalanan, termasuk menentukan aktivitas yang akan dilakukan, hingga destinasi tujuan.

Saat pertama kali tiba destinasi tujuan, pastikan kamu meluangkan waktu untuk beristirahat sejenak sekaligus memberikan waktu pada buah hati agar dapat beradaptasi dengan lingkungan baru.

  • Ciptakan Suasana Nyaman untuk Si Kecil

Berada di tempat baru bisa membuat bayi merasa cemas dan kurang nyaman. Oleh sebab itulah, kamu harus berusaha menciptakan nuansa nyaman seperti di rumah supaya si kecil merasa betah. Misalnya, dengan membawa serta mainan favorit, boneka kesayangan, atau selimutnya.

Di samping itu, selalu luangkan waktu untuk menyusui buah hati seperti biasa. Ini bisa membantunya merasa nyaman dan aman ketika berada di tempat yang asing baginya.

  • Mempersiapkan Perlengkapan Bayi

Tips perjalanan jauh bawa bayi yang tidak kalah pentingnya adalah memastikan bahwa semua perlengkapan kebutuhan si kecil telah dipersiapkan dengan matang.

Selain keperluan utama bayi, seperti botol susu, pakaian, makanan, dan peralatan lain. Kamu juga harus mempersiapkan peralatan kesehatan, termasuk pelembab kulit, minyak telon, termometer, dan obat-obatan pribadi sesuai yang dianjurkan oleh dokter.

Saat berada dalam perjalanan, kamu juga perlu memastikan supaya buah hati mendapat cukup asupan minuman dan makanan, sehingga si kecil tidak mengalami dehidrasi.

  • Mencari Teman Bepergian yang Bisa Ikut Menjaga Bayi

Kamu pasti akan merasa kelelahan jika bepergian berdua saja dengan buah hati. Terlebih lagi, jika si kecil kurang bisa beradaptasi dengan lingkungan baru. Supaya kamu tidak merasa terlalu lelah dan repot, maka direkomendasikan mengajak orang lain untuk bepergian, bisa pasangan, saudara, maupun baby sitter.

  • Membawa Kursi Bayi

Tips membawa bayi perjalanan jauh dengan mobil yang tidak boleh dilewatkan adalah, mempersiapkan kursi paling nyaman untuk si kecil. Kursi bayi umumnya didesain bukan hanya untuk fungsi kenyamanan, namun juga keselamatan. Akan tetapi, kamu juga tetap perlu memberikan perhatian ekstra.

  • Meletakkan Barang Barang Penting di Tempat yang Tepat

Pastikan kamu meletakkan barang-barang yang dibutuhkan bayi tetap berada dalam jangkauan supaya lebih mudah ditemukan ketika diperlukan. Tips perjalanan jauh bawa bayi ini merupakan sebuah langkah siaga untuk memastikan si kecil merasa nyaman selama dalam perjalanan.

Beberapa jenis perlengkapan bayi yang biasanya dibutuhkan antara lain adalah, krim ruam, popok, botol susu, tisu basah maupun kering, air mineral, dan juga cemilan kesukaan si kecil.

  • Pastikan Bayi Mengenakan Pakaian Nyaman

Salah satu cara memberikan kenyamanan pada si kecil adalah memberikan pakaian paling nyaman saat bepergian. Jangan lupa bahwa kulit bayi sangat sensitif. Kamu harus memperhatikan jenis material pakaian yang akan dipakai si kecil. Kamu juga bisa menyesuaikan jenis pakaian dengan kondisi cuaca saat itu.

  • Pastikan Si Kecil Berada dalam Kondisi Sehat

Salah satu hal paling penting yang perlu diperhatikan adalah kondisi kesehatan si kecil. Sebelum bepergian, pastikan jika bayi berada dalam keadaan fit dan siap melakukan perjalanan jauh.

Tips perjalanan jauh bawa anak kecil ini sebaiknya juga didasari oleh anjuran dokter. Dengan kata lain, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu. Jadi, dapat lebih memahami langkah apa yang harus dilakukan sebagai upaya menjaga kesehatan buah hati tersayang.

  • Memperhatikan Cuaca

Sebagai smart mom, kamu juga perlu memahami bahwa faktor cuaca dapat memberikan dampak besar dalam mempersiapkan perjalanan jarak jauh dengan si kecil.

Tips perjalanan jauh bawa bayi ini terbilang mudah diaplikasikan. Kamu bisa memeriksa prakiraan cuaca yang dipublikasikan oleh BMKG sejak beberapa hari sebelum keberangkatan. Dengan begitu, kamu dapat mempersiapkan rencana lebih tepat sesuai dengan kondisi cuaca terkini.

Infografis Carter Drop Juanda Malang

  • Membawa Apron Menyusui

Jika kamu berencana membawa si kecil yang masih menyusui untuk bepergian, baik naik kendaraan pribadi maupun umum, sebaiknya tidak lupa membawa apron menyusui.

Dengan mengenakan apron ini, kamu bisa lebih leluasa menyusui bayi, bahkan meskipun berada di tempat umum. Pasalnya, apron menyusui memungkinkan kamu mendapatkan privasi lebih. Saat ini, produk apron dapat ditemukan di berbagai toko offline maupun online.

  • Usahakan Selalu Bersikap Tenang

Tidak bisa dipungkiri, bahwa perjalan jauh membawa si kecil pastinya terasa melelahkan. Tanpa disadari, hal tersebut dapat mempengaruhi suasana hati kamu. Namun, sebagai seorang Ibu sudah seharusnya kamu belajar untuk bersikap tenang agar bisa memberikan energi positif kepada si kecil.

Lantas, bagaimana jika bayi terus rewel? Supaya tidak terbawa emosi, kamu dapat beristirahat di tempat yang nyaman dan berikan perhatian lebih pada si kecil agar kembali tenang.

Tips perjalanan jauh bawa bayi di atas dapat dijadikan bahan referensi apabila ingin bepergian dengan si kecil. Akan tetapi, demi keamanan dan kenyamanan buah hati, ketika traveling di provinsi lain, seperti Jawa Timur, misalnya. Lebih disarankan untuk carter mobil pribadi di jasa rental car terbaik.

Salah satu travel agen terbaik di Jawa Timur yang bisa kamu pilih adalah Nahwa Tour. Selain melayani carter drop dan sewa mobil, travel agen ini juga menyediakan layanan open trip ke berbagai destinasi wisata. Jika tertarik menggunakan layanan Nahwa Tour, kamu bisa melakukan reservasi online DISINI.

5/5 - (1 vote)
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.