Surga Bawah Laut Banyuwangi

Keindahan Bangsring Underwater – maldivesnya jawa timur

Keindahan Bangsring Underwater – maldivesnya jawa timur

Keindahan Bangsring Underwater sebuah destinasi yang terletak di Kabupaten Banyuwangi memang tidak dipungkiri lagi, lebih – lebih lagi keindahan bawah lautnya. Area pantai yang digunakan sebagai tempat konservasi terumbu karang ini, mempunyai luas 15 ha, memilki kedalaman laut sekitar 2-15 m. Akan tetapi tidak perlu menyelam terlalu dalam untuk dapat melihat berbagai macam ikan hias yang hilir mudik.

Terdapat berbagai macam kegiatan yang dapat dilakukan di Pantai Bangsring Banyuwangi. Contohnya  menikmati wisata bahari seperti rumah apung, snorkeling, diving, memberi makan ikan, dan merasakan langsung gimana rasanya berenang bersama hiu lho.

Daya Tarik Wisata Bangsring Banyuwangi

Bangsring Underwater (Bunder) adalah sebuah destinasi ekowisata berbasis konservasi ikan dan terumbu karang. Bunder lokasinya di ujung timur Pulau Jawa, lebih tepatnya di Desa Bangsring, Wongsorejo, Banyuwangi.  Nama Pendiri dan Pengelola Bangsring Underwater adalah Pak Ikhwan, Pak Ikhwan menyampaikan bahwa, obyek wisata ini diinisiasi sekaligus dikelola oleh kelompok nelayan lokal. Kelompok nelayan tersebut sudah berdiri sejak tahun 2008 lalu, akan tertapi Bangsring Underwater secara resmi baru dibuka pada tahun 2014.

Baca juga : Predator Fun Park Batu Yang Menjadi Sarana Liburan dan Edukasi

Pesona Bunder tidak hanya dari keindahan pantainya, akan tetapi dengan taman bawah laut yang terjaga apalagi  kehadiran ikan-ikan kecil di terumbu karang seperti ikan nemo dapat dilihat dengan cara snorkeling atau diving.

Gelombang ombak di Bunder tidak begitu kencang dengan arus yang lumayan tenang, sehingga sangat pas untuk anda yang baru belajar berenang. Apabila anda ingin menikmati wahana snorkeling atau diving, Anda tidak perlu menyiapkan peralatan sendiri dari rumah. Tersedia sebuah pondok di  pinggir pantai yang menyewakan perlengkapan menyelam.

Ketika menyelam hingga ke dasar laut, terdapat aturan yang harus anda ketahui. Setiap orang yang akan melakukan snorkeling atau diving dilarang merusak, menginjak, dan mengambil terumbu karang. Dikarenakan terumbu karang di daerah ini belum cukup tua dan lama ditanam, dikhawatirkan bisa mati apabila diinjak atau dicabut.

Untuk anda yang kurang suka berenang dan lebih tertarik dengan wahana yang memacu adrenalin, anda bisa mencoba wahana banana boat. Terletak di pinggir pantai serta lumayan jauh dari lokasi berenang atau diving. Banana boat ini dapat melaju kencang karena ditarik oleh kapal super cepat (speed boat). Satu perahu berkapasitas 5 sampai 7 orang. Adrenalin akan terasa ketika perahu sudah melaju dengan kecepatan tinggi.

Tips agar tidak jatuh, dengan cara saling berpegangan dengan peserta lain atau memegang tali di sekitar banana boat. Walaupun terdengar cukup menyeramkan, wahana ini tergolong masih aman dan tidak sampai berisiko cedera. Anda akan diberikan alat perlindungan berupa asuransi kesehatan dan pelampung.

Apabila telah puas bermain banana boat, anda bisa mencoba jet ski. Wahana ini tergolong memacu adrenalin juga, sangat pas untuk anda yang suka memacu kendaraan bermotor dengan kecepatan tinggi. Selain itu anda akan merasakan terpaan angin kencang, dan juga melihat pesona Pantai Bangsring.

Jetski berkapasitas 1 sampai 3 orang. ketika menaiki wahana ini, diharuskan untuk memakai pelampung dan memperhatikan prosedur yang dipaparkan oleh instruktur. untuk anda yang belum pernah naik jetski serta bingung dengan cara mengendarainya, tidak perlu khawatir, terdapat joki yang siap mengajari anda.

Baca juga : Hawai Waterpark Malang

Tidak jauh dari Bunder, wisatawan juga bisa mengunjungi Pulau Tabuhan. Untuk menuju kesana, wisatawan harus naik perahu. Armada kapal yang menuju Pulau Tabuhan berada di pinggir pantai serta dekat dengan dermaga. Kapal tersebut berkapasitas sekitar 10 sampai 15 orang. Menempuh perjalanan sekitar 10 menit sampai 15 menit.

Aktivitas Wisata di Bangsring Underwater

  • RUMAH APUNG BANGSRING

Keindahan Bangsring Underwater – maldivesnya jawa timur

Rumah Apung Bangsring merupakan ikon Pantai Bangsring. Rumah apung ini lokasinya hanya sekitar 20 meter dari bibir pantai. Untuk menuju Rumah Apung ini,  wisatawan dapat menyewa perahu. Fasilitas yang tersedia di rumah apung seperti 17 Kano, 8 kolam keramba, 4 banana boat, dilengkapi toilet, dan beragam peralatan selam. Wisatawan dapat merasakan berenang bersama hiu di kolam keramba.

  • BERENANG DENGAN HIU

Sebuah sensasi berbeda yang akan wisatawan dapatkan di rumah apung Bangsring yaitu berenang dengan anakan hiu sirip hitam yang terdapat di dalam keramba. Suasana akan uji nyali akan anda rasakan sekaligus pengalaman yang sangat berkesan. Tidak nperlu khawatir ikan hiu disini sudah jinak, wisatawan akan didampingi oleh pemandu dari pihak Bangsring Underwater sekaligus menjaga dan memastikan keselamatan para pengunjung.

Keindahan Bangsring Underwater – maldivesnya jawa timur

Terdapat beberapa peraturan yang harus diikuti. Saat pertama kali masuk kolam harus dilakukan secara perlahan supaya tidak membuat hiu kaget. Setelah masuk ke dalam air kolam, tetap bersikap tenang, jangan panik dan membuat gerakan mendadak. Seterusnya silahkan nikmati sensasi dikelilingi ikan hiu.

Baca juga : Wisata Ranu Pani

Tidak hanya ikan hiu, didalam kolam keramba yang memiliki ukuran 3×3 meter, terdapat juga berbagai macam ikan hias, kerapu, lobster yang digunakan untuk bahan pembelajaran bagi warga sekitar agar lebih mencintai lingkungan laut.

  • SNORKELING

Tidak hanya berenang bersama hiu di kolam keramba, wisatawan juga dapat melakukan snorkeling di sekitar Rumah Apung Bangsring. Untuk yang belum berpengalaman snorkeling, tidak perlu khawatir, ada pemandu yang akan membantu untuk arahan tentang cara snorkeling dan spot yang terbaik.

  • DIVING

Keindahan Bangsring Underwater – maldivesnya jawa timur

Kegiatan menyelam atau diving menjadi salah satu opsi  untuk wisatawan yang menyukai dunia bawah laut. Apabila melakukan diving, akan lebih banyak keindahan bawah laut Bangsring yang dapat dijelajahi, terutama terdapat apartemen-apartemen ikan di Bangsring. Diving pastinya membutuhkan peralatan selam yang standar. Tersedia penyewaan tabung oksigen untuk menyelam yang bisa wisatawan sewa di lokasi pantai.

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Di bawah merupakan daftar harga tiket masuk Wisata Bangsring Banyuwangi lengkap dengan tarif parkir, penyeberangan, dan fasilitas lainnya.

KETERANGAN

HARGA
Tiket Masuk ± IDR 2K
Parkir Sepeda Motor ± IDR 3K
Parkir Mobil ± IDR 5K
Penyeberangan ± IDR 10K
Camera Underwater ± IDR 150K / unit
1 Chasing Waterproof ± IDR 35K
1 set Alat Diving ± IDR 400K (khusus yang berlisensi)
1 set Fin / Sirip ± IDR 15K
1 set Alat Diving + Guide ± IDR 800K
Try Diving (pemula)  

± IDR 150K / 15 menit

 

Perahu Kano Tunggal ± IDR 30K / 60 menit
Perahu Kano Double ± IDR 40K / 60 menit
Banana Boat ± IDR 5K / orang (PP Rumah Apung)
Bola Air  

± IDR 30K

 

Kursi pantai ± IDR 5K / 60 menit
Perahu ke Tabuhan ± IDR 500K / minimal 10 orang
 

Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu