Daya Tarik Pantai Banyu Anjlok, Rute, & Harga Tiketnya

Wisata alam di Malang memang tak ada duanya. Kawasan Malang Utara terkenal dengan air terjunnya. Sementara bagian selatan populer dengan pantainya. Bingung pilih pantai atau air terjun? Tenang, kamu bisa mengunjungi pantai di Malang yang ada air terjunnya yakni Pantai Banyu Anjlok.

Jadi, dalam satu area, terdapat air terjun yang bermuara langsung ke bibir pantai. Penasaran dengan keunikan fenomena alam ini? Sebelum memutuskan untuk kesana, simak dulu ulasan terkait lokasi, akses jalan, harga tiket, dan juga daya tarik Banyu Anjlok berikut.

Tiket masuk Pantai Banyu Anjlok Rp10.000
No telepon 081391090391
Official site
Waktu operasional 07.00 – 17.00
Alamat Lenggoksono, Purwadadi, Kec. Tirtoyudo, Kab. Malang
Maps Silahkan klik Google Maps

Pantai Banyu Anjlok Malang

Pantai di Malang yang ada air terjunnya

Pantai Banyu Anjlok Malang

lokasi Pantai Banyu Anjlok

Pantai Banyu Anjlok Malang

Daya Tarik Pantai Banyu Anjlok

Pantai ini layak mendapat sebutan sebagai Hidden Paradise. Pasalnya, lokasi pantainya memang tersembunyi.

Untuk mencapai kawasan wisata ini, pengunjung harus trekking lewat jalan kecil dan cukup curam. Namun, kalau tidak ingin melewati rute yang menantang ini, kamu bisa menyewa perahu nelayan.

Sesampainya di lokasi, kamu pasti akan terpukau dengan keunikan alami aliran air terjun yang mengalir menuju pantai.

Untuk memperoleh gambaran suasana di Banyu Anjlok, tonton dulu videonya melalui TikTok. Silahkan klik TikTok.

Setelah menonton video-video keseruan di Pantai Banyu Anjlok Malang, pasti kamu semakin tidak sabar untuk membuktikan keindahannya secara langsung. Tapi sebelum itu, simak dulu rangkuman mengenai hal-hal unik serta menarik yang bisa Anda eksplor saat berada di kawasan Banyu Anjlok.

Air Terjun yang Memukau

Pantai Banyu Anjlok di Malang

Air terjun di Banyu Anjlok memang tidak terlalu tinggi. Berbeda dengan air terjun pada umumnya yang alirannya jatuh di satu titik, aliran Banyu Anjlok ini menyebar di permukaan batu karang dan mengalir ke pantai.

Sehingga air terjun ini tampak lebar. Kalau kamu bernyali besar, cobalah naik melalui tebing untuk mencapai bagian atas air terjun.

Di sana, kamu dapat menemukan kolam alami yang menampung dan mengalirkan air. Dari atas tebing tersebut, kamu bisa memandang keindahan landscape Banyu Anjlok dengan lebih leluasa.

Pantai yang Menawan

daya tarik Pantai banyu Anjlok

Area pantai ini memang tidak terlalu luas tapi tetap menarik untuk dieksplor. Kamu bisa main air atau sekadar berfoto-foto di area pantai ini.

Dulu, banyak pengunjung yang camping di area pantai. Akan tetapi saat ini sepertinya ada himbauan untuk berkemah di kawasan tersebut. Ini karena ombak pantai yang besar dan pada saat pasang, area bibir pantai hingga air terjun akan terendam air.

Oleh sebab itu, waktu terbaik untuk eksplorasi pantai ini adalah saat pagi hari sehingga air laut surut.

Spot Memancing

spot mancing di Pantai Banyu Anjlok

Kalau kamu suka memancing, berwisata ke Banyu Anjlok adalah keputusan yang tepat. Sebab, kawasan pantai ini punya spot memancing dengan beragam jenis ikan.

Bahkan, kalau kamu pergi kesana dengan perahu, kamu bisa meminta untuk diantar ke pulau yang merupakan habitat lobster. Jadi, selain memanjakan mata dengan view yang indah, kamu juga bisa menyalurkan hobi memancing.

Spot Snorkeling

daya tarik Pantai Banyu Anjlok

Saat melakukan perjalanan menuju Banyu Anjlok lewat jalur laut, kamu akan melewati area snorkeling di Teluk Kletekan. Tidak perlu bawa perlengkapan sendiri karena kamu bisa menyewa alat snorkeling dari warga sekitar Pantai Lenggoksono.

Di area snorkeling ini, Anda bisa menikmati keragaman biota laut seperti terumbu karang dan ikan yang berwarna warni.

Anjuran dan Larangan

anjuran di Pantai Banyu Anjlok

Memang tidak ada aturan tertulis di pantai ini. Meskipun demikian, pengunjung harus tetap menjaga perilaku saat berada di area pantai. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kelestarian alam serta memastikan kenyamanan dan keamanan pengunjung.

Berikut adalah beberapa poin yang harus kamu taati.

  • Pengunjung dilarang membuang sampah secara sembarangan.
  • Pengunjung dilarang merusak atau mencorat-coret apapun yang ada di kawasan pantai.
  • Kemudian, kalau kamu ingin naik ke air terjun, kamu harus selalu berhati-hati karena batuannya cukup licin.
  • Selanjutnya, pengunjung dilarang berenang di cekungan yang ada di atas air terjun karena cukup dalam.
  • Sebaiknya kamu mengunjungi pantai ini di pagi hari untuk menghindari laut pasang.
  • Kalau kamu ingin berkemah, sebaiknya kamu mendirikan tenda di area Pantai Lenggoksono.
  • Pengunjung yang ingin memancing diharuskan menggunakan cara manual sehingga tidak merusak ekosistem laut

Mengapa Harus Berkunjung ke Banyu Anjlok

Pantai Banyu Anjlok Malang

Dari sekian banyak pantai di Malang, tempat ini adalah yang paling unik. Pasalnya, Banyu Anjlok menjadi satu-satunya pantai yang punya spot air terjun dalam satu lokasi.

Pantai ini adalah destinasi yang tepat bagi kamu yang suka adventure. Kamu bisa melatih kekuatan fisik saat melakukan trekking menuju pantai. Lelah dan energi yang terkuras akan terbayarkan dengan view air terjun dan pantai yang mempesona.

Fasilitas

fasilitas Pantai Banyu Anjlok

Fasilitas di Banyu Anjlok memang masih kurang. Namun, kalau kamu parkir di Pantai Lenggoksono, kamu bisa mendapati fasilitas berikut.

  • Warung makan
  • Toilet
  • Gazebo
  • Camping area
  • Sewa perahu
  • Persewaan alat snorkeling

Rute Menuju Pantai Banyu Anjlok

akses jalan ke Pantai Banyu Anjlok

Setelah membaca ulasan tentang keunikan pantai ini, kamu pasti langsung ingin mengagendakan liburan ke sana. Agar liburan kamu berjalan lancar, kenali dulu akses jalan ke Pantai Banyu Anjlok.

Berikut adalah rute perjalanan yang dapat kamu tempuh.

  • Dari Bandara Juanda

Kalau kamu berasal dari luar Jatim dan landing di Juanda, sebaiknya kamu menggunakan jasa travel untuk menuju Kota Malang. Kemudian, dari kawasan kota, kamu bisa menyewa mobil atau motor untuk mencapai area pantai.

  • Dari Pusat Kota Malang

Pantai Banyu Anjlok terletak di Kec. Tirtoyudo, Malang Selatan yang berjarak sekitar 70 km dari pusat kota. Kamu bisa mengambil rute ke Tirtoyudo dengan melewati Turen dan Dampit.

Kemudian, bayarlah tiket masuk dan parkirkan kendaraan di area Pantai Lenggoksono. Dari pantai ini, kamu bisa mengakses Banyu Anjlok lewat darat atau laut.

Cara pertama, kamu bisa menyewa ojek dan melanjutkan perjalanan dengan trekking selama 1 jam. Sementara itu, untuk menghemat tenaga, kamu bisa menyewa perahu dengan biaya sekitar Rp50.000 – Rp100.000.

Penutup

Pesona Pantai Banyu Anjlok di Malang memang sangat menggoda. Meskipun aksesnya cukup menantang, tapi view air terjun yang menyatu dengan pantai ini sangat recommended untuk kamu kunjungi.

Sayangnya, pantai di Malang ini tidak bisa kamu akses dengan kendaraan umum. Tapi jangan khawatir karena kamu bisa mengandalkan Nahwa Travel untuk sewa mobil Malang.

Dengan armada yang nyaman, driver berpengalaman, dan harga yang bersahabat, Nahwa Travel siap mengantarmu beserta rombongan ke Pantai Banyu Anjlok atau objek wisata Malang lainnya.