Gunung Batok yang merupakan Gunung Tanpa Kawah

Gunung Batok
Gunung Batok

Disini saya akan menjelaskan lokasinya yang cukup dekat menyebabkan banyak wisatawan yang salah tanggap menyebut Gunung Batok sebagai Gunung Bromo. Tetapi, mereka adalah dua gunung yang berbeda. Jika dilihat dari jauh, gunung ini memiliki bentuk dan ketinggian yang kurang lebih sama dengan Bromo. Namun kenyataannya Bromo dan Batok sangat berbeda, terutama di bagian kawah dan akses yang menuju puncak.

Gunung Batok

Gunung setinggi 2.440m ini terbentuk di kaldera yang sama tempat Gunung Bromo berada. Kaldera tersebut dikenal sebagai kaldera Gunung Tengger purba.Tetapi, bukan hanya Bromo dan Batok saja yang berada di tengah kaldera ini. Tapi ada banyak juga gunung lainnya. Sebut saja Monte Segoro Wedi, Monte Widodaren dan Monte Kursi.

Sayangnya, dari kelima gunung tersebut, Gunung Bromo adalah yang paling populer. Kemudian, karena lokasi Batok yang berada tepat di sebelah Bromo, keindahannya tidak lepas dari para incaran wisatawan. Nama Batok sendiri terinspirasi dari bentuk puncak gunung yang mirip dengan bentuk tempurung kelapa yang terbalik.

Khususnya, gunung ini sedikit membulat di bagian atas gundukan. Bentuk puncak ini tentu sangat khas. Burung pelatuk dengan bentuk ini cukup langka di Indonesia. Sebagian besar berbentuk seperti puncak Merapi atau puncak Gunung Raung yang cenderung tidak beraturan dan tajam.

Perbedaan Gunung Batok Dan Bromo

Gunung Bromo dan Batok sangat berbeda ukurannya. Tapi dari sudut paralel, keduanya tampak sama besar. Perbedaan lainnya terletak pada bagian kawahnya. Gunung yang menjadi topik utama tidak memiliki kawah, sedangkan Bromo memiliki kawah yang sangat terkenal. Popularitas kawah ini juga setara dengan Kawah Ijen.

Apabila anda mendaki ke puncak Gunung Batok, anda tidak akan menemukan satu pun kawah di bawah gunung ini. Zona puncak ini adalah area kosong. Hanya ada rerumputan atau tumbuhan yang gugur di sekitar puncak. Dikatakan juga bahwa gunung ini sudah tidak aktif lagi. Hal ini berbeda dengan Bromo yang akhir-akhir ini mengalami erupsi meski dalam skala kecil.

Jadi perbedaan terakhir terlihat dari akses dari atas. Bagi anda yang pernah mendaki Gunung Bromo menuju puncak.Dengan tepat melalui ratusan anak tangga yang sudah disediakan. Tapi tidak dengan Gunung Batok ini. Tidak ada jalur khusus yang bisa anda tempuh untuk sampai ke puncak. Sama sekali tidak ada jalur pendakian yang telah tersedia di sini. Walaupun ada, jalur pendakian sering kali hilang dalam waktu singkat karena turun hujan dan hembusan angin.

Panorama Gunung Batok

Harga Tiket Gunung Batok

Resor pegunungan ini sebenarnya sangat dekat dengan banyak lokasi wisata di Malang. Pengelolanya juga berasal dari partai yang sama. Hal ini mempengaruhi penentuan tarif tiket masuk yang sama untuk kedua tempat wisata tersebut.

Pengelola menetapkan tarif tiket masuk dengan nilai nominal yang berbeda untuk kunjungan pada akhir pekan dan pada hari libur weekdays. Tarif tiket untuk wisatawan lokal dan asing juga berbeda. Anda dapat memeriksa semua informasi tentang tiket dengan tarif terbaru di bawah ini:

Tarif Lokal

  • Tiket masuk wisata lokal       : Rp.29.000,00 per orang (weekdays), Rp 34.000,00 per orang (akhir pekan)
  • Tiket Wisatawan Asing Rp    : Rp. 220.000,00 per orang (weekdays), Rp 320,000.00 per orang (akhir pekan)

Tarif Parkir

Parkir Sepeda Rp 2.000,00 per unit, Parkir motor Rp5.000 per unit, Parkir mobil Rp 10.000,00 per unit

Biaya parkir ini tidak tertentu, sehingga dapat berubah-ubah sesuai dengan ketentuan pengelola. Anda dapat menggunakan informasi tarif ini sebagai referensi sebelum benar-benar mengunjungi wisata alam ini.

Pemandangan Gunung Batok

Daya Tarik Gunung Batok

Wisata Gunung Batok

Sebenarnya banyak sekali daya tarik dari gunung ini.Ada dua daya tarik terpenting dari wisata alam pegunungan ini.

Kawah untuk pemandangan terbaik

Pertama-tama, puncak gunung ini adalah titik terbaik untuk melihat kawah Gunung Bromo dan Batok. Banyak fotografer professional yang menggunakan puncak gunung ini untuk memotret Bromo dan kawahnya. Bisa jadi sebagian besar foto indah kawah Gunung Bromo mengambil gambar dari sudut berbeda.

Jalur pendakian paling menantang

Kedua, gunung ini merupakan target pendakian yang paling menantang bagi para pendaki sejati. Jalur pendakian yang sulit bukanlah halangan bagi para pendaki. Terlalu banyak pendaki sejati yang justru memilih gunung ini sebagai sasaran empuk. Bukannya mendaki Semeru atau Raung, mereka mati-matian mencoba mendaki lereng gunung yang jalurnya tidak jelas ini. Jalur yang sulit tentunya juga dapat mempengaruhi panjang pendakian.

Disini durasi pendakian dari kaki gunung hingga puncak hanya sekitar 40 menit atau maksimal 1 jam. Tetapi, rata-rata pendaki membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk mendaki ke puncak. Selain kondisi jalur pendakian yang sulit, ada faktor lain yang juga mempengaruhi durasi. Salah satu yang paling umum adalah faktor pendaki yang sering berhenti untuk berfoto. Tidak bisa dilewati bahwa gunung ini memiliki pemandangan alam yang indah. Apalagi saat sudah sampai di puncak. Ada banyak godaan lain untuk berlama-lama di puncak. Apalagi kalau pada saat subuh.

Fasilitas Gunung Batok

Karena wisata gunung ini selalu berada di kawasan yang sama dengan Bromo, maka fasilitas yang tersedia pasti sama dengan TNBTS.

Ruang Sholat

Fasilitas paling awal adalah ruang sholat. Anda dapat menggunakan ruang sholat di sini secara bebas. Mushola lengkap dengan toilet dan tempat wudhu.

Kamar Mandi Dan Toilet

Fasilitas kedua adalah kamar mandi dan toilet. Kondisi kamar mandi di sini cukup bersih. Namun anda harus membayar biaya seharga Rp 2.000 hingga Rp 5.000 jika ingin menggunakannya.

Pusat Informasi Dan Warung Makan

Fasilitas ketiga adalah pusat informasi dan loket tiket. Dan fasilitas keempat yang juga menjadi fasilitas paling banyak dicari wisatawan adalah warung makan. Sejumlah restoran tersebar di berbagai tempat. Umumnya, warung makan di sini hanyalah toko-toko kecil. Merchandise tersebut hanya berupa kopi, teh, minuman ringan dan snack.

Pusat Penjualan Suvenir

Selain ramai dengan penjual makanan, banyak warga sekitar yang menjual oleh-oleh khas wisata bromo seperti topi atau kupluk, sarung tangan, kaos oblong dan selendang. Oleh-oleh ini laris manis dan banyak dibeli oleh wisatawan sebagai oleh-oleh khas Malang populer dan sekitarnya untuk orang tersayang di kampung halaman.

Akomodasi

Untuk akomodasi ini mungkin lokasinya cukup jauh dari bromo, tapi fasilitasnya sangat lengkap. Restoran yang menyajikan makanan khas Malang atau Pasuruan menjadi fasilitas unggulan di sejumlah penginapan di sini. Akan sulit bagi anda untuk menemukannya di tempat wisata lainnya.

Sewa Jeep Dan Kuda

Fasilitas terakhir yang umumnya terdapat di Bromo adalah pusat persewaan Jeep dan Kuda. Penyewaan jeep dan kuda biasanya menjadi mata pencaharian penduduk asli suku Tengger.

Wisata Alam Gunung Batok

Lokasi dan Rute menuju Gunung Batok

Wisata Gunung Batok ini berada di kawasan TNBTS, berada di di Podokoyo, Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur Akses jalan menuju ke lokasi wisata ini sangat aman. Rute yang sering wisatawan gunakan adalah Kabupaten Probolinggo. Apabila anda datang dari Surabaya, daerah tujuan pertama adalah Pasuruan kemudian Probolinggo. Setelah sampai di pertigaan kecamatan Tongas, lanjutkan perjalanan menuju kecamatan Lumbang kemudian ke kecamatan Sukapura. Daerah tujuan akhir adalah Desa Cemoro Lawang. Di sini anda akan menemukan pintu masuk utama kawasan wisata Bromo.

Apabila anda merasa rute ini terlalu susah dimengerti dan melelahkan, Saya menyarankan anda pilihan terbaik adalah menyewa kendaraan lengkap dengan sopir dari Travel Juanda Malang Terbaik.

Ada beberapa pilihan paket sewa kendaraan bagi anda yang ingin berwisata ke sekitar Gunung Bromo. Paket ini cocok untuk agenda liburan keluarga, kapasitas sedang dan tentunya harga yang terjangkau murah dan hemat. Terutama bagi anda yang datang dari arah Malang.

Gunung Batok Jam Operasional

Kawasan wisata Bromo dan Batok buka untuk berwisata dari Senin hingga Minggu selama 24 jam. Anda akan mendapatkan pelayanan dari petugas. Gunung Batok ini memiliki daya tarik yang tidak kalah menarik dari wisata di sekitarnya.

Anda bisa menjadikan wisata gunung ini sebagai salah satu destinasi wisata yang direkomendasikan dalam daftar paket wisata bromo yang anda pilih. Kami Travel Juanda Malang Murah dengan senang hati akan memenuhi semua kebutuhan anda.

Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.