7 Tips Liburan Saat Musim Hujan Tetap Asyik dan Menyenangkan

Tips Liburan Saat Musim Hujan – Wajib kamu ketahui, nih. Pasalnya, menjelang akhir tahun di mana waktu liburan panjang tiba, bertepatan dengan musim hujan yang mana curah hujan sedang tinggi-tingginya. Tentunya, kamu tetap ingin dong menikmati liburan dengan asyik dan menyenangkan?

Berlibur di musim hujan sebenarnya bukanlah ide yang buruk. Selama kamu mengetahui apa saja tipsnya dan hal yang harus dipersiapkan, berlibur saat musim hujan tidak jadi masalah. Yuk, baca tips liburan di musim hujan dalam artikel ini!

Tips Liburan Saat Musim Hujan

7 Tips Liburan Tetap Asyik Walau Musim Hujan

Di musim hujan, selain hujan deras yang harus diperhatikan adalah angin kencang dan cuaca ekstrem yang tidak bisa diprediksi. Walaupun liburan tetap bisa dilakukan pada musim tersebut, tentu harus ada persiapan yang lebih untuk mengantisipasinya.

Berikut ini adalah tips bagi kamu yang ingin tetap berlibur meskipun di tengah musim hujan:

  • Selalu Sedia Payung / Jas Hujan

Penyelamat pertama kamu dari basah karena air hujan di tengah liburan adalah payung. Oleh karenanya, selalu sediakan payung di dalam tas yang kamu bawa ke mana-mana. Hal ini akan menolong kamu ketika hujan turun dan kamu belum sempat menemukan tempat untuk berteduh.

Membawa payung juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit seperti pilek atau flu akibat kedinginan setelah terkena air hujan. Dengan membawa payung, kamu juga dapat membantu melindungi barang-barang yang dibawa dari kerusakan akibat air hujan.

Selain payung, alternatif lainnya adalah dengan mempersiapkan jas hujan. Saat ini, sudah banyak payung lipat dan jas hujan yang bisa dilipat menjadi kecil dan sangat portable untuk dibawa traveling. Pilihlah model yang membuatmu nyaman dan tidak memberatkan.

  • Pastikan Kondisi Fit Sebelum Berlibur

Jika kamu sudah memutuskan untuk berlibur di musim hujan, kamu harus menjaga dan memastikan bahwa kondisi tubuh dan mentalmu fit di hari keberangkatan. Tentunya selama di masa liburan pun kamu harus menjaga agar kondisi badan tetap fit.

Berlibur di waktu yang bukan musim hujan saja membutuhkan stamina yang maksimal, apalagi saat musim hujan di mana cuaca sangat sukar diprediksi. Cuaca di musim hujan dapat membuatmu jatuh sakit apabila kesehatan tidak dijaga dengan baik.

Konsumsilah vitamin, berolahraga dan dapatkan istirahat yang cukup beberapa minggu sebelum keberangkatan, makanlah makanan dan minuman yang bergizi tinggi.

Tips liburan saat musim hujan yang satu ini menjadi hal yang penting untuk mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan. Nggak asyik banget kan kalau di tengah-tengah liburan malah sakit?

  • Membawa Obat-obatan Pribadi

Meskipun kamu sudah memaintain kesehatanmu dengan sangat baik, tak ada salahnya kamu juga mempersiapkan kemungkinan terburuk di mana kamu jatuh sakit. Ini bisa diantisipasi dengan membawa obat-obatan pribadi.

Obat-obatan yang dapat dibawa minimal obat demam, obat flu dan batuk, vitamin yang biasa kamu konsumsi dan obat-obatan pribadi untukmu yang memiliki penyakit bawaan. Contohnya saja persiapkan obat maag untuk penderita penyakit asam lambung dan obat asma bagi kamu yang memiliki riwayat asma.

Infografis Carter Drop Juanda Malang

  • Selektif dalam Memilih Objek Wisata

Berlibur saat musim hujan membuatmu harus lebih selektif dalam memilih tempat wisata. Sebaiknya hindari wisata-wisata alam terbuka untuk mencegah kamu kehujanan hingga tidak bisa menikmati tempat wisata tersebut.

Selain itu, bahaya juga mengunjungi wisata outdoor saat hujan turun disertai angin kencang dan petir. Masih banyak kok objek wisata indoor yang menarik untuk disambangi seperti museum, galeri atau tempat-tempat perbelanjaan yang khas.

  • Siapkan Perlengkapan Elektronik Tambahan

Musim hujan sering kali menyebabkan terjadinya gangguan listrik. Oleh karenanya, Bawa perlengkapan elektronik tambahan seperti power bank dan perlengkapan pengisian daya untuk mengantisipasi kebutuhan jika terjadi gangguan listrik akibat hujan.

Tips liburan saat musim hujan selanjutnya, pastikan baterai ponselmu selalu penuh. Selain untuk berkomunikasi dengan orang-orang terdekat, ponselmu juga akan sangat berguna saat berada dalam keadaan darurat.

Jangan lupa untuk selalu menyimpan informasi penting seperti nomor kontak, alamat, dan informasi kesehatan dalam tempat yang mudah diakses.

  • Cari Informasi Mengenai Wilayah Rawan Bencana

Sebelum memutuskan untuk pergi ke suatu destinasi wisata, ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu wilayah-wilayah mana saya saja yang rawan terjadi banjir atau longsor saat musim hujan tiba. Ini bisa membuatmu memiliki alternatif tempat wisata tujuan selain ke wilayah tersebut.

Terjebak banjir atau bahkan jalanan sampai ditutup karena ada longsor akan membuat liburanmu menjadi kurang efektif dan tentunya kurang menyenangkan. Pastikan untuk selalu memperhatikan informasi cuaca sebelum perjalanan.

Jika membawa kendaraan pribadi, pastikan untuk memeriksa kondisi ban dan sistem pengereman sebelum perjalanan. Pastikan juga wilayah yang akan dilalui aman jika dilewati oleh kendaraan pribadi. Jika menggunakan transportasi umum, pastikan untuk memilih rute yang aman dan terjamin keberangkatannya.

  • Siapkan Baju Hangat dan Baju Ganti di Perjalanan

Musim hujan sangat erat dengan cuaca yang dingin. Jika kamu berencana menginap, penting sekali bagi kamu untuk menyiapkan setidaknya dua atau tiga baju hangat saat liburan. Pemakaian baju hangat ini tentu bisa menyesuaikan dengan tempat wisata yang kamu tuju.

Selain itu, tips liburan saat musim hujan yang tak boleh terlewatkan adalah membawa pakaian yang mudah kering dan ganti pakaian yang basah secara berkala untuk menghindari risiko infeksi atau penyakit. Tak ada salahnya membawa satu stel baju ganti di tas yang biasa kamu bawa bepergian.

Rekomendasi Destinasi Wisata Musim Hujan

Sebelumnya sempat disinggung mengenai beberapa tempat wisata yang cocok dikunjungi saat musim hujan. Di bawah ini ada alternatif lain yang bisa kamu jadikan sebagai destinasi wisata di musim hujan:

  • Taman Bermain Indoor

Taman bermain indoor merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi saat musim hujan karena menyediakan berbagai macam permainan yang dapat dinikmati di dalam ruangan.

Ini juga merupakan pilihan yang tepat untuk anak-anak agar tetap aktif dan menyenangkan saat hujan.

  • Kafe atau Restoran

Kafe atau restoran juga merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi saat musim hujan karena menyediakan tempat yang nyaman untuk bersantai dan menikmati makanan dan minuman.

Kamu dapat memilih kafe atau restoran yang menyajikan menu kesukaan untuk mengisi perut setelah terkena hujan. Di berbagai daerah, tentunya kamu bisa mencari kafe atau restoran ternama sebagai bagian dari wisata kuliner di daerah tersebut.

  • Pusat oleh-oleh

Pusat oleh-oleh juga merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi saat musim hujan karena menyediakan berbagai macam produk oleh-oleh yang dapat dibeli sebagai cendera mata untuk orang-orang yang kamu sayangi.

Kamu juga dapat menikmati suasana dan budaya setempat di pusat oleh-oleh tersebut.

Jika kamu bingung ingin berkunjung ke tempat wisata apa di musim hujan, kamu bisa menghubungi nahwatour.com dan memilih berbagai paket wisata yang menarik dan sesuai dengan keinginanmu. Agen travel ini sudah melayani banyak pelanggan sehingga jam terbangnya tidak diragukan lagi.

Setelah mengetahui tips liburan saat musim hujan dan rekomendasi tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi, sekarang saatnya kamu tentukan mau liburan ke mana musim hujan ini?

5/5 - (1 vote)
Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.