Wisata Sejarah Tugu Pahlawan

Bagi wisatawan yang menyukai wisata-wisata sejarah, wajib mengunjungi destinasi wisata yang satu ini. Tugu Pahlawan Surabaya, kota dengan berbagai tempat wisata sejarah yang bisa dijadikan sebagai edukasi tentang sejarah Indonesia. Tugu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan pada akhir pekan. Di sini tidak hanya tentang edukasi sejarah, akan tetapi wisatawan yang datang berkunjung juga bisa berfoto-foto.

Sejarah Museum Tugu Pahlawan Surabaya

tugu pahlawan surabaya

Wisata Tugu Pahlawan Surabaya ini merupakan sebuah monumen yang berada di kota pahlawan surabaya. Dengan tinggi sekitar 41,15 meter dan berbentuk paku terbalik (lingga). Pada bagian tubuhnya berbentuk lengkungan yang berjumlah 10 dan terbagi menjadi 11 ruas. Ukuran tinggi, ruas dan lengkungannya ini memiliki makna tersendiri yaitu tanggal 10 bulan 11 tahun 1945.

Tanggal tersebut merupakan hari bersejarah bagi rakyat Indonesia yakni Hari Pahlawan dimana terjadinya peristiwa pertempuran di Surabaya  melawan pasukan sekutu Belanda. Maka dibangunlah monumen ini tepat di depan kantor gubernur sebagai bentuk untuk mengenang dan menghormati prajurit surabaya yang tewas.

Didalam monument ini tersimpan berbagai bukti sejarah peristiwa yang terjadi pada 10 november 1945. Terdapat juga museum 10 november di dekat monumen ini yang diresmikan pada tahun 2000 yang didalamnya terdapat salah satu benda yaitu rekaman asli pidato bung tomo untuk membangkitkan rakyat pada saat itu. Museum ini berlantai dua yang memuat berbagai hal tentang sejarah indonesia, terutama masa-masa perjuangan meraih kemerdekaan indonesia.

Terdapat pameran 10 patung di lantai satu sebagai lambang semangat perjuangan rakyat Surabaya menghadapi pasukan sekutu. Pada lantai dua terdapat ruang pameran senjata pada zaman dulu, pameran peninggalan bung tomo dan berbagai foto documenter, dan juga terdapat ruang dioroma yang berisi delapan peristiwa 10 november 1945 dan semua narasinya.

Tempat ini sangat tepat bagi wisatawan yang ingin belajar mengenai sejarah Indonesia pada 10 november 1945 karena semua hal tentang peristiwa pada saat itu di gambarkan jelas disini. Barang-barang peninggalan tersebut ditata dengan sebaik mungkin yang ditambah dengan interior ruangan yang cantic yang akan membuat wisatawan tidak akan merasa bosan saat mengunjungi tempat ini. Bentuk tugu dan bangunan museum yang didesain dengan sebaik mungkin memberikan arti yang dalam untuk semua pengunjungnya. Terdapat tiga pemuda yang membawa bambu runcing terdapat di bagian depan bangunan museum ini.

Baca juga : 2 Museum Surabaya Yang Wajib di Kunjungi

Lokasi Tugu Pahlawan Surabaya

tugu pahlawan surabaya

Tugu Pahlawan Surabaya ini berlokasi di jalan pahlawan, Surabaya di depan kantor gubernur surabaya. Dengan lokasinya yang berada di tengah kota, membuat Tugu Pahlawan ini mudah untuk dijangkau. Wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Terdapat  banyak kendaraan umum yang melewati tempat wisata ini. Terlebih lagi dengan adanya transportasi online saat ini yang membuat wisatawan bisa dengan mudah menuju berbagai tempat wisata di Surabaya.

Baca juga : Pesona Pantai Gatra Malang Selatan

Daya Tarik Tugu Pahlawan

tugu pahlawan surabaya

Tugu Pahlawan ini bukan hanya sebuah tugu yang tidak memiliki ciri khas atau daya tarik. Akan tetapi monumen pahlawan ini memiliki daya tarik tersendiri. Terdapat sebuah taman yang luas yang dibangun disekitar tugu sehingga tidak akan membuat wisatawan bosan. Selain itu, wisatawan juga bisa berkunjung ke museum 10 november untuk melihat peninggalan sejarah selama masa penjajahan.

Saat itu ada banyak sekali pejuang-pejuang surabaya yang tewas melawan belanda. Monumen ini dijadikan sebagai ikon kota Surabaya berada sehingga dibuat di tengah kota Surabaya dengan luas tanah di sekitar tugu seluas 1,3 hektar, sehingga tempat ini cocok dikunjungi bersama keluarga.

Wisatawan yang berkunjung ke Surabaya harus menyempatkan diri untuk berkunjung ke tempat wisata ini untuk melihat perjuangan para pahlawan melawan sekutu pada masa itu sehingga dapat menambah wawasan akan sejarah Indonesia. Terlebih lagi bagi wisatawan yang menyukai sejarah, tempat wisata ini menjadi pilihan yang tepat.

Untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini tidak perlu khawatir akan harga tiket masuknya. Harga tiket masuk ke tugu pahlawan ini sangat terjangkau dikarenakan tempat wisata ini dibuka untuk menambahkan pengetahuan masyarakat dengan lokasinya yang mudah dijangkau dan bisa dijadikan tempat alternatif liburan bersama keluarga.

Pada malam hari, wisatawan hanya bisa duduk di sekitar tugu karena museum 10 novembernya hanya buka sampai sore. Namun jangan khawatir karena di depan kantor gubernur Surabaya pada malam hari ramai dengan berbagai penjual dan lampu warna-warni sehingga wisatawan juga bisa berwisata kuliner atau sekadar menikmati suasana malam di kota surabaya.

Baca juga : Wisata Hiburan Keluarga Batu Night Spectacular

Jam Operasional dan Tiket Masuk Tugu Pahlawan Surabaya

Jam operasional :

  • Selasa – jumat : 08:00 – 14:30 wib
  • Sabtu – minggu : 08:00 – 13:30 wib
  • Senin dan hari libur nasional : tutup

Tiket masuk :

  • Umum : Rp 2.000
  • Grup minimal 30 orang : 10% off
  • Grup 100 – 200 orang : 15% off
  • Grup 201 – 300 orang : 20% off

Baca juga : Pesona Goa Pinus Pujon Batu

Fasilitas Tugu Pahlawan

tugu pahlawan surabaya

Tempat wisata Tugu Pahlawan ini sudah memiliki fasilitas lengkap. Sehingga semua wisatawan tetap nyaman saat berwisata. Berbagai mavcam faslitas yang disediakan sebagai berikut :

  • Area parkir kendaraan yang luas
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Rumah makan
  • Taman yang luas
  • Museum dengan beraneka ragam koleksi
  • Dan masih banyak lagi fasilitas-fasilitas pendukung lainnya

Tempat wisata sejarah Tugu Pahlawan ini bisa dijadikan alternatif liburan yang menyenangkan bersama keluarga di kota surabaya. Apalagi harga tiket masuk ke museumnya yang murah, hanya dengan uang Rp2000 wisatwan bisa belajar tentang sejarah sambil berfoto-foto dengan backround yang indah. Objek wisata ini dirawat dengan baik oleh pemerintah kota sehingga wisatawan yang akan berjunjung ke destinasi wisata ini akan merasa nyaman

 

Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.