Tata Cara dan Syarat Melakukan Sewa Mobil Malang Kediri Pare

Mempunyai mobil memang impian bagi semua orang. Hal ini dikarenakan dengan mempunyai mobil, Anda bisa melakukan beberapa pekerjaan dengan sangat mudah. Misalnya Anda harus pergi keluar kota karena urusan pekerjaan yang sangat mendesak, maka Anda bisa menggunakan mobil. Namun, saat ini Anda tidak harus melakukan pembelian mobil karena Anda bisa melakukan sewa. Misalnya menggunakan jasa sewa mobil Malang Kediri Pare.

Akan tetapi, sebelum itu Anda harus mengetahui beberapa hal terlebih sebelum melakukan penyewaan mobil. Misalnya mengenai tata cara dan juga syarat apa saja yang harus Anda penuhi untuk melakukan sewa mobil.

Tata Cara Sewa Mobil Malang Kediri Pare yang Wajib diketahui

Umumnya perusahaan sewa atau carter mobil Malang Kediri Pare akan memberikan syarat maupun ketentuan bagi penyewa. Hal ini bertujuan untuk mempermudah kedua belah pihak pada saat melakukan proses sewa menyewa kendaraan. Adapun tata caranya, antara lain:

1. Mencari Perusahaan Sewa Mobil Malang Kediri Pare

Cara yang pertama adalah Anda harus melakukan pencarian mengenai perusahaan yang menyewakan sebuah mobil. Baik itu menggunakan sistem layanan harian, bulanan, atau bahkan tahunan. Anda bisa menemukan informasi tersebut melalui iklan, koran, majalah, media sosial atau dari kerabat.

Namun, pada saat ini untuk mengetahui informasi tersebut bisa dilakukan dengan mudah yaitu dengan menggunakan internet. Salah satu tempat rental mobil Malang Kediri Pare adalah Nahwa Travel. Hal ini dikarenakan ada beberapa kelebihan dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

2. Memilih Jenis Mobil Untuk Disewa

Cara kedua pada saat hendak melakukan sewa mobil Malang Kediri Pare adalah dengan memilih jenis mobil apa yang hendak Anda sewa. Biasanya pada perusahaan atau carter mobil Malang Kediri Pare ini sudah menyediakan beberapa pilihan mobil yang bisa disewa.

Dalam hal ini, Anda bisa memilih jenis mobil sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Misalnya Anda hendak berlibur dengan keluarga besar, maka Anda bisa memilih mobil dengan kapasitas penumpang yang banyak.

3. Baca Syarat dan Ketentuan yang Berlaku

Pada tempat rental mobil Malang Kediri Pare biasanya juga disebutkan apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk bisa melakukan sewa mobil. Pahami secara betul-betul syarat dan ketentukan dari perusahaan sewa. Karena setiap perusahaan memiliki ketentuan masing-masing, jadi Anda harus benar-benar mencermatinya. Misalnya jika terjadi kerusakan mobil siapa yang harus bertanggungjawab dan lain sebagainya.

4. Lakukan Pembayaran Uang Muka atau Deposit

Melakukan pembayaran ini memang sangat penting. Hal ini biasanya digunakan untuk bisa membantu menutup biaya kerusakan atau bahkan kehilangan mobil. Dalam pembayaran sendiri Anda bisa membayarnya secara tunai maunun non tunai. Namun, semua tergantung pada perusahaan sewa mobil Malang Kediri Pare.

5. Mengambil Mobil yang Hendak Disewa

Cara selanjutnya setelah melakukan pembayaran adalah dengan mengambil mobil yang hendak di sewa tersebut. Jangan lupa juga untuk melakukan inspeksi sebelum Anda mengambilnya. Pastikan Anda mencatat atau memvideo jika ada masalah atau kerusakan pada mobil tersebut. Hal ini bertujuan agar perusahaan tahu bahwa kerusakan tersebut bukan Anda yang menyebabkannya.

6. Menggunakan Mobil dengan Baik

Memang Anda mempunyai hak untuk menulis apa saja kerusakan atau masalah yang ada pada mobil sebelum mobil tersebut dikembalikan. Selama mengendarainya pun, Anda harus berhati-hati dan pastikan menjaga dengan sebaik-baiknya. Karena jika terjadi kerusakan selama Anda gunakan, tentu hal ini menjadi tanggungjawab Anda.

7. Kembalikan Mobil Jika Sudah Habis Masa Sewa

Cara selanjutnya adalah kembalikan mobil yang Anda sewa tersebut jika waktu sewanya sudah habis. Anda juga dapat melakukan inspeksi kembali yang bertujuan untuk memastikan jika mobil tersebut sudah dikembalikan dengan kondisi yang sama.

Cermati Syarat yang Harus Dipenuhi Sebelum Melakukan Sewa Mobil Malang Kediri Pare

Selain Anda mengetahui tentang bagaimana tata cara ketika hendak melakukan sewa mobil Malang Kediri Pare. Maka hal selanjutnya adalah mengetahui apa saja syarat yang harus dipenuhi sebelum melakukan penyewaan mobil, antara lain:

1. Mempunyai SIM A Untuk Sistem Sewa Mobil Malang Kediri Pare Lepas Kunci

Jika Anda hendak melakukan sewa mobil dengan menggunakan sistem atau layanan lepas kunci, maka Anda harus mempunyai SIM A. Jika tidak, Anda tidak bisa menggunakan layanan tersebut. Sehingga Anda harus tetap melakukan jasa sewa sopir.

2. Lengkapi Beberapa Syarat Pendukung

Pada masing-masing perusahaan rental mobil, biasanya mempunyai syarat pendukung yang berbeda-beda. Misalnya saja foto tiket transportasi yang hendak digunakan, voucher penginapan, KTP, Kartu Keluarga, dan sebagainya. Untuk beberapa dokumen yang sudah disebutkan tersebut, Anda hanya perlu menyerahkannya dalam bentuk foto atau di scan saja.

3. Memperhatikan Jaminan

Pada beberapa perusahaan rental mobil memang biasanya memberikan syarat lain yaitu berupa jaminan yang harus diberikan penyewa kepada perusahaan tersebut. Biasanya penyewa akan memberikan jaminan selama mobil tersebut dipakai. Jika masa sewa sudah habis maka jaminan juga akan dikembalikan. Bentuk jaminannya pun berbeda-beda, ada yang hanya KTP/kartu identitas atau berupa hal-hal lain yang ditentukan perusahaan sewa.

4. Biaya Antar Mobil Sewa

Mobil yang hendak Anda sewa bisa langsung diantar sampai dengan rumah atau pada lokasi yang Anda inginkan. Jika Anda menggunakan cara ini tentu saja Anda harus mengeluarkan uang sebagai biaya antar mobil tersebut. Namun jika lokasi dari sewa mobil ke rumah Anda itu dekat maka Anda tidak akan dikenakan biaya.

5. Memperhatikan Area Pemakaian Mobil

Jika Anda menggunakan jasa sewa lepas kunci, Anda harus tetap memperhatikan area mana saja yang boleh menggunakan mobil ini. Padahal jika menggunakan jasa lepas kunci tetap ada batasan kemana Anda akan pergi.

Jadi meskipun tanpa bantuan sopir Anda harus menaati ketentuan batas yang sudah diberikan. Biasanya perusahaan menjelaskan mengenai area mana saja yang diperbolehkan untuk diakses dan area mana saja yang sudah menjadi batas pemakaian.

6. Memperhatikan Video Pada Saat Checklist Mobil

Pada saat Anda melakukan sewa mobil dengan jasa lepas kunci, maka harus dilakukan pengecekan kondisi pada saat serah terima. Hal ini bertujuan sebagai data otentik mobil yang akan direkam pada sisinya secara menyeluruh.

Kemudian data rekaman tersebut bisa menjadi bukti jika terjadi kerusakan pada mobil. Jika hal ini terjadi, maka Anda harus bertanggung jawab memperbaikinya. Hal ini dikarenakan mobil yang dikembalikan harus sama kondisinya seperti mobil sebelum disewa.

Beberapa tata cara dan syarat melakukan sewa mobil Malang Kediri Pare tersebut harus benar-benar Anda pelajari. Apalagi setiap perusahaan memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda, maka tanyakan terlebih dahulu sehingga Anda bisa mempersiapkannya. Nah untuk mendapatkan layanan sewa mobil yang sudah berpengalaman dan memiliki jenis mobil yang beragam, Anda bisa mencari informasinya di https://nahwatravel.co.id/. Dengan tenaga yang handal, Anda bisa mengajukan sewa dengan atau tanpa sopir dengan mudah. Tunggu apalagi, hubungi sekarang juga!