Pantai Ngliyep Malang yang Memiliki Keindahan sekaligus Misteri

Pantai Ngliyep malang terkenal sebagai tempat wisata lumayan populer di Malang. Disini anda bisa bermain air, bermain pasir dan berkemah di tepi pantai dengan lokasinya yang cukup luas. Selain keindahannya, pantai ini juga sering menjadi tempat untuk warga sekitar dapat mengadakan upacara larungan. Anda bisa mengunjungi pantai ini dengan menggunakan paket wisata Travel Juanda Malang yang ditawarkan oleh Biro Perjalanan Wisata.

Pantai Ngliyep malang

Pantai Ngliyep merupakan salah satu pantai pertama yang menjadi objek wisata di Malang. Keindahan pantai ini sudah terkenal sejak pada tahun 1980 dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit Jawa Timur.Pantai ini pertama kali ditemukan oleh seorang pendatang dari Yogyakarta pada tahun 1919.Baru pada tahun 1951 Pantai Ngliyep ini diresmikan sebagai tempat wisata, tetapi pengelolaannya kurang baik karena kontroversi.

Keunikan Pantai Ngliyep

Nama Ngliyep sendiri diambil dari bahasa Jawa yang artinya mengantuk. Hal ini dikarenakan siapapun yang datang ke sini akan di buat takjub dengan suasana pemandangan yang indah sehingga dapat membuat anda tenang merasa ingin tertidur. Pantai ini memiliki pantai berpasir yang luas diperkirakan memiliki lebih dari 10 hektar dengan pepohonan yang tumbuh di sekitar pantai memberikan suasana yang asri dan sejuk.Sejarah pantai ini juga tidak terlepas dari mitos Nyi Roro Kidul yang bersemedi di sekitar pantai ini.Segala keindahan dan cerita di balik pantai ini menjadi daya tarik unik tersendiri bagi para wisatawan yang datang.

Pantai Ngliyep

Atraksi Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep yang sedang populer tentu memiliki banyak atraksi yang disediakan. Mulai dari pemandangan pantai hingga aktivitas seru yang bisa dilakukan dan berikut beberapa atraksi dari pantai ini.

Bermain Di Pinggir Pantai

Pasir putih yang lembut menjadi salah satu keunggulan pantai ini.Wisatawan juga bisa leluasa bermain pasir berkat luasnya hamparan pasir pinggir pantai.Anak-anak biasanya juga membangun istana pasir atau mengubur tubuh mereka dan duduk bersantai sambil melihat pemandangan disekitarnya.

Pantai yang tenang dengan ombak yang tidak terlalu tinggi sering digunakan wisatawan untuk berenang dan bermain air.Orang tua tidak perlu khawatir takut anaknya akan terbawa ombak besar atau tenggelam karena tepian pinggir Pantai Ngliyep cukup rendah atau dangkal. Pantai ini juga tidak terlalu panas karena beberapa pepohonan rindang dan pohon kelapa di sekitar pantai.Anda juga bisa duduk-duduk bersantai, bermain pasir atau sekedar berfoto menikmati wisata keindahan pantai ini.

Sunset Pantai Ngliyep

Pemandangan Pantai Ngliyep semakin terlihat pada saat matahari mulai terbenam.Warna sinar matahari orange dan senja ungu muda menghiasi langit.Sunset adalah pemandangan yang tidak boleh dilewatkan saja.Banyak wisatawan yang menunggu waktu momen indah ini untuk mendapatkan foto terbaik untuk diunggah ke social media.Ayunan di tengah pantai menjadi tempat favorit wisatawan untuk melihat pemandangan matahari terbenam di Pantai Ngliyep.

Selain itu, perbukitan di sekitar pantai ini juga tersedia pemandangan menarik yang bisa kamu pilih sebagai latar belakang sunset.Menikmati sunset di Pantai Ngliyep sambil duduk santai di atas pasir tidak kalah mempesona dan menyenangkan dari pantai lainnya.Anda bisa mengobrol dengan teman sambil menikmati sunset ditemani minuman panas atau dingin.Panorama Pantai Ngliyep saat matahari terbenam terkenal sebagai salah satu tempat yang terbaik di Malang.

Berkemah

Pantai ini juga sering menjadi tempat perkemahan bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai lebih lama. Pepohonan yang rindang dan pasir pantai yang lembut menjadi tempat bersantai di malam hari. Pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan bintang dan pantai sambil menyalakan api unggun di samping tenda.Ditemani cahaya rembulan atau kegiatan camping bersama teman maupun keluarga akan sangat menyenangkan.

Bahkan anda yang ingin berkemah tidak perlu repot membawa tenda dari rumah karena para pengelola telah menyediakan banyak tempat persewaan tenda.Ada juga makanan dan minuman yang tersedia di warung sekitar pantai siap melayani makanan khas Malang yang terkenal. Anda juga bisa memancing dan membawa ikan untuk dibakar saat berkemah.Pengalaman berkemah anda di pantai ini bisa menjadi berkesan dan benar-benar seru.

Keindahan Pantai Ngliyep

Misteri Gunung Kombang

Gunung Kombang adalah nama sebuah pulau kecil yang tidak jauh dari Pantai Ngliyep. Anda bisa sampai ke Gunung Kombang hanya dengan berjalan kaki dan menyeberangi jembatan kayu kecil. Yang unik dari Gunung Kombang yaitu dipercaya sebagai tempat bersemayam Nyi Roro Kidul.Masyarakat sekitar percaya bahwa sebelum Nyi Roro Kidul menjadi penguasa laut pantai selatan, dia sempat bertapa di Gunung Kombang ini.

Di tempat ini dianggap keramat oleh masyarakat, karena sering terlihat sesaji dan orang-orang berziarah untuk meminta berkah. Keunikan dan misteri Gunung Kombang menjadi daya tarik unik tersendiri bagi para wisatawan yang bekunjung. Pemandangan dari Gunung Kombang juga indah, apalagi pada saat matahari terbenam, Anda juga bisa berfoto di sekitar Gunung Kombang.

Teluk Putri

Selain Gunung Kombang yang misterius, Anda juga bisa mengunjungi Teluk Putri yang mempesona. Meski kecil dan tidak terlalu lebar, pasir putih Teluk Putri terlihat sangat bersih seperti kulit seorang putri. Pengunjung dapat mendirikan tenda di sekitar Teluk Putri, tetapi perlu berhati-hati terutama pada saat air pasang atau air naik. Ombak di teluk ini juga cukup besar karena ukuran pantai yang kecil.Tetapi, keindahan Teluk Putri tidak boleh untuk dilewatkan begitu saja.

Upacara Larungan

Keberadaan Gunung Kombang yang merupakan tempat keramat di Pantai Ngliyep, sering dijadikan tempat untuk upacara adat seperti upacara larungan. Upacara larungan atau pelabuhan biasanya diadakan pada tanggal 14 Rabiul Awal atau bulan Mulud dalam penanggalan Jawa. Masyarakat biasanya menyiapkan kambing dan sapi untuk disembelih kemudian dibagikan kepada warga. Sebagian lainnya ditaruh di Gunung Kombang dengan sesaji lainnya diiringi musik tradisional.

Kemudian dari Gunung Kombang, prosesi sesaji ini diluncurkan ke tengah laut sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, upacara ini dipercaya untuk memberikan berkah dan rezeki yang melimpah untuk di tahun yang mendatang.

Harga Tiket Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep tidak memungut tarif yang mahal bagi wisatawan yang ingin berlibur ke wisata ini. Cukup dengan beberapa ribu rupiah, Anda sudah bisa menikmati pemandangan pantai ini.Berikut daftar tarif Pantai Ngliyep :

Tiket Masuk Rp.15.000.00

Sewa Peralatan Tenda Rp.150.000.00

Parkir Motor Rp.5.000.00

Parkir Mobil Rp.10.000.00

Harga yang tercantum dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola. Namun daftar ini bisa anda gunakan sebagai perkiraan biaya yang harus dikeluarkan pada saat berlibur ke pantai ini. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata murah lainnya dengan menggunakan paket Travel Juanda Malang 24 jam. Dengan paket ini, segala kebutuhan akomodasi anda selama liburan telah disediakan, sehingga anda dapat bersantai dan menikmati liburan selama di Malang.

Pesona Pantai Ngliyep

Lokasi dan Rute

Pantai Ngliyep terletak di desa Kedungsalam, Donomulyo, Malang, sekitar 65km dari pusat kota Malang atau 2 jam perjalanan dengan menggunakan mobil. Akses jalan menuju pantai ini juga sangat mudah karena keseluruhannya sudah beraspal. Pantai ini juga dapat diakses dengan menggunakan angkutan umum berkode GN1 atau GN2 dari Karangkates dan Kepanjen. Tetapi untuk mempermudah anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, kemudian menggunakan Google Maps sebagai penunjuk rute terbaik.

Bisa juga dengan bantuan sopir rental biro perjalanan yang siap mengantar anda langsung ke tujuan. Dengan cara ini perjalanan anda bisa menjadi lebih mudah karena anda tidak perlu menghafal jalan yang harus dilewati.

Jam Operasional

Loket tiket pantai ini beroperasi setiap hari mulai pukul 08:00 sampai 18:00. Waktu terbaik untuk berkunjung biasanya pada pagi hari atau setelah pukul 3 sore. Pada saat itu matahari tidak terlalu panas dan anda bisa bermain air atau pasir dengan bebas tanpa rasa takut terbakar. Pada sore hari saat musim liburan. Pantai Ngliyep selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam atau sunset.

 

Lokasi Pantai Ngliyep
Lokasi Pantai Ngliyep berada di selatan Kota Malang, tepatnya di desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Jaraknya sekitar 65 km dari sentra kota malang, membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan memakai kendaraan. Rutenya kalau ditempuh dari Kota Malang yakni melawati Pasar Gadang – Kepanjen – Pagak – Donomulyo – Kedungsalam – Pantai Ngliyep. Akses jalan menuju lokasi sudah bagus, dapat dilewati kendaraan kecil dan besar.

Butuh sewa mobil malang? Nahwa memiliki layanan sewa mobil malang.

Untuk lebih lanjut silahkan klik tautan ” sewa mobil malang “.

Pantai Ngliyep mengatakan panorama keindahan bahari yang menawan, hamparan pantainya terdiri dari pasir putih yang dibatasi dinding karang kokoh menjulang tinggi. Karakter ombaknya cukup besar, menyerupai pantai selatan pulau jawa pada umumnya. Hanya saja sebab sedikit terhalang dinding karang, dapat dibilang arus ombak masih cukup bersahabat, meski harus tetap waspada. Kondisi ombak menyerupai ini khususnya potongan pantai yang ada di sisi kanan bukit karang atau di teluk.

Lokasi Pantai Ngliyep
Jalan ke Pantai Ngliyep ke arah kiri
Lokasi Pantai Ngliyep berada di selatan Kota Malang Pantai Ngliyep, Malang
Bukit karang di Pantai Ngliyep,
dari sini kita dapat melihat panorama lebih luas dari sisi yang tinggi.
Seperti gampar dibawah:
Nampak dari atas bukit karang; Pantai Ngliyep sisi kiri
Pantai Ngliyep malang
Nampak dari atas bukit karang; Pantai Ngliyep arah laut
Nampak dari atas bukit karang; Pantai Ngliyep sisi kanan
Di pantai Ngliyep ada spot wisata lain yang masih berada dalam satu lokasi. Yaitu disini kita dapat menemukan Teluk Putri, Goa Patuk dan Gunung Kombang. Makara ketika anda berkunjung ke pantai Ngliyep tidak hanya akan menikmati panorama pantai saja, tetapi spot lainnya yang tidak kalah menarik.

Butuh travel malang surabaya? Nahwa memiliki layanan travel malang surabaya.

Untuk lebih lanjut silahkan klik tautan ” travel malang surabaya “.

 

Panorama Pantai Ngliyep, Malang
Pengunjung pantai Ngliyep biasanya ramai diakhir pekan, sedangkan dihari biasa relatif sepi. Seperti ketika aku berkunjung ke pantai Ngliyep pada hari biasa, hanya beberapa wisatawan saja yang terlihat. Untuk kemudahan bagi pengunjung di pantai Ngliyep, tersedia sarana MCK, parkir kendaraan, warung makan, kios oleh-oleh, saung, musholla, penginapan, area camping dan lainnya. Sedangkan harga tiket masuk pantai Ngliyep Rp. 10.000, – per orang.
Sumber: Lokasi Pantai Ngliyep, Malang
Lokasi Pantai Ngliyep berada di selatan Kota Malang Pantai Ngliyep, Malang
Lokasi Pantai Ngliyep berada di selatan Kota Malang, tepatnya di desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Jaraknya sekitar 65 km dari sentra kota malang, membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan memakai kendaraan. Rutenya kalau ditempuh dari Kota Malang yakni melawati Pasar Gadang – Kepanjen – Pagak – Donomulyo – Kedungsalam – Pantai Ngliyep. Akses jalan menuju lokasi sudah bagus, dapat dilewati kendaraan kecil dan besar.

Butuh sewa mobil malang? Nahwa memiliki layanan sewa mobil malang.

Untuk lebih lanjut silahkan klik tautan ” sewa mobil malang “.

 

Pantai Ngliyep mengatakan panorama keindahan bahari yang menawan, hamparan pantainya terdiri dari pasir putih yang dibatasi dinding karang kokoh menjulang tinggi. Karakter ombaknya cukup besar, menyerupai pantai selatan pulau jawa pada umumnya. Hanya saja sebab sedikit terhalang dinding karang, dapat dibilang arus ombak masih cukup bersahabat, meski harus tetap waspada. Kondisi ombak menyerupai ini khususnya potongan pantai yang ada di sisi kanan bukit karang atau di teluk.
Lokasi Pantai Ngliyep berada di selatan Kota Malang Pantai Ngliyep, Malang
Jalan ke Pantai Ngliyep ke arah kiri
Lokasi Pantai Ngliyep berada di selatan Kota Malang Pantai Ngliyep, Malang
Bukit karang di Pantai Ngliyep,
dari sini kita dapat melihat panorama lebih luas dari sisi yang tinggi.
Seperti gampar dibawah:
Lokasi Pantai Ngliyep berada di selatan Kota Malang Pantai Ngliyep, Malang
Nampak dari atas bukit karang; Pantai Ngliyep sisi kiri
Lokasi Pantai Ngliyep berada di selatan Kota Malang Pantai Ngliyep, Malang
Nampak dari atas bukit karang; Pantai Ngliyep arah laut
Lokasi Pantai Ngliyep berada di selatan Kota Malang Pantai Ngliyep, Malang
Nampak dari atas bukit karang; Pantai Ngliyep sisi kanan
Di pantai Ngliyep ada spot wisata lain yang masih berada dalam satu lokasi. Yaitu disini kita dapat menemukan Teluk Putri, Goa Patuk dan Gunung Kombang. Makara ketika anda berkunjung ke pantai Ngliyep tidak hanya akan menikmati panorama pantai saja, tetapi spot lainnya yang tidak kalah menarik.

Butuh travel malang surabaya? Nahwa memiliki layanan travel malang surabaya.

Untuk lebih lanjut silahkan klik tautan ” travel malang surabaya “.

Lokasi Pantai Ngliyep berada di selatan Kota Malang Pantai Ngliyep, Malang

 

Lokasi Pantai Ngliyep berada di selatan Kota Malang Pantai Ngliyep, Malang
Panorama Pantai Ngliyep, Malang
Pengunjung pantai Ngliyep biasanya ramai diakhir pekan, sedangkan dihari biasa relatif sepi. Seperti ketika aku berkunjung ke pantai Ngliyep pada hari biasa, hanya beberapa wisatawan saja yang terlihat. Untuk kemudahan bagi pengunjung di pantai Ngliyep, tersedia sarana MCK, parkir kendaraan, warung makan, kios oleh-oleh, saung, musholla, penginapan, area camping dan lainnya. Sedangkan harga tiket masuk pantai Ngliyep Rp. 10.000, – per orang.
Sumber: Lokasi Pantai Ngliyep, Malang

Pantai Pasir Panjang Ngliyep, Malang

Lokasi Pantai Pasir Panjang masih dalam satu area dengan Pantai Ngliyep Pantai Pasir Panjang Ngliyep, Malang
Lokasi Pantai Pasir Panjang masih dalam satu area dengan Pantai Ngliyep, yakni di desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 65 km arah selatan dari sentra kota Malang, dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam memakai kendaraan. Dari Kota Malang rute jalannya yakni melalui Pasar Gadang – Kepanjen – Pagak – Donomulyo – Kedungsalam – Pantai Pasir Panjang Ngliyep.

Butuh sewa mobil malang? Nahwa memiliki layanan sewa mobil malang.

Untuk lebih lanjut silahkan klik tautan ” sewa mobil malang “.

Pantai Pasir Panjang ada di sisi sebelah kanan dari Pantai Ngliyep. Sesuai namanya, pantai Pasir Panjang memperlihatkan kekhasan pantainya, yakni berupa hamparan pasir putih yang luas dan panjang. Hampir sejauh mata memandang, di pantai ini nampak pasir putih yang indah terhampar, panjangnya sekitar 1 km. Keistimewaan lain pantai ini masih alami dan cukup bersih.
Lokasi Pantai Pasir Panjang masih dalam satu area dengan Pantai Ngliyep Pantai Pasir Panjang Ngliyep, Malang
Pantai pasir Panjang Ngliyep
Lokasi Pantai Pasir Panjang masih dalam satu area dengan Pantai Ngliyep Pantai Pasir Panjang Ngliyep, Malang
Peringatan larangan mandi di laut
Karakter ombak di pantai pasir panjang cukup ganas, khas pantai selatan dengan ombaknya yang besar. Bahkan berdasarkan isu nelayan setempat, disini terdapat palung yang dalam, sangat berbahaya jikalau hingga terseret arus. Uniknya area pantai yang terdapat palung justru terlihat hening airnya, ibarat tidak terjangkau ombak.  Jadi tidak disarankan untuk bermain air atau mandi di laut.

Butuh travel malang surabaya? Nahwa memiliki layanan travel malang surabaya.

Untuk lebih lanjut silahkan klik tautan ” travel malang surabaya “.

 

Lokasi Pantai Pasir Panjang masih dalam satu area dengan Pantai Ngliyep Pantai Pasir Panjang Ngliyep, Malang
Area pantai yang rindang dan terdapat gardu pandang
Lokasi Pantai Pasir Panjang masih dalam satu area dengan Pantai Ngliyep Pantai Pasir Panjang Ngliyep, Malang
Nelayan berangkat melaut
Lokasi Pantai Pasir Panjang masih dalam satu area dengan Pantai Ngliyep Pantai Pasir Panjang Ngliyep, Malang
Perahu nelayan di perkampungan nelayan
Fasilitas pengunjung di pantai pantai Pasir panjang, tersedia sarana MCK, parkir kendaraan, warung makan, kios oleh-oleh, saung, musholla, penginapan dan lainnya. Sedangkan pada potongan tengah pantai pasir panjang, terdapat perkampungan nelayan yang dihuni beberapa keluarga. Kita sanggup berinteraksi dengan mereka, sebab disini juga terdapat warung dan kemudahan mck yang disediakan warga setempat.
Lokasi Pantai Pasir Panjang masih dalam satu area dengan Pantai Ngliyep Pantai Pasir Panjang Ngliyep, Malang
Pantai Pasir Panjang higienis dan alami
Lokasi Pantai Pasir Panjang masih dalam satu area dengan Pantai Ngliyep Pantai Pasir Panjang Ngliyep, Malang
Panjangnya hamparan pasir di pantai Pasir Panjang
Tiket masuk ke Pantai Pasir Panjang masih satu paket dengan tiket masuk ke pantai Ngliyep, yakni Rp. 10.000, – per orang. Kaprikornus kita cukup bayar sekali saja, sudah sanggup menikmati dua tempat pantai, yakni Pantai Pasir Panjang dan Pantai Ngliyep.
Sumber: Pantai Pasir Panjang Ngliyep Malang
Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.