Bromo dengan 5 Spot Tercantiknya

Bromo dengan Spot Sunrise Terbaiknya

Hallo Nahwa Lovers, ada yang tau nggak salah satu Kabupaten yang ada di Jawa Timur yang merupakan salah satu kabupaten yang memili banyak sekali destinasi wisata yang super duper keren dan sangat memanjakan mata? Ya, Kabupaten Malang. Malang merupakan kota yang banyak dikelilingi pegunungan dan tempat wisata seru lainnya. Kota Malang terletak di Jawa Timur. Kota Malang merupakan kabupaten terluas kedua di Jawa setelah Kabupaten Banyuwangi.

Berbicara Tentang Malang, siapa yang tidak kenal dengan objek wisata yang menjadi ikonik kota tersebut ? Ya, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Destinasi Wisata ini merupakan destinasi wisata wajib yang harus banget di kunjungi pastinya. Bromo Tengger sendiri merupakan Taman Nasional yang menyajikan keindahan alam berupa gunung, savana, bukit, dan lainnya. Namun Banyak wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru biasanya tidak sadar bahwa ada banyak spot di Bromo Tengger Semeru. Dan yang paling menjadi incaran wisatawan biasanya adalah view sunrise.

Spot Sunrise Bromo Tengger Semeru

Di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini terdapat beberapa spot Sunrise dengan view terbaiknya, adapun diantaranya :

Penanjakan 1 (View Point 1)

View Point 1 atau Penanjakan 1 merupakan sunrise point tertinggi sekaligus Sunrise point utama di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. View Point 1 sangat terkenal bagi dikalangan wisatawan Bromo, dikarenakan view point 1 ini merupakan tempat terbaik untuk melihat mata hari terbit (sunrise).

Penanjakan 1 atau View Point 1 ini memiliki ketinggian 2.770 mdpl, pemandangan Bromo akan tanpak lebih indah jika disaksikan dari View Point 1 ini. Jadi wajar saja jika spot ini menjadi spot favorite dan juga tujuan utama bagi wisatawan baik lokal maupun asing yang ingin melihat matahari terbit (sunrise point).

5 spot cantik bromo

Selain menjadi view utama menyaksikan Sunrise di wilayah Bromo, view point 1 ini juga merupakan tempat terbaik untuk menyaksikan bintang galaxy yang menakjubkan dengan wisata Milky Way. Lokasi pananjakan 1 terletak di sebelah barat yang masih dalam lingkup kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, lebih tepatnya berada di Desa Wonokitri Pasuruan, Jawa Timur.

Adapun fasilitas yang ada di view point 1 ini sangat lengkap sekaligus nyaman, karna dilengkapai dengan fasilitas berupa toilet, kamar mandi, Musollah, warung makan, Parkir dan tempat sewa alat-alat tour.

Karna Lokasinya terletak di puncak paling tinggi jadi jalur menuju view point 1 ini sangat extrem, jadi untuk menuju ke Pananjakan 1 membutuhkan Jeep Bromo yang merupakan kendaraan khusus untuk menuju kesana.

Baca Juga : Gunung Semeru Malang

Bukit Kedaluh (Bukit Kingkong)

Bukit Kedaluh merupakan spot kedua setelah view point 1 untuk melihat sunrise di Bromo. Nama lain Bukit kedaluh yaitu Bukit Kingkong. Alasan dinamakan Bukit Kingkong karena salah satu sisi tebing di sekitaran area bukit ini sedikit menonjol dan menyerupai kepala Kingkong. Namun alasan Masyarakat Tengger menyebutnya Bukit Kedaluh karena berasal dari sansekerta yang memiliki makna penghargaan akan kesuburan tanah wilayah Tengger.

Bukit Kingkong

Bukit Kingkong atau Bukit Kedaluh ini lokasinya ada di bawah Bukit Penanjakan yakni sekitar -+ 2,5 kilometer dari view point 1, sehingga akses menuju bukit Kingkong tidak terlalu menanjak. Adapun tinggi dari Bukit Kedaluh atau Bukit Kingkong ini sekitar 2.700 mdpl bersebelahan dengan view point 1 dan dengan berjalan sekitar 100-200 meter pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan kaldera Tengger.

Meskipun bukit ini hanya dijadikan alternatif jika kawasan bukit Penanjakan ramai pengunjung, tetapi pemandangannya tidak kalah indah loh Nahwa Lovers dan pesona sunrise di bukit Kedaluh pun tetap membuat wisatawan merasa puas serta memiliki keindahan tersendiri dari sudut pandang yang berbeda tidak hanya itu, di Bukit Kingkong juga kita juga bisa melihat latan awan yang begitu indah dan sangat menyejukkan mata. Di Bukit Kingkong juga tersedia warung sebagai tempat beristirahat sambil ngopi – ngopi santai sembari menunggu terbitnya sunrise.

Di Bukit Kingkong terdapat fasilitas berupa toilet, kamar mandi, dan juga Mushola kecil, bagi kamu yang beragama muslim dan ingin melaksanakan Ibadah. Jadi nggak perlu khawatir lagi deh soal akhirat, Jalan-jalan lancar, ibadah juga lancar.

Baca Juga : Monumen Bersejarah Kota Malang Paling Ikonik

Penanjakan 2 Gunung Bromo

Penanjakan 2 Gunung Bromo atau yang biasa di sebut Sruni Point merupakan puncak tertinggi kedua yang memiliki ketinggian 2.400 mdpl di kawasan Taman Nasional Tengger Semeru. Pananjakan 2 merupakan Alternatif ketika view point 1 sudah dipenuhi oleh pengunjung saat ingin menyaksikan sunrise.

Bukit Sruni

Bila musim liburan tiba, seperti halnya lebaran idul fitri, sekolah, natal, imlek, atau hari nasional lainnya, view point pananjakan 1 dipastikan penuh dengan pengujung, dan ketika itu kita harus berangkat lebih awal, karna kalau tidak, dipastikan kita tidak akan mendapatkan tempat yang nyaman di puncak penanjakan 1.

Lalu apakah ada tempat lain untuk melihat Sunrise ketika puncak Penanjakan 1 sudah full pengunjung? Tenang, Ketika pananjakan 1 sudah tidak bisa memadai, solusi terbaik untuk menyaksikan sunrise di Bromo adalah di puncak pananjakan 2, yakni di puncak sruni point.

Adapun Lokasi Penanjakan 2 sruni ini ada di Desa Seruni, Sukapura, Probolinggo. Kelebihan dari pada puncak Pananjakan 2 adalah salah satu tempat yang sangat cocok untuk program tour Bromo camping, bahkan Penanjakan 2 sruni ini juga terdapat spot foto tambahan, yakni terdapatnya Pura yang tentunya akan menambah ke eksotisan foto kamu.

Baca Juga : Candi Tertua di Malang

Penanjakan 3 Gunung Bromo

Penanjakan 3 atau Bukit Mentigen adalah sunrise point ketiga dikawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Lokasinya ada di Lawang Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Penanjakan 3 Mentigen ini terletak di sisi timur laut Gunung Bromo. Pemandangan Gunung Bromo dan Gunung Batok tanpak lebih indah jika di lihat dari Bukit Mentigen. Pesona awan terlihat lebih indah jika disaksikan langsung dari bukit Mentigen.

Bukit Mentigen

Penanjakan 3 Bukit Mentigen terbilang masih alami. Akses jalan Penanjakan 3 Mentigen hanya setapak, namun Pananjakan 3 Mentigen bisa menjadi alternatif untuk menikmati sunrise. Penanjakan 3 Mentigen juga merupakan titik pandang terbaik untuk melihat matahari terbenam (sunset tour).

Bukit Mentigen memiliki ketinggian 2.300 mdpl. Mentigen juga merupakan lokasi Spot Sunrise Bromo yang berada diluar area Gunung Penanjakan, memiliki akses yang paling dekat dengan Rest Area Ngadisari. Untuk menuju ke Bukit Mentigen ini dapat ditempuh dengan berbagai cara. Bisa dengan memakai kendaraan bahkan bisa juga dengan tracking atau berjalan kaki. Ketinggian Bukit Mentigen masih terbilang rendah jika dibandingkan dengan View Point 1 dan 2. Dari Bukit Mentigen pengunjung bisa menyaksikan langsung keindahan view Gunung Bromo dan Batok yang nampak sejajar saat matahari sudah mulai agak terang.

Bukit Mentigen ini sudah ada sejak dahulu, akan tetapi tidak banyak orang yang mengetahui jalur tersebut, dan sekarang jalur tersebut kembali dibuka untuk umum. Bukit mentigen ini juga bisa dijadikan Alternatif untuk melihat Sunrise jika Sunrise Point Penanjakan 1 sudah penuh pengunjung. Sampai sekarang sudah banyak sekali wisatawan yang mengunjungi Bukit Mentigen ini, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Wisatawan tidak wajib menyewa Jeep Bromo, Cukup dengan berjalan kaki (trekking) sekitar 15 menit dari rest area Ngadisari. Namun alangkah baikknya jika ingin mendapatkan gambar indah saat pagi di spot Sunrise Bromo, camping, hunting foto milky way dan bahkan untuk foto pre wedding di Bukit Mentigen di sarankan untuk menyewa Jeep Bromo. Bukit Mentigen juga bisa dijadikan alternatif terbaik untuk Camping sembari menikmati pesona keindahan Sunset Gunung Bromo.

Baca Juga : Fakta Tersembunya di Kawah Ijen

Bukit cinta (Love Hill)

Bukit Cinta (love hill) yang juga dikenal juga dengan nama tanjakan Cinta Bromo merupakan salah satu sunrise point terbaik di kawasan taman nasional tengger semeru.

Bukit Cinta

Juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat sunrise, Tanjakan Cinta merupakan spot terbaik melihat bintang galaxy (milky way). Tidak hanya itu Bukit Cinta juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk Camping karna areanya yang lumayan luas. Jadi wajar saja jika Bukit Cinta menjadi tempat favorite bagi wisatawan pecinta tour camping, utamanya bagi mereka pecinta wisata camping keluarga. Bahkan Tanjakan Cinta juga sering dijadikan sebagai tempat melihat Bromo Sunset.

Lalu adakah alternatif lain untuk melihat sunrise di Bromo jika di View Point 1 penuh dengan pengunjung? tentu ada, diantaranya Penanjakan 2 sruni, Kingkong, Mentigen dan juga Bukit Cinta.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak dikawasan taman nasional Bromo, namun lebih tepatnya, Tanjakan Cinta terletak di kawasan area Pegunungan, Wonokitri, Tosari, Pasuruan, Surabaya, Jawa Timur. Untuk menuju ke Penajakan Cinta Bromo, sangatlah mudah, karena jalan menuju lokasinya berada pada jalur yang sama ketika menuju ke penanjakan 1, yakni -+ sekitar 5 km dari View Point 1, dan bersebelahan dengan Bukit Kingkong.

Karna lokasinya dekat dengan View Point 1, kita dianjurkan untuk menggunakan jeep hartop untuk untuk sampai sana, Terlebih lagi jalur menuju Bukit Cinta tergolong extrem, menajak serta  penuh dengan tikungan tajam. Jalur Menuju ke Bukit Cinta dapat diakses dari 3 pintu masuk, yaitu Probolinggo, Malang atau Pasuruan, namun alangkah lebih dekat jika melalui jalur Pasuruan.

Fasilitas di Bukit Cinta dan Bukit Kingkong terbilang sama, karna sudah tersedia fasilitas berupa kamar mandi, warung sederhana dan tempat parkir untuk pengunjung.

Namun, fasilitas di Bukit Cinta tidak selengkap yang ada di View Point 1, sehingga wajar saja jika fasilitas lebih diminati dibandingkan dengan Bukit Cinta, dan itulah mengapa view point 1 menjadi tempat utama untuk menyaksikan sunrise di kawasan Gunung Bromo.

Berbicara tentang Bromo Camp progra, camping di wilayah Gunung Bromo awalnya menampatkan lokasi Bukit Mentigen sebagai satu-satunya area yang resmi diijinkan untuk camping. Dan tentu tidak semua lokasi di Sunrise Bromo diperkenankan untuk mendirikan tenda Camping. Lalu baru ditetapkan bahwa Bukit Cinta, Bukit Kingkong, Seruni Point dan Bukit Mentigen yang secara resmi diijinkan untuk menjadi tempat camping bagi para wisatawan.

Sementara lokasi lainnya seperti View Point 1, Padang Savana dan Bukit Tetubbies Bromo dilarang keras mendirikan tenda camping. Larangan tersebut semata- mata demi kenyamanan pengunjung lainnya yang berencana untuk melihat Sunrise Bromo, sementara di lokasi lain seperti di Lautan Pasir dan Teletubbies juga dibuat demi mencegah terjadinya kebakaran yang diakibatkan oleh aktivitas camping.

Itulah 5 spot cantik bromo yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan dan terbaik untuk melihat keindahan sunrise di sekitar wisata Gunung Bromo.

Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.