Transportasi dari Bandara Juanda ke Stasiun Gubeng : Jenis & Tarif

Setelah landing di Juanda, mau naik kereta? Yup, stasiun Gubeng adalah pilihan yang tepat. Selain karena tipe stasiun besar dengan kelas A, di sini pun tersedia banyak jenis kereta yang melayani banyak rute ke kota lain. Nah, agar perjalanan dari Juanda semakin mudah, sebaiknya kamu baca artikel transportasi dari bandara Juanda ke stasiun Gubeng ini.

Kamu akan mendapati info seputar pilihan apa saja mode transportasi yang bisa kamu pilih, beserta jadwal, rute, harga dan fasilitas yang bisa kamu nikmati selama perjalanan. Lengkap sekali bukan? Jadi, mari simak dan siapkan catatanmu, kira-kira cocok pakai yang mana.

Pilihan Transportasi dari Bandara Juanda ke Stasiun Gubeng

Dari sekian banyak pilihan, ini adalah rekomendasi yang paling cepat, mudah, dan terjangkau untuk menempuh jarak stasiun gubeng ke bandara juanda maupun sebaliknya, yakni damri dari stasiun Gubeng ke bandara Juanda! Jadi, yuk cek selengkapnya mengenai teknis perjalananmu kalau pakai opsi ini.

1. Bus Damri

damri dari stasiun Gubeng ke bandara Juanda

Jam Pemberangkatan Setiap hari, 09.00 – 21.00 WIB – Setiap satu jam sekali
Harga/Tarif Tiket Rp35.000 per orang (anak-anak di bawah 1 tahun gratis)
Titik Pemberangkatan Terminal I dan Terminal II Bandar Udara Juanda
Titik Tujuan Terminal Purabaya
Estimasi Waktu Sampai 30 Menit

Meski titik tujuannya bukan langsung di stasiun Gubeng, sebab melewati rute mulai dari Bandara Juanda – via Tol Juanda – masuk ke Waru – Sidoarjo – berakhir di Terminal Purabaya.

Tapi, dengan estimasi perjalanan dari hanya 30 menit saja menuju pool bus, kamu bisa nyambung dari Purabaya ke Gubeng dengan angkutan umum atau ojek online. Apalagi dari sisi biaya, pilihan ini paling hemat. Nah, dari pool bus Purabaya, kamu bisa nyambung ke Gubeng lewat beberapa pilihan berikut ini.

a. Angkutan kota

Naik bus kota dengan kode P6. Lalu minta turun di perempatan ‘tembok, yakni antara Jalan Kalibutuh dan Jalan Semarang (Biaya sekitar Rp7.500-an). Setelah itu, jalan kaki menuju Jalan Tidar, untuk cari angkutan umum dengan kode E dan bilang turun di stasiun Gubeng (Biaya Rp7.500-an).

b. Transportasi Online

Pakai aplikasi transportasi online, dan pesan sesuai titik penjemputan (biasanya nggak boleh terlalu dekat dengan gate masuk atau keluar pool bus Purabaya, kamu harus jalan beberapa meter untuk menjauh). Adapun biayanya sekitar Rp25.000-Rp100.000an, tergantung jenis kendaraan yang kamu pilih.

Adapun kelebihan naik angkutan kota, bisa lebih menikmati perjalanan lantaran melewati banyak rute. Sedangkan kalau naik ojek online, bisa lebih cepat sampai ke Gubeng lantaran bisa lewat rute yang paling sat set untuk sampai ke stasiun. Jadi, mau pakai yang mana, silakan pilih berdasarkan kebutuhanmu.

Baca juga : Cara Naik Bus Damri dari Bandara Juanda

2. Taksi Bandara

tarif taksi bandara Juanda ke stasiun Gubeng

Jam Pemberangkatan Setiap hari, 24 jam
Harga/Tarif Tiket Sistem zona atau argo – Kisaran Rp200.000
Titik Pemberangkatan Terminal I dan Terminal II Bandar Udara Juanda
Titik Tujuan Stasiun Gubeng
Estimasi Waktu Sampai 35 Menit

Di Bandar Udara Internasional Juanda ini, ada beberapa vendor yang secara resmi menjadi mitra transportasi. Dengan memakai taksi resmi bandara, kamu bisa lebih aman dan nyaman, lantaran semua sopir dan kendaraan terjamin dalam standard yang jelas dan berkualitas baik. Adapun detail nama vendornya ialah:

  • Terminal I – Sistem pembayaran by Zona : Gocar, Grab, Taxi prima Trans, taxi Prima, Anjem, AIGO, dan Golden Bird. Sistem pembayaran by Argo – Taxi Wings, JMS, dan Blue Bird
  • Terminal II – Sistem pembayaran by Zona – Taxi prima Trans, taxi Prima, AIGO, dan Golden Bird. Sistem pembayaran by Argo – JMS

Dengan memakai taksi, kamu nggak perlu repot menunggu jadwal bus, atau kerepotan saat membawa barang yang banyak. Sedangkan tarif taksi bandara Juanda ke stasiun Gubeng nggak begitu mahal, dan bisa lebih efisien. Sebab kamu bisa langsung naik tanpa harus menunggu lama.

Apalagi, kalau kamu bawa anak kecil, misal mau pakai Grab, akan lebih mudah. Sebab, grab dari Juanda ke stasiun Gubeng pun tersedia di bandara. Jadi, akan lebih nyaman dan nggak ribet.

3. Sewa Mobil

Sewa mobil dari bandara Juanda ke stasiun gubeng

Jam Pemberangkatan Setiap hari, 24 jam
Harga/Tarif Tiket Kisaran Rp150.000 – Rp200.000
Titik Pemberangkatan Terminal I dan Terminal II Bandar Udara Juanda
Titik Tujuan Stasiun Gubeng
Estimasi Waktu Sampai 35 Menit

Memakai transportasi ini sama saja dengan taksi bandara, hanya saja lebih fleksibel lagi. Sebab, misal mau berhenti di beberapa titik sebelum sampai Gubeng, sangatlah bisa. Jadi, misal hendak cari oleh-oleh dahulu, atau janjian dengan orang, opsi memakai sewa mobil lebih efisien.

Nah, kalau ingin yang sat set dengan waktu tempuh yang cepat, namun bisa sangat fleksibel, maka sewa mobil ini jadi opsi yang terbaik. Kamu bisa menempuh rute lain sesuai keinginan.

Apalagi saat musim bunga tabebuya mekar, sangat sayang kalau melintas di sepanjang jl. Ahmad Yani tanpa berhenti untuk berfoto-foto mengabadikan ‘sakura lokal’ tersebut.

Jarak Bandara Juanda ke Stasiun Gubeng

stasiun Gubeng ke bandara juanda berapa jam

Secara umum, tanpa mutar-muter di kota seperti halnya kalau naik angkutan kota, maka jarak stasiun Gubeng ke bandara Juanda hanya sekitar 19 – 25 Km, dan estimasi waktu tempuh 30 – 45 menit. Adapun pilihan saran rute yang bisa kamu pertimbangkan dalam opsi berikut ini.

Rute Jarak Estimasi Waktu Tempuh Link Google Maps
Via Jl. Tol Waru – Juanda 11.7 Km 35 menit Klik di sini Google Maps
Via Jl. Tol Waru – Juanda dan Jl. Ahmad Yani 24,7 Km 37 menit Klik di sini Google Maps
Via Jl. Dr. Ir. H. Soekarno 19.6 Km 42 Menit Klik di sini Google Maps

Jadi, kalau mau yang lebih aman lebih baik pilih yang via Jl. Dr. Ir. H. Soekarno, lantaran titik kemacetan nggak sebanyak opsi lain. Meskipun, estimasi jarak tempuh lebih lama namun lebih berpotensi cepat sampai. Mengingat, dua rute lainnya melewati banyak titik yang sangat rawan kemacetan.

Demikian pula sebaliknya, misal dari stasiun Gubeng ke bandara juanda berapa jam? Kamu tinggal pilih dari rute di atas, yang mana paling cocok.

Penutup

Nah, sudah terpikirkan lebih baik naik apa dan yang mana? Mengingat, semua metode punya kelebihan dan kelemahan masing-masing. Tapi, sebagai wacana, kamu bisa mempertimbangkan hal-hal berikut ini sebelum ambil keputusan.

  • Pertama, kalau kamu nggak mau tolah-toleh lagi, maunya sat set sampai ke stasiun Gubeng, maka pilihlah opsi naik taksi bandara atau sewa mobil. Sebab, bisa langsung sampai tanpa menunggu lama, dan bisa bawa banyak barang tanpa ribet. Apalagi tarif Grab dari bandara Juanda ke stasiun Gubeng nggak begitu mahal, jadi akan lebih praktis.
  • Tapi, kalau kamu suka yang tetap privat apalagi bawa barang banyak dan anak kecil, namun mau tetap menikmati perjalanan sambil mampir-mampir, maka sewa mobil adalah pilihan terbaik.
  • Berbeda, kalau prioritas kamu adalah hemat biaya. Jelas naik Damri adalah pilihan bijak. Sebab, kamu masih bisa nyaman dan menikmati pemandangan kota Surabaya dengan leluasa.

Apapun yang akan jadi pilihanmu, ingat pertimbangan di atas. Nah, kalau naik taksi bandara dan bus Damri kan sudah ada di bandara. Sedangkan untuk sewa mobil, kamu bisa percayakan ke Nahwa Travel saja.

Selain driver akan jemput kamu dengan tepat waktu, kamu pun bisa pilih opsi sewa setengah hari saja. Dengan demikian, kamu bisa lebih hemat namun nggak mengurangi keseruan perjalananmu di Surabaya maupun dari bandara Juanda ke stasiun terdekat.

Jadi, transportasi dari bandara Juanda ke stasiun Gubeng yang bisa kamu pakai paling fleksibel dan efisien ya sewa mobil ke Nahwa Travel. Tinggal pesan, tentukan jadwal penjemputan. Sisanya akan Nahwa Travel urus, termasuk kalau kamu mau berwisata di sekitaran Surabaya, Nahwa Travel siap antar!