Jarak Stasiun Gubeng ke Bandara Juanda : Rute, Waktu & Biaya

Tiba di Stasiun Gubeng dan berencana menuju Bandara Juanda? Tak perlu cemas! Artikel ini hadir untuk membantu kamu dalam navigasi perjalanan dan menentukan rute tercepat agar jarak Stasiun Gubeng ke Bandara Juanda bisa lebih dekat dan efisien.

Kamu akan mendapatkan informasi detail mengenai jarak, waktu perjalanan, dan opsi rute yang tersedia untuk mencapai Bandara Juanda dari Stasiun Gubeng.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan informasi mengenai situasi perjalanan yang mungkin kamu hadapi beserta tips berguna demi perjalanan yang lancar dan tepat waktu.

Mari mulai pembahasannya!

Jarak Stasiun Gubeng ke Bandara Juanda

stasiun Gubeng ke bandara juanda berapa jam

Sebagai salah satu stasiun yang dekat dengan bandara Juanda, Gubeng memang titik yang ideal. Sebab, di stasiun ini ada banyak kereta dengan berbagai jalur yang beroperasi, sehingga memungkinkan perjalanan dari mana saja.

Lalu, dari stasiun Gubeng ke bandara juanda berapa jam sih? Meski nya membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menitan saja ketika lalu lintas lancar. Hanya saja, dengan jarak sekitar 18,2 Km dari bandara Juanda, jangan berharap bisa sampai hanya dalam 30 menit saja.

Mengingat, dari Gubeng menuju Juanda akan melewati beberapa titik rawan macet di jam sibuk. Oleh karena itu, pilih beberapa rute berikut ini agar lebih efisien.

Baca juga: Stasiun Terdekat dari Bandara Juanda

Rute I – Lewat Jl. Raya Surabaya – Malang dan Jl. Raya Bandara Juanda

  • Estimasi waktu : 25 Menit
  • Jarak tempuh : 18,2 Km

Rute ini akan melewati beberapa titik rawan macet, seperti di Jl. Darmo atau di Waru. Hanya saja, keuntungan lewat sini jika nggak terburu-buru adalah bisa melihat indahnya tata kota dan hijaunya taman-taman di tepi jalan.

Selain itu, bisa sekalian mampir untuk berburu spot foto, apalagi jika pas musim mekarnya bunga tabebuya, banyak spot terbaik yang dilewati jika lewat rute ini.

Akan tetapi, waspada di bundaran Waru kemacetan sudah menunggu. Jadi, pastikan untuk menyediakan waktu sekitar 30-60 menit jika lewat rute ini.

Rute II – Via tol : Lewat Jl. Dr. Ir. H. Soekarno dan Jl. Tol Waru – Juanda

  • Estimasi waktu : 25 Menit
  • Jarak tempuh : 17,7 Km

Memang, sejauh ini lewat jalan ini paling cepat, sebab lewat tol yang relatif lebih longgar daripada lewat jalanan kota. Hanya saja, tol Waru ini merupakan titik sibuk, sehingga meskipun ini tol tetap saja jalanan padat merayap.

Keuntungannya dari stasiun terdekat bandara Juanda ini, yakni cukup murah Rp9.000 saja. Selain itu, dengan harga segitu sudah bisa melenggang dengan kecepatan rata-rata 60 Km per jam dan bisa sampai ke bandara lebih cepat. Biasanya, paling lama membutuhkan waktu sekitar 30-40 menit sudah sampai.

Rute III – Lewat Jl. Ahmad Yani dan Jl. Raya Bandara Juanda

  • Estimasi waktu : 26 Menit
  • Jarak tempuh : 18,2 Km

Jika lewat rute ini, waspada di jam 16.00 -19.00 daerah sekitaran Jl. Raya Surabaya – Malang ini ada puncak kemacetan.

Alternatifnya, kamu bisa geser sedikit ke kiri dan belok menjadi ke Jl. Ahmad Yani/Jl. Wonokromo untuk menghindarinya.

Selain itu, lewat sini memang lebih padat, tetapi relatif lebih lancar karena titik kemacetan nggak terlalu parah.

Pilihan Transportasi

Dengan lokasi dekat pusat kota, salah satu stasiun terdekat dari bandara Juanda ini memudahkan kamu ketika hendak menjangkau banyak titik di Surabaya.

Tetapi, sebagai bahan pertimbangan, kamu bisa memilih beberapa model transportasi berikut ini agar lebih efisien.

Baca juga : Transportasi dari Bandara Juanda ke Stasiun Gubeng

1. Bus Damri

stasiun terdekat dari bandara Juanda

  • Rute : Keluar dari stasiun, cari angkutan kota dengan kode T2. Setelah itu, turun di terminal Bungurasih. Masuk ke dalam terminal, dan cari peron bus damri yang berangkat setiap satu jam sekali ke bandara Juanda.
  • Biaya : Naik angkutan kota dari Gubeng ke Bungurasih sekitar Rp7.000. Lalu, bus damri dari BUngurasih ke Juanda Rp25.000.

Mengingat harus naik angkutan umum dahulu sebelum ke terminal Bungurasih, ada baiknya menyiapkan waktu lebih. Sebab, angkutan umum dalam kota ini cenderung lebih lambat dengan rute yang panjang. Jadi, lebih baik pakai ojek online untuk mempersingkat waktu ke terminal.

2. Taxi

stasiun terdekat dari bandara Juanda

  • Rute : Kamu bisa memilih rute tercepat dan terbaik dari stasiun, apalagi pemesanan taksi pun sudah terintegrasi dengan aplikasi KAI. Dengan demikian, bisa menyiapkan pesanan dan menemui driver di titik penjemputan sekitar stasiun.
  • Biaya : Estimasi tarif Rp150.000 – Rp250.000, dan biasanya nggak include biaya tol.

Enaknya jika pakai taxi adalah cepat dan bisa istirahat di jalan. Sebab, nggak perlu jalan jauh ke titik penjemputan dan bisa langsung menuju bandara lewat rute tercepat. Tetapi, untuk harga bisa jadi agak mahal daripada baik bus damri.

3. Kendaraan Online

stasiun terdekat dari bandara Juanda

  • Rute: Sama seperti taxi, kamu bisa memilih rute tercepat dan paling efisien untuk menuju bandara. Apalagi, jika memilih tipe kendaraan yang kecil, atau motor, bisa lewat jalan tikus dan tiba di bandara dengan lebih cepat.
  • Biaya : Tergantung jenis vendor penyedia transportasi online dan jenis kendaraan yang kamu pilih, misalnya tarif Grab dari stasiun Gubeng ke bandara Juanda, secara general mulai dari Rp50.000 – Rp250.000.

Satu hal yang nggak terlalu menyenangkan jika memakai mode transportasi ini ialah titik penjemputan. Nggak bisa depan stasiun langsung, lantaran ada kebijakan lokal yang agak sensitif jika driver langsung di depan stasiun. Jadi, kalau bawa barang banyak, sebaiknya pertimbangkan ulang mode transportasi ini.

4. Sewa Mobil/Drop Travel

stasiun terdekat dari bandara Juanda

  • Rute : Fleksibel dan bisa memilih yang paling cepat serta efisien.
  • Biaya : Sekitar Rp100.000-Rp200.000.

Dari semua pilihan mode transportasi, yang paling fleksibel dan memudahkan ya pilihan sewa mobil. Sebab, jika pakai taxi, untuk tarif biasanya lebih mahal. Sedangkan kalau pakai tranportasi online, titik penjemputannya agak jauh dan kurang nyaman jika membawa barang banyak.

Berbeda jika sewa mobil atau drop dari Gubeng ke Juanda secara langsung. Soalnya, bisa dijemput depan stasiun dan tarifnya pun terjangkau. Apalagi, dengan sistem sewa bisa lebih hemat jika perjalanan dalam rombongan dan barang bawaan banyak.

Demikian pula dengan sistem drop, bisa lebih hemat karena hanya membayar untuk satu kali perjalanan saja. Nah, untuk urusan sewa mobil ini, kamu bisa di Nahwa Travel.

Selain berpengalaman dan menyediakan banyak pilihan jenis mobil, driver bisa menjemput kamu secara langsung ke stasiun. Apalagi tersedia sistem drop ke bandara langsung, jadi perjalanan kamu pun bisa lebih efisien.

Kalau dipikir-pikir, memang pilihan ke Nahwa Travel ini menjadi solusi atas semua kendala dari pilihan transportasi di atas.

Kamu nggak perlu bersusah payah ke terminal dan menunggu jam keberangkatan. Nggak pula harus jalan jauh dari stasiun menuju ke titik penjemputan kendaraan online-mu. Lalu, yang pasti lebih hemat daripada taxi regular.

Jadi, dengan jarak Stasiun Gubeng ke Bandara Juanda yang lumayan jauh itu, kamu bisa lebih tenang dan nyaman dalam perjalanan bersama Nahwa Travel.