Wisata Religi Klenteng Sanggar Agung Yang Eksotis

kelenteng sanggar agung

Saat ini, jumlah penduduk yang beragama Budha tidak bisa dikatakan sedikit. Jadi oleh sebab itu, keberadaan kelenteng di Indonesia terbilang banyak, salah satu kelenteng tersebut adalah Kelenteng Sanggar Agung yang berada di Surabaya.

Bangunan Kelenteng atau kuil merupakan sebuah bangunan suci tempat umat beragama budha bersembahyang atau beribadah. Di Indonesia sendiri, tidak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah, namun juga dibuka untuk umum sebagai objek wisata. Kelenteng Sanggar Agung memiliki banyak keunikan yang begitu menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Tidak hanya ornamen khas budaya China, namun juga patung Dewi Kwan In di tepi laut yang mempesona.

Lokasi Objek wisata Kelenteng Sanggar Agung ini berada di kawasan Kenjeran Park, tepatnya di Jalan Sukolilo No.100, Kota Surabaya, Jawa Timur. Jaraknya dari Kota Surabaya kurang lebih 8 kilometer yang membutuhkan waktu sekitar 20 menit berkendara.

Baca juga : Pesona Pantai Gatra Malang Selatan

Keindahan Arsitektur Kelenteng Sanggar Agung

kelenteng sanggar agung

Jika di Bali terdapat Pura Uluwatu yang menjorok ke laut, di Surabaya juga memiliki tempat ibadah kelenteng yang berada di tepi lautan dengan area seluas 4.000 meter persegi.

Dengan lokasi yang menjorok ke laut seperti teluk dengan dikelilingi oleh tanaman bakau yang lebat, membuat destinasi wisata ini memiliki daya tarik tersendiri yang akan memanjakan wisatawan yang berkunjung ke Kelenteng Sanggar Agung. Dipadukan dengan pemandangan alam Pantai Ria Kenjeran yang akan menjadi suguhan indah tersendiri jika mengunjungi objek wisata ini. Tidak hanya itu wisatawan juga dapat merasakan hempasan angin sepoi-sepoi pantai yang begitu menyejukkan. Jika dilihat dari kejauhan, kelenteng ini tampak seolah bersinar diantara hutan bakau.

Kelenteng ini tidak hanya menggunakan budaya China, namun kelenteng ini memadukan budaya Jawa dan Bali sebagai bentuk atau arsitektur bangunannya. Sehingga kelenteng ini memuat multi culture yang tentunya mengagumkan. Dengan perpaduan budaya ini dimaksudkan agar membawa gambaran tradisional khas Indonesia yang beragam.

Baca juga : Mengenali Lebih Dekat Kota Malang

Patung Dewi Kwan In

kelenteng sanggar agung

Objek Wisata Kelenteng Sanggar Agung diresmikan pada Tahun Baru Imlek 1999 dengan tujuan sebagai persembahan kepada Nan Hai Guan Shi Yin Pu Sa atau Bodhisatwa Kwan Im Laut Selatan. Salah satu daya tarik dari Klenteng  ini adalah adanya patung Dewi Kwan In dengan tinggi 18 meter dengan bangunan yang menghadap selatan ke arah lautan.

Patung Dewi Kwan In ini tepat berada di tengah tengah para penjaganya yaitu Shan Nan, Tong Nu serta empat Maharaja Langit Pelindung Empat penjuru dunia. Dengan warnanya yang putih membuat patung Dewi Kwan In ini tampak bersinar ketika terkena cahaya matahari..

Di area patung Dewi Kwan In ini juga terdapat Gerbang Langit dengan sepasang naga surgawi yang berada di bawah patung Dewi Kwan In, berwarna biru dan merah. Naga-naga tersebut membuka mulut lebar-lebar yang menandakan mereka siap sedia menjaga gerbang langit tersebut. Perpaduan patung-patung dan gerbang ini menyuguhkan pemandangan yang tak terlupakan bagi wisatawan yang berkunjung.

Baca juga : Pesona Goa Pinus Pujon Batu

Sunsetan di Kelenteng Sanggar Agung

kelenteng sanggar agung

Waktu yang paling direkomendasikan untuk mengunjungi Wisata Kelenteng Sanggar Agung ini adalah sore hari. Karena, pada sore hari area kelenteng ini menyajikan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah untuk disaksikan oleh wisatawan. Lokasi yang dimana wisatawan dapat menyaksikannya yaitu berada di depan Gerbang Langit. Matahari terbenam akan terlihat jelas dari sini, dan Gerbang Langit yang terkena sinar matahari akan berwarna oranye yang begitu indah dan bisa dijadikan sebagai background foto yang tentunya instagramable bagi wisatawan.

Dengan perpaduan antara Gerbang Langit dan cahaya oranye matahari terbenam yang memantul di permukaan laut menjadikan pemandangan indah yang tak terlupakan.

Baca juga : Surga Bawah Laut Banyuwangi

Menikmati Cahaya Jembatan Suramadu Di Malam Hari

kelenteng sanggar agung

Pada malam hari  wisatawan juga akan disuguhkan dengan pemandangan indah dari jembatan suramadu. Dari Gerbang Langit, wisatawan dapat menyaksikan Jembatan Suramadu. Jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Madura akan tampak jelas dari Gerbang Langit.

Pada malam hari, Jembatan Suramadu ini akan bersinar terang dengan lampu-lampu yang dipasang di sepanjang jembatan yang membuatnya begitu mempesona. Kombinasi warna kuning, biru, dan merah, yang memantul begitu indah di permukaan laut sekitarnya. Hal ini tentu harus diabadikan sebagai background foto bagi wisatawan

Fasilitas Di Kelenteng Sanggar Agung

Bagi wisatawan yang berkunkung kesini tidak perlu khawatir mengenai fasilitas, karena fasilitas di objek wisata ini sudah cukup memadai, seperti fasilitas umum toilet dan tempat parkir yang sudah tersedia. Begitupun dengan wisata kulinernya, pengunjung dapat menemukan banyak penjual makanan di sini, karena lokasi Kelenteng Sanggar Agung ini berada di kawasan Pantai Ria Kenjeran.

Harga Tiket Masuk Kelenteng Sanggar Agung

Untuk dapat menikmati keindahan dan keunikan Kelenteng Sanggar Agung, wisatawan akan dikenakan tarif tertentu. Tarif ini tergantung pada kendaraan yang digunakan oleh wisatawan ketika memasuki kawasan wisata ini. Berikut harga tiket masuk wisata Kelenteng Sanggar Agung :

Harga Tiket Masuk
Motor Rp5.000
Mobil Rp10.000

 

Jam Operasional

Objek wisata Kelenteng Sanggar Agung ini buka 24 jam setiap hari. Umumnya, wisatawan berkunjung waktu pagi hingga petang. Namun ada beberapa juga yang datang di malam hari. Ketika digunakan untuk ibadah, beberapa area di dalam area Klenteng akan ditutup untuk wisatawan umum.

Objek Wisata ini tentunya sangat direkomendasikan bagi wisatawan-wisatawan yang suka dengan perpaduan antara wisata religi dan pemandangan alam yang eksotis

FAQ

Dapatkah Anda memberi tahu saya lebih lanjut tentang Nahwa Travel?

Nahwa Travel adalah segala solusi dari semua beban pikiran Anda mengenai travel. Tak perlu khawatir atau ragu dengan kami, karena kepuasan Anda adalah tujuan kami. Kami berdiri sejak tahun 2013, sudah cukup lama bukan untuk dapat memiliki kepercayaan tersendiri di hati para customer tercinta kami.

Bagaimana cara membayar travel yang saya pesan di Nahwa Travel?

Kami selalu memberikan kemudahan kepada customer kami. Pembayaran bisa dilakukan melalui transfer Rekening atau bisa juga bayar di tempat baik itu di kantor atau melalui driver kami saat penjemputan. Pembayaran dapat dilakukan melalui nomor rekening berikut :
MANDIRI : 1440016750603 a.n AGRIPTA ANANDA PUTRA.
BCA : 8161083135 a.n AGRIPTA ANANDA PUTRA.
dan bukti transfer / pembayaran di email ke nahwatravel@gmail.com atau WhatsApp 0853 691 999 44

Apakah ada biaya tambahan lain selain biaya yang sudah ada?

Tidak ada, harga yang kami berikan sudah termasuk semua fasilitas yaitu Mobil, Driver, BBM, Tol Juanda, Parkir.

Bagaimana cara menghubungi Nahwa Travel?

Legalitas
TDUP : TDUP/0070/PERIJ/IV/2018
NPWP : 74.933.080.9-652.000

No. Telp
0822 21 147 774 (Telkomsel)
0822 30 333 144 (Telkomsel)
0853 691 999 44 (Telkomsel)
0856 555 00 862 (Indosat)

Whatsapp
0822 21 147 774
0853 691 999 44

Email
nahwatravel@gmail.com

Kantor
Jl. Angklung Blok H1 No. 5, Tunggulwulung, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65143

Bagaimana cara memesan travel di Nahwa Travel? Apakah saya bisa pesan langsung di kantor Nahwa Travel? 

Kami menyediakan berbagai pilihan yang praktis dan mudah untuk pemesanan travel, Anda dapat memesan travel dengan sistem Online dan Offiline, silahkan lihat halaman Cara Pemesanan. Ya, Anda sangat bisa pesan travel di kantor kami. Untuk saat ini kantor pusat Nahwa Travel ada di Malang : Jl. Angklung Blok H1 No. 5, Tunggulwulung, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65143.

Bagaimana jika saya ketinggalan pesawat?

Penggantian tiket pesawat akan kami berikan dan kami ganti dengan yang tiket pesawat baru jika keterlambatan tersebut adalah kesalahan dari Operator/Driver kami.

Berapa batas maksimal barang yang bisa saya bawa?

Barang yang dibawa yaitu satu koper medium dan tas ransel dipangku.

Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.