Pantai Licin Malang Memiliki Keunikan Pasir Hitam

Pantai Licin Malang
Pantai Licin Malang

Pantai Licin Malang menjadi tempat wisata pantai untuk bersantai yang bisa anda kunjungi pada saat berada di Kota Malang. Pesona pantai ini berbeda dari kebanyakan pantai malang lainnya, karena pasirnya yang unik berwarna hitam. Berbagai hal seru bisa anda lakukan di Pantai Licin ini, mulai dari bermain pasir, berenang, hingga camping bersama teman atau keluarga. Semua aktivitas tersebut bisa menjadi pengalaman liburan anda yang menyenangkan dan seru. Anda bisa mengunjungi pantai ini menggunakan paket wisata Travel Juanda Malang yang ditawarkan oleh Biro Perjalanan Wisata.

Pantai Licin

Awal mulanya pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang luas di sepanjang bibir pantai. Nama pantai ini saat itu masih dikenal sebagai Pantai Pasir Putih sampai pada tahun 1960 di ubah menjadi Pantai Licin. Pada saat tahun 1960 pantai ini dipenuhi lumut karena di sekitar pantai ini pernah menjadi rawan banjir. Lumut yang tumbuh menutupi pantai dan daerah perkampungan membuat tempat ini menjadi licin sehingga nama pantai ini diubah menjadi Pantai Licin.

Baca juga : Mitos Pulau Pantai Goa Cina

Pantai ini dulunya berpasir putih berubah menjadi hitam akibat letusan Gunung Semeru yang membawa material pasir hitam ke laut. Pasir ini terbawa aliran lahar yang mengarah ke pantai dan dari sanalah pasir hitam ini menutupi pasir putih yang ada. Meski berwarna hitam, pasir Pantai Licin memiliki tekstur yang lembut dan halus pada saat diinjak. Pemandangan dari pantai ini terlihat semakin eksotis berkat bebatuan yang tersusun rapi di dekat pantai. Pantai Licin bisa menjadi tempat liburan yang tepat bagi anda yang ingin menyendiri karena tempatnya yang sepi. Kawasan pantai ini masih asri, bersih dan jarang dikunjungi wisatawan, sehingga sering dinamakan sebagai pantai pribadi.

Pantai Licin Malang
Pantai Licin Malang

Aktivitas Di Pantai Licin

Menikmati Pantai Licin

Pantai Licin juga dikenal sebagai Mutiara Hitam Malang karena keindahan pasirnya yang hitam. Warna pasir ini tidak berubah bila terkena air laut dan pada saat pantai ini juga menjadi keruh, warna pirus terlihat indah. Jejeran terumbu karang di sekitar pantai terlihat sangat eksotis, apalagi ditemani pepohonan dan tanaman yang tumbuh di atasnya. Pada saat air surut, Anda bisa melihat terumbu karang yang tersembunyi perlahan naik ke permukaan. Pepohonan yang rindang di sekitar pantai memberikan suasana sejuk dan nyaman untuk anda nikmati. Pemandangan alam yang indah dari Pantai Licin ini menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Malang.

Sunset Pantai Licin

Pemandangan indah Pantai Licin akan sangat eksotis pada saat matahari mulai terbenam atau biasa disebut sunset. Matahari senja jingga bersinar di atas pasir hitam yang tersapu ombak menjadi ciri khas pantai ini. Bentuk batu karang yang menjulang tegak di tengah laut menambah keindahan panorama pantai pada saat sore hari. Di celah salah satu bebatuan, Anda bisa menyaksikan matahari perlahan tenggelam di balik cakrawala. Banyak wisatawan yang datang hanya untuk melihat betapa menakjubkannya sunset di Pantai Licin. Siapkan kamera anda agar tidak ketinggalan momen-momen terbaik dari indahnya sunset di pantai ini.

Berkemah

Wisatawan bisa memilih camping agar bebas lebih lama menikmati keindahan pantai ini. Suasana pantai yang tenang dan asri sangat kondusif untuk melakukan kegiatan camping. Anda bisa leluasa mendirikan tenda di bawah pohon dan langsung menghadap ke laut. Pasir pantai yang lembut dan halus menjadi bantalan yang nyaman untuk tidur, duduk dan bersantai bersama teman atau keluarga. Anda bisa melihat dengan jelas momen sunset dan sunrise di Pantai Licin. Bernyanyi, memanggang ikan atau sekedar melihat bintang di malam hari bisa menjadi pengalaman terbaik anda pada saat berlibur di pantai ini.

Baca juga : Wahana Seru Night Paradise Malang

Memancing Ikan

Kawasan Pantai Licin ini memiliki kekayaan laut yang melimpah. Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai jenis ikan seperti kerapu, kakap, lemuru dan dorang di perairan pantai ini. Banyak wisatawan yang datang dengan membawa peralatan memancing ke pantai ini. Bebatuan di sekitar pantai, ombak yang jernih dan cukup tenang, memudahkan anda untuk memancing. Tempat favorit wisatawan untuk memancing adalah di sekitar karang dekat laut. Di sini anda bisa menangkap banyak ikan dan merasakan sensasi keren yang pasti benar-benar berkesan.

Berenang

Ombak pantai ini relatif tenang jadi sering digunakan wisatawan untuk bermain air dan berenang. Deretan karang yang berjejer di tepi pantai menjadi pelindung alami dari ombak yang kuat. Anda bisa berenang dengan aman menuju bibir pantai tanpa takut khawatir terbawa ombak besar. Tetapi anda harus tetap berhati-hati karena cuaca dapat berubah dan bisa menjadi sangat berbahaya. Anda dapat melakukan pembilasan di kamar mandi kecil di pantai. Jangan lupa untuk membawa salinan pakaian anda.

Bersantai Di Pantai Licin

Anda bisa bersantai liburan pada saat berkunjung ke Pantai Licin. Suasana baru yang berbeda mampu menyegarkan pikiran yang stress dari pekerjaan sehari-hari. Piknik di pantai ini juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk mengisi liburan keluarga anda. Menghampar tikar dan menyantap makan siang ditemani dengan pemandangan Pantai Licin yang indah. Anda juga bisa bermain sambil berfoto dengan panorama indah di pantai yang mempesona ini. Semua aktivitas seru yang bisa anda lakukan di tempat wisata ini bisa menjadi hal baru untuk liburan anda.

Tiket Masuk

Pantai ini tidak mengambil biaya bagi yang datang berlibur kesini. Anda hanya perlu membayar parkir di sekitar pantai bila ada penjaganya, dan berikut daftar harga tarif tersebut :

Parkir Motor Rp.5.000

Parkir Mobil Rp.10.000

Harga yang tertera pada dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola. Namun, Anda dapat mempertimbangkan dan memperkirakan biaya sebelum mengunjungi pantai ini. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata Malang lainnya dengan harga murah hanya menggunakan paket wisata Travel Juanda Malang Murah dari Biro Perjalanan Wisata. Paket ini akan menghemat uang, waktu dan tenaga anda selama liburan karena semua hal terkait dengan akomodasi telah disiapkan oleh Biro Perjalanan Wisata.

Lokasi dan Rute Pantai Licin

Lokasi pantai ini cukup terpencil dan anda harus melewati jalan yang sulit, tetapi semua kesulitan tersebut akan terbayar dengan keindahan pantai ini. Pantai Licin terletak di kawasan Persawahan atau Kebun Dusun Licin, Lebakharjo, Kec. Ampelgading, Malang. Jaraknya sekitar 87 km dari pusat Kota Malang dan anda hanya menempuh perjalanan lebih dari 3 jam dengan menggunakan mobil. Agar tidak lelah selama perjalanan, Anda bisa menggunakan jasa sopir rental mobil Malang atau biro perjalanan wisata yang siap menemani perjalanan anda. Apabila jika anda ingin menjelajah sendiri, Anda bisa menggunakan Google Maps sebagai panduan untuk sampai ke tujuan. Pastikan juga anda tidak pergi pada malam hari karena minimnya penerangan di sekitar pantai ini.

Baca juga : Pesona Keindahan Kampung Warna-Warni Malang

Jam Operasional Pantai Licin

Anda bisa menikmati keindahan Pantai Licin selama 24 jam dan buka setiap hari karena tidak ada jam buka khusus. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini biasanya dimulai pada saat sore hari sekitar pukul 15.00. Anda juga bisa bersiap-siap untuk mendirikan tenda sampai pukul 16.00 lalu bersantai dan menikmati keindahan sunset di Pantai Licin. Sangat disarankan untuk tidak pulang pada saat hari sudah gelap karena tidak ada lampu penerangan jalan. Pastikan juga datang saat musim kemarau untuk menghindari hujan dan angin kencang. Saat musim hujan, ombak laut di pantai ini cenderung tinggi resikonya dan berbahaya.

Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.