Oleh Oleh Malang dengan Berbagai Macam Makanan Ringan Dan Kue

Oleh Oleh Malang
Oleh Oleh Malang

Kota Malang merupakan salah satu dari kota di pulau Jawa. Tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Disini ada paket wisata Travel Surabaya Malang dan anda bisa berbelanja menemukan oleh-oleh khas malang di kota ini, mulai dari wisata alam dan lainnya.

Liburan di suatu daerah pasti kurang apabila tidak membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang. Selain itu, Malang memiliki banyak pilihan oleh-oleh yang menarik bisa anda beli, baik makanan maupun barang. Buah segar seperti apel biasanya menjadi salah satu barang yang paling sering dibeli wisatawan. Dan masih banyak oleh-oleh khas Malang Lainnya.

Daftar Oleh-Oleh Khas Malang

Madu Klanceng

Minuman herbal seperti madu terkenal memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa, salah satunya adalah madu klanceng. Madu khas Malang ini berasal dari lebah kerdil atau trine bee yang berukuran kecil dan sangat jarang ditemukan. Rasa madu klanceng ini juga berbeda dengan madu biasa, dimana memiliki rasa yang sedikit manis, pahit dan asam dengan warna yang gelap pekat.

Lengkap dengan kandungan nutrisi dan gizinya, madu ini memiliki khasiat yang luar biasa seperti mampu menyembuhkan kanker dan lain-lain. Dengan berbagai khasiat dan nutrisi yang dikandungnya, wajar jika harga madu klanceng lebih mahal dari madu lainnya. Untuk botol 500 ml, madu ini biasa dijual dengan harga antara Rp.130.000 dan Rp.180.000 per botol. Anda bisa mendapatkan madu klanceng atau madu keluut ini di sejumlah toko madu sekitar Malang.

Oleh Oleh Apel Malang

Kota ini juga sering disebut sebagai kota apel karena banyaknya perkebunan apel. Perkebunan ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Malang yang paling banyak dikunjungi wisatawan pada saat musim liburan. Di wisata ini anda bisa langsung memetik dan menikmati segarnya rasa apel Malang dan berbagai jenis apel lainnya.

Harga apel yang dijual di kawasan agrowisata ini umumnya lebih murah dibandingkan di tempat lain. Namun apabila tidak sempat mengunjungi perkebunan apel, Anda tetap bisa membelinya di toko buah atau di pinggir jalan. Apel Malang di kebun biasanya dijual seharga Rp.12.000 per kilo, tapi untuk harga normalnya sekitar Rp.33.000.

Oleh Oleh Strudel Malang

Strudel Malang adalah oleh-oleh khas Malang milik seniman Teuku Wisnu yang sudah ada sejak pada tahun 2014. Juga merupakan kue pastry khas Jerman yang diisi dengan buah dan sayuran. Cita rasanya menyesuaikan dengan selera lokal dengan berbagai jenis isinya dan berbagai bentuk yang menarik. Beberapa di antaranya seperti apel strudel, pisang, nanas, nangka dan buah-buahan lainnya.

Anda juga dapat memilih berbagai jenis strudel, yaitu strudel original, strudel O, strudel panggang dan strudel premium. Ada banyak toko strudel Malang yang bisa anda kunjungi, salah satunya di Jl. Semeru, Oro-oro Dowo, Klojen, Malang. Sekotak Strudel Malang biasanya dijual seharga antara Rp.48.000 sampai Rp.75.000 tergantung jenis dan isinya.

Baca juga : Indahnya Wisata Coban Tundo, Air Terjun Alami di Malang Selatan

Oleh Oleh Malang

Oleh Oleh Lapis Malang

Ada kue yang lumayan terkenal bisa anda coba yaitu kue lapis Malang yang muncul pada tahun 2017. Kue Lapis Malang ini terbuat dari kue bolu yang terdiri dari beberapa lapis tergantung selera dan varian bentuknya. Salah satu rasa kue favorit lapisan Malang ini adalah rasa original yang memiliki lapisan meises dan isi chocolate buttercream.

Ditambah, ada rasa lain seperti pandan, keju, choco holic, choco nuts, dan grilled layer yang tidak kalah enak dengan lainnya. Anda bisa menemukan toko ini di Jl. Kawi Atas Malang atau di Jl. Soekarno Hatta Lotto 5 Malang. Harga kue ini juga sangat terjangkau murah dijual sekitar Rp.25.000 per box dan bervariasi sesuai selera anda.

Pia Mangkok

Malang juga memiliki varian alim yang tidak kalah enak dengan oleh-oleh khas dari bakpia Jogja. Di malang bernama Pia Mangkok. Berbeda dengan bakpia Jogja yang memiliki ukuran kecil. Pia bowl ini berukuran cukup besar dan memiliki 8 pilihan rasa yang menarik. Delapan rasa tersebut antara lain kacang hijau, coklat, keju, tangkwee, durian, kopi, nanas, dan teh hijau.

Kemasannya juga mencakup beberapa pilihan mulai dari isi lima potong sampai 16 potong per toples dengan bentuk yang unik. Kue mangkok ini bisa bertahan 2 minggu, sehingga sangat cocok sebagai oleh-oleh khas dari Malang untuk keluarga. Toko Pia Mangkok berada di beberapa lokasi salah satunya di Jl. Semeru no.25 Klojen daerah Malang. Untuk harga sendiri, pia khas Malang ini dijual mulai dari Rp 18.000 sampai Rp 40.000.

Bakso Beku

Bakso menjadi salah satu makanan khas Malang yang sangat populer dengan cita rasanya yang berbeda dengan bakso lainnya. Anda yang ingin menikmati Bakso Malang di rumah, tidak perlu bingung karena sudah ada bakso beku yang bisa anda beli. Bakso beku ini bisa bertahan berbulan-bulan jika disimpan di lemari es sehingga bisa dinikmati kapan saja.

Salah satu tempat terbaik untuk membeli bakso beku adalah Warung Bakso Presiden yang terletak di Jl. Batanghari, Klojen. Di tempat ini, selain menjual bakso beku, Anda bisa juga langsung mendapatkan bungkus saus untuk baksonya agar lebih praktis. Harga bakso beku juga sangat terjangkau murah dijual sekitar Rp.21.000 untuk kemasan 500 gram.

Baca juga : 4 Tempat Nongkrong di Malang yang Buka Sampai Tengah Malam

Carang Mas

Carang Mas adalah makanan ringan khas Malang berupa ubi dan gula yang berbentuk seperti koin. Makanan ringan ini termasuk makanan jadul dan masih eksis sampai saat ini dengan tampilan dan rasa yang lebih menarik. Teksturnya yang gurih dan manis seperti gula sangat cocok untuk bersantai. Anda bisa membeli carang mas yang dijual di toko oleh-oleh khas Malang atau pasar tradisional di sekitar Malang. Harganya juga sangat murah, satu buah memiliki harga sekitar Rp.500 atau Rp.15.000 untuk paket besar.

Keripik Buah

Di Malang anda tidak hanya bisa menikmati aneka buah segar, tetapi juga ada beberapa produk olahan seperti keripik buah. Hampir semua buah bisa dijadikan keripik dengan cita rasa khas masing-masing buah itu sendiri. Beberapa rasa keripik buah khas Malang yang bisa anda coba antara lain nangka, salak, apel, rambutan, lengkeng, dan semangka.

Keripik buah ini mampu bertahan lebih lama dari buah aslinya, sehingga bisa dibawa pulang untuk dijadikan camilan. Untuk mendapatkannya tidak sulit karena ini dijual hampir di semua toko buah terdekat. Biasanya sebungkus Keripik Buah Malang dijual dengan harga mulai dari Rp.8.000 sampai Rp.25.000.00.

Oleh Oleh Malang

Keripik Tempe Goreng

Malang juga terkenal dengan tempe gorengnya yang enak dan renyah serta memiliki banyak pilihan rasa. Salah satu tempat pembuatan keripik tempe yang terkenal adalah di kecamatan Belimbing di desa Sanan. Di sini anda bisa mendapatkan tempe goreng dengan berbagai rasa seperti keju, barbeque, jagung, manis, rumput laut, hingga pizza.

Makanan ini juga sangat awet, sehingga cocok sebagai oleh-oleh khas Malang. Anda juga bisa membeli tempe goreng ini di pusat oleh-oleh Malang. Harganya juga murah sekitar Rp.7.000 sampai Rp.15.000 tergantung ukuran kemasan dan rasanya.

Baca juga : 4 Kuliner Bebek di Malang Paling Pas Untuk Santapan Makan Siang

Keripik Kentang Goreng

Keripik Kentang Goreng bisa dijadikan oleh-oleh khas dari Malang. Kentang yang dibuat menjadi keripik merupakan makanan ringan khas malang. Salah satu brand terkenal yang menjual keripik adalah Keripik Kentang Macan Malang.

Rasa keripik ini sangat gurih dan renyah sehingga cocok untuk dijadikan sebagai camilan pada saat bersantai di rumah. Harga kentang goreng Malang juga cukup murah, terutama untuk kentang goreng yang masih mentah dan belum digoreng. Biasanya sekitar 150 gram dijual dengan harga mulai dari Rp.15.000 per bungkus.

Putu Lanang

Makanan tradisional khas Malang yang legendaris juga bisa anda bawa pulang sebagai oleh-oleh yaitu Kue Celaket Putu Lanang. Warung selaket putu lalang ini sudah ada sejak pada tahun 1935 dan terkenal dengan rasa putunya yang sangat enak. Selain menjual kue putu, warung selaket putu lalang ini juga menjual makanan lainnya seperti klepon, lupis, cenil dan lain-lain.

Uniknya, Disini anda bisa memesan menu yang bisa dipadukan dengan semua dessert dalam satu paket. Apabila ingin membeli putu lanang anda bisa datang pukul 17.45 ke Jl. Jaksa Agung Suprapto, Klojen. Harganya juga sangat terjangkau murah untuk isi 10 buah kue putu membayar sekitar Rp.10.000.

Oleh Oleh Keramik Malang

Bagi anda yang ingin membawa oleh-oleh khas Malang selain makanan, anda bisa juga mencoba datang ke Desa Wisata Keramik Dinoyo. Di tempat ini anda bisa menemukan berbagai jenis kerajinan keramik mulai dari gelas, toples, pot, piring, celengan dan lainnya.

Di wisata ini anda bisa juga belajar cara membuat gerabah mulai dari pelatihan sampai pewarnaannya. Keramik Dinoyo Malang ini bisa menjadi oleh-oleh khas Malang yang bisa anda berikan kepada orang tersayang atau keluarga. Harga keramik yang dijual di tempat ini juga murah, mulai dari Rp.15.000.00 sampai ratusan ribu rupiah.

Baca juga : Tiket dan Belajar Seru Di Eco Green Park Batu

Oleh Oleh Bakpao Malang

Bakpao bisa menjadi salah satu oleh-oleh khas Malang yang bisa anda beli untuk dibawa pulang. Ada banyak bakpao enak yang bisa anda pilih, salah satunya adalah Boldy Bakpao yang sudah ada sejak pada tahun 1950. Makanan ini terkenal dengan teksturnya yang lembut dan sangat mengenyangkan dimulut, sehingga anda bisa puas dengan setiap gigitannya.

Ada juga bakpao lain yang tidak kalah populer yaitu Bakpao Sayang memiliki 30 rasa yang berbeda. Semua makanan ini tidak menggunakan pewarna buatan, sehingga bebas bahan kimia. Harga ini juga bervariasi mulai dari Rp.9.000 sampai Rp.15.000 per buah tergantung isinya.

Repoeblik Telo

Anda bisa datang ke Repoeblik Telo yang menjual berbagai jenis olahan handuk. Handuk atau ubi jalar ini yang menjadi makanan ringan lezat mulai dari focaccia, pizza, kroket, cake, chips, hingga es krim. Bahanya utama yaitu ubi jalar ungu yang memiliki warna menarik sehingga dapat dibedakan dengan ubi jalar biasa. Anda juga bisa bersantai di kawasan Repoeblik Telo yang asri dan fasilitasnya cukup lengkap.

Harga makanan yang dijual di tempat ini juga sangat terjangkau murah sekitar Rp.3.000 hingga puluhan ribu rupiah. Alamat Repoeblik Telo ini terletak di jalan utama yang menghubungkan Malang dan Surabaya tepatnya, Jl. Raya Purwodadi no.1 Lawang.

Oleh Oleh Kaos Malang

Anda juga bisa membeli kaos khas Malang sebagai kenang-kenangan pada saat berlibur ke Malang. Dengan desain Malang yang menarik, kaos yang anda beli akan terlihat sangat keren pada saat dipakai. Salah satu desain yang menarik dari kaos Malang ini adalah tulisan boso kiwalan atau bas walikan yang tidak biasa. Seperti T-shirt yang bertuliskan Soak Ngalam, Sam, Ognis Nade, dan lainnya.

Kaos dengan gambar apel dan wayang juga tidak kalah menarik untuk dibeli atau dilewatkan begitu saja. Mendapatkan kaos khas Malang ini juga cukup mudah karena tersedia di hampir semua tempat wisata atau toko oleh-oleh. Harganya pun juga sangat murah mulai dari Rp.10.000 sampai Rp.50.000 per potong tergantung bahan dan desainnya.

Baca juga : Es Malang Legendaris yang Wajib Kamu Coba Saat Liburan

Coklat Tempe

Anda bisa menemukan cokelat tempe di malang. Meski terkesan unik dan menarik, namun rasanya yang dihasilkan sangat nikmat ditambah dengan cokelat kacang. Coklat Tempe ini pertama kali diperkenalkan di Malang dengan merek DeKonco pada tahun 2011 dan menjadi pionir dari cokelat tempe pertama.

Disini juga tersedia beberapa varian rasa seperti original, milk, pedas, strawberry dan apel. Anda bisa juga minta rekomendasi rasa sesusai dengan selera anda. Harganya sangat murah mulai dari Rp.8.000 hingga Rp.11.000 per buah. Ada juga beberapa toko yang bisa anda kunjungi, salah satunya di Jl. Soekarno Hatta no.38 B Kota Malang.

Kue Asix

Selain Strudel Malang, ada juga kue artis yang bisa anda coba, yaitu Kue Asix dari pasangan Ashanty dan Anang. Berbeda dengan strudel yang menggunakan shortcrust pastry. Cake dari Asix ini terbuat dari chiffon cake dan sponge cake sehingga teksturnya sangat lembut. Pada saat dimulut, manisnya topping dan filling kue sangat lezat.

Disini tersedia berbagai rasa yaitu Ash KayaGreen, Anang Charcoal, Loly Rainberry Velvet, Jelly Hazeline, Acio Chocolava dan Acabi ChizMelt. Kue ini sudah memiliki banyak cabang di Indonesia, di Malang sendiri salah satunya terletak di Jl. Daerah Guntur Klojen. Harga tiap kue sekitar Rp.57.000 hingga Rp.75.000 per kotak.

Keripik Ceker Ayam Malang

Keripik khas Malang lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah ceker goreng yang dibuat dengan kaki ayam asli. Untuk menyiapkannya, pertama bersihkan kaki ayam dan buang tulangnya lalu di bumbui dengan tepung sebelum digoreng. Keripik ceker ini rasanya sangat gurih dan renyah sehingga sangat cocok disantap sebagai snack atau makan nasi.

Makan ini mengandung nutrisi seperti kolagen, asam amino dan kalsium yang berguna untuk perkembangan tubuh. Keripik ceker ini bisa anda dapatkan di pusat oleh-oleh di Malang dengan harga yang cukup murah per bungkusnya. Biasanya keripik ini dijual dengan harga sekitar Rp.15.000 untuk ukuran kecil 60 gram.

Baca juga : 4 Gelato di Malang yang Bikin Suasana Makin Adem

Sari Apel

Selain membeli apel segar, Anda juga bisa menikmati apel olahan dalam bentuk cair yang sering disebut sari apel. Sari apel ini biasanya dibuat dengan apel Rome Beauty dan apel Manalagi yang terkenal manis dan harum. Pertama cuci apel terlebih dahulu dan buang bijinya sebelum diperas agar sari apel dapat keluar dan terpisah dari ampasnya.

Sari apel yang tidak menggunakan pengawet dan pemanis buatan dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sari apel Malang dijual dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh di Malang. Harganya juga cukup murah sekitar Rp.30.000 untuk sekotak kecil.

Ledre Pisang Bangka

Bagi pecinta wisata kuliner di Malang, Makanan Ledre Pisang Bangka tentu sudah tidak asing lagi karena sangat terkenal. Bahan utamanya berasal dari pisang raja dan berbentuk crepes yang tipis, gurih dan manis. Nama Bangka sendiri merupakan nama jalan tempat toko pertama kali dibuka yaitu Jl. Bangka di kota Malang.

Selain bentuk bujur sangkar tipis, ada juga ledre pisang yang berbentuk seperti kue semprong atau telur gulung panjang. Tidak hanya di Jl. Bangka, saat ini pisang ledre banyak dijual di berbagai pusat oleh-oleh khas Malang. Harga ledre khas Malang Bangka ini dijual sekitar Rp.42.000 per kotak dan dapat bervariasi sesuai dengan ukuran.

Jenang Apel

Disini anda bisa juga mencoba makanan unik lainnya seperti dodol apel atau biasanya disebut jenang apel. Pembuatannya membutuhkan waktu yang lama karena harus dicampur dan dikerjakan dalam waktu yang cukup lama. Proses panjang tersebut menghasilkan jenang atau dodol yang memiliki cita rasa khas.

Jenang apel ini rasanya manis dan lebih lembut dibandingkan dodol jenis lainnya seperti dodol betawi. Bagi anda yang ingin membawa jenang apel sebagai oleh-oleh, Anda bisa mengunjungi toko oleh-oleh terdekat di Malang. Dodol apel Malang ini juga memiliki harga yang terjangkau murah dijual sekitar Rp.8.000 untuk kemasan kecil.

Baca juga : 9 Candi di Malang – Sejarah dan Mitosnya Terlengkap

HTS

Oleh-oleh khas Malang yang terakhir yaitu Onde Onde dari depot HTS atau Han Tjwan Sing di kawasan Lawang. Gudang HTS ini sudah terkenal sejak pada tahun 1927 dan menjual berbagai jenis masakan Cina dan Indonesia. Ciri khasnya tersendiri adalah ukurannya yang besar dengan tekstur lembut dan biji wijen yang menutupi seluruh permukaannya.

Ada tiga jenis isi yang bisa anda coba, yaitu kacang hijau, kelapa, dan kacang merah. Depot HTS ini terletak di Jl. Wahidin di kawasan Klojen, Lawang dan anda bisa datang mulai pukul 07:00. Harganya lumayan murah dijual sekitar Rp.3.000 hingga Rp.8.000 per item tergantung ukuran dan kemasan. Dan masih banyak pilihan menarik lainnya yang bisa jadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Anda bisa juga memanfaatkan jasa sopir rental mobil Malang atau paket wisata Travel Surabaya Malang Murah dari Biro Perjalanan Wisata yang mengantar anda berkeliling dan mencari oleh-oleh terbaik yang anda inginkan. Dengan begitu, Anda bisa memiliki lebih banyak menghemat waktu memilih barang dan destinasi untuk dikunjungi selama liburan di Malang.

Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.