Pantai Clungup Malang Dengan Keindahan Pemandangan Yang Eksotis

pantai clungup malang
pantai clungup malang

 

Pantai Clungup Malang merupakan salah satu pantai terbersih di Kabupaten Malang. Tempat ini masih sangat indah karena berada di cagar alam di sepanjang Pantai Tiga Warna dan Pantai Gatra. Pantai Clungup ini menawarkan pemandangan eksotis yang berbeda dengan pantai-pantai di pesisir selatan lainnya.

Memasuki kawasan Clungup Mangrove Conservation atau disingkat CMC, Anda akan menemukan fasilitas dan atraksi edukasi khas Malang. Berada di cagar alam di sepanjang Pantai Tiga Warna dan Pantai Gatra dengan keindahannya masih sangat terjaga.

Sekilas Tentang Pantai Clungup Malang

Pantai  Clungup ini merupakan pantai  yang dilindungi karena konservasi mangrove atau bakau di bagian selatan kabupaten Malang dan diberi nama Clungup Mangrove Conservation atau CMC. Kawasan ini terdiri dari beberapa pantai seperti Pantai Gatra dan Pantai Tiga Warna, serta hutan mangrove yang sangat luas.

Pantai ini menawarkan pemandangan eksotis pohon bakau yang tumbuh di tepi pantai. Pasir putih yang indah dan ombak yang tenang menambah keindahan panorama pantai ini. Ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Pantai Clungup Malang ini. Keindahan alamnya tak kalah dengan pantai-pantai terkenal di Malang, seperti Pantai Balekambang dan Pantai Teluk Asmara.

Kegiatan seru seperti camping dan menanam mangrove bisa membuat liburan Anda semakin menarik dan akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Apalagi bagi yang menginginkan liburan yang nyaman dan tenang tidak ada salahnya menjadikan tempat wisata ini sebagai destinasi wisata.

Read More : Pantai di Malang

Daya Tarik Wisata Pantai Clungup

1.Trekking menikmati pemandangan pantai

Untuk mencapai Pantai Clungup, Anda harus melewati pos pemeriksaan terlebih dahulu dari tempat parkir. Pos pemeriksaan ini mencatat setiap bagasi yang mungkin bisa berpotensi akan menjadi sampah.Setelah itu, perjalanan Anda akan melewati hutan hijau yang masih asri. Jalan yang Anda lewati dicor dan cukup lebar untuk dinaiki sepeda, jadi tidak terlalu sulit.

Pohon-pohon yang rindang dan rimbun membuat perjalanan Anda terasa sejuk dan tidak terlalu panas. Setibanya di Pantai Clungup, Anda akan disuguhi pemandangan pasir putih dan perbukitan hijau di sekitar pantai.

Airnya yang jernih dan ombak yang tenang memberikan perasaan tenang bagi yang melihatnya. Setelah melihat pemandangan yang indah dari pantai ini, perasaan lelah perjalanan Anda akan hilang dan terbayarkan setelah melihat Pantai yang indah ini.

2.Berenang

pantai clungup malang
pantai clungup malang

Pantai Clungup mungkin satu-satunya pantai pantai selatan di Malang di mana Anda bisa berenang bahkan saat air pasang. Letak pantainya yang agak kedalam membuat pantai ini memiliki ombak yang tenang.

Ombak yang tenang di pantai ini lebih terlihat seperti danau, dan perairan yang lebih dangkal sangat aman untuk berenang. Jangan takut jika terseret ombak saat berenang atau bermain air di Pantai Clungup ini karena ombaknya yang tidak membahayakan.

Berenang di pantai ini bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan berkat pemandangan dan keunikan pantai ini. Namun, Anda harus tetap berhati-hati dengan bebatuan karang yang tajam di balik pasir dan ubur-ubur yang terdampar di pantai.

baca juga ; travel surabaya malang

Travel Surabaya Malang Murah dan Terbaik

3.Camping

Wisatawan sedang camping di Pantai Clungup

 

Berkemah di Pantai Clungup merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan saat berkunjung. Ada lahan khusus yang disiapkan pengelola wisata untuk yang mendirikan tenda di area pantai.

Lahan yang disediakan dinaungi pepohonan, sehingga sangat nyaman untuk bersantai dan menikmati malam. Menjelang subuh, Anda bisa mendapatkan pemandangan indah matahari terbenam di pantai ini yang mulai surut.

Pantulan matahari di genangan air dan pasir basah tampak seperti emas yang berkilauan. Pengalaman berkemah di Pantai Clungup semakin seru jika dilakukan bersama teman dan keluarga tercinta.

baca juga ; pantai goa cina

4.Menjelajahi pantai

pantai clungup
Wisatawan sedang jalan-jalan di Pantai Clungup

 

Jika Anda memiliki banyak waktu untuk berkunjung, Anda juga akan memiliki waktu untuk menjelajahi Cagar Alam Pantai Clungup yang luas. Tidak hanya bisa melihat sisi lain dari keindahan pantai ini, Anda juga bisa mengunjungi pantai-pantai lain di sekitarnya.

Jika Anda berjalan ke arah selatan, Anda akan menemukan Pantai Gatra yang terkenal dengan Raja Ampat di Jawa Timur. pulau karang di tengah Pantai Gatra merupakan pemandangan yang sangat mempesona dan indah.

Menuju ke timur, Anda akan sampai di Pantai Tiga Warna yang masih menjadi bagian dari kawasan Clungup Mangrove Conservation. Namun, untuk menikmati pantai ini, Anda harus memesan terlebih dahulu karena jumlah pengunjung per hari dibatasi hingga 100 orang.

5.Penanaman Mangrove atau Bakau

Mangrove
Penanaman Mangrove di pesisir Pantai Clungup

Anda dapat mempelajari segala hal tentang pohon bakau, bukan hanya pemandangannya yang indah. Kegiatan belajar ini sangat cocok untuk kegiatan kelompok seperti study tour dan acara kesejahteraan sosial.

.Mempelajari  tentang berbagai jenis pohon bakau dan cara menanamnya. Anda juga akan belajar tentang fungsi penting dalam menjaga ekosistem hutan mangrove pesisir.Untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini, Anda harus terlebih dahulu mendaftar ke pengelola sehingga Anda memiliki apa yang Anda butuhkan. Dengan begitu, Anda juga bisa menjaga alam Pantai Clungup selama liburan.

Nah  untuk yang  Anda  dari luar malang dan ingin berlibur ke Pantai Sipelot ini, tetapi bingung pesan sewa mobil dimana? Tenang kami mempunyai sewa mobil paling terpercaya yaitu travel malang surabaya first class.

Read More : Pantai Licin Malang

Harga Tiket Masuk Pantai Clungup Malang

Nah untuk harga tiket masuk ke kawasan Pantai Clungup ini cukup murah,tidak membuat kantong Anda meronta-ronta hehe. dengan hanya bayar beberapa ribu saja,Anda sudah bisa menikmati Pantai Clungup ini.berikut rinciannya :

Tiket Masuk

Tour Guide

Parkir Mobil

Parkir Motor

Rp.10.000,00

Rp.75.000,00 – Rp.100.000,00

Rp.5.000,00

Rp.3.000,00

Note : Harga yang tercantum di atas bisa berubah sewaktu-waktu,tergantung dari pihak pengelola wisata itu sendiri.Tetapi list harga diatas juga bisa dijadikan patokan untuk pergi ke destinasi wisata pantai yang satu ini.    

Fasilitas Pantai Clungup Malang

Untuk fasilitas yang terdapat di Pantai Clungup ini belum cukup memadai.hanya ada fasilitas umum yang disediakan seperti mushola,toilet,gazebo,kamar mandi,dan fasilitas umum lainnya.

Sedangkan fasilitas pendukung seperti warung-warung atau penjualan souvenir,belum tersedia di Pantai Clungup ini. jika Anda mau ke Pantai Clungup ini,Anda harus  siap membawa bekal sendiri dari rumah.

Lokasi dan Rute

Pantai Clungup terletak di persawahan dan kebun Sendang Biru, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang. Jarak dari kota Malang sekitar 75 km dan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Anda bisa mendapatkan rute terbaik ke pantai ini menggunakan Google Maps. Anda juga bisa memanfaatkan jasa travel malang surabaya murah atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi.

Jam Operasional Pantai Clungup

Untuk jam operasional dari Pantai Clungup ini buka selama 24 jam. Namun, loket pemeriksaan buka mulai pukul 06.00 WIB hingga 13.30 WIB mulai Jumat hingga Rabu.

Pada hari Kamis, kawasan pantai ini dan semua kawasan lindung akan ditutup,agar konservasi mangrove bisa beristirahat dari wisatawan untuk sementara waktu. Setiap kali Anda mengunjungi destinasi wisata ini, bersiaplah dengan segala keindahan yang dimilikinya.

Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.