Pantai Tamban Malang Sangat Eksotis Ditemani Suasana Yang Tenang

Pantai Tamban Malang
Pantai Tamban Malang

Pantai Tamban Malang memiliki keindahan pantai ini bisa menyaingi tempat objek wisata Malang lainnya. Pesona pantai ini sangat luas dikelilingi dengan pepohonan hijau yang menjadikan Pantai Tamban ini salah satu tempat wisata untuk bersantai. Berbagai aktivitas seru juga anda bisa lakukan disini untuk mengisi waktu liburan. Anda bisa mengunjungi pantai ini menggunakan paket wisata Travel Juanda Malang yang ditawarkan oleh Biro Perjalanan Wisata. Berikut hal-hal menarik apa saja yang akan anda temukan di Pantai Tamban ini :

Pantai Tamban Malang

Pantai Tamban merupakan salah satu pantai di Malang dengan memiliki muara di pantainya seperti pantai Kondang Merak dan Kondang Iwak. Muara ini memiliki hubungan yang erat dengan nama pantai ini. Pada jaman dahulu saat tahun 1880 ada tiga kiai yang membuat babat di atas dengan alasan untuk tinggal di kawasan hutan. Nama ketiga kiai ini adalah Kiai Taser, Kiai Ngastowo dan Kiai Ngastowo. Sebelum memulai babat, ketiganya meminta restu dari seorang sesepuh, Kiai Truono Sumitro. Setelah mendapat restu, saat mulai menggunting tikar, ketiganya jatuh sakit karena kehausan dan sulit mencari air bersih. Air sungai yang ada saat itu sangat kotor dengan warna hijau pekat, tetapi karena keadaan terpaksa air sungai tetap diminum. Air sungai ini juga justru membuat mulut mereka menjadi pahit dan haus.

Baca juga : Pesona Keindahan Pantai Batu Bengkung Malang

Akhirnya mereka mencoba meminum air laut dan anehnya air laut ini tidak terasa asin. Ajaibnya mereka kembali pulih setelah minum air laut dari pantai. Sejak saat itu pantai ini diberi nama Pantai Tamban yang artinya pantai obat, karena air lautnya berkhasiat sebagai obat penyakit. Sedangkan muara sungai pesisir ini diberi nama Kedung Ijo karena bentuk muaranya seperti kedung yang hijau. Pantai Tamban ini memiliki beberapa keistimewaan yang membuatnya berbeda dengan kebanyakan pantai di pesisir selatan Kabupaten Malang. Beragam aktivitas yang bisa dilakukan cukup menarik sehingga liburan anda di pantai ini tidak pernah membosankan. Berbagai hal seru yang bisa kamu lakukan pada saat berlibur di Pantai Tamban, Malang

Aktivitas Seru Di Pantai Tamban

Sunset Pantai Tamban

Pantai Tamban memiliki pemandangan yang sangat eksotis terutama dari suasana di sekitar pantai. Pasir putih kecoklatan Pantai Tamban terlihat lebih seperti creamy susu dari buih ombak yang menggulung. Pohon bakau hijau terlihat menghiasi pantai dari timur ke barat, memberikan angin pantai yang sejuk. Dari bibir pantai anda bisa melihat perahu-perahu nelayan kecil yang indah melintas di tengah laut. Tebing bukit yang runtuh di dekat muara menjadi pemandangan unik untuk ditawarkan dipantai ini kepada wisatawan. Disini juga ada batu-batu besar berukuran kepala terlihat sangat unik dan juga menarik untuk difoto. Anda juga bisa melihat keindahan Pantai Tamban dari seberang menggunakan perahu nelayan. Pemandangan dari tengah laut dapat menunjukkan pesona indah tersendiri dan tempat wisata ini tidak kalah dengan indahnya pantai-pantai lainnya.

Memancing Di Pantai Tamban

Banyak kapal penangkap ikan di sepanjang pantai ini yang menunjukkan bahwa wilayah pesisir ini kaya akan ikan. Kegiatan seperti memancing sering dilakukan oleh sebagian besar wisatawan yang datang. Ada juga berbagai tempat memancing terbaik yang bisa anda pilih untuk memancing dengan mudah. Nelayan juga siap mengantar anda dengan perahu ke tengah laut atau ke tempat pemancingan tersembunyi yang ada banyak ikannya.

Kepopuleran Pantai Tamban ini dijadikan sebagai tempat pemancingan yang membuatnya menjadi tempat diadakannya kompetisi memancing ultralight. Salah satu tempat yang sering dipilih wisatawan adalah daerah muara dimana banyak ikan air tawar dan payau berenang. Apabila anda tidak memiliki atau tidak membawa alat pancing sendiri, anda dapat membeli alat pancing lengkap di toko-toko dekat pantai. Berlibur ke Pantai Tamban mungkin merupakan keputusan yang terbaik, karena disini ada tempat bagi yang ingin meningkatkan hobi memancing anda.

Tetap Di Pantai Tamban

Suasana pantai yang sepi dan tidak terlalu ramai membuat sangat nyaman untuk bersantai dan relaks. Tidak banyak gangguan yang bisa ditemukan di pantai ini, hanya dengan suara deburan ombak yang menggema dan hembusan angin laut yang cukup sejuk. Wisatawan dapat juga sepenuhnya menikmati keindahan pantai ini dalam semalam dengan berkemah di sekitar pantai. Penanaman pohon yang rindang dapat memberikan perlindungan dari angin kencang dan hujan pada malam hari.

Pemandangan malam yang dipenuhi bintang di Pantai Tamban adalah pemandangan lain yang jarang dinikmati. Untuk alasan makanan anda bisa membakar ikan hasil tangkapan atau membeli makanan yang sudah jadi langsung di warung-warung yang terdekat. Tidak perlu terburu-buru memasang tenda di tempat ini, karena banyak penginapan murah yang bisa menjadi alternatif tempat bermalam. Anda bisa menikmati indahnya malam di Pantai Tamban dengan berbagai aktivitas seru yang akan membuat liburan anda benar-benar seru dan berkesan.

Pantai Tamban Malang
Pantai Tamban Malang

Menjelajahi Kawasan Muara Kedung Ijo

Salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan begitu saja pada saat berkunjung ke Pantai Tamban adalah menjelajahi kawasan Muara Kedung Ijo. Air sungai yang hijau cukup tenang terlihat seperti danau di tengah hutan mangrove. Anda bisa menyewa perahu nelayan untuk berkeliling dan melihat keindahan pohon bakau di sepanjang sungai. Anda juga bisa berenang atau snorkeling agar bisa melihat hewan-hewan kecil didalam air seperti ikan, udang dan kepiting yang berkeliaran dengan bebas. Tidak hanya itu ada juga beberapa hewan yang terbang seperti burung. Tempat wisata yang lumayan populer adalah tebing longsor di sisi timur muara. Batu ini memiliki ukuran yang besar sehingga terlihat sangat unik karena berbentuk bulat seperti kepala. Menjelajahi Muara Kedung Ijo bisa menjadi aktivitas unik untuk menikmati suasana pantai ini.Rasa air muara terlihat sangat segar dan tidak bisa untuk dilewatkan.

Wisata Kuliner

Di sekitar pantai banyak terdapat warung yang menjual berbagai macam menu makanan khas Malang yang lezat, terutama olahan seafood. Di warung ini anda bisa menikmati berbagai jenis ikan dan variasi pengolahannya yang lezat. Bahkan ketika musim ikan tiba, anda bisa menikmati menu ikan yang eksotis bertransformasi seperti hiu dan gurita pada saat dimasak pasti menggugah selera. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau murah dan tidak terlalu menguras dompet.

Selain warung makan, pertokoan di sekitar pantai juga menjual banyak oleh-oleh dari khas Malang yang bisa anda bawa pulang. Barang-barang yang dijual biasanya merupakan hasil produksi dari resort-resort di dekat Pantai Tamban. Anda bisa memilih untuk membawa oleh-oleh seperti ikan atau bentuk lainnya yang pastinya sangat menarik untuk dijadikan sebagai oleh-oleh malang. Liburan anda pun akan semakin sempurna dan tentunya menyenangkan.

Tiket Masuk

Biaya yang harus dibayar untuk masuk ke kawasan objek wisata ini tidaklah mahal. Hanya dengan beberapa ribu rupiah saja, Anda sudah bisa menikmati keindahan eksotis Pantai Tamban. Berikut daftar harga tarifnya :

Tiket Masuk Turis Rp.5.000.00

Sewa Perahu Rp.20.000.00 per orang

Sewa Ban Rp.10.000.00

Parkir Motor Rp.5.000.00

Parkir Mobil Rp.10.000.00

Harga yang tercantum dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola. Tetapi, Anda juga bisa mempertimbangkan daftar ini dan memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan untuk mengunjungi Pantai Tamban. Anda juga bisa mengunjungi wisata lainnya dengan memanfaatkan paket Travel Juanda Malang Murah dari Biro Perjalanan Wisata. Paket ini menawarkan kemudahan karena semua hal yang berkaitan dengan akomodasi selama liburan anda telah diatur, sehingga anda dapat bersantai dan menikmati liburan anda.

Lokasi dan Rute Pantai Tamban

Pantai Tamban terletak di Kampung Pantai, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang. Jaraknya kurang lebih dari 70 km pusat kota dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam dalam kondisi mulus. Lokasinya tidak terlalu jauh dari kawasan Pantai Sendiki Malang yang hanya berjarak satu bukit. Anda juga bisa mendapatkan rute terbaik menuju Pantai Tamban dengan menggunakan Google Maps yang akan menunjukkan jalan dari tempat anda berada. Anda juga bisa menggunakan jasa sopir rental biro perjalanan yang siap mengantar anda langsung ke tempat tujuan. Jadi anda tidak perlu khawatir menghafal jalan atau lelah pada saat menyetir sendiri untuk mencapai pantai ini.

Baca juga : Pesona Keindahan Paralayang Batu

Jam Operasional Pantai Tamban

Anda bisa menikmati keindahan pantai ini selama 24 jam penuh pada saat kondisi normal. Tetapi untuk beberapa properti baru bisa digunakan pada pukul 07:00 dengan waktu tutup tergantung kondisi pantai. Terkadang pantai ini tutup lebih awal, jadi waktu terbaik untuk berkunjung biasanya pada saat di pagi hari. Apabila anda ingin memancing sebaiknya datang pada hari biasa, karena pantai ini cukup ramai dikunjungi wisatawan pada saat akhir pekan dan ikan sulit ditemukan. Usahakan juga datang pada saat musim kemarau untuk menghindari mendung atau turunnya hujan. Dengan begitu anda bisa menikmati keindahan alam Pantai Tamban dengan sempurna bersama keluarga atau teman.

Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.