Bukit Cinta Gunung Bromo Wisata Paling Cocok Untuk Membawa Pasangan

Bukit Cinta Gunung Bromo
Bukit Cinta Gunung Bromo

Bukit Cinta Gunung Bromo adalah salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan keindahan sunrise terbaik di Bromo. Pesona alam bromo bisa dilihat dari tempat ini dan ada juga keindahan tempat wisata bromo lainnya seperti Bukit Teletubbies. Banyak hal menarik yang bisa anda temukan di Bukit Cinta, mulai dari cerita rakyat hingga pemandangan Bromo yang eksotis. Mitos tentang tempat ini juga menjadi daya tarik unik tersendiri, terutama bagi wisatawan yang ingin membuktikan tentang kebenaran mitos tersebut. Anda bisa mengunjungi Bukit Cinta Bromo dengan menggunakan paket Travel Juanda Malang yang ditawarkan oleh Biro Perjalanan Wisata.

Baca juga : Pesona Keindahan Lembah Tumpang

Bukit Cinta Bromo

Bukit Cinta Bromo merupakan spot sunrise yang sangat populer di kota malang. Tempat ini sering digunakan sebagai tempat pengamatan pada tahun 2017 dengan bangunan sederhana tanpa pagar pembatas. Namun belakangan ini, Bukit Cinta Bromo sudah mulai lengkap untuk struktur fasilitas lainnya yang dapat memudahkan bagi wisatawan untuk berlibur kesini. Seperti penambahan tangga untuk dilewati, pengaspalan jalan, bahkan papan tanda petunjuk arah Bukit Cinta yang dipasang di pinggir jalan. Bukit Cinta terletak di ketinggian 2.680 meter di atas permukaan laut dan merupakan salah satu spot tertinggi untuk menyaksikan matahari terbit atau sunrise di Bromo. Ada juga lokasi lainnya tidak terlalu jauh dari spot sunrise seperti Penanjakan 1 dan Bukit Kingkong. Hal yang membuat bukit ini begitu populer di kalangan wisatawan adalah anda tidak perlu mendaki terlalu tinggi untuk sampai ke puncak.

Sejarah Bukit Cinta Bromo

Bukit Cinta ini memiliki banyak nama lain seperti Penanjakan 3 karena dekat dengan Penanjakan 1 dan 2. Ada juga yang menyebutnya Bukit Cinta, bagi kalangan wisatawan mancanegara. Suku Tengger mengenal tempat ini sebagai Lemah Pasar atau Pasar Agung dan merupakan tempat untuk mencari kebutuhan untuk upacara adat. Nama Bukit Cinta itu sendiri tidak lepas dari cerita rakyat asal usul suku Tengger, antara Roro Anteng dan Joko Seger. Masyarakat sekitar percaya bahwa Gunung Bromo adalah tempat pertama kali Roro Anteng dan Joko Seger bertemu dan jatuh cinta. Oleh karena itu, bukit ini disebut Bukit Cinta oleh warga setempat di wisata Bromo. Untuk mengenang kisah tersebut, dibuatlah patung Roro Anteng dan Joko Seger di dekat tangga menuju arah ke atas bukit. Di tempat itu, wisatawan bisa juga berfoto dan menikmati pemandangan indah di Bromo pada saat pagi hari.

Bukit Cinta Gunung Bromo
Bukit Cinta Gunung Bromo

Aktivitas Bukit Cinta Bromo

Melihat Sunrise

Hal yang paling menarik untuk dilakukan di Bukit Cinta yaitu menyaksikan momen indah fajar warna keemasan secara langsung. Dari atas bukit anda bisa melihat dengan jelas pemandangan Gunung Bromo, Gunung Semeru, hingga Gunung Arjuno yang berdiri kokoh. Pada saat fajar terbit, garis merah tanda matahari akan mulai eksotis menghiasi langit. Perlahan cahaya keemasan masuk melalui awan bagian belakang Gunung Bromo dan gunung-gunung lainnya. Kabut dan awan tipis mulai menutupi lautan pasir Bromo yang luas dan menciptakan pemandangan yang sangat luar biasa. Kumpulan asap putih yang keluar dari kawah Bromo semakin eksotis untuk dilihat. Momen Golden Sunrise ini harus di rekaman dengan kamera para wisatawan yang datang pada pukul 01:00. Anda bisa mendapatkan pemandangan foto paling terbaik dari atas Bukit Cinta.

Melihat Bintang

Bukit Cinta tidak hanya indah dilihat pada saat matahari terbit, bahkan pada malam hari di tempat ini. Kawasan Bromo yang bebas polusi membuat bintang-bintang terlihat jelas dengan mata sendiri di malam hari. Banyak para pecinta fotografi memilih Bukit Cinta sebagai tempat mengabadikan keindahan bintang di malam hari. Dari tempat ini anda bisa juga melihat Bima Sakti yang jelas penuh dengan cahaya bintang. Banyak wisatawan yang rela menunggu dari pukul 01.00 dan berkemah untuk melihat keindahan Bromo yang bertabur bintang. Suasananya yang tenang juga sangat cocok untuk refreshing, tapi perlu diingat jangan lupa memakai jaket tebal karena udaranya yang sangat dingin.

Warung Makan dan Minum

Setelah melihat keindahan momen Golden Sunrise di Bromo dan disini anda bisa melakukan olahraga ringan naik turun tangga, dan juga pasti akan merasa lapar. Tetapi tidak perlu khawatir karena di sekitar Bukit Cinta banyak terdapat warung yang tersedia di sepanjang jalan. Warung kecil di sini juga menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman yang bisa menghangatkan tubuh anda. Beberapa warung ini juga menjual makanan khas malang untuk mengobati rasa penasaran wisatawan. Sarapan di pegunungan yang segar ditemani minuman hangat tentunya sangat nikmat. Membuat hati senang pada saat berlibur.

Baca juga : Wisata Rekreasi Keluarga Batu Wonderland

Mitos Bukit Cinta

Mitos yang beredar di masyarakat tentang Bukit Cinta menjadi daya tarik unik tersendiri yang membuat tempat ini begitu ramai. Orang-orang percaya bahwa jika pasangan menghabiskan waktu bersama di bukit ini, akan membuat hubungan mereka bertahan hingga usia tua. Keyakinan ini terkait dengan kisah Roro Anteng dan Joko Seger pada saat bertemu dan jatuh cinta di bukit ini. Bukit Cinta adalah wujud cinta abadi antara Roro Anteng dan Joko Seger yang tidak terhalangi meski banyak cobaan. Banyak pasangan muda yang penasaran dan mencoba membuktikan kebenaran mitos tersebut. Suasana romantis Bukit Cinta juga mendukung tempat ini sebagai tempat untuk menunjukkan kesetiaan untuk pasangan anda.

Tiket Masuk

Untuk memasuki kawasan Bukit Cinta sudah termasuk transportasi dalam menggunakan mobil Jeep. Dengan begitu anda tidak perlu lagi membayar tiket masuk Bukit Cinta, kecuali toilet dan makanan. Berikut daftar harga tarif tersebut:

Pendaftaran Gratis

Sewa Jeep Rp.350.000

Toilet Rp.5.000

Parkir Motor Rp.5.000

Parkir Mobil Rp.10.000

Harga yang tercantum bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola. Namun, daftar ini bisa anda jadikan sebagai biaya yang harus dikeluarkan pada saat berlibur ke Bukit Cinta Bromo. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata lainnya dengan menggunakan paket Travel Juanda Malang Murah dari Biro Perjalanan Wisata. Paket ini juga akan mengurus semua kebutuhan akomodasi anda, mulai dari keberangkatan hingga pulang dengan oleh-oleh khas Malang.

Lokasi dan Rute Bukit Cinta Bromo

Bukit Cinta terletak di kawasan Pegunungan Wonokitri, Tosari, Pasuruan. Jaraknya kurang lebih 41 km dari Pasar Tumpang dengan waktu tempuh kurang sekitar 1 jam 40 menit melalui Bromo. Anda dapat menggunakan jasa sewa mobil murah di Malang apabila jika ingin mengunjungi tempat wisata ini. Mudah mendapatkan rute terbaik menuju Bukit Cinta dengan bantuan Google Maps. Anda dapat memanfaatkan jasa sopir jeep atau biro perjalanan wisata yang siap mengantar anda langsung ke tempat tujuan.

Baca juga : Bangunan Bersejarah Candi Badut Malang

Jam Operasional Bukit Cinta Bromo

Bukit Cinta Bromo buka 24 jam sehari. Disarankan untuk waktu terbaik berlibur ke sini datang pada pukul 04.00 sebelum matahari terbit. Usahakan datang pada saat musim kemarau agar tidak terganggu oleh hujan dan kabut yang menutupi pemandangan. Dengan ini anda bisa mendapatkan momen indahnya golden sunrise dari Bukit Cinta Bromo.

Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.