Wisata Alun-alun Surabaya Penuh Pesona Keindahan dan Instagramable

Alun-alun Surabaya

Alun-alun Surabaya

Baca juga: Fakta Tersembunyi di Kawah Ijen

Ketika kita mendengar kata alun-alun pasti yang ada di pikiran kita yaitu berbentuk tanah lapang yang luas yang ada di tengah-tengah kota, yang dimana di tumbuhi oleh rerumputan hijau, dan juga pohon beringin, tidak salah kok, dikarenakan pada umumnya alun-alun memang seperti itu. Akan tetapi, tempat umum yang identik dengan ruang terbuka untuk kegiatan masyarakat itu sangat berbeda jika anda melihatnya sendiri di Surabaya.

Surabaya sendiri memiliki alun-alun yang sangat berbeda dari biasanya karena letaknya yang ada di bawah tanah. Yang biasanya di alun-alun kita melihat rerumputan hijau dan pohon beringin, disini anda hanya akan melihat pemandangan yang tidak biasa pada umumnya ditemukan di alun alun. Ruang publik ini sendiri sudah diresmikan pada tanggal 10 November tahun 2022, akan tetapi baru saja di buka untuk umum pada tanggal 19 Desember 2021 lalu. Pastinya anda akan penasaran, seperti apasih bentuk penampilan dari alun-alun bawah tanah ini. Di bawah ini kami akan mengulas bentuk dari alun-alun bawah tanah ini.

 Harga Tiket Masuk Alun-alun Surabaya

Berdasarkan informasi dari tiket.wisata.surabaya.go.id, untuk tiket masuk kedalam Alun-alun  Surabaya ini anda tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Untuk cara agar bisa masuk ke dalam alun-alun ini sendiri anda perlu mengunjungi situs resmi dari tiket wisata Surabaya, kemudian melakukan reservasi sesuai jadwal yang ada.

Dan untuk jam bukanya sendiri mulai dari pukul 09:00 sampai dengan pukul 21:00 WIB, anda dapat memilih sesuai jadwal kunjungan yang anda inginkan.

Akses Transportasi Alun-alun Surabaya


Alun-alun Surabaya

Baca juga: Museum-museum Populer dan Instagramable di Surabaya 

Untuk anda wisatawan yang berasal dari kota Surabaya dan luar kota Surabaya tak perlu pusing lagi karena untuk mengunjungi wisata Alun-alun Surabaya ini, semua kendaraan umum maupun pribadi bisa masuk ke tempat ini, dan untuk anda yang takut kesasar jika berniat berkunjung ketempat ini tak perlu hawatir lagi karena anda bisa menanyakan lokasi wisata ini kesemua orang Surabaya dan juga letak dari wisata ini sudah ada di dalam Google maps.

Aturan Kunjungan Alun-alun Surabaya

Sebelum anda berkunjung ke dalam Alun-alun Surabaya ini anda terlebih dahulu diwajibkan untuk mengunduh aplikasi Peduli Lindungi, Dan berikut beberapa aturan yang wajib anda patuhi ketika berada di kawasan alun-alun Surabaya ini:

  • Pastikan kondisi badan Anda sehat dan fit sebelum dan sesudah bekunjung.
  • Anda diperbolehkan masuk kedalam apabila suhu tubuh anda di bawah 37,3°C.
  • Jangan lupa mencuci tangan sebelum dan sesudah berkunjung.
  • Tetap memakai masker, menjaga jarak, dan menjaga kebersihan selama berada dikawasan alun-alun Surabaya.
  • Dilarang membawa makanan dan minuman, ataupun membawa masuk makanan serta minuman di alun alun (khusus area basement)
  • Mengikuti himbauan dan petunjuk petugas

Sejarah Alun-alun Surabaya

Alun-alun Surabaya

Baca juga: Macam-macam Oleh-oleh Khas Malang

Alun-alun Surabaya berada di jalan Gubernur Suryo No. 15. Didirikan pada tahun 1907, yang dimana berada satu lokasi dengan Gedung Siola Balai Pemuda.

Sejarah Alun-alun Surabaya ini dahulunya merupakan Gedung Balai Pemuda yang di bangun dan di beri nama Simpanganschs Societiet atau Simpangsche Club, yang merupakan tempat hiburan malam untuk kaum-kaum elit Eropa.

Untuk saat ini Balai Pemuda telah beralih fungsi menjadi pusat kegiatan seni dan budaya, yang dilengkapi dengan fasilitas umum, beserta area halaman terbuka yang cukup luas. Fasilitas terbaru dari Balai Pemuda ini ialah Alun-alun Surabaya, dengan dua area yang dapat kamu nikmati di basement dan area outdoor.

Ketika anda berkunjung ke Alun-alun Surabaya ini di area basement, anda akan melihat hal yang menarik yaitu terdapat ruang pamer dan arena skateboard yang dapat digunakan masyarakat umum.

Kesan Pertama Saat Berkunjung ke Alun-alun Surabaya

 

Kesan pertama saat anda berkunjung ke Alun-alun Surabaya pasti anda akan melihat keunikan dari bentuk bangunannya. Bahkan, jika anda tidak memperhatikan tulisan “Alun-alun Surabaya” yang terdapat di bagian depan, mungkin anda tidak tidak akan mengira jika bangunan megah ini merupakan alun-alun. Ruang publik ini berasa di kompleks Balai Pemuda, di jalan Gubernur Suryo, Kota Surabaya.

Keliatan dari luar bangunan ini memang mirip seperti gedung-gedung museum atau gedung kesenian yang bergaya klasik. Di tempat ini terdapat halaman yang cukup luas dan di hiasi taman-taman. Secara kasat mata tempat ini memang tidak mirip alun-alun pada umumnya. Akan tetapi fungsi gedung yang di peruntukan untuk ruang publik ilmiah, yang membuat bangunan ini layak disebut alun-alun. Apalagi sebelumnya Kota Surabaya memang tidak memiliki alun-alun yang biasnya dijadikan ruang publik untuk masyarakatnya umum.

Alun-alun Surabaya ini buka setiap hari mulai pukul 09:00 sampai dengan pukul 21:00 WIB

Di alun-alun ini anda bisa berkegiatan sebagai mana di alun-alun pada biasanya, misalnya seperti olahraga, kulineran, dan juga berkumpul dengan komunitas atau sekedar nongkrong seperti biasanya. Yang menariknya dari tempat ini, bagian plaza atas Balai Pemuda ini dijadikan sebagai tempat pertunjukan seni. Selain di alun-alun bawah tanah ini juga anda dapat bermain di area skateboard, pameran seni dan industri kreatifz pusat perbelanjaan, wisata kuliner. Dan masih banyak lagi.

Kenapa Harus Berkunjung ke Alun-alun Surabaya

Kota Surabaya

Baca juga: Candi Tertua di Malang

Mengapa Alun-alun Surabaya wajib anda kunjungi jiga lagi berada di Surabaya? Karena Di Alun-alun Surabaya ini selain tiket masuknya gratis, alias tanpa dipungut biaya sepeserpun di tempat ini juga anda dapat menjumpai berbagai fasilitas yang cukup lengkap dan memadai, mulai dari arena skateboard, menikmati pameran seni, melihat pertunjukan seni, berliburan dan belajar sejarah, karena di tempat ini terdapat bangunan yang bersejarah, menikmati berbelanja produk dari UMKM sekitar.

 

 

 

 

Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.