Tips Supaya Tidak Mabuk Perjalanan

Tips Supaya Tidak Mabuk Perjalanan – Apabila kamu sering mabuk darat ketika bepergian menggunakan jenis kendaraan tertutup, seperti mobil. Penting bagi kamu untuk mengetahui beberapa tips supaya tidak mabuk perjalanan. Dengan begitu, kamu bisa melakukan upaya pencegahan, sehingga perjalanan terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

Umumnya, mabuk darat disebabkan oleh kondisi motion sickness, yaitu saat tubuh berada di posisi diam, namun telinga dan mata melakukan fungsinya secara penuh. Tubuh yang tidak terbiasa dengan hal tersebut akan menunjukkan beragam reaksi, seperti pusing, mual, hingga muntah.

Tips Supaya Tidak Mabuk Perjalanan

15 Tips Agar Tidak Mabuk Saat Perjalanan Jauh

Meskipun mabuk perjalanan tidak disembuhkan secara permanen karena hal tersebut dipicu oleh reaksi alami tubuh terhadap perubahan suasana. Namun, ada beberapa cara efektif untuk mencegah maupun mengatasi gejala mabuk, beberapa diantaranya adalah seperti di bawah ini:

  • Mengatur Posisi Duduk

Apabila kamu merupakan orang mudah mabuk saat dalam perjalanan, sebaiknya pilihlah posisi tempat duduk yang minim guncangan. Misalnya, jika bepergian dengan mobil pribadi, maka bisa memilih kursi depan untuk mencegah mabuk. Di samping itu, sebaiknya hindari duduk menghadap ke belakang.

Pasalnya, duduk melawan arus laju kendaraan berpotensi menimbulkan rasa pusing dan mual. Selain itu, kamu juga harus mengatur posisi duduk senyaman mungkin agar tidak mabuk. Jangan lupa, bahwa area tempat duduk yang minim ruang gerak dapat meningkatkan risiko mengalami mabuk perjalanan.

  • Hindari Mengkonsumsi Makanan Berlebihan

Mengisi perut sebelum bepergian memang sangat penting. Akan tetapi, jangan sampai berlebihan sebab guncangan yang dihasilkan kendaraan dapat menimbulkan rasa pusing dan mual. Hal tersebut dikarenakan kinerja lambung yang sedang memproses makanan akan terganggu.

Selain itu, disarankan supaya menghindari konsumsi jenis makanan yang berminyak, pedas, dan tinggi lemak karena dapat memicu rasa mual.

Lantas, bagaimana jika belum sempat makan sebelum berangkat? Kamu bisa membawa beberapa makanan ringan rendah lemak untuk dimakan saat perjalanan.

  • Mengkonsumsi Permen atau Minum Wedang Jahe

Cara agar tidak mabuk perjalanan alami paling efektif adalah dengan mengkonsumsi jahe, termasuk permen jahe asli. Sebuah studi yang dipublikasikan di U.S. National Library of Medicine menyebutkan, bahwa jahe terbukti mampu mengurangi mual, pelepasan vasopresin, dan aktivitas takigastrik.

  • Melakukan Terapi Akupresur

Tips supaya tidak mabuk perjalanan ini bisa kamu aplikasikan saat merasa mulai mual. Caranya sangat sederhana, cukup tekan beberapa titik tubuh. Tepatnya bagian pergelangan tangan dalam, kira-kira berjarak 6 cm dari area bawah telapak tangan.

Dengan menekan titik tersebut selama 2-5 menit, maka rasa mual akan berkurang secara perlahan. Supaya hasilnya lebih optimal, kamu bisa mengulangi tahapannya beberapa kali.

Infografis Carter Drop Juanda Malang

  • Menyediakan Aroma Terapi

Minyak angin atau aromaterapi juga dapat membantu mencegah dan mengurangi rasa mual karena mabuk perjalanan. Beberapa aroma terapi yang direkomendasikan adalah antara lain adalah, minyak kayu putih, lemon, lavender, dan rempah-rempah. Kamu bisa menyesuaikan dengan aroma kesukaan.

  • Menghirup Udara Segar

Jika bepergian dengan mobil pribadi, maka kamu bisa menyempatkan untuk istirahat sejenak sembari menghirup udara segar. Meskipun tampak sepele, namun hal ini relatif ampuh membuat tubuh terasa bugar sehingga terhindar dari pusing dan mual akibat mabuk perjalanan.

  • Menghindari Minuman Berkarbonasi

Saat gejala mabuk perjalanan, seperti pusing dan mual mulai muncul. Kamu mungkin tidak akan tertarik untuk minum air putih karena rasanya yang hambar. Namun, perlu diingat, bahwa sebaiknya jangan mengkonsumsi minuman berkarbonasi sebab bisa memperburuk rasa mual tersebut.

  • Pastikan Asupan Cairan Tubuh Terpenuhi

Tips supaya tidak mabuk perjalanan ini sebaiknya sudah mulai diterapkan sebelum kamu bepergian naik kendaraan pribadi maupun umum. Pastikan kamu minum air putih maupun sumber cairan lain untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Karena salah satu pemicu mual disebabkan tubuh mengalami dehidrasi.

  • Memperbaiki Posisi Tubuh

Cara agar tidak mabuk perjalanan jauh naik mobil yang bisa dijadikan referensi selanjutnya adalah dengan memperbaiki posisi tubuh. Saat gejala mabuk darat mulai terasa, sebaiknya hindari posisi bersandar ke sisi samping atau bahkan berbaring, meskipun kepala pusing.

Sebaliknya, usahakan agar tubuh tetap duduk tegak dengan pandangan menghadap lurus ke depan. Posisi seperti bisa membantu membuat perut merasa lebih nyaman, sehingga mual juga berkurang.

  • Minum Lemon

Selain wedang jahe, minum air lemon juga bisa menjadi alternatif mencegah agar tidak mabuk perjalanan jauh. Hal tersebut dikarenakan buah ini mengandung senyawa alami asam sitrat yang dapat membantu menenangkan perut. Kamu juga bisa membuat infused air lemon sebagai bekal selama perjalanan.

  • Mendengarkan Musik Favorit

Tahukah kamu, bahwa mendengarkan musik ternyata bukan hanya bisa mengusir rasa jenuh selama dalam perjalanan jauh, tapi juga mencegah mabuk darat. Untuk membangun mood yang bagus, kamu bisa memutar musik kesukaan melalui earphone. Jadi, pikiran lebih santai dan tubuh merasa rileks.

  • Makan Apel

Dilansir dari laman Healthgrades, disebutkan bahwa makan apel dapat membantu meredakan mual menjadi indikasi kamu mengalami mabuk perjalanan. Ini dikarenakan apel mengandung serat yang efektif dalam membantu memperlambat proses pencernaan serta memberikan rasa tenang pada perut.

Tips Supaya Tidak Mabuk Perjalanan

  • Mengatur Suasana Senyaman Mungkin

Salah satu tips supaya tidak mabuk perjalanan yang wajib kamu coba adalah dengan menciptakan suasana senyaman mungkin saat berada dalam kendaraan. Karena suasana yang menyenangkan cukup efektif mencegah kamu mengalami mabuk darat.

Lantas, bagaimana cara mengatur suasana ketika dalam perjalanan? Sebenarnya cukup mudah, kamu bisa melakukan hal-hal yang disukai, seperti ngobrol mengenai topik tertentu dengan penumpang lain.

  • Tidak Bermain Ponsel

Terlalu lama menggunakan ponsel saat berada dalam perjalanan justru bisa menimbulkan rasa mual dan pusing. Karena aktivitas tersebut berpotensi menyebabkan fungsi mata dan telinga menjadi tidak selaras.

Selain itu, saat mata terlalu lelah menatap layar ponsel juga akan memicu rasa pusing dan ketidaknyamanan. Oleh sebab itu, dibandingkan sibuk main smartphone, lebih baik kamu melakukan hal lain, seperti memperhatikan pemandangan yang ada di depan.

  • Minum Obat Anti Mabuk

Jika beberapa cara supaya tidak mabuk perjalanan naik mobil di atas tetap tidak bisa meredakan pusing dan mual, maka kamu dapat mengkonsumsi obat anti mabuk sebelum melakukan perjalanan.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya minumlah obat sesuai aturan pakai pada kemasan. Karena beberapa jenis obat mempunyai efek samping, seperti mengantuk.

Tips supaya tidak mabuk perjalanan di atas dapat kamu jadikan sebagai tameng saat bepergian. Akan tetapi, apabila berencana traveling naik kendaraan umum, maka pastikan memilih jasa travel agent terbaik. Supaya lebih mudah bagi kamu untuk menciptakan suasana nyaman selama perjalanan.

Jika kamu berencana traveling ke Surabaya dan sekitarnya. Direkomendasikan menggunakan layanan dari Nahwa Travel yang merupakan travel agent terbaik di Jawa Timur. Selain menawarkan armada transportasi nyaman, harga yang diterapkan juga relatif murah. Dijamin tidak akan membuat dompet kamu kempes.

5/5 - (1 vote)
Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.