Puncak Bukit B29 dengan Pemandangan Indah Gunung Bromo

puncak bukit b29

puncak bukit b29puncak bukit b29 adalah salah satu spot terbaik untuk menyaksikan keindahan matahari terbit Bromo. Lokasinya paling tinggi dibandingkan spot sunrise bromo lainnya seperti Penanjakan dan Bukit Cinta.

puncak B29 menawarkan panorama Gunung Bromo dan sekitarnya yang sangat indah. Untuk lebih detailnya berikut penjelasan lengkap tentang  tempat wisata Puncak B29.

 

Sekilas Tentang Puncak  B29

Awalnya, nama tempat ini biasa dikenal dengan Puncak Argosari. Setelah itu, karena berada di ketinggian 2.900 meter di atas permukaan laut, banyak wisatawan yang akhirnya menyebutnya Puncak Songolikur.

Namun, nama Puncak Songolikur dirasa masih asing, terutama bagi para  wisatawan dari luar jawa. Akhirnya puncak ini diubah namanya menjadi Puncak B29. Dimana huruf B adalah singkatan dari kata Bromo sedangkan 29 diambil dari singkatan dari ketinggian puncak ini.

Bukan hanya itu, nama tempat ini juga memiliki sebutan lain yaitu “Negeri di Atas Awan”. Pemandangan Bromo yang dikelilingi lautan awan terlihat di sini dan itulah mengapa Puncak B29 mendapat julukan tersebut.

 

Kegiatan Seru di Puncak B29

1. Menikmati Bromo Sunrise

puncak bukit b29
puncak bukit b29

Puncak B29 ini tidak dapat diragukan lagi karena panorama dan pesonanya yang sangat indah dan juga bisa bersaing dengan spot-spot sunrise lainnya di bromo. Di sini Anda akan melihat pemandangan matahari terbit yang luar biasa dari sisi yang berbeda di Gunung Bromo.

Lautan awan yang mengelilingi bromo caldera terlihat sangat ajaib dan indah. Saat matahari terbenam, awan ini bergerak turun dan tampak seperti derasan air yang tumpah di perbukitan di sekitar Bromo.

 

2. Pemandangan pegunungan di atas awan

Keindahan Panorama Gunung di atas awan
Keindahan Panorama Gunung di atas awan

Tidak hanya pemandangan sunrise saja yang Anda dapatkan  disini, Tetapi Anda bisa melihat dengan jelas pegunungan di sekitar Bromo yang memiliki puncak di atas awan.

Meski tidak jarang, asap yang keluar dari kawah Gunung Semeru semakin menambah indah pemandangan dari Puncak B29. Saat cuaca cerah, Anda dapat dengan jelas melihat gunung lain seperti Arjuno, Welirang, Argopuro, dan Raung dari sini.

Read More : Keunikan Pantai Sipelot Memiliki Air Terjun

 

3. Berkemah atau Camping

Camping di Puncak B29
Camping di Puncak B29

Anda juga bisa berkemah bersama teman-teman ataupun keluarga tercinta di Puncak B29. Di bagian atas terdapat area datar yang cukup luas untuk menampung beberapa tenda sekaligus.

Tidak hanya itu , Anda juga bisa membuat api unggun, membuat kopi atau teh sambil memandangi indahnya malam ataupun melakukan aktivitas menyenangkan lainnya bersama. Ingatlah untuk membawa selalu perlengkapan lengkap Anda seperti jaket, tenda dan kasur atau sleeping bed  agar tetap senantiasa tetap aman dan nyaman.

Nah  untuk yang  Anda  dari luar malang dan ingin berlibur ke Puncak B29  ini, Tetapi bingung pesan sewa mobil dimana?, Tenang kami mempunyai sewa mobil paling terpercaya yaitu travel malang surabaya terbaik.

 

Harga Tiket Masuk Puncak B29

Nah untuk harga tiket  masuk dari Puncak B29 ini cenderung lebih murah dibandingkan dengan spot sunrise lainnya di bromo yang memerlukan tarif sewa mobil jeep untuk sampai kesana. Berikut rincian biayanya :

Tiket Masuk Wisatawan

Ojek Motor

Homestay Rumah Warga

Parkir Motor

Parkir Mobil

Rp. 5.000,00

Rp. 75.000,00 – Rp. 100.000,oo pulang pergi

 Mulai dari Rp 75.000,000/orang/malam

Rp. 5.000,00

Rp. 10.000,00

Note : Harga yang tercantum di atas bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung dari pihak pengelola wisata itu sendiri. Tetapi list harga diatas juga bisa dijadikan patokan untuk pergi ke destinasi wisata yang satu ini.    

 

Lokasi dan Rute menuju Puncak B29

Nah untuk lokasi daripada Puncak B29 ini  berada di Desa Argosari, Senduro, Nganjir, Sariwani, Scapra dan Kabupaten Lumajan. Lokasinya masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger dan dapat diakses melalui dua jalur.

Rute pertama adalah melalui desa Ranupani, basecamp pendakian Gunung Semeru. Namun jalur ini jarang ditempuh karena akses rutenya yang sangat merepotkan dan juga sangat mahal.

Rute kedua berjarak sekitar satu jam perjalanan langsung dari kawasan Lumajang. Anda dapat mencapai distrik Senduro dari Alun-Alun Lumajang. Dibutuhkan sekitar 30 menit dan juga ada layanan penyewaan mobil yang tersedia disana. Berbicara soal sewa mobil, mimin juga mau rekomendasiin nih sewa mobil paling terpercaya dan aman di malang yaitu travel malang surabaya murah.

Dari Senduro, Anda bisa mencapai desa Argosari, pintu masuk utama kawasan puncak B29. Jika menggunakan mobil harus parkir dan berhenti di Rest Area 1 karena sangat sulit untuk berpindah ke rest area berikutnya dengan kendaraan roda empat.

Anda akan mencapai puncak Rest Area 2 melalui jalan tanah yang curam dan sempit. Jika Anda tidak yakin kendaraan motor yang Anda gunakan, Anda dapat menggunakan ojek siap pakai. Dari tempat parkir terakhir kendaraan motor , Anda masih harus berjalan sekitar 150 meter untuk mencapai posisi puncak. 

Read More : Keindahan Pemandangan Eksotis Pantai Clungup 

 

Jam Operasional Puncak B29

Nah untuk jam operasional daripada destinasi wisata Puncak B29 ini buka 24 jam setiap harinya , jadi Anda bisa mengunjunginya Puncak B29 ini kapan saja. Mulai Tiket, tukang ojek, homestay warga, semuanya siap melayani Anda kapan saja. Wisatawan biasanya beristirahat di homestay pada sore atau malam hari ataupun berkemah di puncak gunung untuk menyaksikan sunrise. 

Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.