Asal Usul Pantai Sendiki Yang Sering Disebut Surga Tersembunyi Malang

Asal Usul Pantai Sendiki
Asal Usul Pantai Sendiki

Pantai Sendiki merupakan salah satu pantai yang ada di pesisir selatan Malang. Keindahan pantai ini tidak kalah dengan tempat wisata terkenal Malang lainnya seperti Pantai Sendang Biru dan Bajulmati. Anda akan melihat panorama pantai yang indah saat matahari terbenam dan pada saat matahari terbit. Hamparan pasir putih yang menghiasi bibir pantai sangat indah ditemani dengan birunya laut dan hijaunya pepohonan di sekitar pantai. Anda dapat dengan mudah berlibur ke Pantai Sendiki menggunakan paket Travel Juanda Malang yang ditawarkan oleh Biro Perjalanan Wisata.

Pantai Sendiki

Pantai Sendiki terletak di sisi selatan Kabupaten Malang dan menghadap langsung ke Samudera Hindia. Pesona keindahan pantai ini membuatnya dijuluki sebagai surga tersembunyi Malang. Selain keindahannya, alasan julukan surga tersembunyi diberikan karena belum banyak wisatawan yang mengetahui dan datang pantai ini. Di sinilah letak keunikan pantai ini yang bisa dinikmati sebagai pantai pribadi. Ada alasan penamaan Pantai Sendiki, saat pertama kali ditemukan. Konon ada 4 teman yang menemukan kawasan pantai ini dan salah satunya bernama Mbah Singo Lelono.Mereka juga membagikan tanah di kawasan ini, tetapi ternyata Mbah Singo Lelono tidak mendapatkan permukaan. Mbah Singo Lelono juga bertanya: “Apa yang anda ingin saya lakukan?” yang berarti “bagian saya yang mana?”.

Baca juga : Pesona Keindahan Kampung Warna Warni Malang

Karena tidak mendapatkan tanah, akhirnya Mbah Singo Lelono mengambil kawasan pantai dan istilah seng ndiki menjadi nama pantai ini. Cerita ini dipercaya dan terus beredar di masyarakat. Di balik cerita penamaan Pantai Sendiki, ternyata juga menyimpan cerita misteri tentang pantai ini. Ada makam di Pantai Sendiki ini dengan nama makam Mbah Singo Lelono. Meski terlihat sedikit menyeramkan, keindahan Pantai Sendiki tetap mampu mencuri perhatian wisatawan yang datang. Menghabiskan waktu bersantai dan berlibur di pantai ini bisa menjadi pengalaman terbaik yang bisa anda miliki.

Aktivitas Pantai Sendiki

Bersantai Menikmati Pemandangan

Suasana pantai yang damai sangat cocok untuk bersantai dan melepas stres. Pepohonan rindang di sekitar pantai ini memberikan kesejukan ditemani dengan hembusan angin laut. Duduk di atas pasir lembut sambil menyaksikan hamparan pasir putih dan gulungan ombak dapat menyegarkan pemandangan. Suara dedaunan yang tertiup angin dan deburan ombak laut menjadi musik yang menenangkan tubuh dan pikiran. Pantai ini juga memiliki beberapa ayunan untuk bermain dan berfoto. Pemandangan indah pantai ini dari tepi pantai mungkin menjadi pemandangan paling terbaik yang anda dapatkan saat berlibur.

Bermain Di Pantai Sendiki

Selain bisa bermain ayunan di pantai ini, Anda juga bisa menggunakan hamparan pantai yang luas dan panjang sebagai lapangan tempat bermain. Banyak wisatawan datang dengan membawa bola untuk bermain di pantai ini. Ada juga yang bermain layang-layang memanfaatkan angin laut di pantai. Pasirnya yang lembut anda bisa bermain mengubur tubuh. Anda juga dapat membangun istana pasir. Apapun permainan yang anda mainkan pasti sangat menyenangkan, berlibur ke Pantai Sendiki ini tidak akan mengecewakan anda.

Asal Usul Pantai Sendiki
Asal Usul Pantai Sendiki

Matahari Terbenam Atau Sunset Di Pantai Sendiki

Salah satu daya tarik pantai ini adalah keindahan momen sunset yang bisa dilihat. Pemandangan matahari terbenam di barat bisa terlihat jelas dari pantai ini. Langit perlahan berubah jingga dengan megah ditambah hiasan dari sinar matahari yang mulai jatuh di atas laut. Momen ini sangat romantis untuk melihat bersama pasangan atau keluarga. Banyak wisatawan yang datang untuk melihat indahnya matahari terbenam dari pantai ini. Bersamaan dengan suara deburan ombak, pemandangan sunset yang bisa disaksikan bisa menjadi pengalaman terindah yang pernah anda saksikan.

Berkemah Di Pantai Sendiki

Momen indah sunset di pantai ini belum berakhir apabila jika anda melanjutkan aktivitas dengan berkemah di area pantai. Pepohonan di sekitar pantai ini dapat melindungi anda dari angin laut yang kencang pada saat malam hari. Malam bintang di langit bisa menghilangkan rasa lelah anda dari kehidupan sehari-hari. Di bawah sinar bulan dan di api unggun anda dapat melakukan banyak hal menyenangkan seperti bermain dan berkumpul dengan teman atau keluarga. Bersantai sambil duduk di hammock yang tergantung di pepohonan juga bisa anda lakukan. Menikmati ketenangan malam di Pantai ini bisa menjadi perasaan sekali seumur hidup tersendiri.

Baca juga : Keindahan Wisata Pantai Kondang Merak

Matahari Terbit Atau Sunrise Di Pantai Sendiki

Matahari pagi siap menyambut anda kembali beraktivitas di Pantai Sendiki. Pemandangan indah matahari terbit di timur akan menjadi yang terbaik untuk memulai hari. Sinar matahari perlahan memberikan panas setelah dinginnya malam. Pemandangan tebing-tebing kapur di sekitar pantai mulai menampakkan keindahannya. Momen sunrise menjadi pelengkap rangkaian camping kamu di Pantai Sendiki bersama teman atau keluarga. Jangan lupa mengambil foto di setiap momen indah.

Mengunjungi Makam

Kesan mistis Pantai Sendiki tidak lepas dari keberadaan makam Mbah Singo Lelono. Dialah penemu pantai ini dan nenek moyang warga sekitar pantai. Makam itu sendiri terdiri dari tumpukan batu dan terletak di satu sisi pantai. Banyak pengunjung dan penduduk lokal yang datang untuk berziarah atau sekedar melihat salah satu bukit bersejarahnya Pantai Sendiki. Anda bisa menemukan makam Mbah Singo Lelono dengan melihat papan nama bertuliskan Singo Lelono dari pintu masuk. Adanya kuburan di dekat pantai ini menjadi keunikan tersendiri dari pantai yang sulit ditemukan di pantai lain.

Tiket Masuk

Pantai Sendiki tidak memungut biaya masuk yang cukup mahal. Dengan hanya beberapa ribu rupiah saja anda sudah bisa masuk dan menikmati pemandangan yang disediakan dengan sendirinya. Berikut daftar tarif harga Pantai Sendiki :

Tiket Masuk Rp.10.000

Sewa Rumah Pohon Rp.150.000

Sewa Tenda Rp.75.000

Reservasi Camping Land Rp.20.000

Parkir Mobil Rp.5.000

Parkir Mobil Rp.15.000

Harga yang tercantum dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola. Tetapi, daftar ini bisa anda jadikan sebagai contoh pengeluaran biaya saat berlibur ke Pantai Sendiki. Anda juga bisa mendapatkan kemudahan dengan mengunjungi berbagai tempat wisata di Malang lainnya dengan melalui paket Travel Juanda Malang Murah dari Biro Perjalanan Wisata. Paket ini akan mengurus segala hal yang berhubungan dengan akomodasi selama liburan sehingga anda dapat menghemat banyak biaya, waktu dan tenaga selama berlibur.

Layanan Pantai Sendiki

Untuk alasan pelayanan, pantai ini tidak memiliki pelayanan yang lengkap seperti tempat wisata pada umumnya. Di sini akan cukup sulit menemukan kios yang menjual berbagai macam makanan khas Malang dan toko oleh-oleh untuk dibawa pulang. Sementara itu, fasilitas seperti toilet dan tempat ibadah sudah tersedia meski jaraknya cukup jauh dari pantai. Jadi disarankan untuk mencari tempat lain di kota ini apabila jika ingin membeli oleh-oleh khas Malang untuk dibawa pulang.

Lokasi dan Rute Pantai Sendiki

Pantai ini cukup jauh dari pusat kota tetapi dekat dengan tempat wisata lainnya seperti Pantai Tanjung Asmara dan Pulau Sempu. Tepatnya di area persawahan atau kebun, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, berjarak sekitar 70 km dari pusat kota dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Anda bisa mendapatkan rute terbaik menuju Pantai Sendiki dengan bantuan Google Maps. Jadi anda tidak perlu khawatir mencari jalan mana yang harus dilewati. Anda juga bisa menggunakan jasa sopir Rental Malang atau biro perjalanan yang siap mengantar anda langsung ke tempat tujuan. Dengan cara ini anda dapat duduk santai dan menikmati perjalanan tanpa harus khawatir tentang mengemudi dan menghafal jalan.

Baca juga : Wisata Ala Jepang The Onsen Resort Malang

Jam Operasional Pantai Sendiki

Anda bisa menikmati keindahan Pantai Sendiki selama 24 jam karena tidak ada jam buka dan tutup khusus. Namun jika ingin berlibur kesini sebaiknya datang pada saat pagi atau sore hari. Di pagi hari, anda bisa melakukan aktivitas apa saja di pantai tanpa takut kepanasan. Sedangkan pada sore hari, anda mendapat kesempatan untuk menyaksikan indahnya matahari terbenam di pantai ini. Agar kunjungan anda semakin sempurna, cobalah datang pada saat musim panas atau musim kemarau. Pada saat itu anda tidak perlu takut oleh hujan atau mendung saat liburan.

Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.