15 Wisata Dekat Stasiun Malang Plus Lokasi & Tiket Masuk

Punya rencana untuk menghabiskan waktu liburan di Malang dengan naik kereta api? Ternyata, ada beragam objek wisata dekat Stasiun Malang yang bisa kamu eksplor. Bahkan kamu bisa menjangkau lokasinya cuma dengan jalan kaki aja.

Aneka pilihan destinasi wisata tersebut meliputi alun-alun, taman, museum, hingga playground keren. Sebagian besar dari tempat wisata tersebut juga gratis. Penasaran kan apa aja tempat menarik yang bisa kamu kunjungi untuk mengawali petualangan di Kota Apel ini?

Berikut rekomendasi tempat wisata dekat stasiun Malang.

1. Taman Trunojoyo

rekomendasi wisata dekat Stasiun Malang

Tiket Masuk Gratis
No telepon
Situs resmi
Maps Silahkan klik Google Maps
Waktu operasional 24 jam
Video pendek

Taman ini merupakan wisata dekat Stasiun Malang Kota Baru. Karena letaknya ada di depan stasiun, kamu cuma perlu menyeberang untuk menjangkaunya.

Terkenal dengan ikon patung singanya, taman ini cukup teduh untuk beristirahat sebentar setelah perjalanan melelahkan dengan kereta api. Buat kamu yang suka jajan, di sekitar taman juga banyak jajanan yang bisa kamu coba seperti pentol dan es cincau.

2. Alun-Alun Tugu Malang

wisata dekat Stasiun Malang Kota Baru

Tiket Masuk Gratis
No telepon
Situs resmi
Maps Silahkan klik Google Maps
Waktu operasional 24 jam
Video pendek Silahkan klik Alun-Alun Tugu

Saat keluar dari stasiun Kota Baru, berjalanlah ke arah barat sekitar 300 meter. Kemudian, kamu bisa menemukan tempat wisata dekat Stasiun Malang yaitu Alun-Alun Tugu.

Spot foto ikonik di alun-alun ini adalah tugu di tengah kolam. Jadi, jangan lupa berpose di sini buat update story, ya.

3. Alun-Alun Kota Malang

tempat wisata dekat Stasiun Malang

Tiket Masuk Gratis
No telepon
Situs resmi
Maps Silahkan klik Google Maps
Waktu operasional 24 jam
Video pendek Silahkan klik Alun-Alun Kota Malang

Setelah puas mengeksplor alun-alun tugu, kamu bisa lanjut jalan ke Alun-Alun Malang yang berjarak 850 meter dari Alun-Alun Tugu. Tepatnya, wisata gratis dekat stasiun Malang ini terletak di depan Masjid Jami’.

Anak-anak sudah pasti senang berada di tempat ini karena mereka bermain di playground dan memberi makan merpati. Selain itu, kamu juga bisa menemukan beragam wisata kuliner dekat Stasiun Malang di sekitar alun-alun.

Kuliner lokal yang tak boleh kelewatan saat ke sini adalah Rawon Nguling dan Mie Atom.

4. Sweet Memories Selfie

wisata dekat Stasiun Malang Kota Baru

Tiket Masuk Rp30.000
No telepon 08228036100
Situs resmi
Maps Silahkan klik Google Maps
Waktu operasional 11.00 – 20.00 WIB
Video pendek Silahkan klik Sweet Memories Selfie

Objek wisata yang berjarak 200 meter dari alun-alun kota ini sangat cocok buat kamu yang hobi selfie. Untuk menjangkau tempat ini, kamu harus ke Plaza Gajah Mada lalu naik ke lantai 3.

Di sini, ada 30 spot foto lucu dengan beragam tema. Saat ke sini, jangan lewatkan spot foto kekinian yakni video Booth 360. Agar hasilnya lebih keren, kamu harus mencoba wahana video ini bersama beberapa temanmu dengan berdiri secara melingkar dan saling membelakangi.

5. Kelenteng Eng An Kiong

wisata dekat Stasiun Malang Baru

Tiket Masuk Rp5000
No telepon
Situs resmi
Maps Silahkan klik Google Maps
Waktu operasional Senin-Sabtu 08.00 – 21.00 WIB
Video pendek Silahkan klik Klenteng Eng An Kiong

Wisata dekat Stasiun Malang baru tidak cuma punya arsitekturnya yang mengagumkan. Daya tarik lain dari kelenteng ini adalah food court-nya. Sehingga, kamu bisa mengeksplor budaya sekaligus mencicipi beragam kuliner lokal yang menggugah selera.

Menu yang wajib kamu cicipi saat ke kelenteng ini adalah Cwie mie dan juga Heci (sejenis bakwan sayur dengan isian tiram, ayam, dan juga rumput laut).

6. Kampung Warna-Warni Jodipan

destinasi wisata dekat stasiun Malang

Tiket Masuk Rp5000
No telepon
Situs resmi
Maps Silahkan klik Google Maps
Waktu operasional 08.00 – 17.00 WIB
Video pendek Silahkan klik Kampung warna warni

Kampung tematik yang instagramable ini jadi destinasi wisata dekat stasiun Malang yang tak boleh terlewatkan. Berjarak hanya 550 meter dari stasiun, kamu bisa mencapainya hanya dengan jalan kaki selama 3 menit.

Kalau kamu ingin berkeliling kampung ini di siang hari, jangan lupa siapkan topi atau payung ya karena cuacanya cukup terik. Selain itu, gunakan juga alas kaki yang nyaman sebab kawasan ini mengharuskanmu untuk naik turun tangga.

Baca Juga: Kampung Warna Warni

7. Kampung Tridi

Rekomendasi wisata dekat stasiun Malang

Tiket Masuk Rp5000
No telepon
Situs resmi
Maps Silahkan klik Google Maps
Waktu operasional 08.00 – 17.00 WIB
Video pendek Silahkan klik Kampung Tridi

Kampung 3D atau Tridi ini lokasinya ada di seberang Kampung Warna-Warni. Jadi, kamu cuma perlu menyeberangi jembatan kaca untuk sampai ke tempat ini.

Di sini, kamu bisa hunting foto di berbagai spot instagramable yang tersebar di pemukiman ini. Tapi, kamu harus tetap minta izin ke warga setempat sebelum mengambil gambar, ya!

Baca Juga: Kampung Tridi

8. Kampung Biru Arema

tempat wisata dekat stasiun Malang

Tiket Masuk Rp3000
No telepon
Situs resmi
Maps Silahkan klik Google Maps
Waktu operasional 08.00 – 17.00 WIB
Video pendek Silahkan klik Kampung Biru Arema

Kalau kamu adalah Aremania, jangan lewatkan untuk mampir ke Kampung Biru ini. Waktu terbaik untuk berkeliling kampung ini adalah pagi atau sore hari jadi kamu nggak akan kepanasan.

Setelah puas berfoto di setiap sudut kampung, sempatkan untuk membeli souvenir seperti tas lukis atau gantungan kunci. Jadi, selain berwisata, kamu juga bisa membantu perekonomian warga setempat.

9. Monumen Juang 45

wisata dekat stasiun Malang Kota Baru

Tiket Masuk Gratis
No telepon
Situs resmi
Maps Silahkan klik Google Maps
Waktu operasional 24 jam
Video pendek

Untuk mengenang perjuangan rakyat dalam mempertahankan kemerdekaan, kamu bisa mampir sebentar ke Monumen Juang. Lokasinya ada di depan stasiun. Jadi cuma perlu nyeberang jalan aja.

Karena daya tarik monumen ini ada pada visualisasi patung, jadi jangan lupa untuk mengabadikannya dengan kamera atau HP-mu, ya!

10. Kampoeng Heritage Kajoetangan

rekomendasi tempat wisata dekat Stasiun Malang

Tiket Masuk Rp10.000
No telepon
Situs resmi Heritage-kajoetangan.com
Maps Silahkan klik Google Maps
Waktu operasional 07.00 – 18.30 WIB
Video pendek Silahkan klik Heritage Kajoetangan

Kampung berkonsep vintage ini menjadi rekomendasi tempat wisata dekat Stasiun Malang yang sedang hits. Bangunan lawas dengan gaya arsitektur khas Belanda di kawasan ini pasti membuat feed IG mu jadi lebih estetik.

Kalau ke sini, jangan lupa berfoto di beberapa tempat yang ikonik yaitu spot Bougenville, galeri antik, dan juga tepi sungai dengan pagar antik warna hitam.

11. Hawai Waterpark

wisata dekat stasiun Singosari Malang

Tiket Masuk Rp110.000
No telepon (0341) 4351797
Situs resmi Hawaiwaterpark.com
Maps Silahkan klik Google Maps
Waktu operasional 09.00 – 17.00 WIB
Video pendek Silahkan klik Hawai Waterpark

Waterpark ini bisa jadi opsi yang tepat buat kamu yang mencari wisata dekat stasiun Singosari Malang untuk liburan keluarga. Untuk menguji adrenalin-mu, cobalah wahana air menantang seperti Mega Water Bounce dan Extreme Slide,

Selain itu, jangan lewatkan juga wahana kolam tsunami. Di sini, kamu bisa merasakan terpaan ombak seperti di laut. Pasti seru banget kan?

Baca Juga: Hawai Waterpark

12. Malang Smart Arena

tempat wisata dekat stasiun Singasari Malang

Tiket Masuk Rp95.000
No telepon (0341) 4381784
Situs resmi Malangsmartarena.com
Maps Silahkan klik Google Maps
Waktu operasional 09.00 – 17.00 WIB
Video pendek Silahkan klik Malang Smart Arena

Lokasi playground ini berada di satu area dengan Hawai WaterPark. Uniknya, fasilitas dan wahana di tempat bermain tidak dikhususkan untuk anak-anak. Jadi, orang dewasapun bisa mencoba beragam permainan yang ada.

Kalau ke sini jangan lupa pakai kaos kaki, ya. Meskipun tempat ini juga menyediakan kaos kaki, lebih baik membawa sendiri daripada harus beli.

Baca Juga: Malang Smart Arena

13. Malang Snow Paradise

objek wisata dekat stasiun Blimbing Malang 

Tiket Masuk Rp20.000
No telepon
Situs resmi
Maps Silahkan klik Google Maps
Waktu operasional 09.00 – 17.00 WIB
Video pendek Silahkan klik Malang Snow Paradise

Malang Snow Paradise merupakan objek wisata dekat stasiun Blimbing Malang karena jaraknya hanya 3,5 km saja. Tak usah pergi ke luar negeri untuk sekadar main salju karena kamu bisa menemukannya di tempat ini.

Di sini, kamu bisa main seluncuran, berfoto, atau menyaksikan pertunjukan dengan tema tertentu. Karena suhu di tempat ini cukup dingin, jangan lupa pakai baju hangat, ya!

14. Malang Night Paradise

wisata dekat stasiun Blimbing Malang

Tiket Masuk Rp90.000
No telepon 081233631616
Situs resmi Malangnightparadise.com
Maps Silahkan klik Google Maps
Waktu operasional 17.30 – 23.00 WIB
Video pendek Silahkan klik Malang Night Paradise

Masih satu lokasi dengan Snow Paradise, kamu bisa mampir ke Malang Night Paradise. Kalau kamu ke sini bareng pacar, cobain wahana Magic Journey.

Kamu akan menyusuri kanal buatan dengan perahu dayung dan melewati beragam dekorasi seperti keliling dunia. Suasananya tentu romantis banget, ya.

Baca Juga: Malang Night Paradise

15. Milkindo Green Farm

Wisata dekat stasiun Malang Kepanjen

Tiket Masuk Weekday Rp10.000

Weekend Rp15.000

No telepon (0341) 3906000
Situs resmi
Maps Silahkan klik Google Maps
Waktu operasional 08.00 – 16.00 WIB
Video pendek Silahkan klik Milkindo

Wisata dekat Stasiun Malang Kepanjen adalah tempat yang tepat untuk agenda libur sekolah karena anak-anak bisa main sambil belajar.

Anak-anak pasti sangat gembira bisa mendapatkan beragam pengalaman baru seperti memerah susu, memancing ikan, dan juga menanam padi. Kalau kamu ingin ke sini dengan rombongan sekolah, sebaiknya lakukan reservasi dulu jauh-jauh hari, ya!

Nah, dari rekomendasi objek wisata yang lokasinya tidak begitu jauh dari stasiun di atas, kamu bisa pilih destinasi mana yang ingin kamu kunjungi sesuai dengan stasiun pemberhentian.

Misalnya, kalau kamu berhenti di stasiun Malang Kota Baru, kamu bisa berkunjung ke alun-alun, Kampung Warna Warni, atau Kampoeng Heritage Kajoetangan.

Sementara itu, kalau kamu turun di Stasiun Blimbing, kamu bisa menghabiskan waktu di Malang Night Paradise atau Snow Paradise.

Pilihan tempat rekreasi dekat stasiun memang terbatas. Sebab letak stasiun memang di tengah kota. Sementara itu, wisata alam seperti pantai letaknya ada di Malang bagian selatan.

Selain itu, beragam pilihan agrowisata dan theme park kebanyakan berlokasi di Batu yang juga agak jauh dari stasiun. Kalau kamu berencana liburan ke theme park atau objek wisata alam seperti pantai dan air terjun, sebaiknya kamu sewa mobil Malang dari Nahwa Travel saja.

Dengan begitu, kamu nggak perlu bingung mencari rute kendaraan umum. Sehingga, rencana liburan akan berjalan dengan lancar dan aman.

Sebagai perusahaan travel nomor 1 di Malang, Nahwa Travel akan memberikan pelayanan terbaik untuk mengantarmu ke beragam objek wisata dekat Stasiun Malang maupun yang jauh dari stasiun.

Catat baik-baik semua rekomendasi lokasi wisata di atas. Kini, mulai buat jadwal dan rencanakan hari berliburmu.