Tips Perjalanan Jauh Naik Mobil

Tips Perjalanan Jauh Naik Mobil – Berkendara menempuh perjalanan jauh menggunakan mobil pribadi memang relatif lebih nyaman dan fleksibel. Namun, jangan lupa bahwa faktor keamanan juga penting untuk diperhatikan. Supaya perjalanan lebih aman dan menyenangkan, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tips perjalanan jauh naik mobil.

Melakukan perjalanan jarak jauh dengan kendaraan roda empat memang lebih disukai oleh banyak kalangan. Selain bisa menghemat budget dan memaksimalkan kapasitas penumpang, kamu juga memiliki lebih banyak privasi sebab semua orang yang berada di dalam mobil sudah dikenal dekat.

Tips Perjalanan Jauh Naik Mobil

13 Tips Perjalanan Jauh dengan Mobil Agar Tetap Aman dan Nyaman

Berencana berkendara jarak jauh dengan mobil? Beberapa tips di bawah ini dijamin dapat membuat perjalanan terasa lebih nyaman dan aman:

  • Membuat Itinerary Perjalanan Secara Detail

Tips perjalanan jauh naik mobil pertama yang bisa kamu persiapkan adalah membuat rencana perjalan secara rinci. Terlebih lagi, jika ini adalah trip jarak jauh perdana kamu. Pastinya kamu harus mengetahui lokasi tujuan serta rute yang akan dilalui untuk mencapai tempat tersebut.

Membuat itinerary bisa membantu kamu menghindari tersesat. Selain itu, sebaiknya tentukan pula kapan waktu keberangkatan dan rest area yang akan dipilih sebagai tempat istirahat maupun beribadah.

  • Pilih Jenis Mobil yang Cocok

Setelah itinerary perjalanan selesai, sekarang kamu bisa mulai memilih jenis mobil yang akan digunakan bepergian jarak jauh. Pastikan kendaraan pilihan memiliki kriteria, seperti kabin luas, irit bahan bakar, dan performa mesin mumpuni, sehingga kamu tidak mengalami kendala apapun selama perjalanan.

Beberapa opsi mobil yang cocok untuk dijadikan sebagai bahan referensi antara lain adalah, Toyota New Alphard, Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Daihatsu Sirion, Suzuki Ertiga, Honda CR-V, Hyundai Santa Fe, dan Toyota Avanza.

  • Memeriksa Kondisi Mobil

Beberapa hari sebelum memulai perjalanan, kamu wajib memeriksa kondisi kendaraan yang akan dibawa, termasuk mesin, busi, oli mesin, air radiator, aki, rem, lampu, ban, dan sebagainya. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari risiko terjadi kerusakan mobil di tengah perjalanan.

Jangan lupa untuk selalu membawa ban serep sebagai upaya berjaga-jaga, terutama jika ban mobil bermasalah saat dipakai perjalanan jauh. Dengan adanya ban serep, kamu tidak perlu merasa khawatir apabila ban mobil mengalami kerusakan dan harus segera diganti.

  • Mempersiapkan Barang Penting yang Akan Dibawa

Persiapan perjalanan jauh naik mobil selanjutnya berkaitan dengan barang-barang penting yang diperlukan selama perjalanan. Mulai dari barang-barang pribadi, seperti obat-obatan hingga peralatan mobil pendukung, seperti pompa, dongkrak, toolkit, dan sebagainya.

  • Istirahat Cukup

Demi keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, sebaiknya perhatikan kesehatan tubuh sebelum melakukan perjalanan. Istirahat cukup dan konsumsi makanan bergizi dapat membantu meningkatkan stamina tubuh, sehingga kamu lebih siap untuk melakukan perjalanan jarak jauh.

  • Membawa Minuman dan Makanan Ringan

Karena kamu akan melakukan perjalanan dalam waktu cukup lama, maka sebaiknya persiapkan minuman dan makanan ringan dalam jumlah cukup. Dengan begitu, saat kamu merasa sedikit lapar dan belum menemukan warung atau rumah makan, kamu bisa ngemil untuk mengganjal rasa lapar.

Selain itu, disarankan untuk membawa air mineral selain minuman berasa atau berkafein lainnya. Pasalnya, air mineral sangat efektif dalam membantu kamu terhindar dari dehidrasi. Meskipun tips perjalanan jauh naik mobil ini tampak sepele, namun bisa membuat aktivitas bepergian lebih nyaman.

  • Berkendara dalam Jarak Aman

Demi keamanan selama perjalanan, disarankan untuk mengemudikan kendaraan dalam batas kecepatan normal. Idealnya sesuaikan dengan keadaan jalan. Misalnya, jika mengemudi pada jalan tol, batas kecepatan minimal adalah 60 km/jam sedangkan maksimal 100 km/jam.

Selain itu, saat mengemudikan mobil dalam kondisi cuaca buruk, seperti hujan dan berkabut. Kamu bisa mengaplikasikan batas kecepatan paling rendah. Selain itu, jangan lupa untuk meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Apabila cuaca terlalu ekstrem, lebih baik hentikan perjalanan sementara.

  • Beristirahat Saat Merasa Lelah

Tidak dapat dipungkiri, bahwa mengemudikan mobil dalam waktu lama bukan hanya bisa membuat badan terasa pegal dan kebas, namun juga melemahkan daya konsentrasi. Apabila kamu memaksa untuk mengendarai mobil dengan kondisi seperti itu, maka bisa meningkatkan risiko mengalami kecelakaan.

Oleh karena itulah, saat sudah merasa mulai lelah sebaiknya carilah tempat yang aman untuk sekedar istirahat dan meregangkan otot-otot tubuh sejenak. Kamu bisa berhenti di area pom bensin, toko, atau bahkan tempat makan sesuai kebutuhan. Setelah 15-20 menit, barulah lanjutkan perjalanan.

  • Hindari Berkendara di Malam Hari

Kalau kamu adalah tipe orang yang suka berkendara pada malam hari supaya terhindar dari kemacetan, maka tidak dianjurkan memilih waktu malam untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Sebab risikonya cenderung lebih tinggi. Apalagi, jika kamu belum familiar dengan rute yang akan dilalui.

Supaya perjalanan terasa lebih aman, kamu bisa memulai perjalanan pada pagi hari. Supaya tidak terjebak di tengah kemacetan jalanan di jam berangkat sekolah dan kerja. Kamu bisa melajukan mobil lebih pagi lagi, sekitar pukul 5 pagi. Jadi, bisa sekalian menghirup udara pagi yang segar.

  • Menggunakan Pakaian Nyaman

Tips perjalanan jauh naik mobil yang bisa membuat aktivitas berkendara terasa nyaman terletak pada pilihan pakaian. Karena kamu akan menghabiskan berjam-jam dalam perjalanan, sebagai pengemudi kamu perlu mengenakan pakaian paling nyaman yang dimiliki.

Untuk meminimalisir rasa pegal di bagian punggung, kamu juga bisa menerapkan bantal yang sesuai. Selain itu, pastikan kamu menggunakan sepatu yang nyaman agar kaki tidak kram dan lecet.

  • Patuhi Peraturan Lalu Lintas

Perjalanan naik mobil akan lebih aman dan pastinya nyaman jika kamu mematuhi aturan lalu lintas. Di samping itu, sebaiknya hindari menggunakan smartphone ketika sedang mengendara dan selalu ingat untuk menjaga jarak dengan kendaraan lain yang ada di depan kamu.

  • Nyalakan Musik dalam Volume Sedang

Saat melakukan perjalanan jauh, kamu pasti akan merasa bosan karena terus berada dalam mobil. Untuk mengobati rasa bosan yang bisa menyebabkan kantuk, maka kamu dapat menyalakan musik pada volume sedang. Jangan hidupkan musik terlalu keras yang justru berpotensi mengganggu konsentrasi kamu.

  • Menghirup Udara Segar

Benar bahwasanya mobil mempunyai AC yang dapat membuat nyaman. Akan tetapi, jangan lupa bahwa udara segar sangat penting untuk mengembalikan kejernihan pikiran, sehingga kamu bisa lebih fokus dalam menyetir. Oleh sebab itulah, jangan ragu untuk membuka jendela mobil sesekali.

Tips perjalanan jauh naik mobil juga sangat penting untuk diaplikasikan, bahkan meskipun kamu sewa mobil di jasa rent car tertentu. Akan tetapi, demi keamanan dan kenyamanan, pastikan hanya menyewa kendaraan di tempat sewa terbaik, seperti Nahwa Travel Jawa Timur Terpercaya.

Akan tetapi, jika kamu ingin liburan di Jawa Timur bersama keluarga tidak ingin menyetir sendiri, maka bisa memilih layanan carter mobil dengan supir. Dengan begitu, bisa menikmati waktu berkualitas bersama orang tersayang. Jika tertarik menggunakan layanan Nahwa Travel, kamu bisa reservasi melalui LINK INI.

5/5 - (1 vote)
Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.