Snorkeling Sumber Sirah Malang: Lokasi, Tiket Masuk & Fasilitasnya

Wisata alam Malang nggak melulu tentang air terjun dan pantai. Kalau kamu sudah bosan dengan kedua destinasi tersebut, mengeksplor pesona bawah air Sumber Sirah mungkin bisa jadi alternatif yang tepat.

Sumber mata air ini bukanlah kolam alami biasa. Selain airnya yang bening dan menyegarkan, sumber ini juga menyuguhkan view bawah air yang mengagumkan.

Ingin tahu informasi lebih mendetail tentang wisata alam ini? Inilah ulasan rinci mengenai destinasi wisata Sumber Sirah yang meliputi rute, daya tarik, fasilitas, jam buka, dan juga tiket masuknya.

Tiket masuk Sumber Sirah Rp5000
No Telepon 082229465229
Official Site
Waktu Operasional 07.00 – 17.00
Alamat Jln. Sunan Kalijaga, Putukrejo, Kec. Gondanglegi, Kab.Malang
Maps Silahkan klik Google Maps

wisata Sumber Sirah Malang

Snorkeling Sumber Sirah

Sumber Sirah Malang

wisata Sumber Sirah

fasilitas Sumber Sirah

Daya Tarik

wisata mata air sumber sirah

Sebenarnya, nama wisata ini adalah Sumber Sira. Namun, banyak yang menyebutnya sebagai Sirah. Saat memasuki ke area sumber, suasana terasa sejuk dan teduh karena dikelilingi pohon yang rindang.

Daya tarik utama dari wisata ini tentu saja kolam alaminya. Dari jauh mungkin sumber mata air ini seperti kolam pada umumnya. Tapi, saat dilihat dari dekat, kolam ini benar-benar jernih sehingga ikan dan tumbuhan di dasarnya nampak begitu jelas.

Penasaran dengan view bawah air Sumber Sira? Tonton dulu keseruan eksplorasi kolam alami ini melalui video TikTok. Silahkan klik TikTok.

Aktivitas Menarik di Sumber Sirah

wisata mata air Sumber Sirah

Apakah keseruan yang bisa dilakukan di kolam alami ini cuma berenang? Tentu saja tidak, kalau kamu yang kurang mahir berenang, kamu bisa menikmati keindahan sumber air ini dengan cara lain.

Sebagai referensi, ini dia beragam aktivitas mengasyikkan di Sumber Sirah.

  • Snorkeling Sumber Sirah

Berwisata ke tempat ini belum lengkap kalau kamu nggak ngerasain segarnya air kolam dengan menyelam. Sebab, panorama underwater di sumber air ini sungguh memukau. Jadi, jangan sampai lupa mengabadikannya lewat jepretan kamera.

Tak perlu jauh-jauh ke laut dan menggunakan peralatan snorkeling untuk merasakan sensasi berenang bersama ikan. Nggak bisa berenang? Nggak masalah karena tersedia persewaan pelampung atau ban.

  • Water Tubing

Tak jauh dari wisata mata air Sumber Sirah juga terdapat sungai. Pihak pengelola memanfaatkan sungai ini untuk aktivitas water tubing.

Jadi, pengunjung bisa mengikuti aliran sungai dengan naik ban. Tak perlu takut jatuh atau tenggelam karena sungai ini cukup dangkal.

  • Camping

Untuk pengunjung yang ingin merasakan bermalam kawasan ini, pengelola menyediakan camping area dan perlengkapannya. Jadi, kamu tak perlu membawa tenda sendiri.

Kalau lapar, tak perlu ribet masak sendiri karena di sekitar area ini banyak warung makan dengan harga yang bersahabat.

  • Naik Kereta Sawah

Yang satu ini adalah wahana yang paling disukai anak-anak. Hanya dengan bayar Rp10.000, kamu udah bisa naik kereta mini menyusuri area persawahan.

Meskipun namanya kereta mini, tapi pengunjung dewasa juga diperbolehkan naik kok. Kalau kesini dengan anak di bawah 3 tahun, kamu harus mendampingi mereka saat naik kereta.

Anjuran dan Larangan

Anjuran dan Larangan di Sumber Sira

Untuk menjaga kelestarian dan kebersihan Sumber Sirah, pengunjung harus memperhatikan beberapa hal berikut.

  • Pengunjung dilarang menginjak tanaman yang ada di dasar kolam.
  • Selanjutnya, pengunjung diharuskan menjaga sikap selama ada di kawasan ini seperti tidak berbuat asusila dan minum minuman beralkohol.
  • Pengunjung wanita dilarang mengenakan bikini saat berenang di kolam.
  • Selain itu, pengunjung harus selalu menjaga kebersihan sumber air dengan tidak buang sampah sembarangan dan tidak buang air kecil di sumber.
  • Agar dapat berfoto dengan leluasa di bawah air, sebaiknya kamu datang pagi-pagi.
  • Akses jalan ke sumber air ini sangat licin dan berlumpur saat musim penghujan. Jadi, kamu harus berhati-hati.
  • Orang tua harus selalu mendampingi anak-anak pada saat berenang, water tubing, maupun naik kereta mini.

Fasilitas

fasilitas Sumber Sirah

Untuk memberikan kenyamanan dan memenuhi kebutuhan seluruh pengunjung, pengelola wisata Sumber Sira menyediakan beragam fasilitas berikut.

  • Sewa ban
  • Kamar Mandi
  • Camping area
  • Water tubing
  • Warung makan
  • Wahana bermain anak
  • Kolam untuk anak
  • ATV
  • Bebek air
  • Jasa fotografi

Jalan Menuju Sumber Sirah

rute menuju Sumber Sirah

Lokasi kolam alami ini nggak terlalu jauh kok dari pusat Kota Malang. Perjalanannya mungkin cuma butuh waktu setengah jam aja.

Biar nggak nyasar, ikuti rute berikut.

  • Dari Surabaya

Kalau dari Surabaya, perjalanan ke wisata air ini butuh waktu 2 jam lewat tol Pandaan-Malang. Kalau kamu nggak bawa kendaraan, kamu bisa naik bus. Sementara itu, kalau kamu landing di Bandara Juanda, sebaiknya kamu pakai jasa travel Juanda Malang murah aja biar lebih praktis.

  • Dari Malang Kota

Kalau perjalananmu start dari Malang Kota, ambil rute ke Kec.Bululawang. Selanjutnya, terus berkendara hingga menemukan pabrik Du Pond Pioneer. Setelah ketemu pertigaan, beloklah ke kanan.

Jalan ke kawasan Sumber Sira cukup sempit dan berkelok. Sesampainya di Ds. Putukrejo, kamu bisa temukan petunjuk jalan untuk ke sumber.

Mengapa Harus Mengunjungi Sumber Sirah

Snorkeling Sumber Sirah

Meski banyak sumber air alami di Malang, Sumber Sira wajib masuk daftar wisata yang harus kamu datangi selama berada di Malang. Sebab, di kolam alami ini, kamu bisa merasakan sensasi snorkeling yang tak bisa kamu temukan di sumber mata air lainnya.

Di samping itu, area wisata ini juga semakin berkembang. Selain snorkeling, kamu juga bisa main water tubing. Anak-anak juga sudah pasti happy bisa naik kereta keliling sawah.

Penutup

Dengan keindahan bawah airnya yang alami dan fasilitas pendukungnya yang komplit, Sumber Sira bisa jadi alternatif wisata keluarga khususnya saat libur sekolah.

Meski lokasi sumber ini cukup dekat dengan kota, sayangnya tidak ada trayek transportasi umum yang lewat area tersebut. Tapi tenang, pengunjung luar kota yang nggak bawa kendaraan bisa sewa mobil Malang dari Nahwa Travel.

Ada beragam pilihan armada yang tersedia. Untuk keluarga kecil, sewa aja Innova Reborn. Sementara itu, untuk rombongan lebih dari 10 orang, kamu bisa sewa Hiace atau Isuzu Elf.

Jadi, tunggu apa lagi segera rencanakan liburan di Sumber Sirah dan segera lakukan reservasi untuk sewa kendaraan di Nahwa Travel. Sehingga, kamu nggak perlu pusing masalah transportasi saat liburan di Malang Raya.