Misteri Sumber Jenon Malang

Misteri Sumber Jenon merupakan salah satu dari sekian banyak sumber air tawar yang ada di wilayah Malang. Kesegaran air dan nuansa alam alamnya menjadi alasan mengapa menjadi objek wisata di Malang dan banyak diminati oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Anda bisa berenang di sumber air ini, menikmati pemandangan alam, ataupun menikmati piknik santai bersama keluarga tercinta. Selain itu, tempat wisata ini penuh dengan cerita dan mitos yang menarik.Anda bisa mengunjungi objek wisata ini dengan paket liburan ke Malang yang disediakan oleh Biro Perjalanan Wisata.

misteri sumber jenon

Asal Usul Sumber Jenon

misteri sumber jenon
misteri sumber jenon

Seperti kebanyakan sumber air dan tempat wisata lainnya,sumber air Jenon ini juga mempunyai  cerita rakyat dan legenda yang terkait. Kisah terbentuknya tempat wisata ini bermula ketika Lantang Grati dan istrinya Irogat melarikan diri dari pertempuran Kerajaan Mataram. Mereka melarikan diri ke hutan dan tinggal di sana untuk mencari nafkah sambil bertani. Sederhananya, musim kemarau telah tiba dan kami kesulitan mendapatkan air untuk mengairi tanaman kami.

Akhirnya, Lantang Grati bersemedi di Gunung Harimau dan menemukan cara untuk mencegah tanamannya mati karena kelangkaan air. Dia duduk di bawah pohon Genu dan mulai bermeditasi, tetapi segera angin kencang bertiup dan merobohkan pohon jenu yang ada disekitarnya.

Dari tempat pohon Jenu tumbang, muncul sumber air yang mengalir membentuk kolam. Sejak saat itu, sumber air ini disebut Sumber Air Jenon. Kolam tersebut memiliki panjang 50 meter, lebar sekitar 30 meter dan kedalaman sekitar 5 meter. Air tawar dari sumber ini dipercaya memiliki berbagai khasiat dan misteri yang menarik perhatian wisatawan.

Hal menarik Misteri Sumber Jenon

Objek wisata ini lebih dari sekedar kolam air mineral di mana Anda hanya dapat menikmati air tawar. Banyak hal menarik yang bisa kamu temukan di Sumber Jenon, ini dia beberapa di antaranya :

1. Pemandangan alam yang indah

SUMBER JENON

Sumber Jenon berada di dalam hutan yang sangat asri karena dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Pohon beringin yang tinggi menutupi sebagian besar genangan air sehingga Anda tidak akan kepanasan saat berenang.

Dari luar kolam, Anda akan melihat pemandangan indah air kolam berwarna biru jernih di samping pepohonan hijau yang berada di sekitarnya. Anda juga bisa menikmati keindahan Sumber Jenon di tengah kolam tanpa basah kuyup.Pengelola dapat menyiapkan rakit dengan kursi dan duduk menikmati pemandangan sekitar. Ada juga jembatan kayu yang selalu menjadi langganan wisatawan untuk berfoto.

Suasana yang damai, sejuk dan asri menjadi alasan wisatawan berkunjung ke objek wisata ini. Jauh dari keramaian dari pusat kota, Anda juga bisa berkerja dengan santai dan serasa tidak ingin pulang  kerumah karena keindahannya.

2. Berenang

misteri
Wisatawan Yang Sedang Bermain Air

Atraksi Sumber Jenon yang tidak boleh terlewatkan  adalah berenang.ini adalah salah satu alasan  wisatawan untuk mengunjunngi destinasi wisata yang satu ini . Melihat segarnya air kolam Sumber Jenon yang sangat mempesona membuat saya tak tertahankan sejenak.Anda bisa berenang bebas di kolam besar atau membasuh diri di air pegunungan yang segar dan menyegarkan. Airnya yang jernih memudahkan untuk melihat pemandangan bawah laut yang terlihat indah saat menyelam.

Jika tidak bisa berenang atau ingin bersantai, Anda bisa menyewa jaket pelampung yang disediakan pengelola. Anda bisa bersantai sambil duduk di atas ban dan menikmati pemandangan sambil refreshing di Sumber Jenon.

3. Menikmati Kuliner

Selain pelampung, pengelola juga menyediakan cafe dan ruang makan untuk pengunjung di tepi kolam renang. Cafe sederhana ini menyajikan aneka masakan Malang dengan harga yang sangat terjangkau. Tempe Mendoan, Nasi Pecel, Mie Goreng, dan Mie Rebus bisa Anda beli di warung ini. Selain itu, minuman panas dan dingin seperti kopi, es teh dan jus jeruk juga siap menghilangkan dahaga setelah  Anda berenang.

Cafe yang menghadap ke kolam renang dan meja kursi di tepinya adalah tempat yang tepat untuk bersantai dan menikmati keindahan kolam renang. Anda juga dapat membawa makan siang sendiri dan makan dalam kelompok.Setelah menikmati makanan lezat di tepi kolam renang, Anda tidak akan merasa lapar atau lelah setelah berenang. Tour Anda juga akan menjadi piknik terbaik yang bisa Anda dapatkan di destinasi wisata ini.

4. Tempat misterius

Sumber Jenon, juga dikenal sebagai tempat suci, penuh dengan misteri. Selalu ada banyak peziarah yang berkunjung untuk tujuan yang berbeda pada satu malam Sulo. Beberapa orang juga  mandi bunga, membersihkan pusaka, dan memancarkan pesona magis Sumber Jenon. Misteri lain yang ada di sini adalah keberadaan Ikan Dewa yang jumlahnya tidak pernah berkurang atau bertambah.

Sejak ditemukannya kolam ini, selalu ada 37 ikan dewa di kawasan wisata ini, dan Anda bisa melihat mereka berenang bebas di kolam tersebut. Misteri paling menakutkan dari tempat ini adalah sepeda motor bawah air yang tidak bisa diangkat dan menghilang secara tiba-tiba.

Nah  jika Anda  dari luar malang dan ingin berlibur ke Sumber Jenong ini,tetapi bingung pesan sewa mobil dimana dan terpercaya?,tenang kami mempunyai sewa mobil paling terpercaya yaitu travel malang surabaya terbaik.

Read more : Keunnikan Ranu Pani Yang Menjadi Minat Wisatawan

Harga Tiket Masuk

Nah untuk harga tiketnya sendiri daripada Sumber Jenon ini tidak membuat dompet Anda menjerit hehe.fasilitas yang didapatkan juga sudah termasuk dengan hanya membayar beberapa ribu rupiah saja.berikut rincian biaya jika masuk ke Sumber Jenon :

– Tiket Masuk                 : Rp.3.000,00

– Sewa Ban                      : Rp.5.000,00

– Naik Rakit                    :  Rp.5.000,00

– Parkir Kendaraan       :  Rp.5.000,00

Note : list harga yang tercantum di atas,dapat berubah-ubah sewaktu-waktu tergantung dari pihak pengelola wisata itu sendiri.Tetapi list harga diatas juga bisa dijadikan patokan untuk pergi ke destinasi wisata yang satu ini.   

Lokasi dan Rute

Sumber Jenon terletak di hutan desa Gunungronggo di Tajinan, Malang. Jaraknya sekitar 18 km dari pusat kota Malang dan memakan waktu sekitar 40 menit.Saat berangkat dari kota Malang, Anda akan melewati tempat wisata lain di Malang seperti Kampung Warna Warni. Anda bisa menggunakan petunjuk arah dari Google Maps untuk mendapatkan rute terbaik menuju objek wisata ini.

Bisa juga dengan bantuan jasa sopir dari travel malang surabaya murah atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mencari transportasi umum atau mengingat jalan menuju Sumber Jenon.

Jam Operasional Sumber Jenon

Objek wisata ini dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Kalau mau berkunjung ke Sumber Jenon.Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah sekitar pukul 14.00 WIB pada siang hari.Untuk mengunjungi Sumber Jenon ini,mimin sarankan jangan sampai pas saat musim hujan,karena akses untuk pergi ke destinasi tersebut sangat licin dan cukup berbahaya.

Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.