Pantai Batu Bengkung Yang Unik Membuat Wisatawan Penasaran

Sejarah Pantai Batu Bengkung
Sejarah Pantai Batu Bengkung

Sejarah Pantai Batu Bengkung adalah merupakan salah satu dari belasan pantai yang menjadi tempat wisata paling populer di Malang. Daya tarik yang tersedia di pantai ini cukup unik dan berbeda dengan pantai lainnya di Malang. Pantai ini masih asri dan sepi, sehingga sangat aman dari pencemaran limbah. Tempat ini mungkin bisa menjadi pilihan tepat bagi anda yang ingin liburanan tenang jauh dari keramaian. Anda bisa mengunjungi Pantai Batu Bengkung menggunakan paket Travel Juanda Malang yang ditawarkan oleh Biro Perjalanan Wisata.

Pantai Batu Bengkung

Hal yang membedakan pantai ini dengan pantai lainnya adalah pantai di kiri dan kanannya. Terdapat pantai yang menghadap ke barat dan selatan sehingga membuat pantai ini seperti dua pantai yang berbeda. Seperti kebanyakan pantai di selatan Jawa, pada umumnya ombak di pantai ini sangat kuat dan besar. Jadi ini lumayan cukup berbahaya jika terlalu jauh dari darat dan ombak yang bergulung ke arah laut.

Baca juga : The Onsen Resort Japanese Malang

Tetapi disini ada terumbu karang yang unik, Disini anda bisa bermain air di bawah pengawasan tim SAR. Karang di sisi selatan pantai Batu Bengkung tampak membentuk seperti benteng sehingga gelombang yang masuk dapat ditahan sementara di pinggiran. Air laut yang tertahan ini kemudian membentuk kolam yang biasa digunakan wisatawan untuk berenang. Di sekitar pantai ini juga terdapat bukit karang yang besar sehingga bentuknya hampir menyerupai pulau ditambah pepohonan yang tumbuh di atasnya.

Nama Pantai Batu Bengkung diambil dari bentuk pantainya yang unik. Pantai ini terbentuk dari batu karang besar menyerupai tampak seperti perut yang dilipat atau diikat menggunakan stagen. Sehingga pantai ini terlihat ramping seperti perut wanita yang diikat oleh sebuah mimbar setelah selesai melahirkan. Keunikan inilah yang membuat pantai ini sangat menarik untuk dikunjungi di Malang.

Sejarah Pantai Batu Bengkung
Sejarah Pantai Batu Bengkung

Aktivitas Seru Pantai Batu Bengkung

Ada banyak cara untuk menikmati keindahan Pantai Batu Bengkung, mulai dari berenang, bermain pasir, hingga wisata kuliner Malang. Berikut beberapa aktivitas seru yang bisa anda coba saat berada di pantai ini.

Menikmati Pantai Batu Bengkung

Pesona keindahan pantai ini tidak kalah dengan pantai malang lainnya. Hamparan pasir putih dengan ombak yang jernih menjadi pemandangan yang sangat indah untuk anda nikmati. Satu-satunya yang unik disini adalah keberadaan dinding karang dan ada dua pemandangan pantai yang bisa dinikmati secara bersamaan. Dinding karang ini terlihat sangat indah ketika menjadi pemecah gelombang alami dari deburan ombak yang besar.

Di sekitar pantai ini anda juga bisa melihat pepohonan hijau yang tumbuh di sekeliling pantai dan bebatuan besar. Kehadiran pepohonan tersebut semakin menambah pesona indahnya suasana pantai Batu Bengkung sehingga menjadi tempat yang nyaman untuk dilihat. Perpaduan warna kuning, putih, biru dan hijau membuat pemandangan pantai menjadi sangat eksotis dan menawan. Bagi anda yang ingin merasakan pantai yang bersih, asri dan tidak terlalu ramai disarankan untuk datang mengunjungi pantai ini.

Berenang Di Kolam Alami

Meski memiliki ombak yang besar, Pantai Batu Bengkung relatif aman bagi wisatawan untuk berenang. Karena hal ini berkat bantuan bebatuan yang membentuk dinding sehingga menahan gelombang ombak yang masuk. Sebuah kolam alami yang dalamnya sekitar 1,5 meter terbentuk dari dinding karang menjadikan tempat ini bagi wisatawan untuk berenang. Kolam alami ini membentang di sepanjang pantai selatan, sehingga anda bisa puas berenang dari satu sisi ke sisi lainnya.

Baca juga : Pesona Keindahan Pantai Tamban Malang

Namun, untuk menikmati kolam alami, Anda harus menunggu air pasang untuk mengisi cekungan kolam. Karena saat air laut surut, air di kolam juga ikut menyusut dan menghilang. Saat berenang, jangan lupa juga untuk berhati-hati dan menghormati protokol keselamatan petugas yang bertugas. Kondisi alam yang tidak bisa diprediksi bisa berbahaya jika anda tidak berhati-hati pada saat bermain air.

Sunset Pantai Batu Bengkung

Anda juga bisa menggunakan salah satu sisi pantai Batu Bengkung untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam atau biasa disebut sunset. Pantai yang menghadap ke barat menawarkan pemandangan matahari terbenam dengan jelas tanpa ada halangan. Anda bisa menikmati momen sunset yang begitu indah dengan duduk santai dan menikmati makanan bersama teman atau keluarga. Suasana langit senja di Pantai ini menjadi momen yang indah selalu dinantikan oleh para wisatawan. Anda bisa mengambil gambar kamera untuk mengabadikan momen yang indah ini sampai langit mulai menggelap. Pemandangan matahari terbenam yang begitu indah di pantai Batu Bengkung bisa menjadi pemandangan terbaik dan foto terindah yang anda miliki pada saat berlibur kesini.

Bukit Karang

Apabila bosan bermain air dan bermain pasir di pinggir pantai, cobalah anda mendaki ke bukit karang di Pantai Batu Bengkung. Dari atas bukit karang ini anda bisa dengan jelas melihat keindahan pemandangan pantai dan lautan luas di depannya. Bukit ini selalu menjadi tempat favorit para wisatawan untuk berfoto karena memiliki latar belakang yang indah. Untuk sampai ke puncak bukit ini harus dilewati melalui jalan kecil yang di pinggirnya ada bantuan tali pengaman yang sudah terpasang. Meski terkesan sulit pasti akan terbayarkan dengan pemandangan yang terlihat dari atas bukit sehingga dapat menginspirasi wisatawan untuk terus berjalan. Namun perlu ingat untuk selalu berhati-hati agar tidak terpeleset dan jatuh.

Berkemah

Anda juga bisa melakukan aktivitas santai seperti camping di Pantai Batu Bengkung. Berkemah seringkali menjadi pilihan bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan malam lebih lama. Setelah melihat matahari terbenam, suasana malam yang damai sangat cocok untuk menyalakan api unggun dan bernyanyi bersama untuk menghabiskan waktu. Ditemani oleh bulan dan bintang, menambah suasana tenang di pantai ini menjadi santai. Namun untuk berkemah anda perlu menyiapkan perlengkapan camping dan perlengkapan rumah. Karena disini masih belum ada tempat persewaan yang tersedia di sekitar pantai yang bisa anda manfaatkan untuk disewa.

Baca juga : Sky Park Malang

Wisata Kuliner

Berlibur ke pantai Batu Bengkung tentunya lebih lengkap jika anda menyukai makanan khas Malang yang tersedia di pantai ini. Di sini anda bisa menikmati berbagai menu olahan ikan, mulai dari udang, kepiting, dan ikan laut yang masih segar. Menu-menu seperti kepiting saus pedas dan ikan asam manis menjadi menu favorit yang wajib anda coba pada saat berkunjung. Harganya pun cukup terjangkau murah dengan rasa yang tidak kalah di tempat makan pusat kota. Di pinggiran pantai ini juga terdapat toko-toko yang menjual berbagai oleh-oleh khas Malang yang bisa anda bawa pulang. Liburan anda di Pantai Batu Bengkung akan terasa sempurna bila sambil berbelanja.

Harga Tiket

Untuk memasuki kawasan Pantai Batu Bengkung tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Tiket masuk pantai ini sangat terjangkau murah, untuk lebih jelasnya silahkan lihat harga tarif dibawah ini :

Tiket Masuk Rp.10.000.00

Parkir Motor Rp.5.000.00

Parkir Mobil Rp.10.000.00

Harga yang tercantum dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola. Namun, daftar ini bisa anda gunakan sebagai bahan persiapan dan perkiraan biaya sebelum berlibur ke pantai ini. Anda bisa mendapat kemudahan mengunjungi tempat wisata Malang lainnya hanya dengan paket Travel Juanda Malang Murah dari Biro Perjalanan Wisata. Dengan paket ini anda bisa menghemat banyak uang, waktu dan tenaga selama liburan karena semuanya sudah disiapkan oleh pihak agensi.

Lokasi dan Rute Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung terletak di Jalur Lintas Selatan, RT.42/RW.05, Hutan, Desa Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, Malang. Lokasinya tidak terlalu jauh dari banyak pantai terkenal lainnya seperti Pantai Bajul Mati dan Pantai Goa Cina. Jaraknya kurang lebih 64km dari pusat kota Malang dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam dengan menggunakan mobil. Anda juga bisa mendapatkan rute terbaik ke pantai ini dengan menggunakan Google Maps yang akan menunjukkan jalan dari titik awal anda berada. Anda juga bisa menggunakan jasa sopir rental atau biro perjalanan yang siap mengantar anda langsung ke tempat tujuan. Dengan cara ini anda tidak perlu khawatir harus pergi ke arah mana untuk mengunjungi Pantai Batu Bengkung.

Jam Operasional Pantai Batu Bengkung

Anda bisa menikmati Pantai Batu Bengkung dengan bebas karena wisata ini buka selama 24 jam sehari. Saya menyarankan ada beberapa waktu yang bisa anda pilih untuk berkunjung ke tempat ini, seperti sore hari. Karena sore hari matahari tidak terlalu panas sehingga anda bisa puas berjalan-jalan dan bermain air di pinggir pantai. Anda juga bisa menikmati momen indah sunset ini di pinggir pantai tanpa harus menunggu lama dan kepanasan. Pastikan juga datang saat musim kemarau agar terhindar dari cuaca mendung dan hujan. Dengan begitu anda bisa beraktivitas dan menghabiskan waktu liburan di pantai ini dengan keluarga maupun teman.

Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.