Mengunjungi Surga Tersembunyi Pulau Sempu Malang

Pulau Sempu Malang – Halo guys, apa kabar kalian semua? Semoga semua baik-baik aja ya. Nah kali ini mimin akan membahas surga tersembunyi yang ada di Kota Malang. Tanpa perlu berlama-lama langsung saja ke pembahasan kita.

Pulau Sempu Malang merupakan sebuah wisata tersembunyi yang menjadi wisata favorit yang tentunya terletak di Kota Malang. Karena kawasan atau daerah wisata ini dilindungi, tidak semua orang bisa berkunjung ke tempat ini sembarangan. Dengan adanya panorama yang sangat indah tidak heran banyak wisatawan-wisatawan ingin mencoba berkunjung kesana. Selain dengan panoramanya, disana terdapat danau yang berada tepat di tengah-tengah pulau dan di kelilingi tebing-tebing.

Pulau Sempu Malang

Baca juga : The Autenthic Malang Tempo Doeloe

Jika pengunjung ingin berkunjung ke pulau ini, para pengunjung di haruskan untuk meminta izin terlebih dahulu ke pihak-pihak yang berwenang. Setelah mendapat izin, pengunjung dapat menikmati keindahan pulau sempu dan menginap namun harus tetap memperhatikan kebersihan dan selalu patuhi peraturan yang ada di daerah Pulau Sempu. Dan berikut mimin rangkum penjelasan lokasi dan lain sebagainya dari Pulau Sempu Malang ini.

Lokasi Pulau Sempu

Berlokasi di Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Dan dengan luas yang lebih dari 800 hektar, pulau ini di kelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur. Jika pengunjung ingin mencapai lokasi danau, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 2 km dengan melewati hutan yang hijau nan lebat. Sepanjang perjalanan, pengunjung akan tidak asing dengan pohon-pohon yang tumbang selama berjalan menuju bibir danau. Di hutan yang dilewati tersebut terdapat tumbuhan-tumbuhan seperti bendo, ketapang, wadang, triwulan, dan masih banyak lagi.

Pulau Sempu ini terletak di Pantai Sendang Biru dan tempat ini juga merupakan tempat pelelangan ikan di Malang selatan, Jawa Timur. Dengan jarak kurang lebih 70 km dari Kota Malang, sangat disarankan bagi pengunjung untuk membawa kendaraan sendiri, terutama kendaraan roda empat.

Dan untuk sampai ke Pulau Sempu, pengunjung harus menyewa perahu boat. Dan pengunjung tidak perlu khawatir jika pengunjung ingin dijemput, pengemudi perahu boat biasanya akan memberikan nomor  kontaknya dan pengunjung hanya perlu untuk menghubunginya.

Baca juga : Wisata Alam Puncak Bundu

Tiket Masuk Dan Tarif Perahu

Tiket masuk ke Pantai Sendang Biru sangatlah terjangkau, hanya dengan bermodalkan Rp 5000/orang pengunjung sudah dapat memasuki Pantai Sendang Biru. Sedangkan Tarif masuk ke Pulau Sempu yakni Rp 20000. Dan tarif untuk menyewa perahu menuju Pulau Sempu yaitu Rp 100.000/orang.

Perahu yang digunakan dapat menampung 10 orang. Lebih di sarankan jika  ingin ke pulau sempu ini sebaiknya rombongan agar supaya biaya dihitung per keberangkatan.

Sewa Perahu Pulau Sempu

Baca juga : Monumen Bersejarah Kota Malang Paling Ikonik

Akomodasi Pulau Sempu

Jika ingin bermalam di Pulau Sempu, biaya yang di keluarkan hanya Rp 20.000/orang, sedangkan untuk biaya parkir kendaraan ialah Rp 5000/malam. Disana tidak terdapat penginapan, namun beberapa di antara rumah penduduk setempat menyewakan rumahnya sebagai penginapan. Dan tarif yang di kenakan mencapai Rp 100.000.

Jika ingin menginap, disarankan untuk membawa kebutuhan logistik seperti jas hutan, carrier, tenda dome, dan barang yang diperlukan lainnya. Dan jangan lupa untuk menyediakan kantong plastik, ini berfungsi sebagai tempat sampah agar Pulau Sempu tetap bersih dan terjaga kelestariannya.

Baca juga : Agrowisata Kebun Teh Wonosari Lawang Malang

Aktifitas Di Pulau Sempu

Aktifitas seru yang dapat pengunjung lakukan ialah berenang di laguna dengan luas kurang lebih 4 hektar dan air yang sangat tenang. Tidak hanya itu, Lumba-lumba biasanya muncul di tengah laut selatan sembari pengunjung beristirahat, pengunjung juga bisa berkemah atau camping, memancing, dan juga bisa berkeliling pulau dengan menyewa perahu setempat.

Area Pulau Sempu

Tidak hanya itu, terdapat tempat menarik yang ada di Pulau Sempu, yaitu Telaga lele, Pantai waru-waru, Pantai pasir panjang, Tiger cave, Pantai fresh water, dan Pantai Pasir Kembar.

Jadi itu tadi pembahasan singkat kita mengenai Pulau Sempu Malang. Semoga dengan adanya artikel ini bermanfaat terutama buat para pengunjung yang ingin mencoba berkunjung ke Pulau Sempu Malang ini. Sampai Jumpa pada kesempatan berikutnya guys…

Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.