10 Rekomendasi Gunung di Malang, Jam Buka, & Lokasi

Malang, dengan keindahan alamnya, menjadi surganya para pecinta petualangan. Terhampar di antara perbukitan yang megah, Malang mempersembahkan pengalaman mendaki gunung di Malang yang tak terlupakan.

Dari puncak-puncak yang menawarkan panorama luar biasa hingga jalur-jalur trekking yang menantang, artikel ini akan memberi kamu rekomendasi gunung-gunung di Malang.

Berikut adalah 10 gunung di Malang yang menawarkan pengalaman mendaki yang luar biasa:

1. Gunung Bromo

Gunung Bromo

Tiket Masuk Wisawatawan Asing

– Hari libur dan juga weekend Rp320.000

– Weekday Rp220.000

Wisatawan Lokal

– Hari libur dan juga weekend Rp29.000

– Weekday Rp34.000

No telepon
Situs resmi
Maps Silakan klik Google Maps
Waktu operasional 24 jam
Keseruan Video TikTok Silakan klik Gunung Bromo

Terkenal dengan pemandangan kawah yang megah, Gunung Bromo menawarkan pengalaman sunrise yang tak terlupakan. Bromo dengan kawah megahnya, cocok untuk pecinta sunrise dan juga fotografi alam. Di sana kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas lain, seperti, camping, bersepeda, ataupun trekking.

Dari Malang, perjalanan ke Gunung Bromo membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Kamu bisa mencari penginapan di dekat Bromo dan berangkat pada malam hari jika ingin melihat sunrise.

Baca Juga: Gunung Bromo

2. Gunung Semeru

Gunung Semeru

Tiket Masuk Wisawatawan Asing

– Hari libur dan juga weekend Rp310.000

– Weekday Rp210.000

Wisatawan Lokal

– Hari libur dan juga weekend Rp24.000

– Weekday Rp19.000

No telepon
Situs resmi
Maps Silakan klik Google Maps
Waktu operasional 24 jam
Keseruan Video TikTok Silakan klik Gunung Semeru

Tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 mdpl, Gunung Semeru menjadi pilihan yang tepat bagi pendaki berpengalaman yang mencari tantangan. Treknya memang terkenal sulit, akan tetapi sudah ada banyak pendaki yang mencapai puncaknya.

Buat kamu yang belum punya pengalaman mendaki, kamu juga tetap bisa mengunjungi Semeru. Ada banyak objek wisata menakjubkan yang dapat dinikmati di sekitar kaki gunung ini. Seperti misalnya Ranu Kumbolo, Ranu Pani Elok, Tanjakan Cinta, Oro-Oro Ombo, dan masih banyak lagi.

Disarankan mendaki Semeru selama musim kering untuk menghindari hujan dan juga menikmati pemandangan indah gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Baca Juga: Gunung Semeru

3. Gunung Arjuno

Gunung di Jawa Timur

Tiket Masuk Wisawatawan Asing

– Rp201.000

Wisatawan Lokal

– Hari libur dan juga Weekend Rp16.000

– Weekday Rp11.000

No telepon
Situs resmi
Maps Silakan klik Google Maps
Waktu operasional 07.00-17.00 WIB
Keseruan Video TikTok Silakan klik Gunung Arjuno

Terletak berdampingan dengan Semeru, Arjuno juga menawarkan trekking yang menantang. Meski begitu, Arjuno tetap cocok untuk pendaki pemula yang ingin mencoba tantangan lebih. Jika masuk melalui jalur Batu, kamu akan membutuhkan waktu 10 jam untuk bisa sampai ke puncak.

Puncak salah satu gunung di Jawa Timur ini pada sore hari memberikan pemandangan matahari terbenam yang memukau. Jadi, kamu bisa atur waktu kedatangannya agar bisa sampai sana di sore hari.

Baca Juga: Gunung Arjuno

4. Gunung Panderman

Gunung Panderman

Tiket Masuk Rp7.000 per orang
No telepon
Situs resmi
Maps Silakan klik Google Maps
Waktu operasional 24 jam
Keseruan Video TikTok Silakan klik Gunung Panderman

Gunung Panderman lebih ramah bagi pendaki pemula dan juga keluarga. Hanya membutuhkan waktu 3-4 jam untuk bisa mencapai puncak Panderman.

Panderman sangat cocok untuk menikmati sunset. Ada sebuah spot cantik sebelum mencapai puncak yang oleh fotografer seringkali dijadikan tempat favorit. Spot ini bersebelahan dengan jurang di mana pengunjung dapat melihat panorama gunung dan pemandangan Kota Batu.

Jika kamu berniat ke sana, sebaiknya jangan ke sana saat musim hujan. Sebab, jalur pendakian akan licin saat terkena hujan.

5. Gunung Kawi

Gunung di Indonesia

Tiket Masuk Rp3.000 per orang
No telepon
Situs resmi
Maps Silakan klik Google Maps
Waktu operasional 24 jam
Keseruan Video TikTok Silakan klik Gunung Kawi

Bagi pecinta sejarah dan juga alam, Gunung Kawi adalah destinasi yang tepat. Terkenal dengan situs-situs purbakala, gunung di Indonesia ini menghadirkan petualangan sejarah dan juga alam dalam satu paket.

Waktu terbaik untuk mengunjungi gunung ini yaitu saat pagi dan sore hari. Karena Gunung Kawi adalah tempat wisata mistis di mana masih banyak terdapat misteri petilasan dan pesugihan, maka dilarang untuk berkata kasar atau bahkan menyembah berhala.

6. Gunung Butak

Gunung Malang

Tiket Masuk – Biaya untuk keperluan registrasi Rp15.000

– Ojek tiap pos Rp50.000

No telepon
Situs resmi
Maps Silakan klik Google Maps
Waktu operasional 24 jam
Keseruan Video TikTok Silakan klik Gunung Butak

Terletak di kawasan Selecta, Butak memberikan trekking ringan dan di sekitarnya ada kebun apel yang menyejukkan. Dengan trekking yang lebih ringan, gunung Malang ini cocok untuk pendaki pemula.

Momen terbaik di Gunung Butak adalah saat musim panen. Di sana kamu dapat merasakan kesegaran dan juga keunikan memetik apel langsung dari pohonnya.

Baca Juga: Gunung Butak

7. Gunung Kelud

Gunung Jawa Timur

Tiket Masuk – Tiket masuk Rp10.000

– Biaya pendakian Rp20.000

No telepon
Situs resmi
Maps Silakan klik Google Maps
Waktu operasional 06.00-23.00 WIB
Keseruan Video TikTok Silakan klik Gunung Kelud

Sejak dibuka sebagai kawasan wisata pada tahun 2004, Gunung Jawa Timur kini bisa memiliki akses yang mudah dan bisa terakses siapa pun, bahkan selain pendaki. Karena di sana sudah tersedia jalan beraspal dan tangga-tangga semen.

Di sana, pengunjung juga bisa melakukan beberapa kegiatan lain, seperti flying fox atau panjat tebing. Di puncak Kelud, kamu juga bisa melihat kawah yang bisa berganti warna saat terkena cahaya matahari.

Waktu terbaik menuju ke sana yaitu saat pagi hari di mana masih ada kabut tipis dan udara masih sejuk.

Baca Juga: Gunung Kelud

8. Gunung Welirang

Gunung di Malang

Tiket Masuk Rp10.000-Rp200.000
No telepon
Situs resmi
Maps Silakan klik Google Maps
Waktu operasional 24 jam, pelayanan maksimal pukul 19.00 WIB
Keseruan Video TikTok Silakan klik Gunung Welirang

Gunung di Batu Malang ini menjadi destinasi ideal bagi para petualang. Sebaiknya datang ke sana saat cuaca cerah, karena dengan begitu, kamu bisa melihat dengan jelas pemandangan puncak Welirang dan air terjun Lemahbang dan Tutukan Sendi.

Kamu juga bisa camping di area camping ground. Jika tidak memiliki tenda, di sana juga tersedia penyewaan tenda yang bisa kamu pinjam di beberapa titik.

Baca Juga: Gunung Welirang

9. Gunung Anjasmoro

Gunung di Malang

Tiket Masuk Rp5.000
No telepon
Situs resmi
Maps Silakan klik Google Maps
Waktu operasional 24 jam
Keseruan Video TikTok Silakan klik Gunung Anjasmoro

Berbeda dengan gunung yang lain, Gunung Anjasmoro terbilang masih perawan dan alami. Di sekitar gunung, bahkan kamu masih bisa melihat hutan rimba dengan banyaknya pepohonan yang masih lebat.

Gunung Anjasmoro memiliki trekking yang menantang. Ada banyak tanjakan curam yang akan kamu temukan di sepanjang jalur pendakian. Ini sangat cocok untuk pendaki berpengalaman yang suka dengan tantangan.

10. Gunung Widodaren

Gunung di Malang

Tiket Masuk Weekend dan hari libur Rp34.000

Weekday Rp29.000

No telepon
Situs resmi
Maps Silakan klik Google Maps
Waktu operasional 24 jam
Keseruan Video TikTok Silakan klik Gunung Widodaren

Gunung Widodaren ini tidak setinggi beberapa gunung di Malang, sehingga cocok untuk pendaki pemula. Suasana di sana juga masih hening, jadi bisa kamu jadikan sebagai tempat healing dan menenangkan pikiran.

Waktu terbaik untuk berkunjung di sana yaitu di pagi hari saat matahari terbit. Pada waktu ini, kamu tidak hanya bisa melihat sunrise saja, tetapi juga bisa melihat Gunung Bromo dari spot terbaik. Jadi, perhitungkan waktu keberangkatan sebaik mungkin agar saat sampai di sana tepat ketika matahari terbit.

Malang dikelilingi oleh banyak gunung dengan berbagai tipe. Kalau kamu masih pemula, kamu bisa memilih Gunung Panderman, Butak, dan juga juga Gunung Widodaren yang memiliki trek lebih mudah.

Sementara itu, jika ingin trek yang lebih menantang, kamu bisa pilih Gunung Anjasmoro dan Semeru. Bisa juga memilih Gunung Welirang yang memberikan kombinasi trekking menantang dan juga pemandangan indah.

Sebelum memulai petualangan, pastikan untuk memahami tingkat kesulitan setiap gunung dan juga persiapkan diri dengan baik. Untuk menuju ke lokasi pendakian, sebaiknya gunakan sewa mobil Malang dari Nahwa Travel agar kondisi badan juga fit dan juga tidak lelah di perjalanan.