Asal – Usul gunung arjuno di Jawa Timur

asal usul gunung arjuno
asal usul gunung arjuno

hallo guys apa kabar nih,mimin harap kalian selalu baik baik saja yah,oh iya pada kesempatan kali ini mimin akan membahas sedikit mengenai gunung loh guys

Gunung memang selalu memberikan kesan tersendiri bagi para pendaki yang mendatangi gunung tersebut. terkhususnya di jawa timur ada banyak sekali gunung yang tentunya dapat kalian kunjungi,dan yang akan mimin bahas untuk bisa menambah sedikit wawasan dan informasi kalian yakni Gunung Arjuno yang memiliki ketinggian mencapai 3339 MDPL…

Gunung ini sangat populer terutama bagi para pendaki di pulau Jawa. Pesona keindahan yang ditawarkannya  tidak kalah menarik dengan tempat wisata lainnya  yang ada di Malang jawa timur.

kalian dapat menemukan banyak hal menarik di Gunung Arjuno mulai dari pemandangan alam dan sejarah hingga teka-teki. Pengalaman mengunjungi gunung ini akan menjadi pengalaman liburan dan pendakian yang tak terlupakan.

kalian bisa mengunjungi gunung ini atau tempat wisata di Malang lainnya dengan promo paket wisata yang ditawarkan oleh biro perjalanan. Namun sebelum itu, mari kita lihat dulu hal-hal seru yang menanti kalian di Gunung ini:

Sekilas tentang Gunung Arjuno

Gunung Arjuno adalah gunung berapi yang tidak aktif. Letusan terakhir gunung ini terjadi pada tahun 1952 dan sejak itu tidak terlihat aktivitas vulkanik.

Ketinggian gunung ini mencapai lebih dari 3000 meter atau lebih tepatnya 3.339 meter di atas permukaan laut. Ketinggian ini menjadikannya gunung tertinggi kedua di Jawa Timur setelah Gunung Semeru dan gunung tertinggi keempat di pulau Jawa.

Puncak gunung ini masih berada di punggung yang sama dengan Gunung Welirang, sehingga banyak pendaki yang menyebut gunung ini sebagai Gunung Arjuno-Welirang. Selain Gunung Welirang, gunung ini juga dekat dengan Gunung Kembar I dan Gunung Kembar II.

Ada banyak jalur pendakian yang bisa kalian pilih jika ingin mendaki puncak, seperti Jalur Tretes, Purwosari, Selecta, dan Lawang. Masing-masing jalur ini memiliki pesona wisata dan keindahan alam yang menarik untuk dijelajahi.

kalian dapat menemukan banyak candi, cerita misteri dan sejarah saat mendaki Gunung Arjuno. Tentu saja, pemandangan indah dari puncak Gunung Arjuno menjadi pelengkap sempurna perjalanan kalian.

Banyak Hal Yang Menarik Yang Dapat kalian dapatkan ketika berkunjung ke Gunung Arjuno ini Seperti…

Nikmati pemandangannya

Bentang alam Gunung Arjuno menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian besar pendaki yang berkunjung ke gunung ini. Peternakan penduduk di lereng gunung, hutan pinus lebat dan sabana hijau adalah suguhan panorama alam yang akan kalian temukan.

Setiap titik pendakian yang kalian lewati menawarkan keindahan alam yang benar-benar menakjubkan yang sayang untuk dilewatkan. Pada sore hari, kalian dapat melihat langit berubah menjadi jingga dan perlahan menjadi gelap dengan cara yang sangat ajaib.

Daerah pegunungan tanpa polusi udara membuat langit terlihat sangat cerah dengan bintang-bintang di langit. Di pagi hari, lautan awan menjadi pemandangan yang indah, disertai dengan munculnya sinar matahari yang hangat.

Setiap lanskap terlihat lebih sempurna dari puncak tertinggi gunung ini. Rumah-rumah kecil, perbukitan pegunungan yang kokoh, dan hijaunya alam dari ketinggian adalah pemandangan yang sulit untuk dilupakan.

asal usul gunung arjuno

Seberangi jalur pendakian menuju puncak

Untuk menuju puncak gunung ini, ada beberapa jalur yang bisa kalian pilih. Ada tidak kurang dari 9 jalur pendakian yang bisa dipilih, lima di antaranya bukan jalur biasa.

Dari semua jalur pendakian yang ada, pendakian melalui Lawang dan Purwosari adalah yang paling banyak dipilih. Berikut adalah deskripsi singkat dari masing-masing jalur pendakian tersebut:

Gunung Arjuno via Lawang

Wisatawan sering memilih mendaki Gunung Arjuno melalui Lawang karena waktu tempuh menuju puncak relatif lebih singkat. Dari basecamp menuju puncak Ogal Agil Gunung Arjuno hanya membutuhkan waktu sekitar 9,5 jam.

Jalur ini terkenal memiliki beberapa lereng yang landai, dari awal hingga akhir hingga puncaknya seringkali menurun. Lereng hanya dapat ditemukan di lokasi pendakian dan peristirahatan, itulah sebabnya jalur ini sering dilalui oleh pendaki berpengalaman.

Selama perjalanan, kalian akan melewati empat pos sebelum puncak dengan bumi perkemahan di Pos 3 dan Pos 4. Untuk sumber air, kalian dapat menemukan di dekat Pos 2 atau Pos Linging yang memiliki pemandangan padang rumput yang indah.

Setelah dari pos  4, kalian akan melewati hutan Cemoro Sewu Lali Jiwo yang terkenal angker. Hal ini dikarenakan banyak pendaki yang lupa dengan rute yang mereka tempuh selama berada di Lali Jiwo.

Kemudian, jalan terbuka dari batas vegetasi mulai muncul menuju bagian atas Ogal-Agil. Batas vegetasi juga menjadi titik temu jalur pendakian gunung Arjuno melalui Purwosari

Gunung Arjuno via Purwosari

Jalur pejalan kaki melalui Purwosari ini terkenal dengan kesan magis dan sakral yang dibuat di sepanjang jalur tersebut. Ada banyak situs keramat yang bisa kalian temukan dari pos 1 hingga pos 6 yang semuanya berhubungan dengan wayang.

Ketika menghitung total waktu perjalanan dari alamat 1 ke alamat 7 dan puncak, waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 13 jam lagi. Meski panjang, kalian akan menemukan banyak tempat peristirahatan yang nyaman.

Jalur ini sering digunakan untuk peziarah sehingga pengunjung tidak pernah meninggalkannya. Selain itu, ada banyak sumber air yang dapat ditemukan di publikasi 2 sampai 5, seperti Sendang Dewi Kunti.

Tempat terbaik untuk mendirikan tenda adalah di pos 5 Mangkutoromo dan juga setelah 7 Jawa Dwipa. Selain tanah yang landai, jalur jalan kaki setelah kedua kaki lebih berat dan membutuhkan tenaga tambahan untuk melewatinya.

Dari posisi 7 menuju puncak Gunung Ugal-Agil, dibutuhkan waktu minimal 4 jam untuk melintasi batas vegetasi di plawangan. Titik ini juga merupakan persimpangan dengan jalur pejalan kaki melalui Lawang menuju puncak Arjuno.

Nah Guys Untuk Biaya masuk juga ke gunung Arjuno tidak begitu mahal loh

nih mimin kasih tahu daftar nya yah

Pengunjung Lokal Weekdays Rp11.000,00
Pengunjung Lokal Weekends Rp16.000,00
Pengunjung Mancanegara Rp201.000,00
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

oh iya guys untuk harga yang tertera di atas sewaktu waktu juga dapat berubah yah guys tergantung dari pihak yang  mengelola tempat tersebut.

Lokasi dan jalan menuju Gunung Arjuno

Ada banyak pilihan rute menuju Gunung Arjuno yang bisa ditempuh, seperti Tretes, Tambaksari, Lawang, Semper Brantas, Gunung Pundak dan Watu Jahe. kalian dapat memilih rute pendakian yang akan diambil saat memesan pendakian kalian secara online.

untuk mempermudah perjalanan kalian mimin sarankan untuk menggunakan jasa perjalanan

Jam kerja Gunung Arjuno

kalian dapat menikmati Gunung Arjuno 24 jam sehari karena tidak ada batasan jam buka dan tutup. Ini hanya untuk memesan pendakian, ada waktu layanan yang harus diikuti, jadi cobalah untuk memesan terlebih dahulu.

Waktu terbaik untuk memulai pendakian bisa dimulai pada pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB atau sore hari pukul 18.00 WIB. kalian dapat memutuskan semuanya sendiri dengan grup kalian tergantung pada pertimbangan pribadi kalian.

Gimana guys tertarik kan untuk mencoba mendaki gunung arjuno ini, oh iya untuk kalian yang bingung untuk bisa sampai ke gunung arjuno caranya bagaimana,mimin ada solusinya nih agar kalian bisa sampai ke gunung arjuno.

Kalian bisa menggunakan jasa dari travel Malang Surabaya Murah yang tentunya dapat mempermudah perjalanan kalian untuk sampai ke kaki gunung arjuno.

tak hanya itu Travel surabaya malang terbaik ini juga menyediakan beberapa paket wisata yang terdapat di daerah malang jawa timur dan juga menyediakan pengantaran bandara dan penjemputan juga loh guys, gimana guys? tentunya perjalanan berlibur kalian dapat diatasi dengan mudah kan? hehe

oh iya guys mungkin sampai disini dulu yah sedikit informasi yang dapat mimin sampaikan,semoga bermanfaat babayy…

Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.