9 Candi di Malang – Sejarah dan Mitosnya Terlengkap

Candi di Malang – Kawasan Malang raya banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai pusat pendidikan dan pusat wisata. Namun banyak yang belum tahu kalau di Malang terdapat berbagai macam candi yang juga terdapat di Malang raya.

Hal ini tidak dapat dipungkiri bahwa dahulu Malang merupakan pusat pemerintahan kerajaan Singosari. Kerajaan Singosari sendiri merupakan kerajaan pecahan Kediri yang didirikan oleh Ken Arok pada tahun 1222 M. Kerajaan Singasari sendiri merupakan kerajaan Hindu dan ini juga mempengaruhi arsitektur candi pada saat itu.

Wisata Candi di Malang

Bagi anda yang menyukai kegiatan wisata sejarah, sangat cocok apabila memasukkan wisata candi di Malang sebagai list liburan anda berikutnya. Kami editor NahwaTravel memasukkan 9 candi di yang dapat anda kunjungi ketika di Malang, Jawa Timur :

1. Candi Singosari Malang

candi di malang
Foto : @izzatul_awwalia

Candi Singosari merupakan salah satu candi terkenal di Malang bahkan Jawa Timur. Nama candi inipun juga sama dengan nama lokasi yakni Singosari. Ini merupakan candi perpaduan Hindu-Budha dan dibangun sekitar abad ke 12. Candi Singasari di dedikasikan pembangunannya kepada raja terakhir Kerajaan Singasari, Kertanegara dimana beliau tewas dalam serangan yang dilakukan oleh tentara Gelang gelang pimpinan Jayakatwang. Di sekitar Candi terdapat berbagai arca Hindu namun anehnya candi dibangun dengan perbaduan Hindu-Budha. Ini merupakan 2 agama besar saat itu di Kerajaan Singasari.

Lokasi Candi Singosari sendiri sekitar 10km dari pusat kota Malang ke arah Surabaya. Tepatnya di desa Candirenggo, Kecamatan Singosari Kabupaten malang.

2. Candi Kidal Malang

candi di malang
foto : @indragusw

Berikutnya adalah candi Kidal, candi ini juga merupakan candi peninggalan kerajaan Singosari. Juga memiliki corak sama seperti Candi Singosari yakni bercorak Hindu-Budha dan juga dibangung pada abad ke 12.

Pembangunan candi Kidal merupakan sebuah penghormatan terhadap raja Anusapati. Dimana beliau memimpin Singosari selama 2 dekade sekitar 1227-1248 M. Raja Anusapati sendiri juga meninggal karena dibunuh oleh Panji Tohjaya. Karena menganggap dia lebih berjasa besar terhadap perkembangan kerajaan pada waktu itu.

Candi Kidal biasanya dikunjungi oleh wisatawan yang pulang dari Gunung Bromo dimana candi ini ada di desa Rejokidal Kecamatan Tumpang Kab Malang.

3. Candi Sumberawan

candi di malang
Foto @sumberawan_story/

Candi Sumberawan merupakan sebuah candi di malang yang bercorak Budha, dimana candi ini hanya berupa sebuah stupa saja. Tempat ini terletak di desa Toyomarto, Kecamatan Singosari yang terletak di kaki Gunung Arjuna. Terletak kurang lebih 6km dari candi Singosari.

Candi ini baru ditemukan kembali pada tahun 1904 dan baru dilakukan pemugaran pada tahun 1934. Saat ini sudah tampak terlihat lebih bagus setelah pemugaran dan masuk dalam kawasan cagar alam kabupaten Malang.

4. Candi Bocok

candi bocok

Candi Bocok merupakan salah satu candi di malang yang mencuri perhatian kami. Karena walaupun bangunan candi ini tidak terlalu istimewa, di Candi Bocok terdapat arca Siwa dan sangat detil bentuknya. Ini merupakan sebuah kelebihan.

Konon arca Siwa ini pernah dicuri oleh orang yang tidak bertanggun jawab. Namun saat ini arca tersebut telah kembali dan disimpan oleh sang juru kunci bapak Muljianto.

Candi Bocok merupakan penginggalan kerajaan Majapahit saat kepemimpinan prabu Hayam Wuruk. Lokasi candi ada di dusun Bocok desa Pondokagung kecamatan Kasembon Kab Malang.

5. Candi Jago

Candi Jago
foto @verousek.p

Candi Jago ini lokasinya hampir berdekatan dengan candi Kidal dimana sama sama terletak di kecamatan Tumpang. Candi Jago ini juga merupakan peninggalan kerajaan Singosari yang dibangun sekitar abad ke 13.

Ada kejadian luar biasa yang terjadi pada candi ini yakni pernah tersambar petir sehingga membuat bangunan candi tidak utuh lagi. Candi jago ini cocok apabila anda berkunjung ke bromo. Karena lokasinya ada di tengah tengah kecamatan Tumpang yang merupakan salah satu meeting point saat ke Bromo.

6. Candi Jawar

Candi Jawar merupakan candi peninggalan Majapahit. Candinya terlihat unik cuman berbentuk gapura namun tepat menghadap ke Gunung Semeru. Candi Jawar terletak di desa Mulyoasri kecamatan Ampel Gading Kab Malang. Di daerah perbatasan dengan Lumajang yang merupakan sisi selatan timur dari Kabupaten Malang.

Keunikan lain dari candi Jawar adalah bangunannya yang cuman sendirian dan tidak memiliki komplek lengkap seperti kebanyakan candi. Candi Jawar ini terletak pada ruang terbuka dan dipenuhi dengan rumput dan ilalang.

7. Candi Badut

Candi Badut merupakan candi Hindu peninggalan dari Prabu Gajayanan dari Kerajaan Kanjuruhan, sebuah kerajaan yang lebih tua dari kerajaan Singosari.  Diperkirakan candi Badut ini didirikan sekitar tahun 760 M. Lokasi candi berada di barat kota Malang tepatnya di Kecamatan Dau, kab Malang.

Candi Badut berada dalam sebuah komplek yang tertata rapi dan ditemukan pertama kali pada tahun 1921 oleh seorang pekerja Belanda.

8. Candi Telih

Candi Telih merupakan sebuah candi di malang yang terletak di sekitar Dusun Donogragal, Desa Donowarih Karangploso. Bangunan candi Telih tidak terlalu istimewa sehingga tidak terlalu banyak warga yang mengunjungi. Hanya memiliki tinggi sekitar 2 m dan sangat terpencil, jarak dari desa terdekat sekitar 4 km.

Bangunan candi Telih menghadap ke Candi Arjuno besar. Kemungkinan dulunya candi ini merupakan tempat untuk bersemedi bagi para sesepuh zaman dahulu.

Baca juga : 4 Soto Terlezat di Malang, Cocok Untuk Makan Siang

9. Candi Songgoriti

candi songgoriti
foto @fifie_cimod

Agak naik ke atas, apabila anda pernah mendengar sebuah nama daerah di Batu dengan nama Songgoriti. Ternyata di Songgoriti ada sebuah Candi di malang. Masyarakat memberikan nama Candi Songgoriti walaupun aslinya namanya adalah candi Supo.

Candi songgoriti yang merupakan peninggalan Mpu Sindok raja pertama Kerajaan Medang. Candi ini pertama kali ditemukan oleh seorang arkeolog Belanda bernama Van I Isseldijk pada tahun 1799. Lokasinya pun sangat mudah ditemukan karena bertempat di kompleks Pemandian Air Panas Songgoriti, tidak jauh dari Taman Rekreasi Tirta Nirwana.

Itulah ke 9 candi yang telah kami kumpulkan dari berbagai sumber yang ada. Bagi anda yang membutuhkan informasi mengenai transportasi seperti travel malang ke juanda anda dapat menghubungi nahwa Travel.

Kami telah berpengalaman sejak tahun 2013 dan mengantarkan ribuan penumpang tiap bulan.

1 thought on “9 Candi di Malang – Sejarah dan Mitosnya Terlengkap”

  1. Malang pancene kota kewut nok jawa timur, paling tua pokoknya Malang kota tertua diwilayah jawa timur bukan Surabaya, Jadi pantas kalau daerah malang akan dijadikan Ibu kota Jawa Timur, letaknya juga ditengah2 jawa timur jadi bisa adil dan cepat maju Jawa Timur.

    Reply

Leave a Comment

Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.