Legenda Coban Putri Sangat Terkenal Di Kota Batu

Legenda Coban Putri
Legenda Coban Putri

Legenda Coban Putri seperti wisata air terjun. Anda bisa menemukan banyak air terjun cantik yang tersebar di berbagai kecamatan di sekitar Malang, salah satunya adalah Coban Putri. Coban Putri sangat cocok bagi yang menyukai ketenangan karena wisata ini belum terlalu ramai di kunjungi. Air terjun Putri ini juga berbeda dengan air terjun Coban Rais. Jalur menuju air terjun ini tidak terlalu panjang dan mudah untuk dilewati. Jadi anda bisa menikmati keindahan air terjun ini tanpa harus khawatir berjalan terlalu jauh. Meski masih tergolong sepi, fasilitas tempat wisata ini cukup lengkap, seperti spot foto yang menarik. Anda bisa juga mengunjungi Coban Putri menggunakan paket wisata Travel Juanda Malang yang ditawarkan oleh Biro Perjalanan Wisata.

Coban Putri

Coban Putri merupakan salah satu air terjun di Kota Batu yang sangat populer di masyarakat. Keindahan air terjun ini menjadi salah satu alasan banyak wisatawan yang ingin berlibur kesini. Ada dua air terjun yang bisa anda lihat di kawasan destinasi wisata ini yang dimana masing-masingnya memiliki ketinggian 15 dan 20 meter. Air terjun ini terletak di lembah sekitar Gunung Panderman Batu, jarak sekitar 1000 meter di atas permukaan laut. Coban Putri memiliki keistimewaan yang cukup unik dimana tebing berbatu yang terjal membuat air yang jatuh kebawah menyebar dengan indahnya. Ada juga kolam yang terbentuk di bawah air terjun, kolam ini sangat dangkal dan terlihat tenang.

Baca juga : Mitos Air Terjun Coban Jahe

Pemandangan indah air terjun ini sering dimanfaatkan wisatawan untuk berfoto. Anda juga bisa menikmati keindahan alam air terjun ini dari atas lembah yang sangat eksotis. Untuk mencapai kawasan air terjun ini dari pintu masuk anda harus berjalan kaki sekitar 400 meter. Jalan ini masih bisa dilalui kendaraan apabila sudah professional di segala medan jalur atau anda bisa berjalan kaki untuk sampai ke air terjun.

Aktivitas Seru Coban Putri

Bersantai Menikmati Alam

Suasana alam yang asri sangat nyaman untuk bersantai. Deretan pohon pinus di sekitar area air terjun memberikan kesegaran dan ditemani hembusan angina sejuk. Suara gemericik air terjun dan kicau burung menjadi suara musik penenang pikiran. Anda bisa duduk santai di sekitar air terjun atau di panggung-panggung yang disediakan oleh pengelola. Air terjun ini juga ada bangunan beberapa bendungan bertingkat untuk aliran air. Jembatan bambu di kawasan ini juga menjadi tempat terbaik untuk melihat keindahan kedua air terjun Coban Putri. Ditambah dengan secangkir kopi dan teh panas, menambah momen relaksasi anda di tengah keindahan alam Coban Putri semakin sempurna. Tempat ini sangat cocok untuk rekreasi bersama keluarga maupun teman sambil menyegarkan tubuh dan pikiran di tengah alam.

Bermain Air

Air terjun ini memiliki air yang jernih, dingin seperti kristal es dan bisa langsung diminum karena bersih. Bendungan yang dibangun untuk menampung aliran air terjun ini sangat pas. Kedalaman kolam alami Coban Putri tidak melebihi paha orang dewasa, sehingga aman untuk anak-anak. Aliran airnya tenang, jadi tidak perlu takut terbawa arus sungai. Anda bisa juga langsung merasakan derasnya aliran air terjun Coban Putri tepat di bawahnya air berjatuhan. Sensasi air yang mengenai tubuh anda akan seperti pijatan yang menenangkan pikiran. Anda bisa puas menikmati keindahan sambil bermain air bersama keluarga dan teman.

Legenda Coban Putri
Legenda Coban Putri

Panjat Tebing Dan Flying Fox

Pepohonan di sekitar kawasan objek wisata ini juga sering dimanfaatkan pengelola untuk membuat arena outbound. Ada banyak permainan yang bisa anda coba, salah satunya adalah panjat tebing. Di wahana ini, Anda akan diajak mendaki tebing berbatu dengan peralatan keselamatan lengkap. Anda bisa juga merasakan keseruan berpetualang di tebing berbatu sehingga bisa menjadi pengalaman baru liburan anda. Selain itu, ada juga wahana flying fox yang menjadi aktraksi wajib setiap liburan ke hutan. Lintasan flying fox cukup panjang dan melintasi Sungai Coban Putri sehingga anda bisa melihat dengan jelas pemandangan dari atas.

Berkemah atau Camping

Pengelola juga telah menyediakan tempat perkemahan bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana malam Coban Putri. Suara binatang dan pepohonan yang tertiup angin akan menciptakan suasana malam yang jarang didapatkan di pusat kota malang. Kegiatan ini paling seru apabila jika dilakukan secara bersama teman atau keluarga. Di malam hari anda bisa menyalakan api unggun sambil bernyanyi dan membakar makanan yang sudah dibawa. Tetapi anda harus ingat untuk membawa sendiri semua kebutuhan dan perlengkapan berkemah. Karena pihak pengelola belum menyediakan tempat persewaan yang siap memenuhi kebutuhan anda.

Baca juga : Keindahan Pasir Hitam Pantai Licin Malang

Berpetualang Dengan Jeep

Anda bisa juga melakukan aktivitas Offroad menggunakan Jeep yang telah disiapkan oleh pengelola. Dengan jeep ini, Anda akan dibawa menyusuri hutan pinus Coban Putri sejauh 2 km. Medan yang anda lewati sangat menantang dimana terdapat banyak lubang dan gundukan tanah yang tidak rata untuk dilintasi. Aktivitas offroad ini bisa menjadi pengalaman seru dan berkesan bagi anda untuk berlibur ke destinasi wisata ini.

Berfoto Di Spot Menarik

Keindahan air terjun ini bisa dimasukkan ke dalam koleksi foto anda. Ada banyak tempat yang bisa anda pilih untuk berfoto di Coban Putri, salah satunya adalah double swing point. Ayunan ini terletak di sekitar area air terjun dan menghadap langsung ke arah dua air terjun Coban Putri. Selain ayunan, ada jembatan bambu dan bendungan bisa juga menjadi tempat menarik untuk berfoto di wisata ini. Setelah melewati konter, Anda juga dapat menemukan tempat pengamatan berbentuk tangan dan bintang yang unik. Dari tempat ini anda bisa mendapatkan foto-foto indah panorama lembah hijau hutan pinus yang mengelilingi kawasan wisata alam ini.

Tiket Masuk

Untuk memasuki kawasan Coban Putri ini tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Hanya beberapa ribu rupiah saja cukup untuk masuk dan menikmati keindahan alam yang ada. Berikut daftar harga tarif Coban Putri:

Tiket Masuk Rp.10.000

Sewa Jeep Offroad Rp.35.000

Sudut Pandang Spot Fotografi Rp.10.000

Parkir Motor Rp.3.000

Parkir Mobil Rp.5.000

Harga yang tercantum dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola. Tetapi, Anda bisa menggunakan daftar harga ini sebagai persiapan apabila jika anda ingin mengunjungi Coban Putri. Anda bisa mengunjungi wisata lainnya dengan menggunakan paket wisata Travel Juanda Malang Murah dari Biro Perjalanan Wisata. Paket ini akan memudahkan semua urusan akomodasi anda selama liburan, sehingga anda bisa bersantai sambil menikmati keindahan di Malang dengan tenang.

Lokasi dan Rute Coban Putri

Coban Putri tidak terlalu jauh dari Coban Rais dan Taman Bunga Batu yang berjarak sekitar 1,5 km. Terletak di Dusun Krajan, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Anda dapat mengunjungi Coban Putri dari kota Batu memakan waktu sekitar 15 menit karena jaraknya hanya 5 km. Melewati Jl.Gold-Gold Ombo, Anda juga akan melewati tempat wisata Malang lainnya seperti Batu Night Spectacular. Untuk rute terbaik, Anda dapat menggunakan Google Maps yang akan menunjukkan jalan dari tempat anda berada. Bisa juga dengan bantuan sopir rental Malang atau biro perjalanan wisata yang siap mengantar anda langsung ke tempat tujuan.

Jam Operasional Coban Putri

Jam operasional di Coban Putri buka mulai pukul 09:00 sampai 17:00 setiap harinya. Waktu terbaik untuk mengunjungi destinasi wisata ini adalah saat musim kemarau. Pada saat curah hujan tidak terlalu tinggi resikonya dan anda masih bisa melihat hijaunya pepohonan dan rumput di sekitarnya. Dengan cara ini anda bisa mendapatkan foto dan pengalaman terbaik yang bisa anda dapatkan di destinasi wisata alam ini.

Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.