Tips Wisata ke Banyuwangi Dijamin Seru dan Murah

Tips Wisata ke Banyuwangi – Sebelum memutuskan untuk liburan atau berwisata ke Banyuwangi, sebaiknya kamu mengatur strategi yang tepat dengan mengikuti tips wisata ke Banyuwangi. Kegiatan wisata pun akan menjadi lebih maksimal dan liburan menjadi lebih menyenangkan.

Tips yang akan dibahas di sini akan menjadi referensi yang cocok untuk kamu, yang ingin mencoba liburan ke Banyuwangi. Pengalaman liburan menjadi sesuatu yang gak akan terlupakan begitu saja bahkan bisa bikin kamu ketagihan.

Tips Wisata ke Banyuwangi

Berwisata ke Banyuwangi yang Seru dan Murah

Gak hanya seru dan menyenangkan saja loh, tapi kamu juga bisa mencoba trip to Banyuwangi dengan low budget alias murah meriah. Berikut ini beberapa tips wisata ke Banyuwangi murah dan seru yang bisa kamu ikuti, sebelum benar-benar pergi ke sana:

  • Menentukan Tanggal Liburan dan Alokasi Waktu

Sebelum mulai liburan, kamu harus menentukan alokasi waktunya dulu ya. Misalnya kamu akan liburan di sana sekitar 2, 3 atau 5 hari lamanya. Tapi inget ya, semakin lama waktu liburan maka budgetnya pun akan semakin besar.

Alokasi waktu yang ideal untuk liburan adalah 2 – 3 hari saja. Lalu tentukan juga tanggal berapa kamu akan berangkat, dan pastikan tanggal yang dipilih bukan musim liburan yang padat dengan wisatawan.

Biasanya padatnya wisatawan akan membuat harga hotel/penginapan naik 2 kali lipat. Tanggal-tanggal yang selalu ramai untuk tempat wisata adalah libur lebaran atau libur akhir tahun.

  • Memilih Destinasi Wisata untuk Itinerary

Tentukan juga destinasi wisata yang akan kamu kunjungi selama kamu berada di Banyuwangi. Tempat wisata ternama yang ada di Banyuwangi diantaranya yaitu Kawah Ijen, Teluk Ijo, Baluran, Pulau Merah, dan Tabuhan.

Untuk menghemat budget, pilih saja dua tempat wisata diantara beberapa tempat wisata yang direkomendasikan. Kamu bisa memilih Kawah Ijen kalau ingin wisata hemat, karena tiket masuknya cuma Rp.15.000,- saja.

Tapi kalau kamu memilih untuk mendaki, sebaiknya gunakan jasa guide lokal tapi dengan biaya yang cukup mahal yaitu Rp.250.000,-. Tiket masuk murah lainnya di Banyuwangi yaitu di Pulau Merah, Baluran, dan Teluk Ijo yaitu hanya Rp.10.000,- hingga Rp.20.000,-.

Destinasi wisata murah lainnya yang ada di Banyuwangi yaitu Pantai Boom, Taman Sritanjung, Taman Blambangan, dan  Kampung Wisata Temenggungan. Dengan mengatur itinerary sebelumnya, maka momen liburan kamu akan lebih maksimal.

  • Pilih Akomodasi yang Sesuai

Jika domisili kamu masih berada di wilayah Jawa Timur, liburan ke Banyuwangi akan lebih murah jika menggunakan kendaraan pribadi.

Tapi untuk kamu yang domisilinya lebih jauh seperti dari Jakarta atau daerah Jawa Barat dan membawa mobil pribadi, siapkan biaya lebih untuk bensin dan tol. Perjalanan yang dihabiskan pun akan sangat lama kira-kira sekitar 16 jam lah.

Biaya untuk tolnya sendiri sekitar Rp.700.000 sampai Rp.900.000,-, sedangkan untuk biaya bensin biasanya bergantung pada jenis kendaraan yang dipakai. Tips wisata ke Banyuwangi hemat lainnya adalah dengan naik transportasi umum misalnya bus, kereta atau pesawat.

Pilih saja biaya untuk akomodasi dengan transportasi umum yang sesuai dengan budget yang kamu punya.

Infografis Carter Drop Juanda Malang

 

 

  • Pilih Penginapan Nyaman

Penginapan juga menjadi faktor terpenting dalam liburan atau berwisata ke suatu tempat, termasuk ke Banyuwangi. Penginapan yang nyaman adalah penginapan yang desain interiornya terbagus, bahkan bisa memengaruhi mood kamu selama liburan di sana.

Banyak kok tipe penginapan dengan harga murah tapi tempatnya nyaman banget, misalnya penginapan homestay yang biasanya harganya lebih rendah. Harga homestay biasanya antara Rp.250.000,- hingga Rp.350.000,-.

Kalau kamu ingin menginap di hotel juga bisa aja sih, pilih saja Hotel Santika atau Aston yang harganya di angka Rp.400.000,-.

  • Kuliner Murah tapi Enak

Jangan lupakan makan waktu liburan ya, apalagi kalau kamu datang ke kota yang belum pernah dikunjungi. Wajib banget kamu nyobain kuliner khas yang ada di sana, seperti kuliner khas dari Banyuwangi.

Kamu harus banget cobain Sego Tempong yang harganya murah banget, sekitar Rp.10.000,- sampe Rp.25.000,- saja. Kuliner lainnya yang juga wajib dicoba di Banyuwangi adalah, Nasi Pecel Rawon yang ada di Warung Pangklang.

Kuliner di malam hari juga gak kalah seru loh, kamu bisa hunting makanan-makanan murah. Harga Sego Tempong sebungkus untuk kuliner di malam hari cuma Rp.5.000,-  sampe Rp.7.000,- saja loh.

Cobain juga Tahu Walik yang harga per porsinya Rp.10.000,- atau kucur yang gak kalah enaknya.

  • Mengajak Partner Liburan

Liburan sendiri oke juga sih, tapi lebih oke lagi kalau liburan rame-rame ya. Apalagi kalau liburannya bareng temen segeng atau temen kantor. Mengajak banyak orang untuk liburan juga akan menekan budget, karena biayanya bisa patungan jadi gak terlalu mahal.

Sama halnya untuk biaya penginapan yang juga bisa menghemat budget, apalagi kalau ada promo potongan diskon karena jumlah orang yang nginep juga banyak.

  • Berburu Oleh-oleh Murah

Satu hal penting yang juga harus ada saat liburan adalah belanja oleh-oleh. Pasti pengen dong bawa oleh-oleh untuk anggota keluarga di rumah. Jenis oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang dari Banyuwangi yaitu bakiak, kue kering, sele pisang dan masih banyak lagi.

Kamu bisa membeli oleh-oleh murah di Sarirem atau di Sherly, dijamin harganya cukup bersahabat. oleh-oleh yang dijual di sana gak hanya murah tapi juga diproduksi sendiri.

  • Ukur Kemampuan dan Mental dan Fisik

Kalau kamu berencana untuk mengunjungi beberapa tempat wisata sekaligus di Banyuwangi, pastikan kamu sudah mengukur kemampuan baik secara fisik atau mental.

Gak hanya wisata alamnya saja yang bisa kamu kunjungi, tapi kamu juga bisa melakukan wisata kuliner selama di Banyuwangi. Wisata alam sekaligus wisata kuliner, memang akan jadi pilihan yang pas banget.

Tapi pastikan kamu sudah kuat secara mental dan fisik, artinya kamu dalam kondisi sehat sehingga bisa menjajal semua lokasi wisata yang ada di sana.

  • Cari Informasi Lengkap Tentang Tempat Wisata di Banyuwangi

Ada banyak sekali informasi lengkap yang bisa kamu temukan, pada beberapa tempat wisata yang ada di Banyuwangi. Sehingga kamu gak akan kesulitan untuk melihat bagaimana kondisi tempat wisata yang akan dikunjungi nantinya.

Baik mengunjungi wisata pantai, wisata gunung, wisata kuliner atau wisata modern, kamu bisa cari informasi selengkap-lengkapnya supaya saat kamu datang ke sana sesuai dengan apa yang dibayangkan.

  • Sesuaikan dengan Budget

Sesuai dengan tips hemat untuk wisata ke Banyuwangi, budget yang kamu punya harus cocok dengan biaya yang harus dikeluarkan selama di sana.

Akan lebih murah lagi kalau kamu menggunakan paket wisata, untuk beberapa tempat wisata tapi harga lebih terjangkau.

Pastikan tips wisata ke Banyuwangi di atas menjadi referensi yang pas, untuk kamu yang akan liburan ke sana. Kunjungi web https://nahwatour.com sekarang juga untuk menemukan paket wisata dengan harga yang pas.

Paket wisata tour ke Malang, tour ke Bromo, open trip dan sewa mobil menjadi beberapa pilihan menarik yang bisa kamu gunakan di Nahwa Tour.

5/5 - (1 vote)
Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.