Tips Nyaman Liburan Saat Hamil dan Juga Aman

Tips Nyaman Liburan Saat Hamil – Ibu hamil juga boleh melakukan kegiatan bepergian seperti misalnya liburan ke suatu tempat. Bahkan diperbolehkan untuk naik pesawat tapi harus konsultasi dulu dengan dokter. Tips nyaman liburan saat hamil akan membantu kamu untuk berlibur dengan aman dan nyaman.

Tapi sebaiknya jangan melakukan perjalanan liburan pada akhir masa kehamilan, karena kamu akan lebih capek dan lelah selama perjalanan. Apalagi setelah usia kehamilan 28 minggu biasanya bumil akan sulit bergerak atau duduk dalam waktu lama.

Tips Nyaman Liburan Saat Hamil

Tips Liburan Nyaman dan Aman Saat Sedang Hamil

Jika kamu sedang hamil dan ingin liburan, kamu harus konsultasi dulu dengan dokter. Selama kondisi kehamilanmu sehat dan tidak ada komplikasi biasanya dokter akan mengizinkan. Berikut ini beberapa tips nyaman liburan saat hamil dan aman:

  • Memeriksakan Diri ke Dokter

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum mulai liburan adalah, memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter terlebih dulu. Kamu harus memeriksakan dahulu kehamilanmu ke dokter kandungan.

Lalu ceritakan pada dokter kamu akan liburan ke mana, berapa lama dan untuk keperluan apa. Dokter pun akan memutuskan apakah perjalanan liburanmu aman atau tidak, baik bagi bumilnya maupun untuk janin dalam kandungan.

Selain itu dokter juga akan memberi tahu kamu, perlengkapan apa saja yang penting bagi ibu hamil dan harus dibawa. Bila perlu kamu akan diberi vaksin terlebih dulu sebelum bepergian atau liburan ke suatu negara.

  • Membuat Diri Kamu Nyaman Selama di Perjalanan

Perlengkapan yang harus dibawa selama di perjalanan, harus jenis barang yang membuat kamu nyaman baik selama perjalanan maupun selama di tempat tujuan. Inilah beberapa barang yang harus dibawa bumil selama liburan:

  • Membawa bantal kecil yang bisa dipakai untuk tiduran dengan nyaman selama perjalanan. Bantalnya bisa diletakkan di punggung agar punggung kamu tidak sakit selama di jalan.
  • Membawa makanan kecil atau camilan yang bisa dimakan selama di perjalanan, karena biasanya ibu hamil selalu lapar.
  • Membawa vitamin prenatal atau membawa obat-obatan yang sekiranya dibutuhkan selama perjalanan, dan aman dikonsumsi atau digunakan oleh ibu hamil.
  • Membawa salinan dari catatan prenatal yang kamu punya, jika kamu bepergian dalam jarak yang sangat jauh. Akan lebih baik jika kamu tahu layanan kesehatan terdekat di tempat tujuan untuk antisipasi jika terjadi sesuatu.
  • Gunakan juga pakaian yang longgar tapi nyaman saat dipakai, dan juga sepatu yang nyaman untuk bepergian. Pakai sabuk pengaman selama di perjalanan untuk keamanan.

  • Makan dan Minum dengan Tepat Waktu

Ketika hamil makan makanan sehat dan juga teratur adalah hal yang sangat penting. Jadwal makan kamu setiap hari dan makanan apa yang biasa dimakan, mungkin saja terganggu selama melakukan traveling.

Maka saat melakukan traveling siapkan makanan dan minuman, misalnya dengan membawa tas kecil yang isinya camilan berupa biskuit, keju rendah lemak, dan buah kering. Kamu juga harus membawa botol air putih apalagi saat melakukan perjalanan dengan jarak jauh.

Jika sudah tiba di tempat tujuan kamu harus makan makanan sehat seperti biasanya dengan gizi yang seimbang seperti misalnya sayuran, buah-buahan segar, makanan berprotein, dan sebagainya.

Kalau kamu liburan ke luar negeri dan masih ragu dengan kualitas air di sana sebaiknya bawa minum air kemasan saja. Jangan makan sayuran mentah dan hanya makan buah yang bagian kulitnya sudah dikupas saja.

  • Kurangi Stres

Cara menghindari stres bagi bumil saat akan pergi traveling adalah, dengan membuat rencana perjalanan terlebih dulu sebelum pergi. Buat strategi perencanaan yang sederhana, yang akan mengurangi kecemasan selama di perjalanan dan tetap nyaman.

Atur semuanya terlebih dulu dengan baik misalnya tempat duduk di pesawat. Sebaiknya pilih tempat duduk yang berada dekat dengan lorong agar kamu tak kesulitan jika harus ke toilet, karena biasanya ibu hamil sering buang air kecil.

Cari tahu juga makanan khusus apa yang disediakan di pesawat dan bagaimana tempat penginapan yang dipilih. Kemas barang-barang yang akan dibawa dengan menggunakan koper yang bisa didorong misalnya.

Supaya kamu tidak kesulitan saat harus membawa barang. Jangan sampai mencederai diri sendiri dengan membawa barang yang terlalu berat.

  • Simpan Energi

Tips nyaman liburan saat hamil 7 bulan lainnya yang juga bisa kamu ikuti adalah, banyak-banyak menyimpan energi. Walaupun sedang hamil kamu tetap bisa melakukan kegiatan di luar ruangan, misalnya perjalanan bisnis atau liburan.

Kamu juga tetap bisa melakukan kegiatan normal lainnya seperti makan malam di luar, atau liburan di pantai. Ingatlah bahwa kamu sedang hamil, jadi wajar saja jika kamu akan merasa lebih lelah dibandingkan saat liburan sebelum hamil.

Jadi, pastikan kamu punya waktu istirahat yang cukup, tidur siang, menghabiskan malam yang tenang di hotel yang akan membuat kamu menjadi lebih santai. Sehingga kami tetap memiliki energi saat harus beraktifitas ke tempat wisata di pagi dan siang harinya.

  • Kegiatan yang Dapat Dilakukan Saat Liburan

Banyak juga aktifitas menyenangkan yang bisa dilakukan oleh ibu hamil selama liburan. Manfaatkan hal ini menjadi sesuatu atau pengalaman yang berbeda. Kalau kamu memang tipe orang yang suka bergerak kamu bisa melakukan yoga, pilates, atau jalan kaki saja.

Liburan akan menjadi hal tepat dalam mempelajari banyak hal baru. Kamu juga bisa mengikuti kursus kerajinan tangan di tempat wisata. Untuk kegiatan relaksasi, kamu dapat mencoba pemijatan yang aman untuk ibu hamil.

Alternatif kegiatan lainnya yaitu menonton pertunjukkan atau hanya duduk-duduk di pinggir pantai saja sambil menikmati pemandangan, ombak, atau membaca buku.

  • Perkirakan Lokasi Toilet di Mana

Kamu akan lebih sering bolak balik ke kamar mandi saat sedang hamil, biasanya 3 – 4 kali dalam sehari. Kemungkinan besar, fasilitas toilet umum di tempat wisata tidak sebersih toilet di rumah.

Maka kamu harus menggunakan toilet yang bersih, misalnya di tempat istirahat, atau sebelum mulai terbang di bandara, dan sebagainya. Siapkan juga tisu basah, tisu toilet, dan pembersih untuk tangan anti bakteri agar tangan tetap higienis.

Gunakan juga jenis pakaian yang mudah dibuka sehingga saat harus ke toilet kamu tidak akan kesulitan atau menghabiskan waktu dengan membuka pakaian yang sulit.

  • Memanjakan Kaki

Duduk dalam waktu lama bagi ibu hamil akan membuat kaki kram dan juga bengkak. Sisakan waktu untuk beristirahat dalam waktu 90 menit untuk berjalan-jalan dan melakukan peregangan.

Saat mulai terbang di pesawat kamu juga bisa melepaskan sepatu dan hanya gunakan kaus kaki yang tebal saja, atau bisa juga sandal yang nyaman. Naikkan kaki di atas barang bawaan, dan jaga sirkulasi darah dalam tubuh dengan peregangan sederhana.

Tips nyaman liburan saat hamil akan lebih pas jika kamu menggunakan jasa travel Nahwa Tour. Lalu pilih juga paket-paket wisata di https://nahwatour.com.

Misalnya paket tour Malang, paket tour Bromo, dan masih banyak lagi yang akan membuat traveling kamu jadi lebih nyaman.

5/5 - (1 vote)
Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.