Monumen Bersejarah Jalesveva Jayamahe

monjaya

Monumen Jalesveva Jayamahe yang berada di Surabaya adalah monument yang menjadi pengingat akan kisah nenek moyang bangsa Indonesia yang merupakan seorang pelaut. Monumen memang sengaja dibangun sebagai bentuk penghormatan terhadap nenek moyang bangsa indonesia

Bangunan ini selain berfungsi sebagai monumen, monument ini juga dijadikan sebagai sebuah mercusuar bagi kapal yang g berlayar di laut.

Dengan bangunannya yang unik dan megah, menjadikan monumen ini memiliki daya tarik bagi wisatawan sehingga banyak wisatawan dari berbagai kalangan yang berkunjung ke monument ini.

Baca juga : Menikmati Sunset View di Surabaya North Quay

Sejarah Monumen Jalesveva Jayamahe

Monumen Jalesveva Jayamahe atau biasa disingkat MONJAYA ini merupakan karya seniman Nyoman Nuarta yang merupakan seorang pematung mahakarya terkenal di Bali, yaitu Garuda Wisnu Kencana.

Monumen ini setinggi 31 meter yang berada di atas bangunan dengan tinggi 29 meter sehingga monument ini menjadi salah satu karya patung tertinggi kedua setelah Patung Liberty di AS. Monument ini dibangun mulai dari tahun 1990 hingga tahun 1996 dan diresmikan pada tanggal 5 Desember 1996 silam.

Terdapat ukiran diorama pada bagian dinding monumen yang menceritakan kisah kepahlawanan para tentara bahari sekitar tahun 90an. Selain itu terdapat juga patung sebuah tokoh berpangkat kolonel berbahan dasar baja dan berlapiskan tembaga yang terlihat sangat gagah.

Pada area teras monumen ini, terdapat sebuah gong raksasa yang merupakan salah satu gong terbesar di dunia yang bernama Kiai Tentrem dengan berat mencapai 2,2 ton yang dibuat dari logam kuningan yang anti karat.

Daya Tarik Monumen Jalesveva Jayamahe

Swafoto di Sudut-Sudut Instagenic

Terdapat banyak sekali spot foto yang ditawarkan oleh monument ini. Beberapa spot foto ini jadi menjadi favorit banyak wisatawan. Salah satu spot yang menjadi favorit wisatawan yakni pada teras monumen. Selain bagus untuk menjadi latar swafoto, spot ini juga sangat cocok sebagai tempat untuk foto bersama rombonganyang tentunya akan menjadi foto-foto yang unik dan instagramable.

Menikmati View Sunset

monjaya

Hampir semua wisatawan suka dengan sunset. Pada monument ini wisatawan akan disuguhkan dengan bonus view sunset yang terlihat begitu special yang dipadukan dengan pemandangan menawan Jembatan Suramadu.

Baca juga : Mengunjungi Surga Tersembunyi Pulau Sempu Malang

Belajar Sejarah Bahari Indonesia

Selain dapat menikmati pemandangan pada monument ini, wisatawan juga dapat belajar mengenai sejarah dunia maritim negara Indonesia karena di bagian dalam bangunan monumen ini terdapat museum bahari yang menyimpan koleksi menarik seperti diorama sejarah dunia maritim Indonesia. Terdapat juga jenis koleksi miniatur berbagai jenis model kapal dari tahun ke tahun. Selain itu ada juga foto-foto dan kumpulan piala & penghargaan milik TNI AL.

Pemandangan Laut

Wisatawan yang berkunjung ke monument ini juga dapat menaiki puncak monument ini melalui tangga khusus. Dari puncak wisatawan dapat menyaksikan kapal-kapal lalu lalang di sisi Utara Surabaya. Tidak hanya itu Jembatan Suramadu juga akan terlihat jelas dari tempat ini. Dari sini wisatawan juga dapat melihat patung yang menjadi ikon monumen ini.

Baca juga : Pesona Pantai Kenjeran Lama

Kapal Perang Dewa Ruci

Terdapat salah satu tempat yang tak boleh wisatawan lewatkan saat mengunjungi monument ini. Tempat tersebut adalah Kapal Dewa Ruci yang megah dan sangat gagah. Kapal yang sangat legendaris yang menjadi kapal terbesar milik TNI AL. Kapal ini katanya sudah menjelajahi seluruh lautan sebanyak 2 kali pada tahun 2012 dan tahun 1964.

monjaya

Fasilitas Monumen Jalesveva Jayamahe

Wisata Monumen Jalesveva Jayamahe  dengan tema bahari ini mempunyai fasilitas, memadai dan terawatt. Seperti  toilet yang tersebar di beberapa lokasi dengan kondisi yang bersih dan berfungsi dengan baik.

Area parker monument ini juga sangat luas sehingga mampu menampung kendaraan besar seperti bus. Parker di monumen ini mendapat penjagaan yang sangat baik dari petugas sehingga sangat aman.

Pusat makanan dan minuman pada monumen ini siap tersedia untuk wisatawan dengan berbagai menu makanan dan minuman yang tersedia. Salah satubnya adalah makanan khas Surabaya tempo dulu yang nikmat.

Pusat souvenir juga tersedia di sekitar monumen ini dengan beragam produk kreatif yang bisa wisatawan jadikan sebagai alasan lain untuk berkunjung. Pusat souvenir ini menjadi salah satu lokasi favorit.

Terdapat banyak sekali produk souvenir yang bisa wisatawan pilih yang sebagian besar produknya bertemakan bahari. Tempat ini adalah pilihan terbaik jika wisatawan ingin menghadiahi orang tercinta dengan suatu hadiah yang berkesan.

monjaya

Harga Tiket Masuk 

Untuk memasuki monumen ini wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Wisatawan hanya perlu mengelurkan biaya parker kendaraan sebagai berikut :

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Lokasi dan Rute Menuju Monumen Jalesveva Jayamahe

Monumen Jalesveva Jayamahe merupakan bagian dari markas TNI AL di Surabaya. Lokasi tepatnya berada di Armada Timur Ujung, Ujung, Kecamatan Semampir, Surabaya yang berjarak 8.5 KM dari pusat Kota Surabaya yang memakan waktu paling lama 30 menit.

Jam Operasional Monumen Jalesveva Jayamahe

Destinasi wisata monumen ini buka dari Senin hingga Jumat mulai pukul 07.30 hingga pukul 17.00 WIB. Kemudian tutup diakhir pekan dan libur nasional

Monumen bersejarah Jalesveva Jayamahe ini bisa dijadikan sebagai alternative liburan para wisatawan jika berkunjung ke Surabaya karena menawarkan berbagai daya Tarik unik yang tentunya berkesan dan tidak akan terlupakan.

Anda dapat menggunakan travel malang juanda terbaik di nahwa travel