Wisata Batu Flower Garden dengan Perpaduan Air Terjun dan Taman Bunga

batu flower garden

Taman wisata yang satu ini wajib dikunjungi bagi sobat travelers jika berkunjung ke Kota Batu. Taman ini bernama Batu Flower Garden yang menyuguhkan perpaduan antara Air Terjun dan  Taman Bunga yang cantik. Batu Flower Garden awalnya bernama Coban Rais yang diambil dari kata Coban yang berarti air terjun, dan Rais sendiri berasal dari nama salah satu warga sekitar. Sekarang  tempat ini lebih akrab dikenal dengan nama Batu Flower Garden. Taman Wisata ini berada di Oro-oro Ombo, Kehutanan, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

Dengan perpaduan taman bunga dan air terjun menjadikan Tempat Wisata yang satu ini tidak kalah menarik dengan tempat wisata lainnya. Sobat traveler akan dimanjakan oleh suasana alam yang sejuk dan indah jika mengunjungi tempat wisata ini. Dengan adanya tempat wisata ini menjadikan pelengkap tempat wisata yang sudah ada di Kota Batu yaitu Jatim Park dan Museum Angkut. Tempat Wisata Batu Flower Garden ini dibangun di kawasan milik Perhutani, tepatnya di lereng Gunung Panderman.

Dengan posisi daerah tempat wisata ini yang berada di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1000 mdpl, menjadikan wisatawan yang mengunjungi tempat wisata ini tidak hanya bisa menikmati air terjun dan taman bunganya saja, akan tetapi wisatawan juga bisa melihat dan menikmati panorama kota wisata batu dari ketinggian wisata ini.

Baca juga : Wisata Paralayang Batu Sebagai Tempat Parayalang Terbaik Di Indonesia

Atraksi Wisata Di Batu Flower Garden

Gardu Pandang

Salah satu daya tarik wisata dari Batu Flower Garden adalah terdapatnya bermacam-macam jenis gardu pandang yang dapat dinaiki oleh wisatawan untuk melihat panorama Kota Batu dari ketinggian. Wisatawan juga dapat berfoto dengan latar belakang pemandangan alam yang indah dan asri di gardu pandang ini. Salah satu gardu pandang yang populer adalah gardu pandang berlambang huruf I LOVE YOU. Gardu ini cukup banyak diminati oleh pasangan-pasangan remaja untuk mengabadikan moment bersama pacar. Namun  saat sedang banyak pengunjung yang ingin berfoto di tempat ini, mereka harus mengantri cukup lama.

Di tempat ini pihak pengelola telah menyediakan fotografer untuk pengambilan foto bagi wisatawan. Wisatawan hanya perlu membayar 1 file foto seharga Rp10.000. Jika wisawatan ingin menambah file foto, mereka akan dikenakan tarif ekstra hanya sebesar Rp5.000 untuk setiap file. Namun, di tempat ini wisatawan juga bisa bebas mengambil gambar sebanyak-banyaknya dengan kamera sendiri setelah membayar biaya Rp10.000.

batu flower garden

Sumber : @batuflowergarden.cobanrais

wahana hammock

Daya Tarik lainnya yang bisa wisatawan nikmati di tempat wisata ini adalah Bersantai Sembari Bergantung di Hammock Tower. Di kawasan Tempat Wisata Batu Flower Garden terdapat fasilitas hammock yang dipasang di sisi-sisi pepohonan rindang. Wisatawan dapat bersantai di atas hammock sambil take foto. Beberapa jenis hammock yang disediakan pihak pengelola diantaranya adalah Hammock Tower, Flying Hammock, Spider Hammock, dan Hammock Garden. Untuk dapat mencoba bergantung dengan hammock ini pengunjung harus membayar biaya sebesar Rp20.000 untuk setiap jenis hammock. Namun, untuk Hammock Garden hanya akan dikenakan tarif sebesar Rp15.000.

Untuk wisatawan yang masih anak-anak yang kurang berani untuk bergantung dengan hammock, pihak pengelola telah menyediakan wahana Hammock Tower Mini. Wahana ini sama dengan Hammock Tower pada umumnya, perbedaannya hanya pada ketinggian karena Hammock Tower Mini ini memang disesuaikan untuk anak-anak dan biayanya sekitar Rp20.000 untuk satu hammock.

Baca juga : Coban Talun Malang Sangat Indah Dan Eksotis

Ayunan Ekstrem

Selain menikmati bergantung dengan hammock, di tempat ini juga tersedia ayunan yang bisa dinikmati oleh wisatawan baik dewasa maupun anak-anak. Ayunan ini mengajak wisatawan untuk bermain ayunan di atas jurang sedalam 50 m. Untuk dapat berfoto-foto di wahana ini, wisatwan akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000. Untuk masalah keamanan saat pengambilan foto wisatawan tidak perlu khawatir. Karena ayunan ditempat wisata ini sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman.

batu flower garden

Sumber : @batuflowergarden.cobanrais

Wahana Sepeda Langit – Sky Bike

Tempat Wisata Batu Flower Garden juga menyediakan fasilitas permainan, yaitu Sky Bike. Wisatawan dapat menikmati sensasi menaiki sepeda di ketinggian. Sepeda yang akan di pakai oleh wisatawan akan berjalan dilintasan udara, namun sepeda tersebut akan tetap terhubung dengan sling baja. Wisatawan tidak perlu khawatir jatuh karena tingkat keamanan wahana Sky Bike di tempat ini sudah terjamin oleh pihak pengelola akan kemanannya. Di tempat ini anak-anak sudah disediakan arena gowes mini.

Baca juga : Wisata Coban Rondo Malang

Fasilitas Batu Flower Garden

Fasilitas-fasilitas pendukung yang telah disediakan oleh pihak pengelola di tempat Wisata Batu Flower Garden ini adalah lahan parkir yang cukup luas, toilet umum dan mushola. Namun mushola di tempat wisata ini hanya berkapasitas sedikit, hanya mampu memuat sekitar 1 shap sehingga wisatawan yang ingin melakukan ibadah perlu berganti-gantian. Di  dekat pintu masuk tempat wisata ini terdapat kafe bernama Machate Café dengan suasana hutan pinus yang mengelilingi café tersebut.

Tips Untuk Wisatawan

Ada beberapa hal  yang harus diketahui wisatawan yang ingin berkunjung ke Taman Wisata Batu Flower Garden ini. Wisata ini merupakan wisata alam yang mengharuskan wisatawan berjalan kaki untuk sampai ke tempat wisata  ini. Jadi sebaiknya wisatawan mengenakan alas kaki yang tidak licin dan pakaian yang nyaman. Wisatawan sebaiknya datang mengunjungi tempat ini pada sore hari. Karena pada sore hari udara di tempat wisata ini sejuk, serta wisatawan juga dapat menikmati  semburat-semburat langit senja yang cantik.

batu flower garden

Baca juga : Wahana Jatim Park 1 Yang Seru dan Menarik

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Batu Flower Garden

Untuk masuk ke tempat wisata ini, wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp37.500. Harga tersebut sudah termasuk fasilitas pengambilan foto oleh fotografer ditempat wisata tersebut. Untuk lebih jelasnya dibawah :

Harga Tiket Masuk Batu Flower Garden
  • Tiket Masuk Reguler BFG + Perhutani      Rp37.500
  • Tiket Masuk Hemat         Rp62.500
  • Tiket Masuk Spesial         Rp87.500
  • Tiket Masuk All Spot       Rp112.500
  • Outbound Fun Games    Mulai Dari Rp130.000
  • Prewedding       Rp500.000

 

 

Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.