Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga, Murah tapi Menyenangkan!

Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga – Semua orang tentu ingin liburan mereka menjadi seru dan menyenangkan. Tapi tak hanya itu saja, budget liburan juga kalau bisa ditekan seminim mungkin. Dengan mengikuti tips liburan hemat bersama keluarga, kamu bisa menekan budget liburan dengan lebih baik.

Liburan itu gak harus selalu mahal ya, karena banyak trik yang bisa dilakukan untuk liburan yang murah meriah atau setidaknya terjangkau. Selain itu, yang paling pentingnya sih liburannya dilakukan bersama orang-orang terdekat misalnya keluarga.

Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga

Liburan Hemat dengan Keluarga yang Seru dan Menyenangkan

Untuk melakukan liburan atau traveling ke suatu kota atau negara, emang dibutuhkan budget yang gak sedikit. Apalagi kalau liburannya rombongan seperti misalnya dengan keluarga. Untuk itu, cobalah untuk mengikuti tips liburan hemat bersama keluarga besar seperti di bawah ini:

  • Tentukan Tema Wisata

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam melakukan liburan dengan keluarga adalah, menentukan tema wisatanya terlebih dulu. Misalnya tipe liburan seperti apa yang kamu dan keluargamu inginkan.

Apakah ingin berlibur ke pegunungan, pantai, perkotaan, danau, atau tempat-tempat wisata modern?

Tujuan dalam menentukan tema wisata ini adalah supaya kamu juga bisa melakukan seleksi pada alternatif lokasi, yang kira-kira cocok untuk dikunjungi dengan keluarga.

  • Survey Lokasi ke Tempat Wisata

Jika kamu sudah menentukan tema wisatanya, kamu bisa mulai melakukan survey ke lokasi wisata sebelum benar-benar liburan ke sana di hari H. Survey lokasi ini dilakukan supaya kamu bisa membuat perkiraan budget yang dikeluarkan nantinya.

Misalnya berapa harga tiket masuk ke tempat wisata, berapa lama waktu libur yang dimiliki semua anggota keluarga, serta jarak tempuh ke lokasi wisata kira-kira berapa jauh.

Pilih juga beberapa pilihan penginapan yang pas dan nyaman, kalau kamu ingin berlibur di sana selama beberapa hari. Sesuaikan saja waktu liburannya dengan waktu libur semua anggota keluarga biar adil ya.

  • Survey Penginapan yang Ada di Lokasi

Tips liburan hemat bersama keluarga seru berikutnya adalah survey juga ke penginapan yang kira-kira akan dipilih, yang berada di sekitar lokasi. Pilih tempat penginapan yang nyaman tapi harganya murah meriah.

Kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi dalam mencari penginapan murah yang dekat dengan tempat wisata tertentu. Selain memilih tempat penginapan yang murah, kamu juga harus memilih lokasi penginapan yang gak terlalu jauh dari tempat wisata.

Tapi pastikan terlebih dulu penginapannya nyaman dan juga aman. Kebanyakan orang akan memilih penginapan yang fasilitasnya lengkap seperti ada kolam renangnya, tersedia WiFi, mendapat tempat tidur king size, dan mendapat fasilitas sarapan dan makan malam.

Kalau menurutmu hotel dengan fasilitas lengkap harganya cukup mahal, maka pilih saja homestay yang harganya lebih terjangkau tapi tetap nyaman.

Infografis Carter Drop Juanda Malang

 

  • Booking Penginapan Dari Jauh-jauh Hari

Nah, kalau kamu ingin mendapat harga penginapan yang murah meriah ada baiknya untuk booking penginapan dari jauh hari. Jadi, pesan kamar hotel atau jenis penginapan lainnya sebaiknya dari 3 atau 6 bulan sebelum hari H.

Secara umum, booking penginapan dari jauh hari harganya akan semakin murah tetapi fasilitas yang diperoleh sama saja. Jangan melewatkan tips liburan hemat bersama keluarga yang satu ini ya.

  • Membuat Rencana Biaya

Satu hal yang juga paling direkomendasikan dalam liburan hemat dengan keluarga adalah, membuat budget plan. Tujuannya adalah untuk meminimalisir biaya dan kamu juga bisa menyesuaikannya kembali dengan jumlah tabungan yang dialokasikan untuk traveling.

Beberapa hal penting dalam membuat budget plan yaitu:

  • Biaya wisata seperti HTM.
  • Biaya transportasi, apakah akan menggunakan kendaraan umum, sewa kendaraan, atau membawa kendaraan pribadi.
  • Biaya penginapan.
  • Biaya makan.
  • Biaya tak terduga.
  • Biaya lain-lain seperti misalnya untuk jajan, beli oleh-oleh atau souvenir, dan sebagainya.
  • Mencari Promo Murah

Promo selalu menjadi kunci liburan yang paling hemat, jadi pintar-pintarlah mencari promo murah.

Rajin-rajin hunting situs untuk akomodasi dan juga tiket perjalanan, karena banyak banget loh orang-orang yang mau liburan dan berhasil dapat promo 50% untuk tiket pesawat. Kan lumayan banget tuh cuma bayar setengahnya.

Selain promo potongan harga, banyak juga promo yang berupa cashback yang jumlahnya sampai beberapa ratus ribu rupiah. Promo ini bermanfaat banget bukan, untuk momen liburan bersama keluarga.

  • Mencicil Persiapan untuk di Perjalanan

Tips liburan hemat bersama keluarga dekat selanjutnya adalah, mencicil persiapan untuk perjalanan liburan. Jika kamu sudah menentukan budget plan dan yang lainnya, kini tiba saatnya untuk menyicilnya satu demi satu.

Kamu bisa memulainya dengan memesan tiket pesawat atau tiket kereta terlebih dulu, kemudian pada bulan depan kamu bisa mulai booking penginapan, sampai akhirnya bisa membeli tiket masuk ke tempat wisata.

  • Mempersiapkan Barang-barang Pendukung

Kamu juga harus mempersiapkan barang apa saja yang nanti akan dibawa saat liburan, yang memang diperlukan selama liburan. Hal ini sangat penting, agar bisa meminimalisir pembelian barang di lokasi piknik atau liburan.

Misalnya kamu lupa membawa barang yang penting, mau gak mau kamu harus membelinya di sana. Lalu, jika kebetulan kamu masih anak yang masih bayi atau balita pastikan kamu sudah membawa stroler, tempat makan, botol susu, botol minum, dan sebagainya.

  • Membawa Bekal Makanan

Bekal makanan juga penting ya, baik untuk anak-anak maupun orang dewasanya. Daripada banyak membeli makan di luar saat di sana, akan lebih baik kalau kamu juga bawa bekal makanan dari rumah misalnya camilan atau makanan/minuman instan.

Akan lebih baik kalau kamu masak makanannya sendiri yang sudah jelas nutrisinya baik untuk kesehatan.

  • Membeli Oleh-oleh Secukupnya Saja

Salah satu kesalahan orang yang sedang liburan adalah, kalap dalam membawa oleh-oleh. Untuk itu belilah oleh-oleh secukupnya saja, jangan terlalu banyak dan jangan terlalu berlebihan.

Oleh-oleh bisa ditujukan untuk keluarga lain, saudara, atau teman. Biasanya oleh-oleh yang banyak dibeli adalah kerajinan tangan atau makanan khas dari tempat wisata yang dikunjungi.

Belanjakan juga oleh-oleh yang sesuai dengan budget yang kamu punya. Supaya pengeluaran kamu gak jebol atau di luar ekspektasi. Sering terjadi pada seseorang yang sedang liburan dan biaya pengeluaran terbesarnya ada pada pembelian oleh-oleh.

  • Liburan di Saat Off Season

Tips liburan hemat yang juga bisa kamu ikuti adalah, pilih waktu liburan saat off season. Harga transportasi, tiket masuk ke tempat wisata, dan harga penginapan, biasanya akan jauh lebih murah di off season.

Jadi akan lebih baik kalau kamu memilih waktu liburan off season agar harganya lebih murah dan liburan bisa dilakukan dengan santai, tanpa harus berdesakan dengan wisatawan lain.

Tips liburan hemat bersama keluarga lainnya adalah, menggunakan paket wisata liburan karena harganya lebih murah ditambah lagi semuanya sudah diatur jasa travel.

Kamu bisa masuk ke web https://nahwatour.com dan pilih paket wisata apa saja yang sesuai budget di sana misalnya Open Trip Kawah Ijen, Tour Bromo, Paket Wisata Malang, dan sebagainya.

5/5 - (1 vote)
Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.